Kesalahan Informasi dari Bank BCA ke Sistem Informasi Debitur OJK

Selamat siang dan salam sehat. Sebelumnya terima kasih kepada pihak Media Konsumen yang telah memuat surat pembaca saya. Perkenalkan nama saya Prasetyo dan saat ini sedang mengajukan kredit ke salah satu bank. Namun hari ini diinformasikan bahwa masih ada tagihan yang berstatus kurang lancar.

Adapun posisi saat ini, saya tidak ada pinjaman yang masuk kolektibilitas kurang lancar. Kebetulan saya secara berkala mengajukan IDEB ke OJK untuk keperluan pribadi. Sebelumnya saya memang mempunyai kartu kredit Bank BCA dan telah saya lunasi, serta mendapatkan surat keterangan lunas per tanggal 21 Maret 2022.

Kesalahan dari Bank BCA adalah, bahwa NIK saya yang tercatat di BCA dan dilaporkan ke pihak OJK adalah NIK dengan nomor 3173021****00011. Sedangkan NIK saya yang asli adalah 3173021****00001.

Akibat kesalahan tersebut, maka Informasi Debitur dari orang lain, masuk ke IDEB saya. Sebelumnya saya pernah melaporkan hal ini ke Bank BCA KCP Business Park, serta melampirkan dokumen yang diperlukan melalui email Halo BCA, pada tanggal 24 Maret 2022, dengan nomor tiket 2069158317 dan
2069158592.

Namun saat ini permohonan kredit saya masih terkendala, dikarenakan pihak Bank BCA belum meng-update kesalahan NIK saya di informasi debitur OJK. Sehingga informasi debitur lain yang kolektibilitasnya kurang/tidak lancar masih bercampur dengan informasi debitur saya, dimana hal tersebut mempengaruhi skor kredit saya.

Untuk itu, saya mohon dengan sangat agar pihak Bank BCA dapat segera meng-update kesalahan NIK saya dan melaporkan ke OJK untuk di-update.

Salam.

Prasetyo
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:25    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Prasetyo

Menanggapi keluhan Bapak Prasetyo di Redaksi Media Konsumen tanggal 29 April 2022 dengan judul “Kesalahan Informasi dari Bank BCA ke...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Kesalahan Informasi dari Bank BCA ke Sistem Informasi Debitur OJK

  • 30 April 2022 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Ini kejadian sama dengan saya, kira2 3-4 bln lalu sy mengajukan pinjaman dengan jaminan bpkb mobil.
    Dan sampai d coba d beberapa finance, tdk bisa d acc mereka bilang saya punya tunggakan kartu kredit bca hmpir 30jt. Padahal seumur hidup sy blm pernah apply kk bca, sy pernah punya ANZ, HSBC & Lippo itu pun sdh sy tutup lunasi semua. Dan itu pun sy tutup sdh lama sekali kisaran thn 2006, dan mulai dari 2006 itu sampai skrg sy tdk pernah punya (apply) kartu kredit. Sy sampai blg k pihak finance, klo betul sy ada hutang d BCA logikanya uang sy yg skrg ada d bca (sy punya rek bank hanya bca tdk ada bank lain) walaupun jumlah ny hanya puluhan juta, seharusnya sdh d potong dari saldo sy itu. Tp sampai skrg saldo sy d bca tdk pernah terpotong sama sekali dengan alasan ada hutang kk.
    Jd sistem slik ini msh ada kelemahannya, dan akibatnya mempersulit kita yg memang tdk pernah ada mslh & tunggakan d bank. Krn finance hanya menilai kita konsumen dari sistem (slik) ini. Dan sy jg sdh males mo urus2 k bca, sy hanya ambil positif nya. Berarti sy memang tdk boleh berhutang.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kesalahan Informasi dari Bank BCA ke Sistem Informasi Debitur OJK

oleh Prasetyo dibaca dalam: 1 menit
2