Aplikasi Akulaku Mengakses Kamera HP Secara Diam-diam?

Mohon penjelasan dari Akulaku, terkait masalah penggunaan kamera HP secara diam-diam ini. Pada saat itu saya sedang tidak membuka aplikasi Akulaku, tapi kenapa ada penggunaan kamera?

Apakah ada pasal perjanjian penggunaan kamera secara diam-diam tersebut? Setahu saya, pengambilan gambar atau penggunaan kamera dibolehkan saat menggunakan aplikasi, untuk mengambil gambar keperluan seperti upload berkas.

Bayangkan kalau misalkan kita sedang mandi, tiba-tiba aplikasi Akulaku ini mengambil gambar secara diam-diam, tanpa sepengetahuan kita dan disalahgunakan. Saya jadi berpikir-pikir lagi untuk menggunakan aplikasi seperti ini.

Saya pengguna aplikasi Akulaku, tanpa mempunyai tagihan dan pemakaian hanya sesekali. Maaf, saya uninstall dulu aplikasi Akulaku untuk sementara waktu. Ngeri juga, takut jika data-data pribadi saya disalahgunakan.

Rangga Jepisa
Tangerang Selatan, Banten


Update tanggapan dari pihak terkait (27/4/22):

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Aplikasi Akulaku:
[Total:689    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Rangga Jepisa

Jakarta, 11 April 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Rangga...
Baca Selengkapnya

56 komentar untuk “Aplikasi Akulaku Mengakses Kamera HP Secara Diam-diam?

  • 10 April 2022 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Wuih parah banget tuh. Harusnya jgn uninstall doank tp ajukan penghapusan akun agar gak ada masalah nanti. Banyak masalah transaksi di situ

    23
    3
    • 10 April 2022 - (17:53 WIB)
      Permalink

      Bagaimanapun kamera adalah hak privasi pengguna. Operator bisa kena jeratan pidana & perdata.
      Wah kalau minta bantuan ke timnya bang Hotman Paris, abis tuh akulaku .
      @Rangga, tuntut aja ke pengadilan. Bisa kok

      41
      2
      • 11 April 2022 - (09:00 WIB)
        Permalink

        Akulaku semakin hari semakin aneh privasi orang mau diaskes, dan dc2 yg gak ada etika bisa intimidasi

        14
        • 13 April 2022 - (11:14 WIB)
          Permalink

          Bisa keluarin banyak uang maksudnya wkwkwk.. jan saranin ke pengadilan deh bang klo lu sendiri gak pernah tau estimasi budget perkara perdata. Itu lebih seperti menjerumuskan orang wkwkwk

      • 12 April 2022 - (22:19 WIB)
        Permalink

        Untuk saat ini akulaku buat gue GK ada masalsh…udah 3tahun apl akulaku cukup memuaskan…. Kembali ke dri kita masing”
        Sebisa mungkin menjaga data dri kita .

        2
        8
        • 14 April 2022 - (04:52 WIB)
          Permalink

          Semua pinjol memang mengakses semua isi perangkat hp jadi yg sudah kejerat pinjol dan tidak sanggup bayar buang aja sadap nya baru galbay

        • 11 April 2022 - (08:56 WIB)
          Permalink

          Bukan diam2 bang. Awal gunakan dulu kan butuh foto ktp sama selfie megang ktp. Kalau habis itu sudah gak dipakai lafi. Ijinnya bisa dihapus kok

          4
          4
          • 12 April 2022 - (04:02 WIB)
            Permalink

            Iya bang gak diam2 cuma kalo Abang gak baca artikel ini gak mngkin Abang kfikiran kan klo mau hpus stelah dgunakan haduhh abanggkuuu…

            1
            1
      • 12 April 2022 - (12:38 WIB)
        Permalink

        Tinggal matikan aja perizinan. Di android Masuk setting-Aplikasi-Perizinan. Beres. Gak perlu uninstal aplikasi

        3
        1
      • 13 April 2022 - (08:52 WIB)
        Permalink

        shope,lazada,akulaku semua ada persetujuan akses kamera, tpi ngga secara diam2 bang.. cuma akses buat keperluan verifikasi/upload foto yg berhubungan sm aplikasi. klo akses diam2 itu udh penyalahgunaan

    • 12 April 2022 - (23:11 WIB)
      Permalink

      Wah parah banget, untung gak jadi install akulaku. Bagi yang sudah install app ya, segera uninstall

  • 10 April 2022 - (17:13 WIB)
    Permalink

    Setau saya dari awal pandemi Akulaku bisa akses perangkat , dulu sih ga bisa. Jadi bisa lihat hampir semua di hp. Tapi baru tahu kalau dia juga akses kamera diam², macam pinjol ilegal aja. Dulu kan pernah viral da yang ditagih sambil dikirim foto sedang makan.

    8
    1
  • 10 April 2022 - (17:13 WIB)
    Permalink

    pada saat install aplikasi, pasti harus klik ok beberapa kali hingga aplikasi siap digunakan.
    misalnya aplikasi meminta ijin mengakses lokasi, contacts, galeri, kamera, dll..
    kalau kita tidak menyetujui biasanya aplikasi jadi tidak bisa digunakan.

    kalo kita setuju menggunakan aplikasi akulaku, maka artinya akulaku sudah dikasih ijin untuk mengakses lokasi, kontak di hp, kamera dan foto yang ada di galeri hp kita.

    12
    2
    • 10 April 2022 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Yes betul, jika ada keperluan berkas yg mesti di upload untuk mendukung pengajuan pinjaman atau cicilan tapi ga secara diam2 pengambilannya, padahal HP sedang saya charger dan tidak buka aplikasi dan mengajukan pinjaman atau cicilan.

  • 10 April 2022 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Benar… Minta hapus akun dulu baru uninstall, takutnya sewaktu waktu akun/data anda di akulaku disalahgunakan oknum tak bertanggung jawab alias maling. Karena udah pernah kejadian…

  • 10 April 2022 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Penggunaan kamera hanya boleh digunakan saat pengajuan berkas, setau saya itu syarat dari OJK utk pinjol terdaftar, jika penggunaan kamera terdeteksi diam2, benar2 terjadi.. ini sudah masuk pelanggaran pidana, bisa dituntut secara hukum.. jika anda kenal lawyer, bisa disomasi itu.. tapi biayanya memang banyak, tapi tuntut saja secara materi lebih banyak..

    10
    1
    • 12 April 2022 - (00:40 WIB)
      Permalink

      maksud dr diam2 gmana tuh bang?
      cuma mau tau ada hasil/bukti ngga kalau akses diam2?

      bukannya apk sejenis juga gitu ya shoope lazada gojek juga ada akses kamera?buat daftar ya?

      2
      6
    • 13 April 2022 - (11:07 WIB)
      Permalink

      Somasi kok langsung ngmg tuntutan materil bang.. jan ngajarin orang halu deh, klo jenengan ngerti hukum harusnya ngajarin kapan bisa ngajuin dan fungsinya buat apa sih. Bukan malah ngajarin orang seolah-olah bisa nyari duit dari somasi.. itu salah bang

  • 10 April 2022 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Hati-hati dengan Akulaku, aku sudah hapus aplikasi ini, karena nomor hape saya tersebar ke pinjol2 ilegal. Semenjak gabung akulaku hanya seminggu langsung banyak sms dan wa dari pinjol ilegal. Dan data2 kontak di hape di akses oleh akulaku, aku gak percaya dengan pinjol satu ini.

    11
  • 10 April 2022 - (23:39 WIB)
    Permalink

    laporin aja bro,sepertinya udh ada niat ga baik itu…pencurian hak dan data2 privasi bisa terjadi itu,bahaya kalo di diamkan…

  • 11 April 2022 - (01:40 WIB)
    Permalink

    Buat yang mau cek di hpnya (Android) :
    Pilih pengaturan,
    Pilih Aplikasi
    Pilih Izin Aplikasi
    Pilih Kamera
    Lalu cek aplikasi apa yang punya izin mengakses kamera, sebaiknya semua E-commerce jangan diizinkan akses kamera, jika buat kebutuhan E-commerce upload foto, ambil pake kamera biasa bawaan hp, beri akses galeri saja buat aplikasinya.

    14
  • 11 April 2022 - (03:18 WIB)
    Permalink

    hal biasa bang, rata rata pinjol sekarang hampir seperti itu…
    untuk akulaku sendiri, saya pasti unistal walaupun ada tagihan, dan instal kembali setelah mau jatoh tempo cicilan

    1
    3
  • 11 April 2022 - (05:27 WIB)
    Permalink

    Akulaku pada dasarnya adalah e-comerce dan setiap e-comerce pasti ada minta izin untuk pnggunaan kamera, karena engine search mereka bisa mencari produk berdasarkan foto, apakah anda yakin bukan anda yg kasih izin saat pertama kali install aplikasi?? Karena rata2 semua aplikasi e-comrce pasti minta izin saat awal aplikasi dipakai.. Dan biasanya allikasi gak bisa maksimal kalo izin ada yg di tolak..

    4
    3
    • 11 April 2022 - (06:53 WIB)
      Permalink

      kalo memberi ijin mungkin pda saat awal pendaftaran saja…tp kan ga juga setelah pendaftaran akulaku main akses kamera customernya tanpa sepengetahuan pemilik tuh hp. sama aja maling dong.

      • 11 April 2022 - (15:50 WIB)
        Permalink

        Kalo yg di bilang TS seperti akses kamera, terus bisa ambil foto saat kita mandi, itu hal mustahil.. Akses kamera biasanya aktif saat kita pakai aplikasinya dan itupun masih harus kita pencet untuk ambil gambar.. Gak mngkin juga akulaku bisa akses kamera saat hp cuma di diemin.. Coba aja buka tokped, shopee, atau e-comerce lain pasti ada izin penggunaan kamera..

        4
        1
    • 13 April 2022 - (09:02 WIB)
      Permalink

      ijin pasti tpi ngga secara diam2.. ijin akses hanya berlaku untuk keperluan yg berhubungan sm aplikasi misal, verifikasi/upload foto.. klo akses diam2 itu udh msuk pelanggaran penyalahgunaan

  • 11 April 2022 - (06:11 WIB)
    Permalink

    HARI GINI PERCAYA OJK?HARI GINI PERCAYA BI?SELAMA HUKUMAN MATI GA DITERAPIN BAGI YANG KKN DI INDONESIA,APLIKASI/PINJOL LEGAL RASA ILEGAL SEPERTI INI BAKAL MERASA KEBAL HUKUM!!!!BAKAL SUKA-SUKA DIA,DAN BAKAL AMAN-AMAN AJA!!!!SAYA JUGA PERNAH LAPORIN NIH APLIKASI,EH MASIH ANTENG AJA LEGALNYA SAMPAI SEKARANG!!!!KALO BACA-BACA PADAHAL BANYAK TINDAK PIDANANYA NIH APLIKASI PINJOL,TAPI YAH SELAMA ADA DUIT,TETAP LEGAL!!!!DITINDAK?HANYA MIMPI BELAKA!!!!KECUALI ADU KUAT KUATAN DUIT SAMA NIH APLIKASI PINJOL!!!!SELAMA KITA KITA RAKYAT JELATA YANG KERE,HANYA TERUS TERUSAN MENJADI KORBAN TINDAK PIDANA MEREKA!!!DATA KESEBAR?SEMUA DATA RAKYAT INDONESIA UDA KESEBAR,DARI BPJS YANG HEBOH BERITANYA,DARI APLIKASI APLIKASI MACAM INI,DATA RAKYAT INDONESIA GA ADA YANG AMAN KOK.

    7
    9
    • 13 April 2022 - (10:57 WIB)
      Permalink

      Klo emang merasa ada tindak pidana ya buat laporan polisi Bos… Tunjukin semua bukti yang mengarah kesana.

      Jangan teriak tindak pidana tapi lapor ke OJK, itu salah kamar bos

      • 13 April 2022 - (11:26 WIB)
        Permalink

        SAYA JUGA TAU BOS,DAN SUDAH DILAKUKAN,TAPI BERAKHIR HANYA CUMA SEBATAS LAPORAN (HARUSNYA ANDA NGERTI LAH MAKSUD SAYA),SAYA JUGA KIRIM EMAIL KE KOMINFO KARENA MASUK RANAH DIGITAL,DAN LAPOR OJK,KARENA MASUK RANAH PEMBIAYAAN.KALO MENURUT ANDA CUMA LAPOR POLISI DOANG,BERARTI ANDA TIDAK MENGERTI.

  • 11 April 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Wah iya bener. Kamera, kontak, lokasi, kalender.

    Kredivo juga sama aja sih. Dia wajib akses telpon/kontak. Kalau gak diizinin gak mau kebuka app nya. Pertanyaan nya… Buat apa? Karena itu dah gak heran banyak kasus dc nyebarin tagihan ke bukan nomor darurat, lebih parahnya, pakai foto.

    Pelajara aja sih.

    2
    1
    • 11 April 2022 - (13:00 WIB)
      Permalink

      Bukannya waktu awal daftar peminjam mengijinkan Kamera, kontak, lokasi, kalender dapat diakses aplikasinya ya?

      • 11 April 2022 - (20:30 WIB)
        Permalink

        Benar, tp pemakaian diluar perjanjian adalah kriminal yg bisa diadukan pada google agar aplikasinya dibanned. Kecuali jika isi perjanjiannya tertera seperti itu. Itu salah kita sendiri.

        Cara membuang akses camera sangat mudah. Buka Info Aplikasi tersebut, kemudian klik “Izin” atau permission. Hilangkan tanda izin untuk Camera dan yg lainnya jika tidak dibutuhkan.

        Ya, nasib untung jika pengembang itu tidak menstreaming dr kamera hp kita, sementara kita lg enak2 dg istri.

  • 11 April 2022 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Lapor ke pihak berwajib biar akulaku kena sanksi atas perbuatannya…dan para DC akulaku juga yg cara penagihannya secara biadab juga kena sanksinya.

    2
    3
  • 11 April 2022 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Bukannya membela.
    Apapun itu aplikasinya (termasuk lakuaku), sebenarnya sdh diterangkan sjk awal mengenai ijin akses pemakaian perangkat HP (kamera, contact, dll). Tdk ada ketentuan hny saat penunggahan berkas sj, yg ada keterangan penggunaan fitur² HP saat Anda mengakses aplikasi tsbt.
    Oleh karena itu, baik bila pengguna HP tahu dan paham betul mengenai perangkat HP/ device yg dimiliki scr detil sprti fitur² yg ada.
    Baik bila network pd perangkat HP dimatikan apabila sdg tdk digunakan lagi (sprti mlm hari/ sdg tidur) agar aplikasi tdk dpt mengakses/ mengunggah data² yg ada diperangkat (secara diam²/ ilegal) tp dgn resiko media sosial sprti WA tdk terhubung) dgn internet.
    Atau gunakan pembatasan (restrict) network pd aplikasi tertentu scr manual.
    Kesimpulannya, semakin canggih perkembangan teknologi skr ini…kita dipacu untuk semakin cerdas dlm memilih-memilah dan menggunakannya. Bila ragu/ tdk paham biasakan mencari tahu terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan jgn smp kita dibodohi krn ktidaktahuan kita.
    Demikian yg bs sy sarankan, smg bermanfaat.
    Selamat mencoba! 🙏🏾

  • 11 April 2022 - (16:56 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah menggunakan aplikasi akulaku, untuk beli pulsa, karena bisa membeli pulsa dengan bayarannya di bulan depan.sayangnya suatu ketika ada penipu yang nelpon mengaku dari akulaku.dia tau nama saya beserta alamat saya.Seharusnya data konsumen di akulaku tidaklah bocor.tapi nyatanya data saya di akulaku bocor dan di coba di manfaatkan oleh penipu.alhasil saya menelpon customer care.Saat saya tanya kenapa data saya bocor, tapi pihak akulaku tetap menolak menyatakan data saya bocor.padahal jelas jelas data saya bocor, karena orang lain bisa tau info saya.padahal saya hanya menggunakannya hanya untuk beli pulsa saja.akhirnya saya tutup akun saya dan menghapus aplikasi akulaku.Karena merasa tidak nyaman dengan kebocoran data saya

    1
    1
  • 11 April 2022 - (18:59 WIB)
    Permalink

    “Bayangkan kalau misalkan kita sedang mandi, tiba-tiba aplikasi Akulaku ini mengambil gambar secara diam-diam, tanpa sepengetahuan kita dan disalahgunakan.”

    Kurang kerjaan jg sih bawa hp saat sedang mandi, kecuali konten kreator onlyfans ato sering kirim2 foto pap, wkwkwk..

    2
    4
  • 12 April 2022 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Jangan buru-buru nyalahin aplikasi Akulaku…coba cek pengaturan HP Anda.
    Setting – Privacy Protection – All Permission – Camera – Akulaku

    Kalo Anda pilih ASK EVERY TIME maka jika Anda sedang mandi bawa HP pihak Akulaku bisa liat Anda bugil melalui kamera ponsel Anda.

  • 16 April 2022 - (07:02 WIB)
    Permalink

    Akulaku paling ngawur masalah ijin hp. Coba ajukan pinjaman syaratnya adalah mengakses kontak. Dan temab2 yang galbay di akulaku mereka meneror kontak diluar kondar

 Apa Komentar Anda mengenai Aplikasi Akulaku?

Ada 56 komentar sampai saat ini..

Aplikasi Akulaku Mengakses Kamera HP Secara Diam-diam?

oleh Rangga dibaca dalam: 1 menit
56