Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBox Tidak Bisa Beri Jawaban

Saya merupakan konsumen Shopee yang dikecewakan oleh kelakuan staf Shopee & iBox. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 25 April 2022, saya membeli sebuah iPhone di iBox Official Shop melalui Shopee, dengan nomor pesanan: 220425F5MY6VUX, lalu saya menerima paket tersebut tanggal 28 April 2022.

Setelah saya mengkonfirmasi “Pesanan Diterima” dan memberikan penilaian toko, tidak lama kemudian ada pihak yang tidak bertanggung jawab, yang mengatasnamakan iBox, menghubungi saya via WhatsApp dan meminta saya untuk mentransfer uang sejumlah Rp800.750 untuk aktivasi garansi iPhone tersebut.

Pihak tersebut menjelaskan dana yang saya transfer itu akan otomatis refund. Saya percaya bahwa yang menghubungi saya itu adalah benar pihak iBox, karena momennya tepat, yang hanya berselisih dua atau tiga jam setelah saya setelah menerima iPhone tersebut. Pihak tersebut juga tahu dengan detail tipe iPhone apa yang saya beli, warna apa, memori berapa, dan metode pembayaran saya di Shopee bagaimana!

Setelah saya transfer sebesar Rp800.750, saya dibimbing oleh pihak yang mengaku iBox itu untuk mentransfer dana yang kedua kalinya dengan nominal Rp1.100.000. Saya langsung menyadari bahwa ini adalah kasus penipuan, dan saya segera mengkonfirmasi ke pihak iBox dan mereka menjelaskan bahwa mereka tidak pernah meminta transfer sejumlah uang untuk aktivasi garansi.

Sebenarnya saya sudah merelakan uang dengan nominal Rp800.750 itu hilang, tapi di sini saya ingin Shopee dan iBox untuk bertanggung jawab mengenai kebocoran data ini. Saya coba menghubungi CS Shopee melalui telepon ke nomor 1500702, untuk meminta penjelasan kenapa data saya bisa bocor. Namun jawaban yang mereka berikan sama sekali tidak membantu saya dan terkesan berbelit-belit.

Jawaban yang Shopee berikan melalui email adalah “Jangan pernah berikan kode OTP ke orang lain, sering-seringlah untuk mengganti password akun Shopee saya, dll“. Sama sekali tidak nyambung dengan apa yang menjadi pertanyaan saya yaitu “Kenapa data saya bisa bocor?”.

Saya selalu meminta Shopee untuk menghubungi saya di nomor aktif saya agar komunikasi lebih lancar, tetapi mereka tidak pernah benar-benar serius menghubungi saya. Shopee pernah beberapa kali menelepon saya dan begitu saya angkat langsung ditutup oleh mereka.

Kemudian pernah juga mereka menghubungi saya kurang lebih pukul 18.00, saat saya sedang ibadah, sehingga tidak memungkinkan saya untuk mengangkat telepon tersebut. Tidak lama kemudian Shopee mengirim email ke saya bahwa kasus ini ditutup karena saya tidak bisa dihubungi. What??

Saya juga menghubungi iBox untuk menanyakan bagaimana kebocoran data ini terjadi. Jawaban mereka selalu sedang pemeriksaan dengan tim Shopee.

Sampai akhir bulan Mei kemarin kasus ini masih belum beres dan Shopee tidak merespons lagi email saya. Saya pun terus menghubungi pihak iBox selaku seller untuk bantu konfirmasi ke Shopee mengenai kasus ini, tetapi jawaban dari iBox pun terkesan saling lempar tanggung jawab dengan Shopee.

Akhirnya tanggal 1 Juni 2022 pk14.33 ada staf Shopee (wanita) yang menghubungi saya ke nomor handphone saya untuk menjelaskan kasus ini. Tetapi staf tersebut hanya membacakan email yang dikirimkan ke saya sebelumnya, yang tidak menjawab pertanyaan saya. Staf tersebut tidak memberi saya kesempatan untuk bertanya, apa yang menjadi pertanyaan saya selama ini.

Staf wanita tersebut malah dengan nada tinggi dan tidak sopan menyalahkan saya kenapa mau transfer dana tersebut dan menyalahkan saya karena tidak memiliki pengetahuan tentang garansi iPhone. Saya dibuat kesal ketika saya mau menanyakan kenapa kebocoran data ini bisa terjadi, sambungannya malah dimatikan oleh staf Shopee tersebut. Benar-benar tidak punya etika staf tersebut.

Saya di sini sebagai konsumen Shopee tidak terima atas sikap staf tersebut. Saya ingin staf yang menghubungi saya pada 1 Juni 2022 pk 14.33 itu untuk kembali menghubungi saya selambat lambatnya hari Rabu 8 Juni pukul 12.00, untuk meminta maaf kepada saya dan menjelaskan tentang kebocoran data ini.

Terima kasih.

Alexander Ivan Wijaya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

146 komentar untuk “Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBox Tidak Bisa Beri Jawaban

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 146 komentar sampai saat ini..

Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBo…

oleh Wijaya dibaca dalam: 2 menit
146