Dana BSU Ditarik Kembali, Akibat Informasi yang Keliru dari Satpam dan Cleaning Service BNI

Saya cukup kaget atas kejadian yang menimpa saya. Singkat cerita, saya adalah salah satu karyawan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021 dari pemerintah, yang kebetulan penyaluran bantuannya melalui bank Himbara, yaitu Bank BNI.

Segala berkas telah disiapkan oleh perusahaan tempat saya bekerja. Pihak perusahaan menginfokan agar bisa mengaktifkan rekening BNI saya maksimal 15 Desember 2021, agar dana BSU tidak hangus. Dengan pertimbangan lokasi yang dekat, saya memilih untuk mendatangi kantor cabang BNI Kedungmundu, Semarang, untuk aktivasi rekening BNI saya.

Saya mengunjungi pihak BNI cabang tersebut, tepat pada 07 Desember 2021 (sebelum tenggat akhir pengaktifan rekening). Saat itu kondisi kantor cabang memang sedang ramai dan antrean cukup banyak. Saya dilayani oleh petugas sekuriti dan diminta menunggu kurang lebih 1 jam.

Saat antrean saya dipanggil, saya dilayani oleh petugas cleaning service, yang telah membawa buku tabungan. Dia meminta dokumen kelengkapan dan meminta saya untuk menandatangani suatu berkas. Sesudahnya saya berniat untuk menarik dana tersebut ke teller.

Namun diinfokan oleh petugas sekuriti dan cleaning service tersebut, bahwa untuk menarik dana perlu melakukan antrean panjang kembali dan saya diminta datang kembali 2 jam kemudian. Pihak sekuriti dan cleaning service tersebut juga menginfokan bahwa tabungan saya sudah diaktivasi, sehingga dana bisa diambil kapan saja di Bank BNI cabang mana pun. Karena saya berpikir bisa diambil kapan saja, maka saya anggap dana itu sebagai dana simpanan.

Selang beberapa bulan, tepatnya hari ini tanggal 18 April 2022, saya mendatangi BNI Cabang Majapahit Semarang, untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Alangkah terkejutnya saya, ketika mendapati saldo tabungan dari BSU senilai Rp1.000.000, sudah ada pendebetan. Menurut informasi dari petugas sekuriti BNI, bahwa jika dana tersebut telah ditarik oleh pemerintah serta masuk uang kas negara.

Mohon ke depannya agar pihak terkait bisa menginfokan informasi yang benar kepada nasabah awam seperti saya. Saya pikir setelah tabungan diaktifkan, dana akan tetap ada di rekening. Apalagi hal tersebut juga diinfokan oleh petugas BNI Cabang Kedungmundu, bahwa memang dana bisa ditarik kapan pun di cabang mana pun. Namun pada kenyataannya dana BSU ditarik kembali pada tanggal 1 Januari 2022.

Besar harapan saya dengan kejadian ini bisa dijadikan pelajaran juga bagi pembaca lain yang menerima dana BSU. Nantinya jika dana sudah cair, lebih baik langsung ditarik. Terima kasih Media Konsumen.

Salam.

Wahyudi
Kebumen, Jawa Tengah


Update (20 April 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Bank BNI Kedungmundu sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:158    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Dana BSU Ditarik Kembali, Akibat Informasi yang Keliru dari Satpam dan Cleaning Service BNI

  • 19 April 2022 - (14:50 WIB)
    Permalink

    lah kan bsu emang batas waktunya cuma sampe bulan desember 2021 kan ada keterangannya di web kemenaker tempat info penerima bsu setelah dari itu ga diambil ama penerima bsu ya dana akan ditarik ama pemerintah

    bukannya saya mau belain satpam dan celaning servicenya mereka ngomong kaya gitu karena mengira anda akan segera mengambilnya di cabang lain bukan setelah lewat beberapa bulan baru diambil
    sekarang aja udah bulan april udah lewat jauh dari batas waktu desember 2021

    59
    6
    • 19 April 2022 - (15:28 WIB)
      Permalink

      Jadi ini itu ceritanya
      Salah paham kalau maksut kapan saja dan dimana saja itu sesuai aturan pemerintah max hanya 1 bulan.

      14
      2
    • 19 April 2022 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Cleaning service dan satpamnya sudah sangat benar, mereka pasti kira anda akan ambil segera, namanya aja bsu bantuan kan?? Ya pasti org butuh, pasti akan cepat diambil 1-2hari dana masuk.
      Kalau sy melihat cerita anda, malah sy anggap pemerintah salah sasaran kasi dana bsu ke anda, anda tidak butuh, itu buktinya diambil setelah beberapa bulan kemudian, setau sy dana seperti itu biasanya org yg mau buru2 buat bayar kontrakan, sekolah anak, susu anak, dll. Maaf ya ini menurut penilaian pribadi sy kalau membaca dari cerita anda. Penilaian yg lain mungkin bisa berbeda.

      78
      2
      • 20 April 2022 - (07:27 WIB)
        Permalink

        Setuju.. namanya bantuan ya pasti ke orang yang butuh, seandainya dikasih buat di tabung, ya salah sasaran. Belum terlalu butuh namanya

        17
      • 20 April 2022 - (08:54 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya pada saat datang ke bank perihal pencairan & aktivasi BSU, memang petugas kebersihan dan security turun tangan membantu CS ( customer service ) menghandle di lapangan, mengkoordinir nasabah sehubungan dg BSU. Namun nasabah bersangkutan seharusnya bertanya kepada team customer service karena mereka yang lebih mengetahui.

        • 22 April 2022 - (12:04 WIB)
          Permalink

          D

          Rekening BSU tidak bisa di buat transfer harus di lakukan pencairan di bank langsung, dan rekening itu ga bisa di transfer masuk juga,

    • 20 April 2022 - (09:05 WIB)
      Permalink

      Ini misinfo atau miskom.. Dan kenapa pula bapak dilayanin dan mepercayai info dari cleaning service dan satpam, bkn maksud saya untuk merendahkan posisi pekerja yg lain. Tetapi cara penyampaian dari cleaning service dan customer service itu pasti beda.

      Kalau saya sebagai bapak juga bs kaget, uang bantuan yg udah masuk ternyata bisa didebit kembali. Karena tidak membaca aturan dan kurang penyampaian dari pihak bank, atau bisa saja pihak bank tidak wajib dalam penyampaian hal itu

      2
      3
  • 19 April 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Sampai sampai cleaning service turun . pasti crowded antriannya.
    Habis itu disalahin lagi akibat ada males google batas pencairan BSU.

    22
  • 19 April 2022 - (15:47 WIB)
    Permalink

    kalo ga diambil, berarti blm butuh. jd dananya bisa ditarik lg. Lebih baik kasih yg lebih membutuhkan

    29
    3
    • 19 April 2022 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Yes sy setuju dengan anda. Berbulan bulan ga ditarik. Better ditarik diberikan kepada yg butuh, yg mau segera bayar kontrakan, bayaran sekolah anak, beli susu pempes anak.

      13
    • 20 April 2022 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Baru mau komen seperti ini ternyata sudah di wakilkan… Betul sekali pa… Namanya juga bantuan subsidi

  • 19 April 2022 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf ya Pak, ijin bertanya…

    bapak tidak membuat mbanking sekalian ya pada saat itu?
    Dan seharusnya bertanya kembali kepada petugas yang lebih paham misalkan CS / Teller di bank, karena team ini lebih mengetahui

    6
    1
    • 19 April 2022 - (22:39 WIB)
      Permalink

      Bantu jawab khusus untuk pembukaan rekening bantuan itu tidak ada fasilitas mbanking atau ibanking. Kecuali rekening untuk menerima nya rekening pribadi(sudah memiliki rekening sebelumnya) itu ada fasilitas mbanking atau ibanking, itupun dengan syarat untuk memenuhi kriteria penerima bantuan saldo direkening dalam kurun 3 bulan tidak melebihi batas syarat.

      • 20 April 2022 - (05:01 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf Pak poels
        Dalam hal ini saya juga salah satu seperti Bpk wahyudi, pada saat pendaftaran bsu di bank tsb, saya juga meminta untuk di daftarkan mbanking ke petugas cs untuk memudahkan transaksi, dan alhamdulillah bisa Pak. Ini pengalaman dari saya ya

        • 22 April 2022 - (12:08 WIB)
          Permalink

          Ga bisa di transfer mba duitnya klo saya sih mandiri begitu ga tau bank lain, cuma bisa di tarik tunai melalui teller, ga di kasih kartu atm juga

          • 22 April 2022 - (12:41 WIB)
            Permalink

            mungkin pada saat awal pengisian data form mas tidak mengisi point di lembar yang menyatakan perlu atm dan atau internet banking.

            Karena saya sendiri untuk bsu di BNI meminta Atm & mbanking nya. dan selanjutnya bisa saya pergunakan untuk transaksi. dan pihak Cs waktu itu memberikan nya.

  • 19 April 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Dalam agama salah. Pemberian yang sudah diberikan kepada orang lain tidak boleh ditarik kembali dg alasan apapun. Itu namanya tidak ikhlas. Sama saja memberi sedekah ke orng lain. Gak boleh diambil kembali. Gak ada pahalanya.

    4
    60
    • 19 April 2022 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Buset dah di kira sedekah, ini pemerintah yg kasih dari uang rakyat untuk rakyat juga. Ngapain bawa² agama segala mas,saya penerima BSU 2021 tersinggung dengan komentar sedekah anda

      22
      1
    • 19 April 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Sy lbh nyesek lg , dpt undangan dr bank mandiri utk aktivasi rek hr jm’t posisi lg krja , pas hr senin dtg ke bank pg2 krn lumayan jauh , eh ,, ternyata zonk , kt pihak bank dana’y udh di tarik lg , terakhir hr jm’t ,, nyesek bgt rasa’y

    • 19 April 2022 - (22:40 WIB)
      Permalink

      Memang betul sesuai hukum agama salah, tapi disini konteks bantuan nya berbeda, ada rules & regulation nya.

      6
      1
      • 21 April 2022 - (13:13 WIB)
        Permalink

        Ceritanya gitu ,kalau saya malah yg pertama kedua dapat yg ketiga gak dapat dengan alasan masuk di BPJS keluarg JKS ibu.padahal dari sekian bantuan teman teman saya dapat bantuan BPJS dan juga BLT sedang saya nol padahal di rumah hanya saya yg menghidupi Orang tua janda BLT salah sasaran yg mampu pun dapat.yg mampu merasa miskin dan yg miskin di anggap kaya oleh pemerinta.coba cek lagi pembagian bantuan agar adil dan makmur

    • 20 April 2022 - (07:31 WIB)
      Permalink

      Lah pahala pemerintah jatohnya kemana ? DPR ? Presiden ? Mentri ? WKWKWK
      Komentar terngakak..
      Tolong bedakan yang memberinya, antara manusia langsung / lembaga negara
      Keberatan ngilmu jadi semuanya di sangkut-sangkutin wkwkwk

    • 20 April 2022 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Haloo, pak, di BCA saja security dan Cleaning Servics bisa menjelaskan kepada customer sekarang sudah sewajarnya bahkan sewajibnya petugas bisa menjelaskan jika sedang terjadi antrian yang memanjang. Saya bahkan waktu pertama kali print buku saja, di ajari oleh cleaning service di BCA. Saya tersinggung dengan perkataan bapa

      2
      2
    • 21 April 2022 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Saya juga sempat kira begitu, salah mungkin bukan cleaning service tapi customer service, tapi habis baca beberapa komentar sebelumnya ini konteksnya antrian sangat panjang sampai-sampai dari cleaning service turun tangan… Selain itu ada juga yang bilang cleaning service juga sudah dikondisikan dan disiapkan untuk membantu nasabah jika terjadi hal seperti ini.

      Jadi ya, bener kok cleaning service, bukan merendahkan atau apa tapi mungkin karena itu kali ya jadi ada sedikit miskom karena mereka bukan customer service.

      1
      1
  • 19 April 2022 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Lucu juga sih cerita nya,karena saya pribadi dan beberapa kawan juga dapat BSU pada 2021 kmrn. Kami dapet 1 juta di salurkan lewat bank mandiri. Bahkan di tawarin buat buka tabungan dengan di ambil dana 100rb dari 1 juta itu aja kami semua nolak karena memang butuh uang nya.
    Lah ini di diemin sampe 4 bulan nama nya ga butuh,maka nya di tarik kembali

  • 19 April 2022 - (21:52 WIB)
    Permalink

    aturan penarikan bantuan pemerintah, kan maks dr dana cair 30 hari …

    lah ini di simpan sampai berbulan-bulan…
    ya anda dianggap termasuk golongan yang tidak butuh uang nya .. kalau di simpan…

    maka akan di over ke org yg dianggap membutuhkan….

  • 20 April 2022 - (04:42 WIB)
    Permalink

    Kok bisa dilayani nya sama cleaning service/petugas kebersihan??, dan itu kan dana bantuan menurut saya kurang tepat penyaluran nya, seharusnya untuk orang” yang benar” butuh

    4
    1
  • 20 April 2022 - (05:21 WIB)
    Permalink

    besok lagi tanya ke customer service bang ngapain Abang tanya ke cleaning service, mungkin waktu itu cleaning service nya lagi kesel Krena antrian banyak lantainya kotor

    3
    1
  • 20 April 2022 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Terkait kendala ini Pihak BNI Cabang Kedungmundu atas nama Ibu Dian Pratamaningrum dan satu rekannya telah mendatangi saya secara khusus untuk menjelaskan duduk kendala yang terjadi pada 20 April 2022. Dari beliau berdua telah memberikan edukasi dan penjelasan secara rinci soal mekanisme BSU 2021, sehingga kendala yang Saya alami telah ditangani dan diatasi dengan sangat baik.

    Terima kasih atas penyelesaian yang cepat dan tanggap dari BNI Cabang Kedungmundu. Terima kasih juga kepada Media Konsumen yang telah memuat surat pembaca Saya. Untuk rekan rekan media konsumen yang berkomentar pada artikel yang saya muat, terima kasih atas komentarnya, kedepannya dari saya juga akan lebih aware tentang BSU ini.

    Sukses selalu untuk BNI, Media Konsumen dan rekan rekan semua.

    Salam,
    Wahyudi

    1
    7
  • 20 April 2022 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Kesalahan jelas dari Bapa buat apa bikin berita yang harus viral gitu? Biar nama anda naik ke muka umum? Bulan Ramadhan ini, pak, tolonglah jangan menyalahkan orang lain. Dana BSU hanya bisa di ambil minimal paling lama 30 hari sisa di tarik karena sistem mereka adalah kliring dan autodebet, pengiriman melalui kliring bahkan pemotongan melalui autodebet. Salah anda siapa suruh nggak langsung di ambil

    3
    3
    • 20 April 2022 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Status anda karyawan atau bagaimana? Harusnya kalau karyawan sudah pasti dapat tak perlu pusing karena dari kantor yang urus. Coba di tanyakan dulu ke kantor, biasanya ada syarat2nya yang harus di genapi.

      • 21 April 2022 - (04:09 WIB)
        Permalink

        Punya saya aman gak ditarik sampai sekarang, uangnya di simpan untuk tabungan.setau saya, dana yg hangus itu apabila tempat kerja/ peusahaan telat mendaftarkan karyawannya. Apabila telat melakukan pendaftaran, dana tersebut akan kembali di masukan ke kas negara.
        Kalau uang yg sudah masuk ke rekening penerima, itu sudah jadi hak kita & tidak akan di tarik.
        Di perusahaan saya bayak kok yg rekening bni nya error untuk bsu, alhasil perusahaan membuatkan rekening baru untuk karyawan2 trsbt. Gak lama sih, gak sampai 1 bulan udah pada cair yang buat rekening baru tersebut.

        • 21 April 2022 - (11:05 WIB)
          Permalink

          Ah ini mah permainan, ada oknum yg narik uang, klau di tarik negara kan bisa di lihat kode penarikan uangnya transfer kemana dan juga bank itu tidak bisa sembarangan asal ambil uang kecuali salah transfer

          Biasanya ada persetujuan klau penarikan, laporin aja ke polisi
          Masa orang susah di kerjain juga

  • 21 April 2022 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Kalo anda butuh pasti segera diambil, karena ga diambil2 berarti anda tidak membutuhkannya, 3 bulan lebih ga diambil sudah jelas anda bukan orang yang membutuhkan, dana tersebut hanya untuk orang yang membutuhkan

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Dana BSU Ditarik Kembali, Akibat Informasi yang Keliru dari Satpam dan…

oleh wahyu29 dibaca dalam: 2 menit
44