Salah Virtual Account, Kredivo Tidak Dapat Menjanjikan Dana Kembali Karena Bergantung pada Itikad Baik Penerima Dana

Pada tanggal 06 Maret 2022, saya membayar tagihan Kredivo melalui internet banking dengan nominal Rp1.98.200. Namun saat saya transfer ke virtual account saya dengan nomor BRIVA:10390820****2151, ternyata ada salah satu digit angka yang salah, menjadi nomor BRIVA: 10390820****2154. Otomatis saya malah membayar tagihan akun orang lain. Sedangkan maksud saya adalah membayar akun Kredivo milik suami menggunakan internet banking BRI.

Saya baru sadar kalau saya salah bayar, pas uangnya sudah ditransfer. Saya sudah menghubungi CS Kredivo melalui aplikasi Kredivo, email dan telepon, dan mendapatkan jawaban sebagai berikut:

Hi Bapak Moh Alfita Aditia

Seperti informasi sebelumnya mengenai kendala yang dialami, kami akan menghubungi pihak pengguna penerima dana dan menginformasikan kendala yang terjadi. Kami tidak dapat menjanjikan dana akan kembali karena akan berdasarkan itikad baik penerima dana.

Pihak CS Kredivo tidak ada solusi yang menjanjikan uang tersebut kembali. Perusahaan sebesar Kredivo harusnya bisa membantu dengan pasti. Masa harus menunggu dari itikad baik dari akun penerima? Kalau misalnya akun penerima gak ada itikad baik, Kredivo lepas tangan dong?

Walaupun saya akui ini kelalaian saya atas salah akun dalam pembayaran, seharusnya bisa dicek dari mutasi rekening bank saya dengan nominal Rp1.982.00 pada tanggal 06 Maret 2022 pukul 10:44:48. Bukti pembayaran saya lampirkan.

Sebagai informasi saya juga sudah melakukan pelaporan ke Bank BRI dan dari Bank BRI sudah membuatkan laporan ke Kredivo untuk membantu penyelesaian masalah ini.

Mohon agar pihak Kredivo dapat membantu penyelesaian kesalahan pembayaran melalui virtual account Kredivo ini. Untuk saya itu uang yang sangat besar dan kan masuk ke akun Kredivo orang, masa pihak Kredivo tidak bisa membatalkan?

Salam hangat.

Sunaenti Rumyati
Jakarta Selatan


Update (12 Maret 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi kepada pihak Kredivo yang telah menyelesaikan masalah sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:27    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Sunaenti Rumyati

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Salah Virtual Account, Kredivo Tidak Dapat Menjanjikan Dana Kembali Karena Bergantung pada Itikad Baik Penerima Dana

  • 6 Maret 2022 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Yg memang begitu harusnya. Hari ini banyak bener yg komplain salah transfer va.

    4
    2
  • 7 Maret 2022 - (00:23 WIB)
    Permalink

    Ya memang gitu prosedur nya kalo salah tranfer … di bank pun sama , harus menghubungi penerima dana ..

  • 7 Maret 2022 - (10:07 WIB)
    Permalink

    ini seharusnya pihak bri dan kredivonya bekerja sama… tapi bu kalo orang yang dihub gak punya itikad baik susah sih bu. moga2 orang yang dihub punya itikad baik…

    1
    1
    • 8 Maret 2022 - (10:11 WIB)
      Permalink

      Saya perna salah transfer dari BRI ke BRI karena human error.
      Tapi Alhamdulillah dana kembali , karena pihak yang terima dana nya rekeningnya sudah tidak terpakai. Dan prosesnya itu 3 bulan.
      Memang ribet prosesnya , apalagi beda bank antara bri dan kredivo. Semoga dana ibu bisa kembali ya

  • 7 Maret 2022 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Udah SOPnya seperti itu, mau dimanapun anda transaksi ya itu murni kesalahan anda karena sekarang sudah otomatis sistem tanpa ada ganggu tangan manusia. Emang menurut kita mudah aja bilang tinggal tarik aja lagi uang yg salah transfer, namun nyatanya prosesnya ribet. Coba hubungi pihak BRI secepatnya, kasih tau bahwa anda salah transfer dan berikan bukti” yang ada. Semoga cepat diproses dan uangnya dikembaliin ke rekening anda apalagi itu nominal nya lumayan kan. Anggap aja ini pelajaran buat kita semua agar kedepannya lebih hati”

    • 8 Maret 2022 - (17:04 WIB)
      Permalink

      Saya gak minta di balikin uang nya emang niat nya buat bayar ko jadi Alhamdulillah udah di proses sama pihak kredivo nya

  • 7 Maret 2022 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Lah ya emang begitu,itu kan sudah di bantu buat laporan ke akun penerima,kalo si akun gak bisa balikin,ya pihak kredivo bisa apa😂,kadang lucu sih,kesalahan sendiri,tpi minta tanggung jawab org lain,masih mending pihak kredivo mau buatin laporan

  • 7 Maret 2022 - (15:09 WIB)
    Permalink

    jd maunya penulis itu kredivo membatalkan dana yg sudah masuk lalu mengopernya ke rekening yg situ mau? situ siapa? bos kredivo? ya ga bisa lah seperti itu. kalo diluluskan seperti itu, akan timbul modus penipuan yg baru. semua jd pura2 salah transfer

  • 7 Maret 2022 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Sudah benar S.O.P nya seperti itu kan. Mau kredivo atau bank hanya bisa berupaya menjadi pihak tengah dan penyambung antara dua nasabah/pihak yang bersangkutan .sekelas bank aja misal penipuan yang bukan salah transfer pihak bank ya jadi penyambung dan blokir rekening ujung2nya juga tergantung dari 2 belah pihak bagaimana penyelesaiannya

  • 7 Maret 2022 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Susah sih, karna murni human error, satu2nya cara ya ittikad baik dari penerima (ngerepotin penerima atas kesalahannya pengirim)

  • 8 Maret 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Yang salah siapa? Yang dimintai tanggung jawab siapa? Apa kata dunia? Mau dilaporkan ke Tuhan pun, Kredivo dan BRI gk bisa disalahkan. Kredivo dan BRI hanya bisa jadi penengah antara pengirim dan penerima dana. Kedua belah pihak harus 1 pendapat. Kalau tidak ya suka tidak suka ya by bye itu uang.

  • 8 Maret 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Kalo salah transfer bisa kembali maka guncang dunia perbankan. Bisa gila semua orang karena dana yg sudah masuk tiba2 ditarik sama bank seenak udel.

    habis transfer tinggal tlp bank “saya salah transfer tolong dibalikin”. Hancur ga sistem perbankan?

  • 11 Maret 2022 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya jika kredivo dan bri mau ya bisa saja uangnya kembali… Tapi kadang selalu cari alasan biar gak repot … Soalnya pernah kejadian karyawan bri salah transfer .. bisa kok dipidana penerimanya yang mengartikan itu bukan niat baik penerima

  • 7 Mei 2022 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Saya kemarin malam juga salah transfer ke va orang lain,dan saya lagi menunggu bagaimna prosessnya sekarang..mudah2an sudah masuk ke va saya..

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Salah Virtual Account, Kredivo Tidak Dapat Menjanjikan Dana Kembali Ka…

oleh naenty dibaca dalam: 1 menit
18