Penagihan Indodana atas Keterlambatan Pembayaran 2 Bulan

Halo,

Saya Ardianti selaku peminjam di Indodana. Saya akui terlambat selama kurang lebih 2 bulan karena adanya kesulitan ekonomi, karena gaji suami turun lebih dari 50%.

Sudah 2 hari ini Indodana menelfon kantor saya, dan marah-marah ke rekan yang angkat telepon, karena saya sedang dalam rollingan WFH. DC Indodana bentak-bentak marah-marah ke operator telepon. Apakah memang begini SOP dari Indodana?

Teman saya meminta DC bersangkutan langsung datang ke rumah saya, malah marah-marah, malah menyuruh teman saya yang datang ke rumah saya.

Saya respon melalui WA chat, tetapi apabila direspon tetap tidak ketemu solusinya, karena minimal pembayaran Rp 500,000 dan saya belum ada dananya. Direspon pun justru telepon ke kantor marah-marah ke operator yang angkat telepon.

Saya sarankan apabila ada yang kesulitan uang, berpikirlah 2 kali sebelum melakukan peminjaman di aplikasi ini, karena penagihannya tidak beretika.

Thanks.

Ardianti Niken
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:71    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan INDODANA atas Keluhan Ibu Ardianti Niken

Terima kasih atas surat pembaca yang disampaikan oleh Ardianti Niken di Media Konsumen tanggal 7 April 2022 dengan keluhan “Penagihan...
Baca Selengkapnya

65 komentar untuk “Penagihan Indodana atas Keterlambatan Pembayaran 2 Bulan

  • 8 April 2022 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Ini kaum hutangers seneng pinjem uang ditagih lebih galak seolah korban padahal beliau adalah pelaku aktor intelektual

    4
    8
  • 8 April 2022 - (07:39 WIB)
    Permalink

    kaum ngungater = kaum paling bener dimuka bumi….yg kasih pinjaman kl telat nagih2 = zolim sama kaum ngutanger. yg komen2 kontra sama ts = elo dc .. hidup kaum nguntangerrr

    9
    4
    • 8 April 2022 - (08:39 WIB)
      Permalink

      Loh ini DC ya… Kmrin juga coment di aku,, semoga hidupmu dan 7 turunan gak ngalami ya

      12
      6
      • 8 April 2022 - (11:32 WIB)
        Permalink

        suka2 cocot kau lah kaum nguntanger .kau kan kaum yg paling bener di muka bumi.. pokoknya yg lain salah semua..kaum nguntanger yg paling bener..saking benernya hidupnya kelilit utang. wkwkwkwk hidup kaum nguntanger ga tau maluuu..wkwkwkwkw

        11
          • 9 April 2022 - (00:36 WIB)
            Permalink

            Ga malu jg pengemis pinjol?

        • 8 April 2022 - (19:47 WIB)
          Permalink

          ih aku sumoahin loe kelilit hutang sampe tujuh turunan,,,, tolong di aamiin,
          doa orang terdzolimi di ijabh Allah

          6
          1
          • 9 April 2022 - (00:36 WIB)
            Permalink

            Kaum terdzolimi? Ga bayar utang kom terdzolimi. Ngakak dgn pemikiran anda. Wkwkwkwk

          • 10 April 2022 - (20:19 WIB)
            Permalink

            Kyknya ga perlu disumpahin jg hidupnya udah penuh masalah itu wkwk,, makanin duit haram mana bisa tenang hidup haha

        • 10 April 2022 - (11:37 WIB)
          Permalink

          Anda tidak usah merendahkan orang2 yg pinjam ke pinjol,seharusnya anda berfikir,yang lebih rendah itu anda,anda seperti ****** yang gonggong2 orang2 yg sedang kesulitan,dan gaonggong2 ketika orang dalam masalah pembayaran,lebih baik anda segera taubat,biar keturunan anda selamat.

  • 8 April 2022 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Halo, terima kasih semua atas komentarnya. Yang saya sayangkan karena DC tersebut marah-marah dan bentak-bentak kepada orang tidak yang berhutang.
    Saya akui saya salah, saya sudah mengajukan keringanan, sudah pengajuan pembayaran pokok, tetapi tidak disetujui. DP untuk restrukturisasi yang ditetapkan buat saya besar sekali, dan saya belum ada dananya. Saya sudah minta keringanan untuk cicilan Rp 100,000-Rp200,000 tetapi tidak dikabulkan.
    Pengajuan yang disetujui adalah Rp 6,000.000, jumlah uang yang diterima Rp 5,000,000, dan saya sudah membayar 3x (Rp 1,298,000×3), dan kurang melakukan pembayaran 3x lagi (Rp 1,298,000×3). Jika pokoknya saja saya kurang bayar sekitar Rp 1,106,000.
    Mungkin untuk anda semua yang belum pernah mengalami kesulitan finansial sehingga harus melakukan pinjaman ke pinjaman online tidak dapat memahami apa yang saya alami saat ini, tetapi jika saya dipecat karena hal ini bagaimana saya bisa menyelesaikan kewajiban saya disini? Direspon di WA pun tetap DC tersebut tetap bentak-bentak ke operator telfon kantor saya. Saya memang lalai, tetapi SOP penagihan sudah ditetapkan oleh OJK,yang harus dipatuhi oleh institusi yang bernaung di bawah OJK. terima kasih.

    9
    2
    • 8 April 2022 - (08:44 WIB)
      Permalink

      jual aset paling utama adalah kunci yang paling mudah dilakukan

      kedua adalah gali lubang tutup lubang, tapi pinter2, utang sama saudara/teman, memang malu tapi paling tidak, anda tidak membayar bunga, tapi kadang ini bukan opsi, paling bagus memang jual aset, jangan gali lubang tutup lubang pakai pinjol lain, bunga ketemu bunga ketemu bunga ujung nya

      anda mengakui salah, tapi kesan pesan anda disini seperti tetap salah indodana nya tidak mau kasih keringanan, ubah mindset anda, tidak ada istilah, “pokok nya saja tinggal 1.6 juta kok”, pokok DAN bunga adalah semua tanggung jawab anda

      8
      4
      • 8 April 2022 - (08:53 WIB)
        Permalink

        halo kak,

        Ada motor tapi dipake kerja. Kalo saya harus pake ojek pengeluaran tambah banyak, makin gkbs menyisihkan untuk bayar. Semua orang mengalami kesulitan di kondisi sekarang, jangankan kasih utangan, untuk biaya hidup aja mungkin sudah sama2 pas2an. Concern saya disini kenapa marah-marah dan bentaknya ke orang yang BUKAN berhutang. Saya ada rekamannya, tetapi tidak bisa ditampilkan..saya tau koq kewajiban bunga nya, tetapi jika tidak ada solusi bagaimana dari sananya?saya ada itikad baik cicil 100-200, tetapi tidak bisa karena tidak akan dianggap oleh sistemnya..thanks

        3
        2
        • 8 April 2022 - (09:10 WIB)
          Permalink

          ya kalau anda lihat nya orangnya nagih luar aturan, betulnya sama anda juga tdk melakukan kewajiban anda sesuai aturan yang anda sepakati sendiri, anda tangan kontrak utang piutang, etikanya yang baik adalah anda bayar tepat waktu dan sesuai jumlah yang diminta

          kalau sama-sama tidak punya etika baik ya gmn lagi ya

          6
          7
      • 8 April 2022 - (09:27 WIB)
        Permalink

        Apk indodana emg beda.. g cm nagihnya yg getol, nawarin pinjamannya jg rajin bgt smp bkin aq risih.. Pdhl aq cm isi data aja sebagian g smp slesai & g smp pengajuan pinjaman, tp stlh itu jd sring bgt dpt wa dr indodana dg org yg berbeda2 namun tujuannya sama spy aq lengkapin data aq & ngajuin pinjaman, dg iming2 kl ngajuin saat itu proses pencairan bs dipermudah.. Pdhl aq udh tegas jawab kl aq g mau.. Manis2 d awal ngajakin org ngutang ternyata pas nagihnya sadis bgt.. Untung aja g smp ngajuin -_-

        • 9 April 2022 - (18:45 WIB)
          Permalink

          pinjol2 emang gitu. kita bayar lunas dikejar2 suruh ngutang. giliran kita minjem, trus seandainya punya masalah mereka ga punya empati (tutup mata tutup teliga) dikejar2 juga. giliran kita butuh emang ngemis ke pinjol. giliran kita lunas merekanya ngemis suruh kita ajuin pinjaman kemereka.

    • 8 April 2022 - (08:51 WIB)
      Permalink

      Saya pernah sebulan nunggak di Indodana. Sering dapet wa pihak ke-3 indodana, yang kalau nagih gak nyebut nama langsung ngegas, enggak nyebut nominal, pp dan sebagainya disembunyiin. Saya ada temen yang jadi DC, katanya yang penting di respon. Yaudah saya respon, untuk yang ada pp indodana aja. Abis itu block semua. Akhir bulan saya bayar. Alhamdulillah gak ada wa masuk lagi. Temen saya yang jadi dc hidupnya susah, gaji kecil dan telat terus gajiannya. Berurusan dengan pinjol, mau jadi pemberi atau penerima pinjol sama sama gak berkah. Mungkin ini karena efek riba nya. Buat kalian… Kalau gak butuh butuh amat. Mending gak usah minjem minjem. Lebih baik makan nasi ama garem.

      13
    • 8 April 2022 - (12:31 WIB)
      Permalink

      Ada baiknya semua tindakan dipikir pikir dulu ,moga cepat selesai ,setelah itu hiduplah sesuai kemampuan,sisihkan buat tabungan darurat.semoga Allah melimpahkan rezeki yg melimpah.Aamin

    • 9 April 2022 - (04:30 WIB)
      Permalink

      Disini bukan soal hutang piutang dengan teman sih, yg ts keluhkan cara penagihan dari dc pinjol yg gak sesuai dengan sop.

        • 10 April 2022 - (18:55 WIB)
          Permalink

          Dibaca dong, yg dipertanyakan itu ada sop tapi pelaksanaan di lapangan gak diterapkan cuk,, makanya jadi dc jg pinter dikit lah jangan bego2 amat,, haha yg mempermasalhkan itu ts, saya mah ga ada urusan

          • 10 April 2022 - (19:56 WIB)
            Permalink

            Mana ada DC kerja sesuai sop. Ga bakal ada curhatan spti ini klo DC nya sopan2. Wkwkwk

      • 17 April 2022 - (03:18 WIB)
        Permalink

        kaum nguntanger pinjol itu .biasanya utangnya di mana2 sama saudara / teman .ga di bayar, di tagih galakan dia .akhirnya ga bisa minjam sama teman / saudara .makanya pinjam di pinjol.makanya kere jgn banyak gaya tong..wkwkwkwkwk

    • 14 April 2022 - (00:40 WIB)
      Permalink

      galbay aja mbak klo dc kerumah dan maksa teriakin maling aja biar digebukin sekampung sudah tdk sesuai sop basmi pinjol

      • 8 April 2022 - (11:34 WIB)
        Permalink

        ah kamu mah kaum nguntanger muka tembok ya…kaum lawak di muka bumi..lalai sama kewajiban ngomongin hak. pake berapa kilo dempul tuh muka sampe abis rasa malu…wkwkwkwk

        1
        8
        • 8 April 2022 - (12:09 WIB)
          Permalink

          Jelas yg ngutang punya hak apalagi kita byar dgn bunga2 kecuali Lo hidup di hutan Amazon gak ada undang2 Lo jd DC enak ngatain yg ngutang gak lama keluarga Lo juga jadi bgtu

          8
          3
        • 8 April 2022 - (13:08 WIB)
          Permalink

          napa bang? sampe nanyain dempulan muka gw, demen lu ama gw, gak usah malu2 lah bilang aja wkwkkwk

          5
          1
          • 8 April 2022 - (14:52 WIB)
            Permalink

            ah kamu mah makanya jgn kebanyakan gaya..banyak duit banyak gaya gpp. banyak gaya modal utang.giliran nunggang di tagih merasa terzolimi.kaum lawak wkwkwkwkwkwk

            1
            1
          • 8 April 2022 - (15:11 WIB)
            Permalink

            Ni Ricky DC kali yak wkwkkkw, lu ngapa masih mantengin thread dimarih coy, gih jalan nagih, apa jangan2 lu udah dipecat gara2 kagak tembus target pelunasan bulan kemaren, gak punya kerjaan jadinya ngejedog bae.

            8
            1
        • 8 April 2022 - (19:51 WIB)
          Permalink

          iya si ricky dc indodana kayaknya. sana nagih, ntar keluarganya gak bisa makan lo klo gak nagih keliling. ups kasih dempulanyangtebal rick… beli bedak sana seng bagusan… merk maybeline atau mau merek luxcrime…

          4
          1
          • 8 April 2022 - (20:11 WIB)
            Permalink

            Klo bkn dc kyknya buzzer pinjol 🤣 mereka punya buzzer2 jg.. Haramjadah

            3
            1
          • 8 April 2022 - (20:27 WIB)
            Permalink

            masa sih? wkwkwkw sori cuy gw bkn kaum nguntanger model kayak lo ..kere banyak gaya modal utang wkwkwkwk

          • 8 April 2022 - (20:35 WIB)
            Permalink

            @libda mending situ ngirit2 kouta..hemat2 buat bayar utang lo..biar ga di kejar2 dc terus wkwkwkwkwk

          • 17 April 2022 - (03:26 WIB)
            Permalink

            @muhammad iya dah lo bener gw buzzer sama dc..kan lo kaum nguntanger ..kaum yg paling bener di muka bumi ini..lo yg hobi ngutang.lo yg nunggak .org lain yg lo bilang dc ..wkwkwkwkwkwk pantesan hidup terlilit utang ..****** sih wkwkwkwk

          • 19 April 2022 - (22:57 WIB)
            Permalink

            Hahaa apa itu ngutangers,, terhibur saya si ricky DC menggonggong gk keruan,, pengalaman temen nya pinjem duit ya trus kmu nagih malah lbh galak temen kmu ya? Wkwk ngakak blo on sih kmu duit pas2 an juga sok2an kasi pinjam temen hihahiha

        • 8 April 2022 - (21:47 WIB)
          Permalink

          Sibuk kali tuduh tuduh DC. Faktanya si doyan utang dan DC sama sama GK punya etika. GK usah pada muanfik. Balikin aja ke diri sendiri. Ketika ada teman ngutang terus bayarnya ntar sok ntar sok, sakit hati GK? Inti dari masalahh hutang piutang. Butuh kejujuran diri untuk mau mengakui kesalahan. Jangan merasa diri paling benar dan harus dimengerti.

          4
          1
          • 17 April 2022 - (03:29 WIB)
            Permalink

            iyain aja ..mereka kan kaum nguntanger ..kaum yg paling bener di muka bumi ini..biasanya model manusia kayak gitu ngutang sana sini giliran di tagih tar sok tar sok mulu.akhirnya ga da yg percaya jadi nguntang sama pinjol ..

      • 10 April 2022 - (19:47 WIB)
        Permalink

        Kaum ngutangers so tau wkwkw. Gaya elit ekonomi sulit. Yang di perbanyak itu harta bukan hutang 🤣

    • 10 April 2022 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Bang jngan jdi DC,haram gajihnya,mendingan kerja di rumah ane sini,mandiin peliharaan ane aja,di jamin halal gajihnya,daripada bela2in jadi pendosa,yang pasti keturunan situ ikut kebawa dosanya,wkwkw

  • 9 April 2022 - (00:17 WIB)
    Permalink

    Jangan ngutang.kalau anda tidak mampu byar. Anda bukan orang gila yang pinjam duit perusahaan lalu anda susah untuk mengembalikannya. Berani pinjam berani mengembalikan susuai jatuh tempo. Alasan ekonomi dll itu pembelaan anda saja. Saran saya jual aset yang anda punya untuk melunaskan utannya.

  • 14 April 2022 - (04:46 WIB)
    Permalink

    Serius nanya kalau DC pinjol dapat nomor temen atau keluarga yang meminjam uang kemereka dari mana ya karena saya ngak pernah meminjam uang tapi dulu pernah ditagih dtlpon suruh yang bersangkutan untuk membayar apa memang nomor saya didaftarkan sama yang meminjam ya pada saat pengajuan aplikasi pinjaman online?

  • 14 April 2022 - (05:22 WIB)
    Permalink

    Mereka bukan mau mengambil uang dari gaji anda, meraka cuma mau mengambil lagi uang yang sebelumnya mereka pinjamkan saat anda memohon pinjaman karena pasti situasi sulit, itu aja bu. Jangan dibolak balik mindsetnya seakan2 ibu korban.

 Apa Komentar Anda?

Ada 65 komentar sampai saat ini..

Penagihan Indodana atas Keterlambatan Pembayaran 2 Bulan

oleh Ardianti Niken dibaca dalam: 1 menit
65