Kecewa Pelayanan Anteraja yang Tidak Update

Selamat pagi Media Konsumen.

Saya buyer di Shopee dan memesan barang dengan nomor pesanan 220331BBUS3P3F menggunakan jasa pengiriman Anteraja Reguler. Menurut website Anteraja, layanan Anteraja Reguler membutuhkan 1-2 hari hingga barang sampai pada pembeli.

2 April 2022

Pesanan di-pickup tanggal 2 April dari Magelang, yang seharusnya tanggal 4 April sudah tiba. Isi orderan tersebut adalah makanan yang akan saya gunakan untuk berjualan.

  • Pukul 18:00 Tanggal 2 April saya mencoba check Shopee tertulis terakhir tanggal 2 April “Paket telah dikirim dari gudang Bantul ke kota tujuan.
  • Pukul 22:00 Saya kembali check Shopee tertulis status pengiriman “Telah diserahkan kepada kurir”.

Saya pun berestimasi bahwa paket sedang dalam perjalanan Bantul ke Wonosari (yang mana durasi perjalanan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam)

3 April 2022

  • Status masih belum berubah seperti terakhir “Telah diserahkan kepada kurir”.
  • Karena hari itu hari minggu, saya berasumsi tidak ada pengiriman oleh kurir.

Saya pun mencoba menghubungi WA Anteraja dengan nomor +62 811-9610-9367 dengan hasil bahwa paket saya sedang dalam perjalanan ke Gunungkidul / Wonosari.

4 April 2022

  • Pukul 10:50 saya mencoba kontak kembali Customer Service Anteraja dan meminta nomor kurir hub Wonosari tapi tidak diperbolehkan karena SOP.
  • Pukul 11:00 Saya browsing dan akhirnya menemukan nomor hub Wonosari tapi dengan hasil paket saya belum juga tiba di sana.
  • Pukul 12:00 Saya pun mencoba mendatangai hub Wonosari (hub tujuan akhir penguriman) tapi ternyata paket belum tiba di sana. Petugas bilang akan menghubungi pihak kota sebelumnya (Bantul) dan berjanji akan menghubungi saya jika ada kejelasan.
  • Tambahan informasi, isi paket tersebut tadinya akan saya gunakan untuk bahan berjualan di tanggal 4 April sore
  • Pukul 14:00 saya kembali menghubungi pihak agen Wonosari karena tidak juga mengkontak saya, dengan hasil paket belum juga tiba di hub Wonosari.

Status terakhir saya menulis tulisan ini di tanggal 7 April 2022 yaitu “Paket dalam proses pengiriman”. Sampai saat ini saya tidak tahu posisi paket saya ada dimana.

Poin saran saya adalah:

  1. Mohon perbaiki sistem, termasuk sistem digital. Karena perusahaan ini sangat tergantung dengan sistem digital yang baik. Anteraja menjanjikan informasi realtime check resi, tapi dalam kasus ini, informasi sangat tidak update.
  2. Sulit sekali menemukan kontak agen kota/hub. Khususnya di DIY. Semua lokasi diarahkan ke nomor Jakarta dan WA +62 811-9610-9367.
  3. Customer Service +62 811-9610-9367 dengan jawaban seperti robot dan template. Padahal salah satu tujuan customer menghubungi CS adalah ingin menyampaikan keluhan atau informasi lanjutan dengan pelayanan personal.
  4. Dalam hal ini saya sebagai pembeli, isi paket saya adalah makanan yang rentan kadaluarsa. Jika ternyata tiba paket dengan keadaan makanan yang tidak layak, pihak penjual tidak akan bertanggungjawab karena letak kesalahan tidak padanya, sementara pihak ekspedisi hanya meminta maaf. Jadi pihak pembeli yang dirugikan.

Dear Anteraja, tolong benahi diri. Jika memang tidak update informasi resi, paling tidak berikan pelayanan personal dan mudah dijangkau.

Lia Apriliana
Daerah Istimewa Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja:
[Total:22    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Lia Apriliana

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Lia Apriliana yang berjudul: “Kecewa Pelayanan Anteraja yang Tidak Update” di mediakonsumen.com pada tanggal...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Kecewa Pelayanan Anteraja yang Tidak Update

  • 7 April 2022 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Kl untuk makanan jangan pake yg reguler dong!. Apalg pake ekpdsi anteraja yg cepat aja saya gak mau, pake paxel. Jne yes. Best… apalg mau dipake cpt beli nya ya jgn mepet2.. musingin diri sendiri!

    1
    2
  • 8 April 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Saya beli jas hujan di shopee 3 hari lalu. Pengiriman dari lumajang ke kediri, seharusnya 3-4 hari sudah sampai. Tetapi saya lihat status pengiriman ternyata paket saya transit di jember lalu jombang. Berlawanan arah dari yang seharusnya ke kediri. Apa paket saya harus dibawa keliling provinsi dulu? Atau kota saya belum terjangkau rute pengiriman? Kalau di shoope masih bisa pilih jasa ekspedisi seperti dulu pasti say pilih yang lain. Lain kali kalau dapat anteraja mending cancel order.

    • 8 April 2022 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Bisa milih jasa pengiriman kak.. klo udah dikemas coba diklik nti kan ada tulisan jasa pengiriman pakai apa.. nah itu di klik aja pilih jasa pengiriman.. bisa diubah cuma 1x.. tapi harus gercep ngubahnya.. misal selisih 1jam udah ga bs

  • 8 April 2022 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Kronologi nya sama persis dengan saya mbak, saya juga tinggal di wonosari.. Sekarang lagi nunggu kiriman dari jepara menggunakan expedisi si cepat gokil yang statusnya “sudah diserahkan ke kurir” Selama 3 hari tidak berubah… Padahal paket yang lain yang dikirim dari kota yang lebih jauh dengan JNE truk, dan jtr sudah sampai

  • 9 April 2022 - (04:05 WIB)
    Permalink

    Sy juga kesal dgn shopee, layanan pengirimannya itu2 sj yg msh blm jelas kredibilitasnya. Mau pilih jne atau tiki, jarang sekali ada di toko2 shopee. Jadinya beli di tokped walaupun beda dikit harganya, yg penting cepat sampai

  • 26 April 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    sama saya juga mengalami hal yg sama, sudah 5hr paket saya belum sampai.. lalu gmn ya ini? saya komplain ke berbagai cs anteraja tidak ada solusi dan hanya di suruh tunggu 3×24 jam

    • 14 Mei 2022 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Saya punya kasus yg mirip. Beli produk di tokped pakai anteraja tgl 26 april. Hingga tgl 12 mei barang belum saya terima. Tiba2 tgl 13 mei pkl 16.49 status berubah “sudah diterima oleh saya sendiri” padahal saya dan orang rumah gak merasa menerima.
      Tadi sdh hubungi customer care dan sedang diinvestigasi. Diminta menunggu 3×24 jam. Alhamdulillah alakullihaal Innalillahiwainnailayhiroojiuun

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kecewa Pelayanan Anteraja yang Tidak Update

oleh Lia Apriliana dibaca dalam: 2 menit
8