Didatangi Kolektor ke Rumah, Pembayaran Angsuran FIFGROUP Ditolak oleh Kasir KC Jatimakmur

Melalui surat ini, saya ingin mengeluhkan masalah pembayaran cicilan di FIFGROUP yang terlambat bayar satu bulan dan kasir menolak pembayaran yang akan saya lakukan di KC Jatimakmur, Bekasi.

Ini pengalaman pertama saya kredit motor dan leasing yang saya pakai adalah FIFGROUP. Cicilan saya 34 bulan, nomor kontrak pinjaman: 137000218520 dan saat ini sudah masuk ke cicilan yang ke-25. Pada tanggal 17 Februari 2022, saya telat membayar angsuran.

Kemudian tanggal 22 Februari 2022, datang seseorang ke rumah, tanpa ada perkenalan dari mana dan tujuannya apa, tiba-tiba mengatakan cicilan saya di FIF telat dan bertanya kapan saya akan membayar? Kemudian dia WhatsApp, katanya akan melakukan penarikan unit, jika sore saya tidak membayar.

Jelas ini membuat saya kaget, telat beberapa hari sudah mau melakukan penarikan unit? Kok FIF karyawannya seperti ini? Apakah sekelas FIFGROUP tidak ada SOP atau tidak mengajarkan SOP kepada karyawannya?

Akhirnya pada tanggal 02 Maret 2022, saya datang ke KC FIFGROUP di Jatimakmur Pondok Gede untuk melakukan pembayaran tagihan saya yang telat. Namun sesampainya di sana, saat saya akan membayar tagihan di kasir, kasir menginformasikan bahwa saya tidak bisa membayar melalui kantor cabang.

Saya bersikeras untuk membayar, tapi kasir terus menolak pembayaran yang akan saya lakukan, dan dengan berbisik-bisik bilang saya harus membayar melalui collector lapangan. Bahkan dia akan memberikan saya nomor WhatsApp collector tersebut jika saya ingin membayar.

Ini suatu keanehan dan tidak masuk akal. Membayar cicilan FIF, di kantor FIF sendiri, kok tidak bisa? Malah kasir mengarahkan untuk membayar melalui collector lapangan. Apakah ini bisnis antara kasir dan collector lapangan?

Ahmad Ridwansyah
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai FIFGROUP:
[Total:280    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan PT Federal International Finance (FIFGROUP) atas Keluhan Bapak Ahmad Ridwansyah

Kami mengucapkan terima kasih terkait keluhan yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Ridwansyah melalui Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada hari Kamis, 3...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Didatangi Kolektor ke Rumah, Pembayaran Angsuran FIFGROUP Ditolak oleh Kasir KC Jatimakmur

  • 3 Maret 2022 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Klo kridit mobil ato motor jika sudah macet di akhir angsuran ato kurang dikit angsuran lunas pasti cepet cepet di tarik unitnya…coba klo macet awal awal angsuran pasti suruh usahakn dulu manis ngomongnya 😁😁😁….permainan lingkaran setan 🤔🤔🤔

    28
      • 5 Maret 2022 - (10:50 WIB)
        Permalink

        Yaaa inilah gambaran negara carut marut hal. Kecil tapi buat resah dan masih, gak ada sensitifitas nya pejabat negara, karena gak. Ada kepentingan bagi mereka,.

        Mana suaramu legislatif, mana mata dan telinga eksekutif, mana tindakanau wahai yudikatif.

        Dan rakyat pun jamgan mudah tergiut, sesuaikan semua dengan kemampuan bukan keinginan.

        • 5 Maret 2022 - (11:42 WIB)
          Permalink

          Saya mantan karyawan FIFGroup ingin membantu menjawab
          jadi begini kalo angsuran tersebut sudah terhitung terlambat 2 bulan angsuran kalau dibayar 1 angsuran jelas kasir tidak bisa memproses tapi kalau lnagsung dibayar 2 Angsuran sekaligus pasti bisa.
          jadi kembali lagi saudara telat nya berapa angsuran bayar nya berapa angsuran.
          Karna pada saat tanda tangan kontrak sudah dijelaskan secara detail biasayanya.

          • 5 Maret 2022 - (11:52 WIB)
            Permalink

            Saya telat satu Minggu dari tanggal jatuh tempo pak…untuk tagihan bulan berikutnya masih jauh dari jatuh tempo…
            Tapi pihak FIF sudah menyelesaikan komplain saya..

        • 5 Maret 2022 - (13:18 WIB)
          Permalink

          Tidak ada kaitannya dengan pemerintah bung,dari jaman saya kredit 1993 juga spt itu.tinggal pelanggan berani lapor atau tidak ke pihak berwajib dan viralkan

  • 3 Maret 2022 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Leasing itu kayak kita pake motor/mobilnya tapi seolah2 sewa, pemiliknya y FIF itu.. Kalo telat dikit y tarik.. Lumayan kan dpt unit nya, udah dpt angsuran plus unit nya bisa dilelang.. Cuan dech..

    12
    3
    • 4 Maret 2022 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Ngk usah dibayar sekalian aja. Klau mau narik motor mesti hrs ada surat fudesia. Klau ngk ada itu surat dan ttp maksa narik bawa aja lgsg ke kntr polisi terdekat. Jgn sampai tanda tangan di surat yg diksih kan sama pihak colector. Krn JK sampai tanda tangan maka sama aja unit siap diambil tanpa paksaan.

  • 3 Maret 2022 - (18:12 WIB)
    Permalink

    kejadian sama seperti yang pernah saya alami.. akhirnya kurang dari 6 bulan sy tutup dan sampai detik ini dah stop dengan fif..

    10
    1
    • 4 Maret 2022 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Saya pribadi klo untuk pelayanan FIF emang kurang bagus. Saya setiap hari di tawarin pinjaman jaminan BPKB itu udah kaya orang mau berak sehari bisa 10x penawaran

      • 5 Maret 2022 - (07:56 WIB)
        Permalink

        Bilang aja bang, abang kecewa dengan fif..dan blg ke mereka utk hapus nmr abang dari daftar kontak mereka, jika masih berlanjut, dtangi kantor cabang.

        Jika msh juga lapor polisi dan ojk

  • 3 Maret 2022 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Kalau menolak di cabang. Kan masih bayar lewat aplikasi Astrapay, mobile banking BCA,Mandiri BNI. Zaman sekarang sudah serba online gunakan otak dan tekbologi.

    6
    22
    • 3 Maret 2022 - (19:28 WIB)
      Permalink

      Fungsi dan gunanya di buat kantor cabang untuk apa pak ?..
      Di website nya juga jelas bisa bayar di kantor cabang kok…di kantor cabang juga kita juga bisa dapat lebih detail mengenai bunga2 dan denda , di banding via pihak ke tiga..

      11
      4
    • 4 Maret 2022 - (08:58 WIB)
      Permalink

      Klo udah telat biasanya kita harus ke kantor fifnya buat buka blokiran mas. Ga bisa lewat mbengking

  • 3 Maret 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    masak baru beberapa hari sudah mau ditarik…ah itu dc nya gak beres kalo beberapa hari dah mau tarik unit…kalo fif banyak cara bayar bang..cek aja di bah google…saya pelanggan fif juga…agak aneh dengar kalo baru benerapa hari sudah mau tarik unit

    • 3 Maret 2022 - (19:46 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalaminya ko pak,lucunya untuk cicilan motor jatuh tempo tgl 9 di tanggal 9 pagi kakek mertua, ibu mertua di tlp sama DC nya udah di tanyain jam berapa mau bayar tapi tidak tlp ke suami saya dengan alesan kalau tidak di bayar hari itu akan di tarik motornya padahal tinggal 2 bulan cicilan, belum jatuh tempo karena udah sebel bgt sama kelakuan fif di lunasin aja sekalian eh, sekarang mau ambil bpkb malah di persulit bener2 deh ga akan urusan lagi sama fif

      11
      2
      • 3 Maret 2022 - (20:14 WIB)
        Permalink

        @Nurul
        Laporin ke polisi dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan kalau bpkb dipersulit. Lumayan tuh bisa dpt duit. Soalnya nanti kalau fif nya dipanggil sama pulisi kan pasti panik, nanti anda pasti dimohon2 untuk menarik laporan. Nah disitu anda balas dendam. “Wani piro?” 😁

        8
        1
        • 5 Maret 2022 - (06:45 WIB)
          Permalink

          jangan keredit di lising cari motor bekas beli kontan..biar lising lising brengsek pada tutup.

          efek penjualan di diler diler otomotif berpengaruh ke penjualan bila sembarang kerjasama dengan lising ga bagus …

    • 3 Maret 2022 - (20:07 WIB)
      Permalink

      Ya memang bnyak cara bayar..tapi untuk mendapat kan detail2 denda dan semacamnya kan di cabang lebih jelas..lewat pihak ke tiga kan kadang tidak ada detail2nya..

      4
      2
    • 3 Maret 2022 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Ga bisa bayar langsung di kasir krn biasae terblokir… kl sdh ada penanganan org lapangan, biasae ada fee yg di bebankan ke konsumen…
      Pengalaman saya di adir*…
      Saya bayar di indomar* pun ga bisa, trs pas bayar di kantr cabang… di arahkan k bagian buka blokir…stelah itu baru byr di kasir…
      Tidak bayar jg pas buka blokir saat itu, tapi sepertinya di akumulasikan denda di akhir hehe..
      Pengalaman pribadi dl sih, ga tau kl skrg..

      2
      1
      • 4 Maret 2022 - (00:20 WIB)
        Permalink

        Saya sih telatnya 1 Minggu dari jatuh tempo pak masa sudah di blokir,..
        saya cuma kurang setuju saja dengan cara kasir yang berbisik2 mau ngasih nomor collector nya dan mengarahkan untuk membayar melalui collector

      • 4 Maret 2022 - (09:31 WIB)
        Permalink

        kalo adira mah telat diatas 1 bulan baru diblokir nomer kontraknya dan harus bayar ke kantor cabang terdekat

    • 3 Maret 2022 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Alah palying fictim aja lu, di wa itu jelas2 dia ingetin nanti ada penarikan bukan mau di tarik motor lu. Nanti itu juga gak tau kapan kan gak ada yg pasti dari kata nantii itu tong, org typing pake jari lu baca pake hati, kalo buat bayar di kasir itu ada sistem yg emang harus di ikuti, seandainya lu jatuh tempo tgl 4 -2-2022 lu bayarnya tgl 4-3-2022 itu di sistem kasirnya harus bayar 2 bulan baru bisa di terima kalo lu hayarnya 1 bulan doang itu kasir memang gak bisa proses.

      2
      15
      • 4 Maret 2022 - (00:12 WIB)
        Permalink

        Setahu saya dengan dia Mengatakan nanti akan ada penarikan unit aja itu dia udah salah pak..itu bukan tupoksi dan SOP nya dia sebagai collector lapangan…Penarikan juga Ada SOP nya pak…setau saya di leasing lain untuk pembayaran telat satu bulan juga hbisa di bayar, karna yang bulan berikut nya saya juga belum jatuh tempo

        3
        3
      • 4 Maret 2022 - (18:59 WIB)
        Permalink

        Wkwkwkwk… semangat bener lo tod… ente dc atau antek2 leasing FIF??? Tetap aja ga ada sop ngomong narik2… baru seminggu telat.. bego

  • 3 Maret 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    FIF emang begitu telat seminggu udah didatangin apalagi kalo angsuran udah mendekati akhir
    jangan mau bayar lewat kolektornya rawan di selewengkan dan juga bisa muncul biaya diluar tagihan entah itu biaya penarikan atau biaya penagihan belom lagi ada dendanya

    1
    1
  • 3 Maret 2022 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Jangan mau bayar langsung ke depkol. Itu masuk ke kantong pribadi mereka. Ga terlacak di sistem. Mending bayar pakai Internet banking atau ke indomaret sama alfamart. Jelas ada bukti pembayaran disitu. Kalo ada orang suruh bayar ke depkol jangan mau.

  • 4 Maret 2022 - (02:39 WIB)
    Permalink

    Biasa itu kerja sama antara DC dengan fif..biar dc ada kerjaan dan dapet duit dari penariksn..sudah ga benar itu…lsporin aja ke polisi

  • 4 Maret 2022 - (04:49 WIB)
    Permalink

    Saya rasa Kasir dan Dept Kolektor sudah sekongkol utk bikin surat denda palsu….

    saya pernah telat seminggu karena gajihan d kantor mundur… bayar lewat DC denda nya Rp. 175.rb

    beberapa bulan kemudian saya telat lagi 10 hari, bayar lewat Tokopedia ternyata rincian denda nya cmn 50 ribu lebih…

  • 4 Maret 2022 - (06:14 WIB)
    Permalink

    Telat emang bayarnya ke debkolector karena kalau telat ada biaya penagihan jadi biaya penagihan itu masuk kantong debkolector

  • 4 Maret 2022 - (06:16 WIB)
    Permalink

    Ini leasing FIF perasaan dari dulu seperti ini, selalu mau menarik unit di saat sudah mau lunas..telat dikit aja…DC nya pada kasar semua mulut nya,kenapa OJK gak tutup aja ini leasing kaya gini

    3
    1
  • 4 Maret 2022 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Sekarang ini Kantor cabang FIF memang tidak menerima pembayaran cicilan pembayaran hanya di kantor pusat FIF , kantor cabang hanya sales motor dan produk dan satu lagi apapun itu jangan sampe terlambat , pembayaran bisa do chanel manapun kok . Indomaret alfa atau mobile banking.

    1
    1
  • 4 Maret 2022 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Sebelum solusi saya berpatokan dulu ke pernyataan pemerintah tentang hal yg berkaitan dengan kredit salah satunya leasing, terlebih di masa pandemi covid19 seperti sekarang, dimana pemerintah melalui kemenkoperekonomian dan instrumennya seperti kemenkeu, ojk, bi, dll memberikan relaksasi atau kemudahan dalam hal yang berkaitan dengan kredit demi tetap berjalan dan stabilnya perekonomian, misal kemudahan pembayaran, potongan denda, potongan cicilan, dll.

    Kalau melihat kasusnya hal ini tidak bisa dibenarkan, apa lagi sebelum pandemi terlambat satu atau bahkan dua bulan belum bisa dilakukan penarikan, terlebih sekarang dengan adanya kemudahan dari pemerintah seperti yg saya tulis diatas.

    Solusinya bawa ke jalur hukum, simpan semua percakapan antara anda dan keluarga dengan pihak fif sebagai bukti hukum. Makhluk debkolektor itu juga melakukan pelanggaran sop karena selama pihak kreditur masih bisa dihubungi mereka tidak boleh menghubungi kontak darurat apapun alasannya dan juga tidak boleh ada pemblokiran pembayaran selama nasabah memiliki niat membayar walaupun ada keterlambatan (situasi normal 2bln) dan yang paling penting unit tetap dalam penguasaan anda sepenuhnya dan tidak berada ditangan pihak ke tiga karena itu akan menjerumuskan anda sendiri nanti.

    Benar kata teman2 diatas, anda juga harus smart dalam berpikir, gunakan teknologi dengan membayar secara online dengan media transaksi apapun yg terkoneksi dengan fif misal mobile banking, minimarket dll, yg penting pembayaran bisa dilakukan secara online dan realtime. Untuk rincian tagihan dan denda sebaiknya anda minta ketika posisi anda sudah aman, misal tidak terlambat 2 atau 3 bulan berturut turut dan anda bisa datang ke fif cabang tanpa harus berdebat yg tidak perlu lagi.

    Sebagai catatan jangan pernah membayar secara tunai kepada kolektor atau debkolektor walaupun diberikan kwitansi diluar kantor fif karena tanggal yg berlaku adalah tanggal yg tervalidasi masuk ke sistem komputer bukan tanggal penerimaan setoran di kolektor (bisa berbeda tanggal tergantung kolektor tsb menyetor ke kasir). Simpan semua bukti pembayaran untuk mengsinkronkan perhitungan denda (kalau ada) ketika pengambilan bpkb.

  • 4 Maret 2022 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Ga usah kredit di fif kalo gitu. Terimakasih infonya ya. Sampai mati saya ga bakal kredit kendaraan lewat fif group. Group nya fif apa aja si. Tolong di infoin ya agar saya tidak kredit kendaraan disana. Terimakasih

    • 5 Maret 2022 - (06:50 WIB)
      Permalink

      jangan kredit di lising bikin masalah.hidup
      Mending Nabung hidup sedrhana beli kontan yg bekas beli baru klu duit banyak..hidup aman

  • 5 Maret 2022 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Waduhhh FIF Lagi, saya juga korban bang, mereka itu Penipu, cari nasabah Manis2 dgrnya tpi nyatanya tidak, lewat berapa hari doang malah dtg ke rmh bentak2 tagih hutang, akhirnya motor ditarik, JANGAN BERANI AMBIL MOTOT LEWAT FIF LEBIH BAIK INDOMOBIL, sejauh ini saya aman2 Indomobil pengertian,

    FIF kemarin sempat telepon saya untuk menawarkan Gadai BPKB Motor, saya bentak2 ke mereka dan saya telepon lagi Bilang HAPUS NOMOR SAYA DARI LIST KALIAN SAYA GAK BUTUH UANG KALIAN, KALIAN ITU *** FIF.

 Apa Komentar Anda mengenai FIFGROUP?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Didatangi Kolektor ke Rumah, Pembayaran Angsuran FIFGROUP Ditolak oleh…

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
47