Kecewa dengan HaloBCA, terkait Laporan Kriminalitas Sesama BCA

Pada tanggal 18 Januari 2022, saya tertipu oleh akun Instagram calistabag.store, nomor WhatsApp: 081391121448. Dia mengaku sebagai penjual Tas BRANDED second. Mohon kepada pembaca Media Konsumen supaya berhati hati dengan akun Instagram calistabag.store, karena ini merupakan jaringan penipu.

Saya ditipu Rp30 juta untuk pembayaran DP 1 buah Tas Chanel Classic SHW nomor serial 14992967, yang saya transfer ke rekening BCA nomor 7985573964 a.n. Winda sari. Setelah terjadi transfer uang Rp30 juta, nomor WA saya diblok oleh pelaku.

Pada tanggal 18 Januari 2022, saya pun melapor ke pihak Bank BCA, melalui HaloBCA, dengan bukti ID laporan nomor: 2071736713. Saya sudah melengkapi syarat-syarat laporan penipuan atau kriminalitas sesama BCA.

Namun proses mediasi berjalan lama sekali atau berjalan di tempat. Sudah hampir 3 (tiga) bulan, saya hanya disuruh menunggu terus, sampai waktu yang tidak ditentukan. Mohon pihak Bank BCA atau HaloBCA bisa menindaklanjuti proses ini, dengan secepat-cepatnya. Bukti saya lampirkan terkait kronologi kejadian dan laporan kepolisian.

Terus terang, saya kecewa dengan pelayanan HaloBCA. Terima kasih.

Sebastianus Daniel Wijaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:161    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Sebastianus

Menanggapi keluhan Bapak Sebastianus Daniel Wijaya di Redaksi Media Konsumen tanggal 26 April 2022 dengan judul “Kecewa dengan HaloBCA, terkait...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Kecewa dengan HaloBCA, terkait Laporan Kriminalitas Sesama BCA

    • 27 April 2022 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Biasanya mah itu rekening langsung di Blok tapi jangan berharap dananya kembali, karena siapa tau sudah di tarik tunai sama pelaku

      • 27 April 2022 - (16:12 WIB)
        Permalink

        biasa, orang sini nganggep nya uang nya itu bisa lsg muncul sendiri, tinggal rubah angka di komputer terus udah nambah di rekening nya 30 juta

  • 26 April 2022 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Gimana ni bca yang katanya paling aman, dan semua bank bumn paling bobrok..
    Ini kata kata komentar di MK ini juga lo yang bilang..
    Kalau kejadiannya begini malah bobrok juga dong bca dan tukang komentar malah gak nongol

    5
    40
    • 26 April 2022 - (14:55 WIB)
      Permalink

      Baca lebih teliti lagi yang dipermasalahkan adalah lambatnya respon BCA dalam proses laporan penipuan bukan masalah keamanan.

      22
      • 26 April 2022 - (22:13 WIB)
        Permalink

        Bank dsni hnya sebagai mediasi pembayaran atau transaksi ga ad hubungannya sma membalikkan dana kerugian

        11
    • 27 April 2022 - (03:22 WIB)
      Permalink

      ya bank mah paling banter blokir rek si pelaku lah. urusan penipuan kan itu bukan urusan dia.

    • 27 April 2022 - (06:59 WIB)
      Permalink

      Halah, anda kan yg memang dari dulu selalu komentar jelek soal BCA. Kelihatan banget tidak objektif dan buzzer bayaran dari bank saingan.

    • 27 April 2022 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Baca artikelnya yg bener bang…bukan salah bank kalo ada transfer yg terindikasi modus penipuan, ini antara rekening satu dengan yang lain. Bank hanya bisa memblokir rekening yg terindikasi melakukan penipuan itupun atas bukti laporan polisi

  • 26 April 2022 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Mediasinya lama kemungkinan duit udah ditarik dari rekening paling cuma sisa recehan aja. Apalagi kalo rekening bca nya bukan punya si pelaku, ya sulit pak..

    13
    1
  • 26 April 2022 - (15:44 WIB)
    Permalink

    30jt harusnya cod. Beli online yg gak ada jaminan resiko sangat besar. Beli di e-commerce aja masih resiko apalagi yg di medsos. Jd pembelajaran

    10
  • 26 April 2022 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Luar biasa kalo transaksi sama org yg tidak dikenal hingga 30juta. Mending kalo pernah ketemu, kalo tidak pernah, itu namanya nekat. Dari yg ga ada niat nipu, bs tergoda hatinya utk nipu. Masih ada marketplace macam shopee tokopedia dll, harusnya udah ga perlu kena tuti lg ya

  • 26 April 2022 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Seharusnya kalau transaksi yang belum kenal baik ya diserahkan ke marketplace.
    Instagram/FB memang paling rawan penipuan. Kalau si seller menolak dengan alasan ba-bi-bu-be-bo, 99% ya nipu.
    Minimal ada penjamin lah kalau di marketplace , duit bapak/ibu ditampung dulu di marketplace walau DP sekalipun.

  • 26 April 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Horang beneerr pro plus pinter buyer nya
    diera gini masih aja percaya beli di medsos mau testi selangit bagus nya tu juga akun2 dia ( akun fake seller buat testi biar konsumen baru yakin dan mudah ke tepu2x wkwkkw )
    Dan akhirnya umpan termakan dan calon buyer bnran mau tf DP wkwkwk

    Fix lah yg nepu gak pakai rekening asli dia pakai rekening orang lain biar si penipu gak keciduk data diri nya,

    Setelah di tf uang langsung ditarik tunai di mesin ATM dan juga sudah di tf oper sana sini buat money laundry biar jejaknya hilang wkwkwk atau BS jd uang nya langsung buat belanja baik online atau offline…
    Ikhlas kan saja uang mu, salah mu sendiri pakai tf dg keadaan sadar gitu kok nyalahin BCA nya. BCA disini gak salah lah Krn akun bank ente bukan ke hack oleh hacker jd BCA gak Bisa disalahkan, toh fix uang ente dh HBS, di rekening yg dikasih tf an td.BESOK2 BUAT PELAJARAN YG PERCAYA SAMA SOSMED MAU TESTI SEBAGUS MANA PUN, KECUALI SELLERRR MAU DI AJAK REKBER VIA MARKET PLACE / FJB KASKUS BARU BENER… KLU MINTA DIRECT TF JGN2 DEH KSH TF KALAU GAK MAU SODAKOH DUIT KE PENIPU WKEKEK

    18
    3
  • 26 April 2022 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Kalau kasus kejahatan penipuan menjadi ranahnya kepolisian dong. Selama kasus anda gak disidik oleh kepolisian ya percuma anda mengejar dan menunggu respon pihak bank. Bank tidak berfungsi sebagai mediator antara pelaku kejahatan dengan korbannya. Komandonya ada di pihak kepolisian. Bank akan merespon berdasarkan tahapan proses penyelidikan dan penyidikan dari kepolisian, entah itu berupa surat pemanggilan dll. Apakah anda sudah rutin menanyakan perkembangan proses penyidikannya di kepolisian?

  • 26 April 2022 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Karna penasaran saya sempat cek tokonya, dan tokonya di IG masih aktif lho.. kenapa ga sekalian di kasi tau link tokonya? Atau report?
    Bahkan tokonya terkesan bersih, mksd saya ga ada komentar buruk di IG.

    • 26 April 2022 - (22:52 WIB)
      Permalink

      Sdh di report, tapi belum di down ini IG, karena masih sedikit yang report, maybe.
      Itu testimoni yg ke 7, padahal nipu uang saya, tapi di post, seperti berhasil.
      Dasar jaringan Penipu.

  • 26 April 2022 - (23:17 WIB)
    Permalink

    Waw? ko percaya sih asal transfer pak? ada marketplace yg bisa menengahi padahal. sulit sih kalo bakal balik, kecuali skiming. karena secara sah dan sadar mentransfer sejumlah uang kpd org lain. semoga balik yaa dan ada tanggapan baik dari BCA.

  • 27 April 2022 - (08:49 WIB)
    Permalink

    BCA emang sarang nya yang beginian…… keamanan nya kurang yang viral sekuriti nya doang (kerjaan buzzer)

    13
  • 27 April 2022 - (08:58 WIB)
    Permalink

    Btw itu laporan di polres napa ngga di follow up? Bikin laporan ulang coba ke siber polda metro, kan kena tipu di instagram transaksi elektronik mumpung akun ignya masih ada, kagak bisa lah nge push bca doang..

    • 28 April 2022 - (04:45 WIB)
      Permalink

      Bener bang,saya pernah di thn2014 ketipu online dan kebetulan ad kenalan piket disana,dan skitar 7hr an saya dapet kabar lalu ga lama uang balik(dengan ketemu si pelaku),,coba si ts minta bantuan kepihak cyber polda jangan hanya menunggu kabar dari pihak bank dsbg,,

    • 28 April 2022 - (18:12 WIB)
      Permalink

      @Arman Auty
      Bener juga ya. Mengingat laporan ke polres nya itu tanggal 19 Januari, seharusnya sudah ada tindak lanjutnya karena lebih dari 90 hari.

  • 27 April 2022 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Begitu banyaknya kasus penipuan seperti ini – jadi terpikir beberapa hal:
    1. Apa sebegitu gampangnya korban menghasilkan uang sehingga begitu juga gampangnya main transfer uang jutaan tanpa curiga?
    2. Terlalu PENGEN dan BURU-BURU ingin menguasai barang (takut keduluan dibeli orang) biasanya berakhir MENYESAL – entah tertipu atau dapat barang palsu.
    3. SABAR itu menciptakan PELUANG bahkan peluang untuk seorang kriminal-pun. Tidak sabar selalu berakhir kehilangan peluang atau jadi korban penipuan.

    Maaf tidak membantu tapi ikut ngatain 😁

  • 27 April 2022 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Ni orang ketipu sama lapak online yg gak jelas juntrungannya, main asal transfer. Kenapa yg disalahkan bank BCA atas kebodohannya sendiri?
    Yg transfer kan jari tangan dia sendiri?
    Banyak duit ga bikin org cerdas ternyata haha

      • 27 April 2022 - (20:15 WIB)
        Permalink

        Hasil investigasi macem apa yang korban harapkan dari BCA?
        Bank gak berkewajiban ngasih dia apa – apa.
        data nasabah semua sama dilindungi, gabisa sembarang dikasih gitu aja, sekalipun dia korban tepu2. Toh korban ketipu bukan karena kesalahan bank. Laporannya ditanggapi saja sudah untung sama pihak banknya.

        Lapor ama polisi cyber lebih bener, kalopun harus ada yg berhubungan dengan bank, ya biar pihak polisi. paham juragan?

        6
        1
        • 28 April 2022 - (10:52 WIB)
          Permalink

          @Reza
          Hasil apa? Ya biasanya BCA bagaimana memperlakukan laporan korban penipuan? Trus apa rekening BCA penipu yang dilaporkan dibiarkan saja ? Atau hanya dibiarkan saja laporannya?

          Disini kok aneh…TSnya dah jadi korban dan melapor tanpa tanggapan yang kok anda nyinyiri.

          Lho kok Bank ga ngasih kewajiban apa apa kata anda.? Piye tah..Nasabah BCA lapor ya sudah kewajiban bank untuk menjawab laporan Nasabah. Bukan didiamkan ga selesai selama 3 bulan.

          Siapa juga yang minta data nasabah?
          dibaca dong kakak SPNya neh saya copas lagi.
          ——————————-
          Sudah hampir 3 (tiga) bulan, saya hanya disuruh menunggu terus, sampai waktu yang tidak ditentukan. Mohon pihak Bank BCA atau HaloBCA bisa menindaklanjuti proses ini, dengan secepat-cepatnya. See?

          • 28 April 2022 - (11:03 WIB)
            Permalink

            pahami bahwa mengirimkan uang melalui transfer itu sama saja kayak ngasih orang uang tunai

            begitu transfer itu terjadi, dan pasti langsung ditarik oleh pemilik rekening nya, mau diblokir rekening nya 7 turunan ya g akan ada hasil apa2

            transfer jam 3.15 lapor jam 4.30, si penipu tidak duduk nyantai bang di rumah minum kopi, bulan puasa jg g mgkn ngopi, itu sudah pasti langsung diambil

            terus guna lapor apa? guna nya ya dicek, dana nya betul sudah diambil ato belum, kalo belum ya masih berguna rekening diblokir, kedua, persiapan data untuk permintaan data dari polisi

            yang nangani penipuan itu polisi bang, bukan bank nya, jangan salah sangka, uang itu cuma lewat di bank, tapi transaksi itu antar 2 pihak bukan antar 3 pihak

            didiamkan oleh BCA? penulis disuruh nunggu bang bukan bank nya nyuekin, polisi nya apakah jalan? itu pertanyaan nya, kalo polisi g jalan ya bank bisa apa? emang bank nya nyari tuh penipu rumah nya dimana terus didobrak pintu nya minta 30 juta?

            ngekek

          • 28 April 2022 - (13:53 WIB)
            Permalink

            Sori bang Ivan kurang sepakat disini. Ketentuan dari OJK Bank itu wajib menyelesaikan laporan 20 HK. Ini disini infonya sudah lebih 3 bulan proses TS menunggu. Saya rasa wajar TS mengeluh.

            Guna lapor disini bukan hanya dicek saja dana dah ga ada atau belum, tapi lebih ke pelaporan agar rekening tujuan BCA penipu itu diproses. Diblokir agar tidak terjadi korban lainnya untuk menghi

            Informasi apakah dana sudah ditarik atau belum. Rekening tujuan BCA sudah diblokir atau belum? Ini tetap menjadi hak customer mendapatkan informasinya dari Bank. Apakah hal itu sudah diterima TS ? Saya kira belum.

            Setuju yang nangani penipuan itu polisi. Namun Bank juga harus tanggung jawab sebagaimana yang dipersyaratkan aturan KYC = Know Your Customer. Tidak hanya BCA maupun Bank lain harus cek itu kok bisa data fiktif dibukan rekening?

            1
            1
  • 27 April 2022 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Pentingnya kehati²an dalam jual beli online apalagi nilai besar tanpa melalui pihak ketiga (rekber) ya maaf² harus siap ikhlas..kok masih ada ya yg mau beli di sosmed macam ig, dan sejenisnya tanpa melalui marketplace modern kan tanda tanya besar masa penjual ga mau jual di marketplace besar kecuali ya itu tipu² . Ig dan sejenisnya itu bnyk fake, follower fake, testimoni pun aspal, kecuali dia punya toko fisik real di daerahnya jd bs lbh aman klo ada apa²…klo cm bikin akun gratis modal kuota bkn folower n testi sebanyak² nya modal ga habis seratus ribu pak bisa cuan puluhan juta, mantap kan ?

  • 27 April 2022 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Setelah gw baca bs di simpulkan jika ini murni kesalahan dr pihak TS yg melakukan tranksaksi tanpa rekber yg bs di percaya dan terkesan terburu buru dengan mentransfer uang ke penjual ( gw cek tu insta penjual banyak yg nggak ad review ataupun comment dan TS berani transfer duit sebanyak itu krn tergiur harga murah. Dan jika penipu udah dpt duit jelas tu duit di transfer sana sini ataupun langsung di tarik jd bs dibilang duit sudah pasti sulit kembali dan pihak bank juga sulit memproses krn transaksi dilakukan secara legal oleh TS jika bank pun tidak akan mengganti uang anda. Kalo mau balik duit anda doa2 polisi berhasil nangkep pelaku penipu nya.

  • 27 April 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Cuma ksh tau sosmed itu bkn tempat transaksi jual beli cuma tempat iklan produk belinya tetep melalui MP biasanya toko Real akan kasih link ke MP bkn melalui transfer ya resiko ditanggung sendiri, iming2 dapat barang murah cuan gede malah ketipu

  • 28 April 2022 - (07:15 WIB)
    Permalink

    Wah berani juga ya transfer langsung ke rek penjual, kalau saya sih penjual terpercaya harusnya mau punya toko online sprti tok*pe*ia atau sho*ee dll. Kalau seller tidak mau transaksi lewat online shop ya perlu waspada. Setahu saya kalau kasus begini pasti penipunya sdh tarik dana sesaat setelah dana masuk jd percuma walau dibekukan rekeningnya, sementara utk dana sebenarnya bkn tanggungjawab bank krn transaksinya legal proses transfer. Jd harus melalui laporan kepolisian itupun pasti butuh waktu lama untuk proses penyidikan dll.

    Intinya jangan mudah transfer apalagi ke penjual yg blm dikenal, testimoni sih bisa dibuat2 sendiri sama penjual.

  • 1 Mei 2022 - (05:10 WIB)
    Permalink

    sudah masuk ranah hukum y pihak berwajib lah yg hrus anda follow up perkembangannya…bank jg ndak bisa semena2 blokir rekening org jika blum terbukti bersalah scr hukum atau ada surat resmi dr pihak berwajib. Kecewa jgn sm banknya..sm diri sendiri aj knp bs dgn mudahnya ketipu ..aplgi scra sadar transfernya…

  • 1 Mei 2022 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Se pemahaman saya ini bukan kriminalisasi BCA tp pelaku kejahatan mempunyai rekening dan menggunakan rekening bca untuk kejahatan,

    Dan se pemahaman saya bank mana pun tidak berhak memblokir no rekening apalagi memberikan identitas nasabahnya ke pihak lain atas ijin pihak kepolisian

    Langkah yg harus di tempuh adalah anda lapor ke kepolisian atas kejadian penipuan tersebut dan polisi lah yg akan menindak lanjutnya ke BCA mungkin ambil data nasabah tersebut lalu di tindak lanjut

    Lalu uang anda yg 30 jt pait2nya nih sendainya polisi menindak lanjut dan berhasil menagkap pelaku blm tentu uang tersebut masih ada di pelaku dan kalopun plaku ngembalikan uang tersebut tidak akan langsung bisa di ambil anda prosesnya masih panjang uang tsbt di pegang dl polisi sebagai barang bukti sampai keputusan pengadilan dan pelaku masuk sel minimal 3 bulan barang bukti bisa kembali

    Nah hal lain lagi anda juga siap2 harus punya modal walau negara menganggarkan biaya oprtional setiap kasus di kepolisian tp ya gitu deh ini kan di indonesia tau sendiri istilahnya polisi yg ngurus juga perlu makan perlu bensin hehehe walau ga pulgar meminta tp ya kita kan warga indonesia yg peka hal begituan tau diri lah polisi juga cape ngurusnya walau polisi sdh di gajih

    Nah urusan respon bca atas keluhan mungkin beda kasus ini tergantung SOP nya bca menangani keluhannya harus sperti apa

    Koreksi kalo sy salah

    Thx

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan HaloBCA, terkait Laporan Kriminalitas Sesama BCA

oleh Sebastianus Daniel Wijaya dibaca dalam: 1 menit
49