Tidak Bisa Membayar Tagihan GoPayLater karena Akun Dibekukan Tanpa Penjelasan

Saya dengan sangat terpaksa blow up ini ke Media Konsumen, karena CS Gojek sudah sama sekali tidak bisa memberikan penyelesaian atas masalah saya.

Kasus saya ini berawal dari bulan Mei 2022, ketika saya menggunakan GoPayLater pada akun Gojek saya. Saya gunakan saldonya keseluruhan (Rp700 ribu) dan hal ini adalah hal yang biasa saya lakukan pada bulan-bulan sebelumnya. Dikarenakan saya gajian setiap tanggal 5, maka paling lambat saya selalu melunasi tagihan saya maksimal tanggal 5. Karena sesuai Syarat dan Ketentuan, ada dispensasi waktu tenggang sebelum tanggal 6. Jika lewat dari tanggal 6, maka akan dikenakan denda Rp2 ribu/hari.

Kebetulan, pada bulan Juni ini gaji saya maju yaitu pada tanggal 3. Pagi harinya saya ingin melakukan pembayaran tagihan GoPayLater saya melalui akun Gojek saya. Saya isi saldo Gojek GoPay saya total sekitar Rp1,2 juta. Namun saat saya menuju ke halaman GoPayLater, yang muncul bukanlah tagihan, tetapi permintaan data registrasi ulang saat pengajuan GoPayLater.

Saat itu saya sempat bingung dan merasa aneh, kenapa hal itu terjadi. Saya berpikir mungkin sedang eror sistemnya. Sambil menunggu, saya coba melakukan pembayaran tagihan internet dan kartu kredit saya melalui Tokopedia dengan metode bayar saldo GoPay saya dan berhasil.

1 jam kemudian saya coba buka akun Gojek saya lagi dan coba melakukan pembayaran tagihan saya lagi. Namun yang muncul tetap sama yaitu form registrasi untuk pengajuan GoPayLater. Saat itu saat coba berbaik sangka dan berpikir kalau mungkin itu adalah bentuk verifikasi untuk masuk GoPayLater dan akhirnya saya isi dan lengkapi data itu. Sistem Gojek menjawab bahwa data saya akan diverifikasi dan muncul notifikasi reapply.

Karena ada kendala saat melakukan pembayaran tagihan GoPayLater, saya coba hubungi CS Gojek. Saya sungguh terkejut karena CS memberikan jawaban bahwa akun saya dibekukan oleh tim terkait dan saya diarahkan melakukan pembayaran menggunakan device lain.

Mendapat jawaban seperti itu, saya naik pitam, karena saya tidak pernah merasa login akun Gojek saya dengan device lain, dan saya juga hanya memiliki 1 HP. Lagi pula kalau saya meminjam HP orang lain untuk login akun Gojek saya, kan berbahaya juga karena history data saya bisa disalahgunakan oleh orang lain. Karena itu saya gak mau dan keberatan!!

Berkali-kali saya sudah jelaskan ke CS tentang kendala saya. Saya gak punya hp lain dan saya juga sudah tegaskan bahwa saya gak pernah login akun Gojek saya di hp lainnya. Bahkan saat saya meminta penjelasan atas dasar apa akun/device saya dibekukan, CS gak bisa jawab dan hanya menjawab kayak robot pakai template.

Saya bukan orang bodoh yang tidak mengerti teknologi. Apalagi pekerjaan saya adalah customer service yang seharusnya dari CS GOJEK juga bisa menganalisis dan probing case pelanggannya lebih mendalam, bukan malah kasih jawaban kaya robot, cuma template.

Hari ini, tanggal 6 Juni 2022 saya sudah mendapatkan 1x telepon robot reminder tagihan dan notifikasi di akun Gojek saya. Saya tekankan ya sama pihak Gojek, bahwa saya ada itikad baik membayar tagihan saya sejak tanggal 03 Juni 2022. Namun dari pihak Gojek gak bisa bantu sama sekali dan kasih solusi alternatif.

Saya pernah melakukan mengalami kasus yang sama saat dulu saya menggunakan Shopee SPayLater dan salah satu aplikasi pinjol. Mereka bisa bantu dengan memberikan rekening manual atas nama perusahaan agar saya bisa membayar tagihan saya dengan syarat melampirkan bukti bayar setelah melakukan pembayaran. Lalu kenapa Gojek gak bisa melakukan itu????

Jangankan memberikan solusi alternatif seperti itu, rasa simpati dan empati kepada pelanggan saja GAK ADA SAMA SEKALI!! Yang ada jawaban CS cuma template kaya robot!

Saat ini di akun Gojek saya, ada saldo saya Rp702 ribu. Silakan pihak Gojek debit sendiri tagihan dari saldo saya dan saya gak akan mau membayar denda keterlambatan karena yang bermasalah itu aplikasi Gojek, bukan saya!

Jangan cuma tagline KARYA ANAK BANGSA, tapi mempersulit anak bangsa yang lainnya. Semoga keluhan saya ini sampai ke CEO Gojek, karena saya juga sudah sounding ke CEO Gojek melalui akun LinkedIn saya. Terima kasih Media Konsumen telah blow up keluhan saya. Wassalam.

Muhamad Tri Sasongko
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gojek GoPayLater:
[Total:87    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Tidak Bisa Membayar Tagihan GoPayLater karena Akun Dibekukan Tanpa Penjelasan

  • 9 Juni 2022 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Apa sudah dicoba login di perangkat /HP lainnya ? Soalnya itu yang keblokir perangkat HP aja, bukan akun gojeknya.

    3
    2
      • 10 Juni 2022 - (06:06 WIB)
        Permalink

        ini Bukan Hubungan nya demgan masalah telat pembayaran, saya pengguna gopaylater sudah 2 tahun lebih, sering telat, 5 hr, 14 hr, dam pernah hingga 56 hr baru saya bayar, gopaylater dr Gojek ini menurut saya paling the best dibanding fintech lain, tdk ada bunga pinjaman hanya bayar admin 25rb, tenggang wkt pembayarn pun bisa 6 hr, denda cuma 2rb kalau lewat tgl 6, ini ada pada masalah hp, ada Kegiatan Mencurigakan mksd kepada Telatnya pembayaran, tp ada percobaaan pembobolan akun,

        2
        6
        • 10 Juni 2022 - (06:08 WIB)
          Permalink

          Ralat : ada Kegiatan Mencurigakan mksd kepada Bukan Telatnya pembayaran, tp ada percobaaan pembobolan akun,

          • 10 Juni 2022 - (11:14 WIB)
            Permalink

            Sama nih gan kejadian nya sama persis, padahal mau bayar malah di persulit, komplain sana sini cuma di tanggapi sama robot.

        • 10 Juni 2022 - (17:13 WIB)
          Permalink

          Dicoba dulu saran dari cs gojek, yang bermasalah handphone nya yang berimbas ke akun gojek nya, mungkin hp nya terdeteksi root/kegiatan mencurigakan karna aplikasi gojek sensitif, saran ku coba login pake hp milik keluarga sendiri, jangan save password. Aku pake gojek udah hampir 6 thn ini gaada kendala apa2 pake gopaylater dari awal rilis & sering telat bayar paylater juga, pernah telat sampe 20hr ya nggak ada masalah apa2 cuma sering ditelpon aja ama cs gojek nya suruh bayar, gojek mah asal kita gak macem2 ya aman2 aja akun nya.

      • 15 Juni 2022 - (11:44 WIB)
        Permalink

        Dana saya juga dibekukan 350rb an, bukan krn pake gopaylater, krn alasan gonta ganti device, udah kirim foto ktp, foto lg pegang ktp dll malah dipersulit, jadi yasudahlah anggep 350rb buat biaya peti mati keluarga mereka, toh mereka makan 350rb ga akan kaya

    • 10 Juni 2022 - (06:13 WIB)
      Permalink

      Aplikasi Gojek itu Sensitif, apabila ada Installan Aplikasi Ke Peramgkat Hp ada yang sifatnya Tdk Bersahabat, terdetekai Berimbas pada akun gojek, beberapa Aplikasi sensitif seperti aplikasi Fake Gps, Aplikasi MOD, yg Bahasa Org awam Hp Yang Di Root krn ingin Menggunakan Tambahan Aplikasi Modifikasi, maka nya iti Pihak Gopaylater menganjurkan menggunakan Hp yang lain

      • 10 Juni 2022 - (09:19 WIB)
        Permalink

        Klo ada upaya pembobolan akun, harusnya pihak gojek ngasih notif atau nelpon…
        Bukan main blokir ajah,
        Kayanya ini indikasi kesengajaan, krn dr history pembayaran bagus, jd sengaja di blokir biar kena denda. Cepat2 di urus biar ga bikin jelek di BI check in.

        • 11 Juni 2022 - (09:27 WIB)
          Permalink

          Terima kasih untuk responnya semua, tapi saya perlu tekankan 1 hal ya. Seperti cerita saya diatas bahwa saya tidak pernah melakukan login akun saya di hp lain & semua aplikasi di hp saya di identifikasi dengan sidik jari sebelum menggunakan suatu aplikasi. Pihak gojek tidak pernah memberikan penjelasan kenapa device saya di bekukan dan memberikan saran menggunakan hp lain itu bukan best solusi. Seharusnya sebagai platform kebanggaan anak bangsa, pihak gojek bisa probing menanyakan kepada Customer apakah melakukan login dengan akunnya di device lain sehingga akun saya dibekukan? Coba analisa dulu permasalahan customer bukan asal langsung disarankan begitu. Akun dibekukan karena ada indikasi “fraud” atau kegiatan mencurigakan bukan? Kalau hanya menyarankan Customer melakukan pembayaran dengan device lain, lalu setelah tagihan customer dibayar apakah permasalahan customer yang akun nya dibekukan akan otomatis normal & dapat di akses kembali? Tidak otomatis bukan?? Simple nya, kaya ATM atau kartu kredit kita hilang atau gak bisa digunakan saja. Pas kita lapor ke Cs bank, cs akan probing & menanyakan detail kendala kita. Yang dibantu solusinya adalah bagaimana agar atm atau CC saya dapat digunakan kembali bukan soal uang yang ada di atm atau CC nya. Sama seperti kendala saya, yang dibantu adalah bagaimana akun gojek saya dapat dikembalikan normal seperti semula bukan menyarankan sesuatu tapi kendala saya tidak teratasi.

          • 13 Juni 2022 - (06:51 WIB)
            Permalink

            Sprtinya mas salah paham terkait saran dri cs/template gojek tersebut, maksudnya si cs menyuruh mas nya “untuk mencoba login di Hp lain” karena hp yang mas pakai skrng yg biasa dipakai login gojek terdeteksi aktivitas tidak wajar artinya Hp mas sudah di blacklist oleh gojek. Disini gojek Menyarankan untuk Mencoba Login dihp lain. Mencoba login di hp Bersih yang tidak terindikasi otak atik hp. Bukan mksud mas pernh login di hp lain TAPI Menyuruh mas mencoba di Hp lain untuk login nya.
            Smoga membantu

      • 10 Juni 2022 - (14:06 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah saya ga pernah pake lagi gara-gara saya prnh pake pertanggal 25 an ternyata akhir bulan sudah ada tagihan masuknya cuma beberapa hari saja
        saya kira kita pake tanggal segitu byr nya tanggal segitu lagi
        Jadi ini kita mau ngambil tanggal brp pun tetap penagihannya akhir bulan

    • 12 Juni 2022 - (17:39 WIB)
      Permalink

      kejadian seperti saya dahulu, gara2 ganti alamat email, akun saya keduplikat dari sistem gojek, yang harusnya 1 nomor cuma 1 akun ini malah 2 akun, dan saat login yg masuk selalu akun terbaru yg gopaylaternya tiba” dibekukan tanpa ada pemberitahuan
      sudah berusaha mengubungi pihak gojek dan findaya selaku peminjam gopaylater, ga ada hasil sama sekali saling lemparr
      lupa sampai menunggak berapa lama kemarin karena kesalahan sistem itu yg sangat merugikan
      terus inisiatif bersihkan chace gojek lalu login lagi, al hasil akun pertama bisa kebuka langsung saya bayar
      ga pengen lagi pakai gopaylater takut kejadian terulang lagi, dan ga ada kompensasi dari kesalahan pihak penyedia aplikasi

  • 10 Juni 2022 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Agak aneh masalahnya ya? Coba gojek segera selesaikan ini.. Tp emang problem perusahaan di jaman NOW ya begini. CS itu kebanyakan jawab template..bukan cuma gojek sih, kebanyakan begitu. Klo pas lg ada kendala suka buang waktu ga guna buat terima jawaban2 robot hadeh

  • 10 Juni 2022 - (20:22 WIB)
    Permalink

    “Mendapat jawaban seperti itu, saya naik pitam,”
    —–
    “Apalagi pekerjaan saya adalah customer service”

    Muahahaha absurd maximal, kebayang ini orang bilang kerjaannya jadi cs kalo ketemu customer yg bikin dia kesel naik pitam bakal dihantam kali ya, njir..
    Kagak cocok lu bang jadi cs, kalo gampang naik pitam debt collector cocok deh, muahahahhaha

    3
    4
  • 12 Juni 2022 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Saran saya datangi kantor gojeknya saja atau diblow up di twitter aja gan kalau lewat MK sepertinya gak akan di dengar cuman di twitter yang akan trending topi di seluruh dunia itu akan didengar sama cs. Agan akan dapat respon cepat jika di twitter kalau disini jawaban kaya robot.
    Saya aja yang gojek 4 tahun lebih di PM dengan alasan manipulatif vermuk menurutku janggal juga karena salama itu aku tidak dipakai oleh siapapun kecuali saya sendiri. So verry fast is twitter IG and tiktok so pasti ada soluasi.

  • 14 Juni 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Anda mengatakan tidak pernah login di perangkat lain. Tapi mungkin saja ada orang lain yg coba login di perangkat lain menggunakan data anda sehingga terdeteksi. Coba aja ikuti saran CS nya siapa tahu bis. Jngn banyak membantah

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek GoPayLater?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Membayar Tagihan GoPayLater karena Akun Dibekukan Tanpa Pen…

oleh Tri Sasongko dibaca dalam: 3 menit
20