Tidak Pernah Telat Bayar Tagihan Akulaku, tapi Dilaporkan di SLIK OJK Kol 2

Saya pengguna aplikasi Akulaku dan selama ini tidak pernah telat bayar. Pada tanggal 13 April 2022, saya sedang mengajukan KPR ke salah satu Bank. Ketika dilihat di SLIK OJK, ada beberapa pinjaman saya yang dilaporkan terlambat (Kol 2), tapi dengan hari tunggakan sejumlah 0.

Ada pula 1 pinjaman yang dilaporkan terlambat 11 hari (periode Februari 2022). Padahal saya ada bukti pembayaran sebelum jatuh tempo. Dimana pada periode tersebut, saya hanya mempunyai tunggakan PayLater dengan jatuh tempo tanggal 25 dan sudah saya bayar pada tanggal 22.

Semoga dengan ini, pihak Akulaku segera melakukan kroscek dan memperbaiki laporan pinjaman saya di OJK. Saya sebagai pengguna lama yang tidak pernah telat bayar, merasa sangat dirugikan sekali karena berpengaruh terhadap kualitas kredit saya, sehingga menyulitkan saya untuk pengambilan KPR.

Saya tunggu tanggapan dari pihak Akulaku, semoga proses pelaporan di OJK segera dilakukan dan saya dapat melanjutkan kembali proses pengambilan KPR saya.

Terima kasih.

Fifianti Montolalu
Mojokerto, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Fifianti Montolalu

Jakarta, 20 April 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Fifianti...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Tidak Pernah Telat Bayar Tagihan Akulaku, tapi Dilaporkan di SLIK OJK Kol 2

  • 16 April 2022 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Memang bahaya bagi yg punya dan suka beli barang pakai paylater2 macam gini (apalagi pinjol) ,kadang mereka suka ngasal aja masukin nama kita ke dalam daftar terlambat bayar padahal tidak pernah terlambat,banyak S&K tersembunyi yg kadang kita lewati saat pengajuan paylater (karena tulisan2 nya terlalu kecil dan kadang kita sengaja melewati karena terlalu banyak pasal2 yg menurut kita gak penting) disinilah kita jadi Miss infonya,sy juga mengalaminya,, sekarang pelan2 saya sedang berjuang menutup 1 per 1 akun paylater saya, Hanya karena punya paylater nominal kecil,urusan besar jadi terhambat semuanya..tetap bersabar dan selalu cek berkala slik OJK nya

    15
    1
    • 17 April 2022 - (05:48 WIB)
      Permalink

      Kirim bukti ke ojk tuntut akulaku mbak.jika tidak di ubah datanya saran saya.lapor ke polisi atau viral kan ke media .klo media konsumen pembaca nya dikit klo media tiktok atau fb banyak yang baca.kali aja pas viral ojk langsung membantu..

      4
      1
      • 17 April 2022 - (16:15 WIB)
        Permalink

        Akulaku legal cara menagih ny dah kaya orang ke surupan…. Segala mengancam ini itu …padahal cuma lewat 2 hari aja. Ancaman ny dah bertubi2 ,bgi mna lewat sebulan ya… Bisa ancaman nya pasti lebih ganas lgi…skarang mah mendingan jangan minjam yg berbasis onlien dah.. Bayar telat salah kaga telat bayar juga di salah kan juga… ????

        1
        2
  • 16 April 2022 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Anda bisa menuntut pihak akulaku agar menginformasikan ke pihak bank Neo commerce selaku bank pelapor ke pihak OJK bahwa hasil SLIK terdapat kekeliruan, dengan bukti yg kuat anda bisa menuntut keranah hukum jika anda merasa dirugikan dengan hal tersebut.

    15
  • 16 April 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Akulaku emang bener2 ga bejus, kasus yg sama . Saya juga begitu tagihan sudah di bayar tapi di laporin ke SLIK OJK juga mending klo utang nya gede cuma Rp.45ribu sampe bikin rusak nama baik di BI cecking, parah nya lagi ada wa masuk suruh bayar tagihan padahal sudah di bayar semua nya. Dan laporan di SLIK OJK dalam pantauan harus nya LUNAS. Saran saya hati2 aja bagi pengguna akulaku, ada baik nya di hapus/uninstall aja.

    6
    1
  • 16 April 2022 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Itu karena dilunasin lebih awal, untuk yang pinjam di pinjol atau gunakan paylater telat bayar masuk SLIK, bayar lebih cepat juga masuk SLIK, minta SKL ke bank neo ecommerce aja

  • 16 April 2022 - (21:25 WIB)
    Permalink

    ya saya jg mengalami.
    malah saya gak punya tanggungan apapun d akulaku malah ada DC dr akulaku meneror saya akan datang menagih kerumah dengan membawa surat ijin oenagihan dan minta ijin rt/rw pas sata cek d aplikasi akulaku saya tidak ada tanggungan sama sekali saya chat cs mreka ber alasan itu bukan dr akulaku padahal jelas dc yg chat saya ada bukti name tag/id card akulaku dan punya data saya lengkap dengan saya kirim SS chatingan’a ke cs akulaku tetep aja mreka berdalih saya tlfn cs tetap aja gak ada solusi’a..
    akulaku makin ke mari makin bobrok..
    saya minta hapus data secara permanent sdh 4bln gak ada tindakan dan tanggapan apapun..

  • 17 April 2022 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Akulaku kayaknya lagi ga ada uang limit 10jt di paylater masa ga bisa apa apa harus cash mending langsung ke toko percuma ada apk akulaku juga, ???

    • 17 April 2022 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Sama sya cuman 1jt lebih juga ga bisa di gunakan pertama2 nya aja bisa digunakan pas bulan berikutnya byar seblm jatuh tempo limit balik lagi giliran mau di gunakan malah ga bisa

  • 17 April 2022 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Saya dlu pengguna akulaku…. Emg parah bos akulaku… Gk usah beginian…. Kadang penagihannya jg gk ada otak…. Skrg pinjol udh saya tutupin, bersyukur udh lepas dr pinjol…

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Telat Bayar Tagihan Akulaku, tapi Dilaporkan di SLIK OJK …

oleh Fifianti Montolalu dibaca dalam: 1 menit
12