Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBox Tidak Bisa Beri Jawaban

Saya merupakan konsumen Shopee yang dikecewakan oleh kelakuan staf Shopee & iBox. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 25 April 2022, saya membeli sebuah iPhone di iBox Official Shop melalui Shopee, dengan nomor pesanan: 220425F5MY6VUX, lalu saya menerima paket tersebut tanggal 28 April 2022.

Setelah saya mengkonfirmasi “Pesanan Diterima” dan memberikan penilaian toko, tidak lama kemudian ada pihak yang tidak bertanggung jawab, yang mengatasnamakan iBox, menghubungi saya via WhatsApp dan meminta saya untuk mentransfer uang sejumlah Rp800.750 untuk aktivasi garansi iPhone tersebut.

Pihak tersebut menjelaskan dana yang saya transfer itu akan otomatis refund. Saya percaya bahwa yang menghubungi saya itu adalah benar pihak iBox, karena momennya tepat, yang hanya berselisih dua atau tiga jam setelah saya setelah menerima iPhone tersebut. Pihak tersebut juga tahu dengan detail tipe iPhone apa yang saya beli, warna apa, memori berapa, dan metode pembayaran saya di Shopee bagaimana!

Setelah saya transfer sebesar Rp800.750, saya dibimbing oleh pihak yang mengaku iBox itu untuk mentransfer dana yang kedua kalinya dengan nominal Rp1.100.000. Saya langsung menyadari bahwa ini adalah kasus penipuan, dan saya segera mengkonfirmasi ke pihak iBox dan mereka menjelaskan bahwa mereka tidak pernah meminta transfer sejumlah uang untuk aktivasi garansi.

Sebenarnya saya sudah merelakan uang dengan nominal Rp800.750 itu hilang, tapi di sini saya ingin Shopee dan iBox untuk bertanggung jawab mengenai kebocoran data ini. Saya coba menghubungi CS Shopee melalui telepon ke nomor 1500702, untuk meminta penjelasan kenapa data saya bisa bocor. Namun jawaban yang mereka berikan sama sekali tidak membantu saya dan terkesan berbelit-belit.

Jawaban yang Shopee berikan melalui email adalah “Jangan pernah berikan kode OTP ke orang lain, sering-seringlah untuk mengganti password akun Shopee saya, dll“. Sama sekali tidak nyambung dengan apa yang menjadi pertanyaan saya yaitu “Kenapa data saya bisa bocor?”.

Saya selalu meminta Shopee untuk menghubungi saya di nomor aktif saya agar komunikasi lebih lancar, tetapi mereka tidak pernah benar-benar serius menghubungi saya. Shopee pernah beberapa kali menelepon saya dan begitu saya angkat langsung ditutup oleh mereka.

Kemudian pernah juga mereka menghubungi saya kurang lebih pukul 18.00, saat saya sedang ibadah, sehingga tidak memungkinkan saya untuk mengangkat telepon tersebut. Tidak lama kemudian Shopee mengirim email ke saya bahwa kasus ini ditutup karena saya tidak bisa dihubungi. What??

Saya juga menghubungi iBox untuk menanyakan bagaimana kebocoran data ini terjadi. Jawaban mereka selalu sedang pemeriksaan dengan tim Shopee.

Sampai akhir bulan Mei kemarin kasus ini masih belum beres dan Shopee tidak merespons lagi email saya. Saya pun terus menghubungi pihak iBox selaku seller untuk bantu konfirmasi ke Shopee mengenai kasus ini, tetapi jawaban dari iBox pun terkesan saling lempar tanggung jawab dengan Shopee.

Akhirnya tanggal 1 Juni 2022 pk14.33 ada staf Shopee (wanita) yang menghubungi saya ke nomor handphone saya untuk menjelaskan kasus ini. Tetapi staf tersebut hanya membacakan email yang dikirimkan ke saya sebelumnya, yang tidak menjawab pertanyaan saya. Staf tersebut tidak memberi saya kesempatan untuk bertanya, apa yang menjadi pertanyaan saya selama ini.

Staf wanita tersebut malah dengan nada tinggi dan tidak sopan menyalahkan saya kenapa mau transfer dana tersebut dan menyalahkan saya karena tidak memiliki pengetahuan tentang garansi iPhone. Saya dibuat kesal ketika saya mau menanyakan kenapa kebocoran data ini bisa terjadi, sambungannya malah dimatikan oleh staf Shopee tersebut. Benar-benar tidak punya etika staf tersebut.

Saya di sini sebagai konsumen Shopee tidak terima atas sikap staf tersebut. Saya ingin staf yang menghubungi saya pada 1 Juni 2022 pk 14.33 itu untuk kembali menghubungi saya selambat lambatnya hari Rabu 8 Juni pukul 12.00, untuk meminta maaf kepada saya dan menjelaskan tentang kebocoran data ini.

Terima kasih.

Alexander Ivan Wijaya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

146 komentar untuk “Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBox Tidak Bisa Beri Jawaban

    • 7 Juni 2022 - (22:28 WIB)
      Permalink

      Suhu yang cerdas..
      tolong bantu jawab pertanyaan ini?
      Kenapa Penipu itu tau gw beli iPhone apa, warna apa, memori berapa, dan metode pembayaran gw di shopee itu apa..

      2
      1
      • 7 Juni 2022 - (22:33 WIB)
        Permalink

        Saat anda pesan, data anda bukan hanya ada di ibox dan shopee, tp data anda berikut produk yg dibeli masuk ke sistem ekspedisi walau mungkin di label pengiriman ga dicantumkan….. itu jawabannya

        1
        1
      • 7 Juni 2022 - (22:35 WIB)
        Permalink

        Mengenai metode pembayaran yg anda gunakan, kok di ss chat yg anda lampirkan, si penipu ga ada bahas mslh metode pembayaran yg anda gunakan….

        1
        1
      • 7 Juni 2022 - (23:03 WIB)
        Permalink

        Yang jelas ini kesalahan pembuat berita. Gabisa nyalahin shoope karena tidak bertransaksi di shoope melainkan rekening diluar shoope, dan tidak bisa menyalahkan Ibox, karena tidak mengkonfirmasi secara langsung ke Ibox nya. Mau nanyain soal kebocoran data? Dari pihak ekspedisi juga bisa tu bocor. Sekali lagi bikan cuman shoope dan Ibox, tapi dari ekspedisi juga bisa. Yg dipermasalahin tentang kebocoran data nya bukan uangnya? Beli di offline store, karena dunia online luas dan banyak juga tindak kriminal nya.

        2
        1
      • 8 Juni 2022 - (10:45 WIB)
        Permalink

        ..???…

        Beli iPhone… = High Class

        “mentransfer dana yang kedua kalinya dengan nominal Rp1.100.000. Saya langsung menyadari bahwa ini adalah kasus penipuan”

        tapi uda di transfer Rp 800.750 = Low Brain
        ???

        Satu sisi… kasian dengan lemot nya brain dek ivan wijaya ?
        Pikiran di penipu, Kalau se lemot itu, seharus nya dari awal dia minta transfer ukuran besar via dana… ? pasti di transfer karena brain nya baru aktif setelah minta lagi di transfer ???…

        Satu sisi lain untuk ivan wijaya…
        Pola makan 3 kali sehari untuk tubuh sehingga lancar dalam beribadah…
        Dan pola minum vitamin sehari perlu sekali, sehingga organ Brain aktif lebih cepat dari pada pergerakan jari-jemari tangan dalam mengetik…
        (Out off instruksi di suruh transfer ya) ?

        3
        3
        • 8 Juni 2022 - (18:23 WIB)
          Permalink

          Harusnya disini kita bisa membantu analisis penullis, untuk penipuan mungkin kita harus lebih mawas diri juga, kalau bolleh buat bahan diskusi selain dari pihak shopee, kita juga harus tau kalau data kita terkait no hp dan produk pembelian kan terdapat di data jasa pengiriman saat pengiriman barang data kita tertempel juga di kotak dengan type barang yang dibeli alamat juga, monggo komentar kawan kawan sekalian

        • 19 Juni 2022 - (20:46 WIB)
          Permalink

          Hallo Kakak SuperMan.

          Mohon bisa dipikir dahulu dalam memilih kata-kata yaa ka..
          Saya disini tidak bisa menerima kata-kata anda yang kurang bijak..

          Saya disini akan melaporkan akun anda ke pihak yang berwajib dengan tuduhan pencemaran nama baik..

          jangan lupa Pola makan 3 kali sehari dan minum vitamin selagi masih bebas ya kaka..

          • 19 Juni 2022 - (20:51 WIB)
            Permalink

            Punya counter hp kok ga tau kalo aktivasi garansi ga bayar. Sy jd ingin tau mksd dan tujuan anda menulis karangan bebas spti itu.

        • 21 Juni 2022 - (22:59 WIB)
          Permalink

          @om Super Man

          Mungkin Om bisa lebih bijak dalam memberikan komentar ya om..

          Munggkin Om tau UU Pencemaran nama baik?

          Nah komentar om di atas akan saya jadikan bukti untuk di bawa ke pihak yang berwajib ya..

          Saya tidak bisa menerima kata2 Om Super Man ini..

          Jangan lupa makan Nasi dan Vitamin 3x sehari om selagi bisa..

          Salam bijak..

      • 8 Juni 2022 - (17:06 WIB)
        Permalink

        Ente kok aneh ya bro, knp nyalahin shopee dan suruh minta maap ke ente lagi, itu kan kesalahan ente, harusnya peka dong itu penipuan ap bukan

        2
        1
      • 11 Juni 2022 - (07:16 WIB)
        Permalink

        Hello kak, ini bukan belain shopee atau ibox tetapi memang ada sop untuk cs untuk cara menjawab pertanyaan dan mereka tidak diizin untuk menjawab yang diluar dari sop. Biasanya mereka CS call system ada batas waktu dan akan putus otomatis jika sudah sampai batasnya karena saya sendiri berkali-kali juga diputusin. Untuk soal bagaimana ada kebocoran, saya curiga mungkin dari sticker seller atau ekspedisi kak, karena saya juga sering kali kesel dengan stiker ada tulis kontak, alamat lengkap sampai barang dan spek yang kita beli di stiker. Disana juga ada no.resi dari ekspedisi yang merupakan public info jika tahu full no.resi dari stiker dan bisa tracking di website ekspedisi seperti JNE J&T lain sebagainya karena bisa tracking. Apakah pernah cek ke stiker ada info spek dan barang apa yang dibeli? Pernah curiga apakah orang yang pernah handling barang rekam paket karena ketahuan barang berharga? Ini juga tidak bisa menghindari kemungkinan dari abk transit karena 1 paket bisa dihandle oleh puluh atau ratusan tangan. Saya sendiri juga kurang nyaman soal stiker yang diprint oleh shopee seller selalu ada info isi barang yang terlalu detail, ini dari system shopee yang harus diperbaiki dan tingkatkan privasi customer

  • 7 Juni 2022 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Nomor telpon si penipu aja kode negara dah beda dgn indonesia (+62), dah gitu VA atas nama pribadi, msh ga curiga dan malah ikuti arahan utk transfer, ya jelas salah penulis, ga bs nyalahin pihak ibox atau shopee….
    Saya aja sering dpt sms/wa yg mengatasnamakan shopee atau market place lain, gq pernah tuh percaya… malah saya sumbangin hadiahnya buat si penipu….
    Masa iya karena keteledoran anda, ketidak hati²an anda, terus yg disuruh tgg jawab malah pihak lain? Kalo anda yg diginiin gimana? Mau ga?!

    3
    1
  • 7 Juni 2022 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Mengenai data Bocor, siapa yang bertanggung jawab? Pihak mana yang lalai? Jawabannya ada pada si Pelaku Kejahatan itu sendiri.

    Shopee dengan segala kecanggihannya harusnya tidak perlu memasang nama alamat toko dan pembeli, cukup dengan QR, dan data terhubung dengan perusahaan kurir. Petugas kurir cukup melakukan scan QR di aplikasinya dia dapat alamat pengambilan atau pengiriman. Jadi di bungkus paket hanya ada QR code. Yang begitu diterima (accept sign) data itu hilang dari aplikasi kurir.

    Tapi sekarang sudah kadung umum terpasang lengkap. Penerima juga harus cerdik.

    Tapi untuk pelaku kejahatan mudah itu diketahui. Tinggal polisi, berdasar LP korban, menanyakan ke bank penerbit VA, dana itu diterima oleh siapa.

    Selesai. Nanti tanya aja dia dapat data dari mana?

  • 7 Juni 2022 - (23:46 WIB)
    Permalink

    Kebocoran data bisa jadi bukan di ibox atau shopee tapi di ekspedisinya. Dulu awal saya beli2 di shopee jg ditelp, katanya dari shopee hendak berikan voucher bla bla bla. Tp kita tahu itu penipu dr hadiah voucher dgn syarat macam2. Kuncinya jeli dan waspada

  • 8 Juni 2022 - (00:18 WIB)
    Permalink

    Beli hp harga 13jt tuk kado?
    Ckckck, jiwa misqueen sy meronta ronta.
    Dan beli hp harga segitu lewat online? Pantes sj jd sasaran empuk org2 yg tau. Di bandung gada ibox ya?

  • 8 Juni 2022 - (00:22 WIB)
    Permalink

    Yg ditanya konsumen “mengapa data bisa bocor” bukan mempermasalahkan penipuan, kalau data bocor ya 3 terduganya
    1.shopee
    2.ibox
    3.expedisi
    4. Asuransi kemungkinan
    Lihat label resi, disitu mungkin tertera nama penerima, nope, alamat dan barang mungkin tertulis iphone 19 800gb blue
    Jadi siapa aja bs tau itu barang dgn melihat resi. Biasanya pejual memberi tag name barang sesuai dgn pesanan, saya lihat pesanan abg ini, tetulis lengkap di bagian judul pesanan, nah resi mungkin mengikuti tag name tersebut.

  • 8 Juni 2022 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Apapun alasannya, tetap penulis yang salah dalam kasus ini.
    Semoga anda bisa belajar dari kesalahan.
    Saran saya hanya satu untuk anda: Kalau ada yang menghubungi anda menggunakan nomor +1 , apapun modusnya, apapun nama institusinya, apapun triknya, langsung blokir aja. Karena yang pakai nomor +1 99,9% penipu!

    Pokoknya langsung tanamkan itu saja di kepala Anda, kalau ada yang hubungi nomor gue, depannya +1, blokir langsung!
    Mau dia ngaku dari Shopee kek, Ibox kek, anak pejabat kek, tetangga sebelah kek, pokoknya penipu.

    Dengan begitu, Anda terselamatkan. Selebihnya kemungkinan data bocor sudah banyak yang menjelaskan diatas.

    2
    1
      • 9 Juni 2022 - (00:28 WIB)
        Permalink

        Mau di ajarin enggak cara nya pake tampilan menjadi nomer luar negeri (mudah banget tinggal pilih pilihan country aja) …

        Tapi transfer dulu 800.000 ribu aja… ?

        Ntar di kembalikan kalau sudah berhasil tampil nomer luar negeri nya … ?

        2
        1
    • 9 Juni 2022 - (00:24 WIB)
      Permalink

      Masalah nya isi dalam kepala nya yang lemot…
      ??? … terkenal dek Alexander Ivan Wijaya… ?

      Coba aja tes (suruh transfer untuk di beritahu kenapa data nya bocor)…
      a. Akan langsung di transfer (zona Brain belum aktif)
      b. Tidak mau transfer lagi (urat malu-nya mendadak aktif)
      c. Salam IT (ilmu teknologi)

      • 21 Juni 2022 - (23:00 WIB)
        Permalink

        @om Super Man

        Mungkin Om bisa lebih bijak dalam memberikan komentar ya om..

        Munggkin Om tau UU Pencemaran nama baik?

        Nah komentar om di atas akan saya jadikan bukti untuk di bawa ke pihak yang berwajib ya..

        Saya tidak bisa menerima kata2 Om Super Man ini..

        Jangan lupa makan Nasi dan Vitamin 3x sehari om selagi bisa..

        Salam bijak..

  • 8 Juni 2022 - (03:16 WIB)
    Permalink

    Kenapa penipu di negara ini tumbuh subur?
    1. Keadaan sistem sangat mendukung
    2. Bagaimanapun caranya penipuan itu terjadi, korban adalah orang yang akan dianggap bersalah (silahkan penipu boleh bangga yah)

    Semoga para penipu tertangkap dan bertobat.

    1
    1
    • 9 Juni 2022 - (01:01 WIB)
      Permalink

      Amin untuk doa nya om Dondeth…

      untuk bagian…
      “korban adalah orang yang akan di anggap bersalah”, tambah… supaya tidak mudah di tipu di dunia (seluruh bumi yang bisa di pijak), penting menyelesaikan tahap SD, SMP dan SMA… saja sudah cukup mengetahui alur kehidupan yang benar dan lurus… masa di bodohin suruh transfer dengan background diberi bumbu manis aja uda di transfer… kalau tuntas sekolah, ya pasti tidak mau di suruh transfer…(enggak perlu lanjut kuliah pun)…
      Salam sejahtera spesial Alexander Ivan Wijaya… ?

      Kalau mencari gua yang mana… kabari ya bos… job gua mencerdaskan warga Indonesia…

      • 21 Juni 2022 - (23:01 WIB)
        Permalink

        @om Super Man

        Mungkin Om bisa lebih bijak dalam memberikan komentar ya om..

        Munggkin Om tau UU Pencemaran nama baik?

        Nah komentar om di atas akan saya jadikan bukti untuk di bawa ke pihak yang berwajib ya..

        Saya tidak bisa menerima kata2 Om Super Man ini..

        Jangan lupa makan Nasi dan Vitamin 3x sehari om selagi bisa..

        nanti bukan gw yang cari ya om.. ada pihak yang berwajib yang cari om

        Salam bijak..

  • 8 Juni 2022 - (04:37 WIB)
    Permalink

    Komen orang pinter ngasih solusi ❌
    Komen orang pinter nge-judge penulis✅

    kadang suka lawak juga ya,

    ok,back ke kasus. kayaknya sih itu staff ibox deh kalo staff shopee kecil kemungkinan nya.

    • 9 Juni 2022 - (01:05 WIB)
      Permalink

      Masih menggunakan metode “kayaknya” ???…

      Kuncing YTprem perlu ambil kuliah jurusan Psikologi… ???…
      Untuk menghilangkan dugaan “kayaknya”…

      Plus kuliah kuasa hukum… ?

  • 8 Juni 2022 - (05:29 WIB)
    Permalink

    Kenapa data bisa bocor??? Jangan tanya pertanyaan sperti itu lg di jaman skrg. Penipu dan hacker itu ud jago2 dan pintar. Jangan tanya shopee atau ibox tentu mereka gak tau kalau blm ada penyelidikan. Kalau mau curiga ya curiga ke penjual nya tuh yg mungkin membocorkan data pembeli karna dia tau no hape pembeli dan kapan barangnya terkirim. Masalahnya adalah anda terlalu ceroboh

    • 9 Juni 2022 - (01:08 WIB)
      Permalink

      Serius beneran kakek Alexander Ivan Wijaya tidak tahu istilah hacker… jangan ajari kakek ini hal yang ceroboh … please… ??

  • 8 Juni 2022 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Kayaknya lebih baik tidak memberi verifikasi detail di Shoppee karena data tidak aman, ya….
    Bukan berarti kita menjadi orang yang tidak bertanggung jawab tapi lebih karena data kita “not saved”.
    Saya juga punya pengalaman yang sama, karena upgrade ke shoppee plus, disitu kita kan upload foto diri, id, dan seluruh personal id, jadi apabila data tidak aman maka habislah kita, akan mudah ditracking pihak ketiga (jadi tidak aman di rumah sendiri).

  • 8 Juni 2022 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Kalau saya ngelihatnya gak belanja online tuk barang yang mahal, cukup beli kerupuk aja online, zaman sekarang banyak malingvyang berlindung dibalik ecommerce, kalau perlu gak usah lagi ada e commerce ???

  • 8 Juni 2022 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Udah dari tahun 2019an kalo ga salah ya, saya denger ada penipuan dari dalem aplikasi marketplace oren ini. Oknumnya sepertinya orang dalem aplikasi oren ini. Lebih canggih lagi waktu itu kasusnya sabotase nomer pesanan, jadi oknumnya nggak ngehubungin customer lewat WA gini. Total kerugiannya sekitar 32-33jt, krn yg disabotase nomer pesenan yang di aplikasi. Saya bukan nyalahin aplikasinya. Cuma saran lebih ati2 aja, banyak berdoa. Untuk data bocor, itu bs terjadi pada siapapun. Apalagi hanya nomer telpon, kalo anda tengok di WA saya banyak nomer random masuk, kurir ada, walaupun mereka anter paket tp kita tetep ati2 kl ditanya alamat, tanya dulu pesanannya yg mana, biarkan mereka foto dulu, selebihnya orang random chat juga sering masuk. Maaf kalau saya ngajarin, mgkn utk ke depannya, bapak coba cek di email, di aplikasi, biasanya mereka kan hubungin lewat aplikasi/email dulu, walaupun tetap ada kesempatan kejahatan di sana, seenggaknya kalau yang beneran/official itu minimal nggak ngehubungi by person ke nomer pribadi gini

  • 8 Juni 2022 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Biar kalian tau,dari pihak ekspedisi gak akan tau ram berapa ,internal berapa tidak akan sedetail itu ,karena mereka hanya menanyakan tipe hp dan harga ,bukan warna apa dan tau banyak tentang apa yg di beli konsumen dan dari toko apa serta detail yg hanya bisa di akuratkan melalui marketplace tersebut,paham ente ente yg sok pintar ?

    • 19 Juni 2022 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Wkwkw, barang yg di beli itu terlihat dari deskripsi produk, dan itu ada di print outnya di paket. Lucu anda ini

  • 8 Juni 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    ini info dari org sih, dia ini biasanya jadi joki pinjol.
    kalau dari keterangan dia, di badan usaha yg ada paylater, pinjaman, cicilan, biasanya ada oknum didalamnya yg menjual data” user ke pihak ke-3. dari mana dia tau ? karena dari pengalaman dia, user yg sering/tertib belanja menggunakan fitur” diatas punya kesempatan acc pinjol ilegal yg tinggi ketimbang user yg jarang/belum bertransaksi.
    ga usah jauh” deh, isi pulsa ke konter yg nyuruh kita nulis nomer hp aja, ga lama bisa dpt sms spam kok.

  • 8 Juni 2022 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Yang saya tangkep disini penulis bukan mempermasalahkan uang yg sudah dia transfer, tapi kenapa data dia bocor di pihak shopee/ibox sehingga bisa terjadi kasus penupuan ini.

    • 9 Juni 2022 - (01:18 WIB)
      Permalink

      Kenapa gua bisa tahu nama lo “Arief” ???
      Lo belanja atau cuma komentar di sini ???

  • 8 Juni 2022 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Mana ada Gan, WA Resmi itu +1 (itu wilayah AS) dari No.WA udh tau pasti penipu. Mana ada tanggung jawab dari pihak ibox ataupun shopee. Hati2 juga yg sering belanja lewat market place. sering itu WA ngaku nya dari ini itu, lihat aja nomer WA nya. dan setahu saya no WA resmi mereka itu no lokal yg pake kode wilayah dan ada centanh biru nya. Resmi akun Market place tersebut

    • 9 Juni 2022 - (01:22 WIB)
      Permalink

      Fokus yang memiliki “CENTANG BIRU”…

      …Terima kasih Om Steven…
      Penduduk negera ini perlu edukasi mengenai huruf besar itu ?

      1
      1
  • 8 Juni 2022 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Asli sih Customer service Shopee tuh parah banget.
    Pernah paket ku lama gak dikirim seller, niatnya biar segera dijemput ekspedisi, minta tolong buat hubungi ekspedisi nya, ini malah ditanya detail akun dll, SUMPAH GAK NYAMBUNG BANGET. GAK ADA SOLUSI SAMA SEKALI.
    PARAH

  • 8 Juni 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Initinya,. Mau dia ngomong semeyakinkan apapun., Katakanlah dia tau semua yg qta beli, mulai dari merk apa, varian apa, warna apa, berapa unit,. Dan sudah diterimanya produk ke tangan qta., Selama dia mnghubungi qta dengan nomer pribadi, atau meminta transferan uang, dan atau yg berkaitan dengan meminta data., Dipastikan 1050% bahwa itu penipuan., Ane sehari dapet 2x telpon dari oknum yg mengatasnamakan kredivo., Minta utk ngirim data lewat link yg dia kirim ke WA., Dengan alesan adanya dobel penagihan dana tunai., dan utk mnghindari di bebankannya dobel tagihan ke sy., Dy kirim link dengan format bit.ly., haha , bruntung ane jeli dan pinter liat situasi., smua ini jelas., si pelaku hendak mempelajari data sy (klw waktu itu sy isi data formulir digital yg dia kirim)., Dan ya malah sy balik kerjain ajj tu si pnipu., Sblumnya dengan gaya myakinkan., Dia mnta sejumlah uang yg akan langsung di refund., dgn alesan utk mnghilangkan dobel pnagihan, pngkinian data, dan mnaikan limit., Pokonya strategi phising kaya gtu lagi marak maraknya., Dan qta slaku planggan setia e-commerce harus lebih jeli, waspada, dan jgn sungkan utk bilang “tidak”., Selama qta ditelpon oleh nmr pribadi dan diarahkan utk mntransfer sjumlah uang,.

  • 8 Juni 2022 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Turut berduka atas musibah ini. Semoga apa yang hilang akan diganti Allah dengan yg lebih baik.
    Menanggapi kejadian ini, pembeli tidak bisa menyalahkan pihak shopee atau pihak ibox, karena memang bukan kesalahan mereka.
    Kebocoran data tentang alamat, nomor hape dan jenis barang yang dibeli adalah wajar dalam dunia market online, tujuannya adalah memudahkan kurir mengetahui alamat pembeli untuk mengantarkannya, menghubungi pembeli (bila pembeli tidak dirumah) & berhati2 atas barang yg diantar (apalagi barang elektronik). tapi bisa di kustom dari pihak penjual bila barang yg dikirim adalah “alat kesehatan pria/wanita”.
    Shopee tidak salah, ibox tidak salah, pembeli yg kurang waspada juga tidak salah, ketidak waspadaan pembeli adalah wajar, karena pembeli masih awam dalam market online. ini adalah cobaan. Yg salah itu jelas si penipunya. Semoga penipu akan mendapatkan ganjaran yg seadil-adilnya.

    • 9 Juni 2022 - (01:40 WIB)
      Permalink

      Aamiin yarabbal alamin… doa yang baik dari orang jawa… terima kasih
      Data itu perlu supaya target pengiriman sesuai tetap sasaran…
      Contoh :
      SuperMan pesan televisi… dan spesifikasi ukuran… yang menerima tepat mengiya kan pesanan nya… diterima…

      SuperWoman pesan Hp iphone… dia menolak karena data packing luar nya HP china…

      artinya data itu perlu untuk pesanan nya sampai ketujuan… akan tetapi, ada juga orang yang memilih jalan instan memperoleh uang jalan singkat dan salah… mengetahui data pesanan… dia berusaha koneksi ke korban…
      ada yang berhasil, ada juga yang gagal…

      …Tidak perlu menjadi korban…
      Pintar lah… enggak harus sampai kuliah…
      Ketika sudah bisa beda in…
      … air manis gunakan gula …
      … air asin gunakan garam …
      …Sudah aman anda shoping Online…

      1
      2

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 146 komentar sampai saat ini..

Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBo…

oleh Wijaya dibaca dalam: 2 menit
146