Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBox Tidak Bisa Beri Jawaban

Saya merupakan konsumen Shopee yang dikecewakan oleh kelakuan staf Shopee & iBox. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 25 April 2022, saya membeli sebuah iPhone di iBox Official Shop melalui Shopee, dengan nomor pesanan: 220425F5MY6VUX, lalu saya menerima paket tersebut tanggal 28 April 2022.

Setelah saya mengkonfirmasi “Pesanan Diterima” dan memberikan penilaian toko, tidak lama kemudian ada pihak yang tidak bertanggung jawab, yang mengatasnamakan iBox, menghubungi saya via WhatsApp dan meminta saya untuk mentransfer uang sejumlah Rp800.750 untuk aktivasi garansi iPhone tersebut.

Pihak tersebut menjelaskan dana yang saya transfer itu akan otomatis refund. Saya percaya bahwa yang menghubungi saya itu adalah benar pihak iBox, karena momennya tepat, yang hanya berselisih dua atau tiga jam setelah saya setelah menerima iPhone tersebut. Pihak tersebut juga tahu dengan detail tipe iPhone apa yang saya beli, warna apa, memori berapa, dan metode pembayaran saya di Shopee bagaimana!

Setelah saya transfer sebesar Rp800.750, saya dibimbing oleh pihak yang mengaku iBox itu untuk mentransfer dana yang kedua kalinya dengan nominal Rp1.100.000. Saya langsung menyadari bahwa ini adalah kasus penipuan, dan saya segera mengkonfirmasi ke pihak iBox dan mereka menjelaskan bahwa mereka tidak pernah meminta transfer sejumlah uang untuk aktivasi garansi.

Sebenarnya saya sudah merelakan uang dengan nominal Rp800.750 itu hilang, tapi di sini saya ingin Shopee dan iBox untuk bertanggung jawab mengenai kebocoran data ini. Saya coba menghubungi CS Shopee melalui telepon ke nomor 1500702, untuk meminta penjelasan kenapa data saya bisa bocor. Namun jawaban yang mereka berikan sama sekali tidak membantu saya dan terkesan berbelit-belit.

Jawaban yang Shopee berikan melalui email adalah “Jangan pernah berikan kode OTP ke orang lain, sering-seringlah untuk mengganti password akun Shopee saya, dll“. Sama sekali tidak nyambung dengan apa yang menjadi pertanyaan saya yaitu “Kenapa data saya bisa bocor?”.

Saya selalu meminta Shopee untuk menghubungi saya di nomor aktif saya agar komunikasi lebih lancar, tetapi mereka tidak pernah benar-benar serius menghubungi saya. Shopee pernah beberapa kali menelepon saya dan begitu saya angkat langsung ditutup oleh mereka.

Kemudian pernah juga mereka menghubungi saya kurang lebih pukul 18.00, saat saya sedang ibadah, sehingga tidak memungkinkan saya untuk mengangkat telepon tersebut. Tidak lama kemudian Shopee mengirim email ke saya bahwa kasus ini ditutup karena saya tidak bisa dihubungi. What??

Saya juga menghubungi iBox untuk menanyakan bagaimana kebocoran data ini terjadi. Jawaban mereka selalu sedang pemeriksaan dengan tim Shopee.

Sampai akhir bulan Mei kemarin kasus ini masih belum beres dan Shopee tidak merespons lagi email saya. Saya pun terus menghubungi pihak iBox selaku seller untuk bantu konfirmasi ke Shopee mengenai kasus ini, tetapi jawaban dari iBox pun terkesan saling lempar tanggung jawab dengan Shopee.

Akhirnya tanggal 1 Juni 2022 pk14.33 ada staf Shopee (wanita) yang menghubungi saya ke nomor handphone saya untuk menjelaskan kasus ini. Tetapi staf tersebut hanya membacakan email yang dikirimkan ke saya sebelumnya, yang tidak menjawab pertanyaan saya. Staf tersebut tidak memberi saya kesempatan untuk bertanya, apa yang menjadi pertanyaan saya selama ini.

Staf wanita tersebut malah dengan nada tinggi dan tidak sopan menyalahkan saya kenapa mau transfer dana tersebut dan menyalahkan saya karena tidak memiliki pengetahuan tentang garansi iPhone. Saya dibuat kesal ketika saya mau menanyakan kenapa kebocoran data ini bisa terjadi, sambungannya malah dimatikan oleh staf Shopee tersebut. Benar-benar tidak punya etika staf tersebut.

Saya di sini sebagai konsumen Shopee tidak terima atas sikap staf tersebut. Saya ingin staf yang menghubungi saya pada 1 Juni 2022 pk 14.33 itu untuk kembali menghubungi saya selambat lambatnya hari Rabu 8 Juni pukul 12.00, untuk meminta maaf kepada saya dan menjelaskan tentang kebocoran data ini.

Terima kasih.

Alexander Ivan Wijaya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:433    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

146 komentar untuk “Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBox Tidak Bisa Beri Jawaban

    • 7 Juni 2022 - (13:59 WIB)
      Permalink

      hehe phone nya aja yang smart, orangnya kan belum tentu

      inti percakapannya kan: aktifin garansi ya dengan bayar 800rb, nanti 800rb nya kita balikin

      mana ada kyk gt cobaaa, terus itu VA kan ke DANA, atas nama perseorangan bukan atas nama iBOX

      47
      14
      • 7 Juni 2022 - (16:13 WIB)
        Permalink

        iya, penulis kira semua data kita aman. terlalu lugu sekali. mana ada yg aman di Endonesah. akun shopee sy atas nama papa, jarang sekali belanja, hampir tdk pernah malah, hanya isi2 pulsa/byr tagihan disana, eh dpt telpon ke no hp itu, nyari atas nama papa sy, pikiran sy lgs tertuju pd shopee. ga mungkin data kita bocor krn pembelian barang, memang ada oknum di shopee, tp kita jg harus smart dlm menghadapi penipu

        40
        7
        • 7 Juni 2022 - (23:27 WIB)
          Permalink

          Duhh susah ya ternyata ngomong sama orang yang pinter๐Ÿ˜…, orang pinter kan punya semua solusi, bahkan masalah yang telah berlalu pun masih diungkit lagi, padahal ini permasalahannya “kok bisa data Shopee bocor”

          28
          6
          • 8 Juni 2022 - (10:40 WIB)
            Permalink

            Ambil contoh gw sebagai penipu nya.

            gw mantau komentar/penilaian di ibox (Shopee) tsb. ketika ada yg beli, permainan dimulai disitu, dengan melihat ada org yg beli iphone terus ngasih penilaian, di telpon lah kalian yg barusan beli dengan modus aktivasi.

            kesimpulan: dari mana gw dapet nomer telepon kalian?
            jelas ada oknum dibalik layar.

            26
            1
          • 8 Juni 2022 - (16:55 WIB)
            Permalink

            susah ngomong sama orang bodoh, dikasih tahu yang bener ngeyel, kalo data bocor tapi konsumen bodoh kek gini malah kena tipu pake nyalahin data bocor, debat lu gak bermutu, jelas” kesalahan konsumen masih juga

            3
            41
        • 8 Juni 2022 - (04:49 WIB)
          Permalink

          Memang data kita terlalu gampang untuk didapat, UU perlindungan data saja belum diselesaikan oleh DPR….

          22
          • 8 Juni 2022 - (15:42 WIB)
            Permalink

            Sepertinya anda agak ******,,๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ™†โ€โ™€๏ธkoq malah nyalahin shopee atau pihak ibox

            3
            20
        • 8 Juni 2022 - (09:23 WIB)
          Permalink

          Musibah mmg ga pandang bulu, yg nyinyir sama penulis blm ngerasaain ajah, pas apesnya, kita ga tau posisi mereka saat kejadiaan.
          Kebocoran data ini yg dari dulu saya bertanya tanya…
          Akun shopee istri saya upgrade data..sering bgt dapat telpon dr pihak ngaku dr shopee mengatakan dpt hadiah…
          Apalagi sms..banyak bgt…
          Sedangkan sy akun biasa g upgrade data…
          Ga pernah di telpon dr pihak shopee
          Klo sms jg g banyak…
          Ini yg jd pertanyaan besar saya…
          Klo yg upgrade data…rata2 kena di spayletter…

          19
          2
        • 9 Juni 2022 - (08:11 WIB)
          Permalink

          Otak dangkal ya gitu ya… g mikirin jangka panjangnya…kalo g ada korban yg komplen kek gini mereka g akan pernah memperbaiki kesalahan mereka bodohhh…kalo lu bilang indonesia g ada yg aman iya makanya itu orang kyk kamu yg tidak mendukung kemajuan keamanan data pribadi orang malah nyalahin korban.saya pikir kamu sebagai komplotan pelaku keknya dukung banget kelakuan penjahat

          34
          2
          • 9 Juni 2022 - (21:43 WIB)
            Permalink

            Ya karena lo tidak korban koment lo nyalahin korban kapan bisa besar lo tu

          • 19 Juni 2022 - (09:48 WIB)
            Permalink

            Komplian dari dl jg sdh yg kaya gini, dan ttp terjadi ky gini. Apa yg anda harapakan dari tulisan yg merupakan kesalahan penulis sendiri.

      • 7 Juni 2022 - (23:16 WIB)
        Permalink

        Mas Wijaya selaku penulis engga salah atas kasus ini. Titik permasalahan disini adalah dari pihak Shopee nya, kenapa kok bisa ada kebocoran data (katanya nomor 1 se Asia), bahkan pihak Shopee pun engga mau menanggapi masalah ini, juga malah dibuat sepele dengan menyalahkan mas Ivan Wijaya selaku pihak pertama. Dan pihak Shopee engga seharusnya nyalahin mas Ivan Wijaya atas kasus penipuan ini, mas Ivan gatau apa apa, dan tanya “ini gimana solusinya” namun dibales dengan mengungkit masalah yang berlalu “mas kenapa kok mau transfer” itu bener bener gak nyambung, dan terkesan seperti pihak Shopee nya engga bertanggung jawab atas kasus ini dengan menanggapi negatif dan melempar masalah ini kepada pihak iBox, dan iBox juga gitu, lepas tangan atas kasus ini dengan melempar kasus kepada pihak Shopee.. dan buat kalian yang malah bilang kalo ini salahnya Ivan Wijaya selaku penulis, berarti kalian sendiri yang engga smart, hp doang smart, tapi otaknya kosong kek saldo Paypal mu. Disini Ivan Wijaya mencari solusi sekaligus saran, bukan malah dapet cacian dari kalian yang omongannya ga bernilai.

        Menurutku sendiri sih bakal sulit ini, apalagi kalo lapor polisi pun bakal dilempar juga keknya. Tapi kita gabakal tau kalo belum dicoba, saranku sih, coba lapor polisi dulu kak, barangkali bisa bantu.
        Sekian, maaf kalo ada salah kata.. thx ๐Ÿค๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ‘‹๐Ÿป

        129
        4
        • 8 Juni 2022 - (06:44 WIB)
          Permalink

          Ya anda ****** sama kayak penulis jelas2 nomornya +1 bukan +62 kenapa mau disuruh trf, ibox indonesia selalu pakai +62 dan tidak pernah meminta melakukan pembayaran online melalui DANA ya begonya penulisnya aja mau di tipu

          5
          13
          • 8 Juni 2022 - (18:55 WIB)
            Permalink

            Si tolol, wkwkwk sekarang lo bisa jelaskan darimana si penipu dapat data si pembeli? Jelasin ini aja dulu

            14
            1
          • 19 Juni 2022 - (09:49 WIB)
            Permalink

            @trapian, lo pikir darimana? Jelas2 dsni banyak pihak yg bs jd tersangka. Tholol lo!

      • 9 Juni 2022 - (09:25 WIB)
        Permalink

        Ya bener sih. Kebocoran data pembeli dalam e-commerce bs terjadi dr pihak mana aja. Itu celah yg bs dimanfaatin penipu. Klo uda bocor di ekspedisi kita ga bs apa2. Mslh nya disini pembeli ga kroscek dulu ke pembeli melalui akun resmi. Jd pihak penjual tidak sepenuhnya bs disalahkan. Mungkin faktor pembeli iphone baru rata2 orang kaya sehingga sangat menganggap remeh hal2 seperti ini. Saya harap berhati2 ke depan nya. Anggap pelajaran. Jgn merusak nama baik orang lain jika alasan tidak kuat. Pencemaran nama baik bisa di tuntut pidana. Apalg ini menyangkut sebuah usaha.

        4
        1
    • 7 Juni 2022 - (22:16 WIB)
      Permalink

      Om yang pintar, yang jadi permasalahan disini kenap datanya bisa bocor? hanya selisih beberapa jam saja dari barang di terima.. Yang gue masalahin disini kenapa tuh penipu bisa tau gw beli iphone di ibox?
      Penipu itu tau gw beli iPhone apa, warna apa, memori berapa..

      Mungkin Om Herwin yang pintar bisa bantu jawab pertanyaan saya di atas?

      Terimakasih Om

      32
      4
      • 8 Juni 2022 - (09:53 WIB)
        Permalink

        gini ya bung. tentu paket anda dikerjakan oleh orang, bukan mesin. pas dipacking aja minimal 1-2 org. 1 bagian gudang, 1 bagian packing. blm lg 1 org ekspedisi ke jasa kurir. blm lg admin penjualan yg bertugas merekap. itu udah 4 org.
        di ekspedisi jasa kurir, diterima oleh 1 counter, ditaro di gudang yg isinya byk kurir seliweran. tanpa tau isinya apa, pengirim oleh ibox indonesia, sudah pasti iphone. byk mata disini tertuju pada paketmu. blm lg yg antar sampai ke depan pintu rumah anda.
        itu udah berapa org yg tau data diri anda. Jadi, jgn harap data anda secure 100%. semua balik lg ke kita masing2, jgn mudah terpancing sm penipu, shopee sendiri sudah mewanti2 agar transaksi tidak dilakukan di luar marketplace shopee, masalah kena tipu, itu menjadi tanggungjwb masing2 pengguna. shopee tdk bs disalahkan

        31
        6
      • 8 Juni 2022 - (13:48 WIB)
        Permalink

        gini saya bantu jawab.

        di shoppe. klo ada WA (rata2 mereka pake itu) dengan nomor region (+1, +65, dll. kecuali +62) itu oknum. dengan pake tool free internet call.

        driver shopee express/food nya jg sering kena. dengan dalih ingin di bantu jika mereka kena orderan bodong/fiktif).

        ujug2 minta otp rekening dll..

        jd sekali lg. SIAPA PUN yg belanja di shoppe. abaikan jika ada yg menghubungi dengan kode region (+1, +65 dll. kecuali +62).

        shopee jg tidak bisa bantu jika sudah ada yg kena perangkap dari oknum2 itu.

      • 8 Juni 2022 - (17:55 WIB)
        Permalink

        Maaf, saya sih blm tergerak daftar shoope. Adakah kemungkinan pihak lain mengetahui transaksi kita… seperti expedisi misalnya dan tahu detail ttg data pembelian kita dan no telp kita. ๐Ÿ™.

        1
        1
      • 12 Juni 2022 - (01:01 WIB)
        Permalink

        Kurirnya mungkin kan ada keteranganya ip seri warna rom ram dll saya sering ditipu kurir tapi saya hafal suara dan cara mengetiknya kurir tidak selalu membaca nama dan harga ingat kurir juga kepo dengan yang dibelinya

      • 13 Juni 2022 - (08:03 WIB)
        Permalink

        Belum tentu data bocor bisa saja karna label invoice pada paket juga, tekadang kan label inv yang di tempel di paket tertera beli dimana dan produknya apa.

    • 8 Juni 2022 - (06:14 WIB)
      Permalink

      Intinya gini lho mas Alexander Ivan Wijaya, menurut saya (pendapat orang lain boleh beda dan pasti beda) dan bbrp sudah dijabarkan jg oleh tmn2 diatas.

      Pertama, Anda sudah menerima paket berisi iphone, 2 sampai 3 jam setelah anda menerima paket ada yg telpon ngaku dari ibox. Artinya kebocoran data kemungkinan bisa jg dari ekspedisi, dari oknum ekspedisi. Kesimpulannya anda tdk bisa hanya mengejar seolah2 data bocor karna salah ibox atau shopee, anda jg harus kejar ekspedisi (kalau mau).

      Kedua, menurut saya (dari cerita anda di atas) memang oknum customer service shopee kurang baik dlm menjelaskan ke customer/anda. Seharusnya bisa dijelaskan bkn dengan menyalahkan customer.

      Ketiga, anda sudah bagus mengikhlaskan uang nominal Rp 800.750 karena memang anda salah melakukan transaksi di luar shopee dan ketidaktahuan anda mengenai garansi iphone yang satu satunya cara mengaktifkan adalah dengan menyalakan iphonenya (mohon koreksi jk salah).

      Keempat, saran saya tidak perlu follow up lagi ke shopee, ibox, atau ekspedisi supaya tidak capek. Cudah cukup posting di media konsumen mengenai kasus ini. Kenapa? Karena saya yakin anda tdk akan mendapat jawaban yang memuaskan dari ketiga pihak itu. Hanya membuang waktu saja. Tapi kalau masih lanjut, silakan dan kita jadikan pelajaran bersama selalu waspada dari tlpn orang apalagi minta transfee

      44
      5
    • 8 Juni 2022 - (12:57 WIB)
      Permalink

      Saya turut menyesal dengan apa yang terjadi dengan konsumen, sebaik nya hal seperti ini di laporkan saja ke yayasan pelayanan konsumen, jika memang tidak di tanggapi serius, padahal menurut saya pembobolan atau kebocoran data adalah hal yang paling serius di zaman teknologi sekarang ini. Semoga kedepan nya ada regulasi mengenai ini, atau minimal di mudah kan dalam hal pelaporan nya

      4
      1
      • 9 Juni 2022 - (20:29 WIB)
        Permalink

        Saya tidak akan mempermasalahkan kenapa data bocor karena resiko berinternet adalah data kita bisa diambil oleh orang lain entah karena kita sendiri memang menulis di bio sebuah aplikasi atau web atau data tersebut dijual seperti oleh google,rb,twitter,tiktok,wa,tukang pulsa.
        Semoga jadi pelajaran untuk penulis jangan transfer ke orang yang tidak dikenal dari pihak manapun dengan alasan apapun.

        Tambahan : kita tahu nama asli anda penulis karena anda sendiri memberi kita komentator, data anda sendiri yang berupa nama lengkap anda.

        2
        1
    • 8 Juni 2022 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Ada Beberapa Kasus bocornya dari
      “Testimoni” Toko Foto Paket dengan No Pesanan alamat dan no Telp seta nama barang di dalam paket
      Mohon pembeli online lebih hati” kalo beri testimoni jangan teledor

    • 8 Juni 2022 - (23:05 WIB)
      Permalink

      kertas bekas packing nya dibuang dimana bang? bisa jadi ada orang yg ambil resi bekas packingan nya, kan disitu ada data data abang

      2
      1
    • 9 Juni 2022 - (09:19 WIB)
      Permalink

      sumber nya adalah data, yg digunakan pelaku, untuk me YAKIN kan, targetnya bahwa ini adalah benar org ibox.
      persis sama seperti bank mengecek dgn bertanya data, apakah yg telpon ini beneran nasabahnya.
      data kita sebenarnya tanpa kita sadari, kita juga ikut membocorkan sendiri.
      waktu org bank telpon, ditanya nama ibu kandung, kita jawab, kita lupa di sekeliling kita ada yg bisa dengar, dan org yg kenal kita, tau nama ibu kandung kita sejak lama.

      namun dalam hal ini, korban tidak ditanya seperti bank. pihak pelaku yg menyebutkan data data itu, sehingga, korban menjadi yakin, ini dari ibox.

      dengan demikian, tak ada alasan data bocor dari pihak korban.

      data sudah pasti bocor dari pihak ibox dan atau shopee.

      dan… mereka tidak mau bertanggung jawab.
      simple as that.

      1
      1
    • 9 Juni 2022 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Belinya sih iphone 13juta. Tp terlalu polos dg mudahnya tertipu rayuan gombal yg tidak terverifikasi. Bahkan saat mau transfer aja harusnya sudah sadar melihat pemilik rekening yg ditransfer. Hehe. Sayang sekali

      1
      2
    • 18 Juni 2022 - (07:18 WIB)
      Permalink

      Fix kesalahan konsumen , lu uda kasih penilaian oke terpantau sama si penipu ni baru beli hp baru nih , next masalah dpt no hp darimana aja bisa deh keknya apalagi cm wa doang. Dan yg super bodoh nya lagi trf VA via Dana .
      Ente mau triak” kebocoran data bla bla bla percuma. Org tiap hari aja masi ada yg sms dan wa ke gw mengatasnamakan shopee , iklan judi dll intinya situ teledor dan gampang ditipu udah deh jadikan pembelajaran aja karna ini murni kesalahan anda bukan mslah data bocor dll

    • 9 Juni 2022 - (09:21 WIB)
      Permalink

      selalu akhirnya disebut oknum. yang jelas org pembocor data itu, ada di ibox atau shopee. bahkan mungkin keduanya.

      1
      1
  • 7 Juni 2022 - (13:46 WIB)
    Permalink

    waduh pak,menurut saya itu udah bener kelalaian dari bapak sih. Bapak emang beli dari shopee, tapi kalo udah ada transaksi diluar shopee itu sudah bukan tanggung jawab shopee lagi. Jadi pelajaran untuk selanjutnya ya pak, semangat

    17
    12
      • 8 Juni 2022 - (16:47 WIB)
        Permalink

        kalo data bocor bisa terjadi dari banyak faktor, tapi kalo udah kena tipu tapi masih nyari celah buat nyalahin pasti ada masalah sama otaknya, mending ricek dulu kalo mau beli online

        3
        9
        • 21 Juni 2022 - (22:50 WIB)
          Permalink

          Hallo Om.. Terimakasih sudah berkomentar..
          Mungkin lain kali bisa lebih bijak lagi yaa dalam berkomentar..

          Komentar om diatas akan saya jadikan bukti untuk di bawa ke ranah hukum yaa..

          Mungkin om tau UU pencemaran nama baik?
          Bisa dipelajari yaa om

          Semoga beruntung..

    • 7 Juni 2022 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Kebocoran data terjadi belum tentu di shope atau ibox bisa saja di expedisi kn tertera invoice no tlfn dn rincian pesanan.

      23
      1
      • 8 Juni 2022 - (07:00 WIB)
        Permalink

        Bener banget ini, dalam proses pembelian di market place gini banyak pihak yang terlibat tidak hanya shopee dan ibox, ada pihak ekpedisi, pihak asuransi, pihak kurir, bahkan mungkin bisa jadi cerita penulis melalui wa atau jejak digital lainnya. Saya rasa penulis hanya mencari kambing hitam atas kebodohannya, hanya ingin emosinya tersalurkan dan berharap pergantian. Padahal jelas banget nomor yang menghubunginya bukan nomor resmi dan juga penulis tidak punya pemahaman cara berbelanja di market place.

        6
        9
        • 8 Juni 2022 - (16:50 WIB)
          Permalink

          emang gitu kali ya, konsumennya bodoh mau tranfer diluar marketplace, dihubungin nomor +1 malah gak curiga sama sekali, malah terkesan lemot banget konsumen, ujung” ada yang ngebela dengan alasan “dia kan nanya kenapa data bocor?” gak nutup juga kejadian konsumen bodoh kek gini, ciri” konsumen yang bodoh dan gak mau disalahin pasti nyari celah nyalahin sana sini wkwk

          3
          9
  • 7 Juni 2022 - (14:35 WIB)
    Permalink

    kalau kasus ini menurut saya memang kelalaian penulis karena melakukan hal hal yang diluar kebijakan shopee ataupun ibox yang berkali kali memberi informasi tidak menerima pembayaran selain rekening perusahaan, untuk data bisa dari kurir ataupun dari label paket yang dibuang, makanya disarankan label dibakar.

    15
    5
    • 7 Juni 2022 - (16:11 WIB)
      Permalink

      nah bener., sebenernya cara nipu seperti itu dah lama.., bahkan sebelum ada aplikasi marketplace, waktu zaman fjb di fokum kaskus sudah ada yg sperti ini., saya sendiri sering dapat telpon / wa habis beli barang., cuman tak kerjain balik.. ๐Ÿ˜ itu penelpon bisa tau detail alamat dan barang yg kita beli.., biasanya dari karyawan ekspedisi / staf toko bagian packing barang.., soalnya nama akun dan nama di alamat pengiriman saya bikin berbeda., si penelpon kebanyakan cuman tau nama di alamat pengiriman barang..

      5
      1
  • 7 Juni 2022 - (14:53 WIB)
    Permalink

    Otak digigit HP,,, !!!WASPADA TF KE VA (Virtual Acount)!!!

    Untung kurir nya baek ga bawa tu hp, mending curi alamat ๐Ÿ˜ก

    9
    5
  • 7 Juni 2022 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Betul bahwa penulis melakukan keteledoran dengan menuruti perintah penipu tsb, namun yg dipertanyakan disini adalah kebocoran data yg dia alami. Entah dari iBox atau Shopee, karena hanya 2 perusahaan itu yg tau data transaksi yang penulis lakukan. Saran saya sih lapor polisi aja Pak mengenai kebocoran data ini, krn yg anda alami ini kemungkinan bisa terjadi kepada semua orang yang bertransaksi di tempat data itu bocor yaitu di iBox atau Shopee. Demikian.

    14
    4
    • 7 Juni 2022 - (15:16 WIB)
      Permalink

      Itu paket terbang sendiri ya ke pembeli?

      D pakent pasti d info laah apa aja ni tlpon pembeli dll??

      Bisa jadi itu oknum nakal ekspedisi atau oknum yang Nemu itu bekas pake (alamat dll) kalo sudah gitu susah..

      Paling gampang blok no rekening yang d to lapor kebank bait rekening pelaku d bekukan.. suruh pelaku nelpo buyer biar menjelaskan jika tidak ada ya polisi..

      15
      1
  • 7 Juni 2022 - (15:28 WIB)
    Permalink

    utk saat ini setiap membeli online kita sudah harus persiapkan diri untuk menghadapi hal-hal seperti ini. bahwa data kita bisa diakses siapa saja. apalagi cuma data pembelian. bisa dari oknum marketplace, oknum karyawan si penjual, oknum kurir. yang harus ditanamkan ke diri sendiri adalah jangan mau transfer apapun dan ke siapapun yang mengaku-ngaku ini dan itu.
    dan jujur saja jawaban apa yang diharapkan dari IBOX atau shopee? mengakui ada kebocoran dari merek? ya gak mungkinlah..

    tapi semoga aja dengan muat d mediakonsumen ini shopee mau mengganti uang 800750 tersebut.

    11
    1
      • 7 Juni 2022 - (15:59 WIB)
        Permalink

        ya karena memang bukan pasti dari mereka kebocoran datanya, titik kebocoran data bisa banyak pihak, shopee,kurir,iBox, label pengiriman yang tidak dirusak, kemudian dipungut orang di jalan, semua hal bisa terjadi, atau malah dari pihak penerima sendiri, dalam arti mungkin diterimanya itu bukan dirumah, bisa jadi di kantor atau mana pun yang tidak diterima langsung oleh pembelinya

        kalau semisal nih iBox bilang mau bantu investigasi dll, ujungnya yang akan memiliki pertanggungjawaban iBox nya dong , walaupun bisa jadi di shopee titik kebocoran datanya

        kalaupun dari sisi penerima menjamin dia buang label, diterima sendiri dll, meminta penjelasan kenapa data bisa bocor itu hal yang lumrah tapi sebetulnya sangat konyol karena data itu berpindah tangan ke banyak pihak dan dapat dilihat oleh banyak sekali mata, bagaimana perusahaan bisa pasti tahu siapa pihak yang membocorkan data tersebut?

        7
        2
  • 7 Juni 2022 - (15:44 WIB)
    Permalink

    untuk semua yang komentar, coba fokus dulu soal masalah kebocoran data itu.
    dan untuk penulis, jadi pelajaran next time yg namanya transaksi diluar online shop memang sangat risky.
    apalagi yang mengatasnamakan perusahaan

    kalau memang transaksi diluar online shop terhadap pribadi yang sudah dekat/sudah berpartner/berlangganan baru itu bisa dipertimbangan lebih mudah

    2
    6
    • 7 Juni 2022 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Ya kan sdh bnyk yg jawab, kebocoran bs di ibox, shopee, kurir, pegawai input ekspedisi dll…. trus dr mana kita bisa tau? Pihak mana yg mau ngaku? Mencari oknum itu susah…. Keberadaan oknum bkn berarti perusahaan yg hrs rltgg jawab kan?!

  • 7 Juni 2022 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Ternyata isi kantong tidak selaras dengan isi aiiiphuuuuuuuuuoooonnnnn โœŒ๏ธโœŒ๏ธโœŒ๏ธโœŒ๏ธ

    6
    5
  • 7 Juni 2022 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Sepertinya ada sekongkol orang dlm shopee dan iBox, ini mmng sering terjadi seperti pinjol, baru bbrp ada pencairan pasti ada yg telpon mengatasnamakan dari ini itu, jgn mudah percaya dg penelpon tersebut, abaikan saja,, yg masih blm dpt jawabannya yaitu darimana data itu bisa dibocorkan klo gak dari org dlm

    1
    2
    • 9 Juni 2022 - (08:03 WIB)
      Permalink

      jadi pelajaran buat yg suka Online Shopping, terutama barang barang Mahal…

      kadang dari e-commerce dan toko sdh aman … masalah akan muncul dr pihak kurir….

      dan jangan pernah berharap No hp dan alamat rumah kalian tidak akan pernah bocor… (karena pihak kurir sangat butuh alamat lengkap dan no hp si penerima dan pengirim, supaya tidak terjadi salah kirim, apalagi barang yng mahal)

      dan jika ada yg hubungi kalian mengatasnamakan ‘Official Store’ via WhatsApp jika tidak ada centang biru d no nya .. kagak usah dipercaya apalagi sampai minta transfer duit, baik dalam no rek atau Virtual Account…

    • 10 Juni 2022 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Yg pasti bayar pengalaman… pengalaman ada yg gratis ada juga yg berbayar… ini termasuk pengalaman hidup yg berbayar

  • 7 Juni 2022 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Itu dah kelihatan penipu dari luar negeri.. kan nomornya dimulai +1 bukan +62 (indonesia). Kalo whatsapp kan bisa nyambung kemanaยฒ, cuman modal internet bisa nipu antar negara…

    4
    4
  • 7 Juni 2022 - (17:52 WIB)
    Permalink

    Dpt cashback 700rban
    Tapi kena penipu 800rb

    Wkwkwkwkwk

    Lainkali beli di offline
    Yg resmi kan juga banyak yg offline

    Kl gini kan pusing sendiri

    7
    4
  • 7 Juni 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Mungkin kebocoran data tidak di sisi shopee atau iBox. Besar kemungkinan kebocoran data bisa terjadi saat pengiriman barang melalui kurir. Perlu diingat, biasanya ada detail order disticker ekspedisi. Nah pelaku memanfaatkan celah tersebut untuk mendapatkan data tersebut.

    Untuk mengenai, kok pelaku bisa tau metode pembayaran saya? Bisa saja ada kongkalikong dengan oknum pegawai ekspedisi dengan pelaku untuk memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai data yang dibutuhkan pelaku.

    Cukup simpel bukan untuk mendapatkan data seseorang.

    10
    • 7 Juni 2022 - (22:30 WIB)
      Permalink

      Saya baca dibukti chat dgn penipu ga ada si penipu menyatakan tau metode pembayaran penulis, hanya penulis yg menyatakannya (aneh bgt), nah lebih aneh lg, knapa ss chat terakhir hanya sepotong? Apa yg disembunyikan tuh? Tampilkan aja ss chat yg terakhir secara penuh

      7
      2
  • 7 Juni 2022 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Ini zaman ” Kuda makan keju”…
    Tidak ada teknologi yang “secure”

    Jadi pinter-pinterlah menggunakan teknologi..

  • 7 Juni 2022 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Kemungkinannya memang data anda sudah bocor dari dalam, apalagi setelah penipu itu tau sangat spesifik apa yang anda beli… Atau mungkin ada ‘seseorang’ di dekat anda yang tau anda beli hp, kadang emang harus lebih cermat kalau transaksi online.

  • 7 Juni 2022 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Cuma mau ingetin aja nih mba,kan mba nya udah komplain ke shopee minta pihak shopee hubungin mba nya paling lambat tgl 8 jam 12:00 hati2 akunnya ga bisa login lagi sama kaya punya saya komplaint terus ngancem minta di tlp pas di tlp eh akun saya udah ga bisa masuk lagi,nomer ponsel 088212791889

  • 7 Juni 2022 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Shopee itu udah mau bangkrut mba,jadi nanti klo akunya di blokir shopee berarti uang yg di shopee pay ga bisa di ambil,saya saranin aja mendingan klo ada saldo langsung kuras ke rekenibg pribadi biar ga di blokir shopee dan dana shopee paynya aman udah masuk rekening

    4
    1
  • 7 Juni 2022 - (20:31 WIB)
    Permalink

    @Alexander Ivan Wijaya

    Saya bergelut dibidang Mac resmi sejak legalized di Indo.
    Seumur-umur baru lihat kejadian kasus ‘harus bayar untuk aktifasi iphone’.
    Kalau untuk penambahan masa warranty, itu apple care+. Dan itu harus langsung ke website apple untuk membelinya, ga bisa diwakilkan oleh agen manapun.

    Yang saya sesalkan dari kejadian ini, kenapa anda tidak datang ke Store iBox di IR.Djuanda, Bandung untuk mengklarifikasi? (misalnya,”mbak/mas WA ini bener ga?”) . Ditelepon pun bisa, ada nomernya di google map.

    Meski anda sudah beli di marketplace manapun, asal devicenya punya indonesia (region indonesia), iBox mau bantu tanpa ada biaya selama masih dalam coverage warranty. Atau AASP lain di Bandung seperti Mitracare/i-Store.

    Untuk cek masa garansi setelah user menghidupkan devicenya cuma ada disini: https://checkcoverage.apple.com/id/in/
    Atau bisa sebelum diaktifkannya juga dengan memasukan kode serial number/imei.

    Disini saya tidak samasekali membela iBox meski store ini salah satu ‘rival’, tapi menurut hemat saya kalau data anda bisa ditrace ‘hacker’ kemungkinan cuma dua, yaitu: Disisi basis data Shopee atau disisi oknum sortir expedisi dengan melihat shipping label. Kecil kemungkinan kalau di iBoxnya.

    Cuma saya pun bingung sama anda, apakah anda itu ‘terjebak’ discount voucher marketplace? Secara offline iBox pun hanya jual device iphone tersebut diposisi 12,499,000 (iPhone 12 128GB (PRODUCT)RED) dari awal April promo ramadhan. Kalaupun misalnya warna tidak tersedia, pihak store mau mengorderkan dari pusat.

    Kalau dilihat dari percakapan WA diatas, itu si pengontak anda memakai ‘number masking(virtual number)’ dan itu bisa berganti-ganti semaunya dia. 100% penipuan.

    Yah, nasi sudah menjadi bubur. Ini cuma masukan dari saya, harga online belum tentu bisa lebih murah dari offline, hendaknya cek-ricek dulu yaaa.

    Kalau nanti hasilnya pihak shopee declare tidak ada kebocoran data, berarti dari sisi expedisi ada oknum yang bermain.

    16
    1
      • 8 Juni 2022 - (19:34 WIB)
        Permalink

        Banyak celah untuk kebocoran, bisa dr iBox, Shopee, bisa juga dr pengiriman. Banyak pintu, banyak tangan, banyak juga kesempatan penyalahgunaan.

        1
        1
    • 8 Juni 2022 - (00:09 WIB)
      Permalink

      Setau saya kalo kiriman paket pasti tertera apa yg kita beli,di resi pengiriman yg di tempel tertera data kita,alamat rumah nmr hp,nmr resi pengiriman. Dari situ sudah banyak cara untuk mencari celah atau peluang penipuan. Entah itu pihak sebelum barang di terima atau setelah barang di terima. Jika barang diterima dan bungkus paket yg ada resi pengiriman blm dibuang dan masih kita simpan brti data itu cuma pihak ecomerce dan ekspedisi yg tau. Tp kalo itu bungkus udh dibuang dan data2 yg masih nempel itu tidak dihancurkan,org yg mungut sampah dan melihat data2 itu juga bisa siapapun yg nemu bungkus itu berpeluang untuk menyalahgunakan data2 tsb. Dari resi yg di tempelkan di paket tsb,bisa di cek nmr resi pengiriman sudh diterima atau blm,trus misal sudah d terima ada nmr hp yg tertera untuk dihubungi,tertera juga barang yg dikirim hp merk apa kapasitas brp warna apa. Trus tinggal bikin drama ala2 aktivasi grs dengan segala tipu muslihat biar yg dihubungi yakin dan mau mentransfer sejumlah uang.

  • 7 Juni 2022 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Mbak nya ngga salah kok,,yg salah itu saya knp baca threadnya mbak,,๐Ÿคฆ๐Ÿปโ€โ™‚๏ธ

    3
    3
  • 7 Juni 2022 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Mas ivan coba track no vanya itu no telpon lho belakangnya (082136005972) sekedar saran biar tahu siapa pemilik no vanya,karena kalau no wa itu dari luar negeri karena depannya bukan +62 tapi +1

    • 8 Juni 2022 - (20:41 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin atas kejadian yg menimpa anda, jadikan pelajaran saja setiap transaksi diluar market place sudah bukan wewenang market place tsb. Kemungkinan kebocoran data bisa saja apalagi paket dari market place mencantumkan item dan nomer pembeli jadi sangat mudah dijadikan modus oleh oknum dilingkaran marketplace dan ekspedisi/kurir. Jadikan pelajaran saja supaya kita bisa Lebih hati hati lain kali, ikhlas dan legowo saja daripada membuang waktu dan tenaga kita.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 146 komentar sampai saat ini..

Terjadi Kebocoran Data Saat Beli iPhone di Shopee Mall, Shopee dan iBoโ€ฆ

oleh Wijaya dibaca dalam: 2 menit
146