Pelunasan Lebih Awal Home Credit Indonesia Tidak Sesuai Penawaran

Saya ingin menyampaikan keluhan saya kepada Home Credit Indonesia. Nomor kontrak saya: 4000628199. Saya merasa dijebak/dibohongi oleh pihak HCI yang menawarkan pinjaman dana Rp10 juta, dengan angsuran Rp622.400 x 30.

Awalnya saya tolak terus, tapi mereka tak berhenti menelepon agar saya mau menerima dana itu. Setelah saya hitung, ternyata bunganya gede banget. Akan tetapi mereka bilang jangan khawatir karena kalau mau pelunasan hanya bayar angsuran berjalan dan biaya admin Rp150 ribu.

Namun kenyataannya, saat ini saya sudah angsuran ke-22 (sisa 8 kali) dan saya mau pelunasan, tapi disuruh bayar Rp5.800.000. Saya sangat kaget dan kecewa. Ini kebohongan dan menjebak. Namun karena sudah terlanjur, saya akan selesaikan sampai angsuran saya lunas. Hal ini membuat saya kapok/takut berhubungan dengan Home Credit Indonesia (HCI).

Terima kasih Media Konsumen, dengan menulis surat ini setidaknya kekecewaan saya agak berkurang, walaupun mungkin tidak menyelesaikan masalahnya.

Adam Amaluddin
Bantul, DI Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:197    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Bapak Adam Amaluddin

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Adam Amaluddin di MediaKonsumen.com pada 21 Maret 2022 di kolom...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Pelunasan Lebih Awal Home Credit Indonesia Tidak Sesuai Penawaran

  • 21 Maret 2022 - (19:27 WIB)
    Permalink

     Hal ini membuat saya kapok/takut berhubungan dengan Home Credit Indonesia (HCI)

    Kesimpulan. pesan dan pelajaran penting buat para pembaca MK

    16
  • 22 Maret 2022 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Jangan sekali kali berhubungan dgn home Credit Indonesia dan sejenisnya, pasti akan rugi serugi ruginya dan menyesal sampai dibawa mati, percayalah!

    21
  • 22 Maret 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Betul saya pun begitu..di awal pihak hci menyampaikan jika akan di lunasi hanya menghitung sisa dari pokok pinjaman saja tanpa bunga..tetapi kenyataan nya tidak seperti itu..

    Semoga jadi pelajaran bagi kita yg belum terjerat tipu daya hci

    • 22 Maret 2022 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Coba deh mas minta rincian kreditnya..

      Pasti bakalan kaget, karena yang selama ini mas bayar itu sebenarnya bunganya saja.

      Karena hci menerapkan sistem piramida terbalik di setiap angsuran..

      Contoh mas bayar 622.400 di angsuran pertama, nah itu di bagi 550k bayar bunga dan hutang pokok hanya terbayar 77400, dan akan seperti itu seterusnya sampai bunga pinjaman lunas di awal..

      Disinilah kelicikan mereka agar mendapat untung besar jika si peminjam melakukan pelunasan di awal..

      14
      • 22 Maret 2022 - (16:00 WIB)
        Permalink

        Ya betul banget saya juga begitu.. awal nya gak mau tapi terus2an di telpon dan katanya kalau mau pelunasan cukup bayar total pinjaman aja tanpa ada bunga atau sesuai bulan cicilan…setelah berjalan 5 bulan saya mau lunas mereka hitung total angsuran + bunga dan totalnya jadi 2x lipat dr pinjaman saya.. pinjaman 25jt jadi disuruh bayar 53jt… Kapok saya berurusan dengan hci..

        • 22 Maret 2022 - (18:26 WIB)
          Permalink

          Alhamdulillah, semoga kita sadar dan tersadarkan dengan perilaku jahat kredit ini, ini pola penipuan tapi tidak ada yang melaporkan , semoga Allah membalas perilaku-perilaku kejahatan kredit penipuan ini. Takbir Allahu Akbar

  • 22 Maret 2022 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Mf saya ralat…apabila mau pelunasan lebih awal hanya bayar pokok saja dan admin 150rb denda di hapus…tp kenyataannya…angsuran sisa 8x…sy email hci tanya pelunasan….itu jawaban mereka….5.800.000

    • 22 Maret 2022 - (15:36 WIB)
      Permalink

      iya itu maksud saya mas, mas bertanya2 kan kenapa hutang pokok mas masih besar? sedangkan angsuran tinggal 8x lagi.

      Jawaban’a karena selama ini yang mas bayarkan itu adalah bunga dari hutang pokok anda, tenor 30 bulan, di angsuran yang ke 18 baru hutang pokok mas di kurangi..

      Contoh mudah nya saja sistem piramida, pinjam 1jt angsuran 500rb/bln selama 3 bulan, di angsuran kedua mas ingin melunasi semua tagihan dan terkejut kenapa sisa tagihan masih 1jt? sedangkan sisa angsuran 2x lg.

      Jadi angsuran pertama yang 500rb itu hanya membayar bunganya saja, hutang pokok nya masih belum terbayar.

      • 22 Maret 2022 - (19:28 WIB)
        Permalink

        Yth OJK, LPSK kelakuan HCI ini SANGAT MENGANGGU SEKALI, TAWARAN KREDIT SUDAH DITOLAK, MASIH NELPON TERUS TIAP HARI BISA LEBIH DARI 5X , INI NAMANYA TEROR SALES KREDIT MASSIVE.
        Mohon OJK tindak tegas HOME CREDIT INDONESIA INI, GANGGU WAKTU DAN PRIVASI ORANG

        • 22 Maret 2022 - (23:08 WIB)
          Permalink

          G usah d angkat teleponnya, atau blokir saja. Kan sekarang nomor2 dari lembaga kreditur terdeteksi sebagai spam, biasanya smartphone otomatis memberi tahu kita waktu ada tlpon masuk.

          Saya jg dl sprti itu, cm g pernah sy angkat. Klpun d angkat ya sy tolak terus. Kl msh ngeyel, sy ngmng aja “bunga HCI terlalu besar, di bank konvensional lainnya tdk sbsr itu, klpun sy butuh dana lbh baik ke bank saja”

          Intinya saling menghargai saja. Sales/DC itu jg manusia yg kerja nyari nafkah. Selama mereka sopan ya g ad slhnya kita jg sopan. Mrka menelpon krn emng itu job mrka untuk mencari nasabah, krn mrka jg kan ada target yg hrus tercapai.

    • 23 Maret 2022 - (05:34 WIB)
      Permalink

      Saya juga tertipu hal yang sama, mereka bilang cuma bayar hutang pokoknya saja bila hendak melunasi, tapi mereka gak memberitahukan skema Piramida terbalik dimana awal awal kita mengangsur cicilan, bunga dihitung lebih dulu daripada pokok utang sehingga kita merasa dibohongi. Saya doakan hutangnya segera lunas, sudah 22 bln, masih ada 8 bulan lagi. InshaAllah ada jalan keluar

  • 22 Maret 2022 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Pak HCI tuh batu dan menjebak bgt, jgn harap dgn begini dia mau kasih diskon/keringanan. Boro-boro deh. Kenapa saya bisa ngomong gini? Karna saya juga ngalamin hal yang sama. Malah saya sampe ada denda tiba2 di akhir pelunasan. Untungnya saya punya bukti rincian cicilan sebelum yg denda itu muncul tiba-tiba. Seperti sengaja ada hal2 yang tidak dijelaskan di awal oleh sales/bagian penawaran.

  • 22 Maret 2022 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Kata2 mereka….seperti ini…”tapi bapak tidak usah khawatir karna apabila mau pelunasan lebih awal hanya bayar angsuran bulan berjalan dan sisa pokok saja dan admin 150rb…denda di hapus” saya pikir ini solusi utk meringankan….tp sama saja….tidak ada yang berkurang…kalo mau pelunasan lebih awal…

    • 23 Maret 2022 - (00:33 WIB)
      Permalink

      Saya juga merasakan hal yang sama seperti bapak. berarti pihak HCI telah membohongi nasabah..

  • 22 Maret 2022 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami dengan hci dan sampai sekarang blm selesai,perjanjian nya 15x pembayaran,tapi apabila pembayaran tepat waktu akan di potong 2 bulan menjadi 13 bulan dan kita tidak pernah terlambat 1 hari pun,di aplikasi hci kita pada pembayaran 13 sudah tidak ada kontrak aktif,tiba2 di bulan selanjut nya kita di tagih2 oleh dc mereka,kita jelas kan pada dc nya mereka tidak ada yg menanggapi,lalu kita coba jelas kan ke cs mereka tetapi tidak ada tanggapan detik ini,apakah kita harus tetap membayar meski di aplikasi hci sendiri sudah tidak ada kontrak yg aktif,mohon penjelasan nya @homecreditindonesi

  • 22 Maret 2022 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah rela menunggu 3 jam an utk kredit HCI ini disebuah toko elektronik utk membeli kamera, lamaaa banget prosesnya, padahal saya hanya diminta ktp, npwp, dan sim kalau tidak salah.. asli menunggu, karena pengen banget punya kamera.. pada akhirnya pengajuannya ternyata ditolak (tanpa memberi penjelasan), perwakilan HCI juga, yaa gak bisa jawab apa2 karena memang bukan dia yang memutuskan… tapi akhirnya saya sadar.. saya sebenarnya sudah KOL parah di BI Checking, karena dulu motor digelapkan orang pada saat masa angsuran, dan didatengi DC (kebetulan DC nya kenal) jdi akhirnya minta uang 300rb utk membuat kredit saya macet, saya berpikir.. ya sudahlah mungkin tidak pernah diijinkan untuk berutang…. 3 th setelah kejadian tersebut sekitar th 2020/ 2021… saya akhirnya bisa membeli kamera tersebut cash (tanpa hutang) dan kameranya masih ada hingga sekarang… HCI.. kalau baca ini.. i have a wonderful memories with you..

    • 22 Maret 2022 - (23:13 WIB)
      Permalink

      Ya kalau ada tunggakan / kredit macet sudah pasti akan sulit mendapatkan pinjaman. G cuma di HCI, di bank pun jg sama. Data kita itu semua sudah tersimpan di BI. Makanya ada istilah BI Checking sblm pinjaman di setujui.

      Maka dr itu, apapun yg terjadi, kl sdh tlnjur ada pinjaman ya hrus d lunasi mskpun kita sdh tdk menikmati/mendapatkan manfaat dr pinjaman tsbt. Apalagi pnjaman ke lembaga yg tdftr di OJK.

      Alhamdulillah kl bs beli cash. Tp pd saat anda bnr2 butuh pinjaman, itu akan mempersulit anda sendiri nanti.

  • 22 Maret 2022 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Buat para natizen, kalau mau hidup kalian tenang, jgn sekali kali berhubungan dgn hci, cuma ngingati, semua yg dijanjikan gak ada yg benar

  • 22 Maret 2022 - (23:27 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah pakai HCI untuk beli laptop. Kebetulan ada program free 1x angsuran di akhir dan bayar pinalti 150rb asal angsuran sblmnya tidak pernah telat. Saya smbil 12x angsuran. Wktu itu saya ambil laptop senilai 25jt, tp sy wjb DP 10jt, dr HCI hanya mengcover max 15jt. Stlh saya hitung, total Angsuran+free 1x angsuran total sekitar 21jt sekian. Jd wktu itu saya terbebani bunga sekitar 43%.

    Semuanya lancar, saya selalu pantau lewat app di hp terkait jdwal dan sisa angsuran. Saat tersisa 5x angsuran saya memutuskan untuk melakukan pelunasan, ternyata stlh di info HCI nilai pelunasan lebih besar sedikit drpd kl sy tetap melanjutkan angsuran. Jd sy tetap memilih untuk mengangsur secara normal. Promo free 1x angsuran jg msh saya dapatkan di akhir.

    Stlh itu saya selalu di telpon dan diberikan penawaran pinjaman oleh HCI. Kbtulan pas lg butuh dana jg. Cm saya sudah survey ke bank2 konvensional sblmnya. Saya selalu tolak penawaran dr HCI berdasarkan data kl bunga yg ditawarkan HCI jauh lebih besar drpd bank2 konvensional lainnya.

    • 22 Maret 2022 - (23:32 WIB)
      Permalink

      Intinya itu kalau mau pinjam entah ke Lembaga/orang (saudara/teman) harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Dan harus saling setuju persyaratannya (teliti semua persyaratan yg tertulis dan ttd bermaterai)

      Kalau sudah setuju/deal ya harus ditepati dong. Jgn maunya pinjam/dibantu tp giliran waktunya bayar malah menghilang/banyak alasan.

      Kl ad pihak yg melanggar perjanjiannya, g usah takut. G d respon pun g masalah. Kl ad masalah ya tgl d bawa ke jalur hukum selama anda memiliki bukti yg sah.

  • 23 Maret 2022 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Denda kwitansi apa ya maksudnya? Ada pengalaman org lain yg pernah saya denger denda kwitansi sampen1,2 jt.. akhirnya kolektor dtg, debat disuruh bawa perjanjian kredit yg ada menyebutkan denda kwitansi.. mereka malah gk bs nunjukin dan menjelaskan scra gamblang

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Pelunasan Lebih Awal Home Credit Indonesia Tidak Sesuai Penawaran

oleh Adam dibaca dalam: 1 menit
24