Sistem XL Tidak Terintegrasi dengan Data Dukcapil dan Menyusahkan Pelanggan

Saya adalah pelanggan operator XL, yang memiliki beberapa nomor postpaid dan prepaid. Pada akhir Oktober 2021 tiba-tiba beberapa nomor XL prepaid milik saya terblokir dan tidak dapat melakukan panggilan keluar. Atas saran dari petugas call center, saya mendatangi XL Center di Puri Indah Mall dengan membawa KTP dan KK serta chip nomor yang bermasalah.

Sesuai dengan data KTP dan KK yang saya bawa, petugas XL Center memverifikasi dan dua nomor yang bermasalah kembali dapat digunakan, setelah dilakukan registrasi ulang.

Pada pertengahan bulan Januari 2022, saat saya memeriksa nomor saya yang lain (ada 10 nomor XL dan Axis), yang notabene adalah nomor rapi dan masuk kategori nomor cantik (contoh diakhiri aabbcc, aaaaa, ababab), semuanya terblokir seperti kasus pada bulan Oktober 2021.

Saya mendatangi XL Centre Puri Indah untuk meminta bantuan pemulihan. Saya dibantu oleh staf XL Center Ibu Vivia untuk memverifikasi data sesuai KTP dan KK saya. Pada saat verifikasi data dengan data Dukcapil melalui sistem XL, ternyata data dinyatakan TIDAK SESUAI dengan data di sistem Dukcapil. Saya diminta melakukan konfirmasi ke Dukcapil dan saya menghubungi call center Dukcapil 1500537.

Laporan saya diterima dengan nomor pelaporan: 220100609279 dan dijanjikan akan ditindaklanjuti. Petugas call center menyatakan akan menghubungi jika permasalahan sudah terselesaikan. Pada tanggal 8 Februari 2022, saya mendapat SMS dari DUKCAPIL dengan isi sebagai berikut:

Konfirmasi pelaporan

Hasil pengecekan kami data kependudukan Anda sudah sesuai, NIK dan KK anda telah kami update. Tiket akan kami tutup, pesan tidak dapat dibalas. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di 1500537.

Terima Kasih
Ditjen Dukcapil Kemendagri

hotline : 1500537
sms : 08118005373
Whatsapp : 08118005373
facebook : Ditjen dukcapil
twitter : @ccdukcapil
Email : callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id

Atas notifikasi ini saya kembali ke XL Center untuk melanjutkan proses pemulihan nomor-nomor cantik saya. Ternyata pihak XL Center menyatakan bahwa data saya belum ter-update!

Petugas XL Center meminta saya ke kantor Dukcapil untuk memverifikasi data saya. Pada saat saya menghubungi call center 1500537, petugas melakukan pengecekan dan menyatakan data sudah sesuai (sama dengan SMS pemberitahuan resmi dari Dukcapil).

Saya sungguh heran dengan sistem XL Axiata yang tidak terhubung dengan Dukcapil. Padahal ini adalah mutlak untuk registrasi data pelanggan telekomunikasi. Kenapa malah meminta saya ke Dukcapil? Apakah SMS dan chat WhatsApp dari akun resmi Dukcapil yang sudah saya tunjukkan tidak cukup? Kalau dari petugas call center Dukcapil menyatakan bahwa data saya sudah sesuai, untuk apa saya harus ke Dukcapil lagi? Apa yang perlu saya komplain ke Dukcapil?

Pihak XL meminta waktu 3 hari untuk menelusuri kasus ini. Namun sudah lewat dari waktu yang dijanjikan, mereka bersikeras saya yang harus ke Dukcapil dengan tujuan yang tidak jelas. Apakah XL merasa sistem mereka lebih baik daripada Dukcapil?

Mudah-mudahan nomor-nomor cantik saya yang bernilai ini tidak jadi korban manipulasi atau hal-hal lain seperti yang saya curigai.

Lim Siang Eng
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:41    Rata-Rata: 4.1/5]
Tanggapan XL Axiata atas keluhan Bapak Lim Siang Eng

Jakarta, 23 Februari 2022 Ref.CM/CU/E/003/0222/NL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Lim Siang Eng...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Sistem XL Tidak Terintegrasi dengan Data Dukcapil dan Menyusahkan Pelanggan

    • 15 Februari 2022 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Lah,XL centre saja tidak sanggup bereskan masalahnya. Sekrg CS digital datang seolah olah mampu bereskan. Yg ada nanti malah jadi benang kusut yg makjn kusut.

      • 17 Februari 2022 - (08:10 WIB)
        Permalink

        Yang bermasalah itu system dukcapilnya kalo untuk update soalnya untuk dari system xl dia ambil lewat api jadi otomatis ngambil dari data pusat.

        Mengapa saya bilang begitu, karena saya pernah mengalami. Jadi untuk.update data diharuskan ke kantor jangan lewat online.

  • 15 Februari 2022 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami hal tersebut juga nie kak, kalau sorotan saya bukan di operatornya sih kak. Tapi di dispendukcapilnya, karena saya harus urus 3x update data biar sinkron. Entah karena apa data bisa berubah dan ga sinkron kembali… Kebetulan waktu itu urus nomer hp 2x dan bpjs 1x . Cb ke dispenduk dan coba di dpn mereka telp cs xl buat konfirmasi data klo ga sinkron biar mereka lebih cek data lagi kak

    • 15 Februari 2022 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Biasanya sih kasus seperti ini karena abis pecah KK atau update data KK… Karena dulu saya bermslh seperti itu jg

      • 16 Februari 2022 - (09:40 WIB)
        Permalink

        betul, operator msh pake data yg lama. harus dilihat dulu tanggal cut off nya tanggal berapa, kalo misal tanggal cut off 31 des 2021 kemarin, otomatis yg update setelah tanggal tersebut belum update di operator. operator harus update database NIK ke kominfo terlebih dahulu, setidaknya sebulan sekali lah

        • 16 Februari 2022 - (09:56 WIB)
          Permalink

          Masa operator sebesar itu tidak mengerti.
          Benar benar menyusahkan pelanggannya !

        • 16 Februari 2022 - (13:10 WIB)
          Permalink

          duh benar sekali nih, sangat mengkhawatirkan karna pihak XL tidak rajin mengupdate database

  • 16 Februari 2022 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Kalo gak terkoneksi dengan data dukcapil, pada saat registrasi buat apa mereka minta semua data kita dong??

    Wah gak bener nih, harus segera di tindak lanjuti biar gak terjadi lagi kasus seperti ini sangat merugikan konsumen dan buang2 waktu…

  • 16 Februari 2022 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Susah kalau berurusan dgn operator. Maunya menang sendiri udh jelas dr dukcapil menyatakan sdh sinkron datanya.

  • 16 Februari 2022 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Duh saya jadi takut kalau begini, kalau tidak ada konfirmasi sih konsumen bisa beralih semua ke operator lain😅

  • 16 Februari 2022 - (20:15 WIB)
    Permalink

    udah ribet kgk ada jalan keluar nya …. 🥱🥱🥱 gara gara banyak penipu lewat no HP di jaman dulu

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Sistem XL Tidak Terintegrasi dengan Data Dukcapil dan Menyusahkan Pela…

oleh lim siang eng dibaca dalam: 2 menit
20