Kecewa dengan Pelayanan BAF, Dikenai Biaya Penitipan BPKB Padahal Sudah Saya Ambil Tepat Waktu

Saya pelanggan setia BAF, yang sudah 3 kali mengambil motor secara kredit. Akan tetapi, pada saat pengambilan BPKB yang terakhir, saya dikenai biaya penitipan BPKB oleh BAF.

Pada tanggal 6 Juni 2022 saya mendapat SMS dari BAF yang menyatakan bahwa pengambilan BPKB tidak boleh lebih dari tanggal 11 Juni 2022 atau akan dikenakan biaya penitipan BPKB Rp2.500/hari.

Sekitar tanggal 10 Juni 2022, saya pergi ke kantor BAF untuk mengambil BPKB. Ternyata BPKB saya tidak berada di kantor BAF kota Pasuruan, tetapi dititipkan di kantor BAF kota Malang. Kemudian saya disuruh untuk menunggu pengambilan BPKB, yang membutuhkan waktu kurang lebih 15 hari.

Pada tanggal 18 Juni 2022, saya ditelepon oleh pihak BAF yang menyatakan BPKB saya sudah ada di kantor kota Pasuruan dan bisa diambil dan saya ke kantor BAF pada hari itu juga. Namun saya tetap dikenakan biaya penitipan BPKB selama 7 hari (Rp17.500) karena saya mengambil BPKB pada tanggal 18 Juni.

Padahal saya sudah ke kantor tanggal 10 Juni untuk mengambil BPKB. Keterlambatan BPKB yang saya terima itu bukan kesalahan saya, melainkan kesalahan BAF yang menitipkan BPKB ke kantor Malang. Selama ini saya beli motor di kota Pasuruan, kenapa BPKB saya bisa dititipkan di kota Malang? Kenapa juga saya masih kena biaya penitipan BPKB walau BPKB sudah saya ambil tepat waktu ?

Alasan yang disampaikan karyawan BAF karena itu sudah kebijakan dari kantor pusat. Apakah BAF memang sengaja menitipkan BPKB dari 1 kota ke kota lain agar ada pemasukan biaya penitipan BPKB? Sangat mengecewakan pelayanan yang saya terima, karena saya merasa keterlambatan pengambilan BPKB bukan karena saya, tapi karena BPKB ada di kota lain

Terima kasih.

Mohammad Arifin
Pasuruan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bussan Auto Finance (BAF):
[Total:86    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan BAF, Dikenai Biaya Penitipan BPKB Padahal Sudah Saya Ambil Tepat Waktu

  • 19 Juni 2022 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Wah itu akal bulus baf pasuruan.
    Dititip di malang dan disuruh nunggu.
    Pas bpkp nya ada di pasuruan malah kena bea tititp.

    Fix anda “dikerjai” oleh baf pasuruan. Padahal bpkb nya memang dr awal itu ada di pasuruan. Cuma oknum karyawannya cari lebihan buat ngisi kas operasional cabang dengan dalih bpkbnya ada di malang.

    Beuh jelek bener cara bisnis seperti ini.

    17
    2
  • 19 Juni 2022 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Kl kecewa ya ke dpn nya ngga usah ngambil motor lg di BAF…bilang jg ke org lain atau temen2 spy ngga usah kredit via BAF…msh bnyk leasing lain yg lbh jujur kok…

    11
    • 20 Juni 2022 - (06:40 WIB)
      Permalink

      Anggap saja Rp. 17.500 sebagai uang rokok petugas yang handel BPKB. Daripada jari tangan anda keriting mengetik komplain di media konsumen. Bisa jadi yang menghandel kredit anda BAF malang, jadi BPKB nya ada di sana. Seperti pengalaman saya, saya kredit motor di Gresik, BPKB nya ada di Benowo Surabaya

      4
      8
      • 20 Juni 2022 - (11:33 WIB)
        Permalink

        Terimakasih atas sarannya, saya sangat salut dengan anda yang dengan sangat bijak menjaga budaya ketimuran (toleransi), bahkan hal seperti ini pun masih Anda toleransi 👍🏻👍🏻👍🏻,
        Sebetulnya bukan masalah besar atau kecilnya uang tapi kejujurannya, apakah hal ini memang sudah peraturannya atau cuma peraturan yang sengaja dibuat2 oleh oknum yang bersangkutan

  • 19 Juni 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Sama..di solo juga gitu..kapan hari anter temen sy mo ambil bpkb aja ribetnya minta ampun..udah gitu masih harus bayar penitipan bpkb..baf yg telat ngasih info pengambilan..eh temen sy jd yg harus bayar biaya telatnya..total hampir 25rb..udah dibayar eeeh masih nunggu hampir dua jam pula..lawak banget lah

  • 20 Juni 2022 - (09:47 WIB)
    Permalink

    pengalaman saya menjadi konsumen leasing juga gitu.hampir semua leasing melakukan sistem sentralisasi bpkb di pusat masing2.pembelajaran saya dari situ.untuk pembayaran terakhir alangkah baiknya dilakukan dikantor cabang terdekan dan melakukan reques pengambilan bpkb langsung .jadi gak sampai telat lewat 30hari kedepan.kelebihanya ya saya dapat info jelas dari kantor dan gak harus bayar biaya lain2 dan bpkb kita aman .kekurangan ya mungkin segi waktu kita yg harus riwa riwi kekantor.perasaan karyawan mungkin sama yg dirasakan kita .kita harus memaklumi peraturan yg ada 😁

    • 20 Juni 2022 - (11:11 WIB)
      Permalink

      berdasarkan pengalaman saya kredit motor sebanyak 2x (bukan di BAF ya). misalnya angsuran terakhir di bulan agustus nanti, BPKB itu sudah ready dicabang tempat saya terdaftar 2 bulan seblum agustus. jd misalnya bulan agustus saya bayar angsuran terakhir dicabang tempat saya terdaftar dan lsg mau ambil BPKB nya, maka saat itu jg bisa keluar bpkb nya. agak heran jg sih sm sistem yg dipakai BAF ini kl baca cerita si mas nya

      • 20 Juni 2022 - (11:22 WIB)
        Permalink

        Terimakasih atas masukannya, 2x saya ambil BPKB tidak pernah ada kendala, hanya BPKB ke-3 yang mengalami hal semacam ini

        • 20 Juni 2022 - (11:43 WIB)
          Permalink

          Seharusnya Anda mengenai sanksi denda kepada BAF karena telat memberikan BPKB, logikanya seperti itu

  • 20 Juni 2022 - (20:47 WIB)
    Permalink

    klo ini jelas jebakan batman, harusnya baf stop denda pada saat dalam proses request yg mana proses ini ada dalam kuasa baf bukan nasabah karena untuk proses pengiriman bpkb yg mana itu hak nasabah harusnya tidak lama hari ini proses besok harusnya sudah ada di cabang yg d tuju

  • 21 Juni 2022 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Persis dngn yg saya alami. Hanya beda kota saja.. Saya di cabang lumajang.. Dngn alasan yg sama, saya pun smpt gk terima . Apa lagi saya melakukan pelunasan di saat masih sisa 5 bulan dngn nominal 10 juta.. Tpi bpkb kenak biaya penitipan.. Secra logika hrsnu saya masih sisa 5 bulan , tpi d saat sudah pelunasa lbih cepat, pengambilan bpkb pun d perlambt bhkn kenak biaya penitipan..

  • 24 Juni 2022 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Gak usah ambil kredit di BAF… cari duit gak halal kayak gitu… udah bunga kredit gak halal… masih ada cara ambil duit gak halal juga… ingat riba semuanya…dosa…..

  • 24 Juni 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru aja kena “biaya penitipan” bpkb ini di leasing MCF karena memang terlambat ambil bpkb yang sudah lunas sejak pertengahan mei

    Anehnya bpkb itu baru bisa saya ambil awal juli nanti dan hitungan biaya “penitipan”nya dihitung full dari tanggal pelunasan ke tanggal estimasi bpkb tersedia

 Apa Komentar Anda mengenai Bussan Auto Finance (BAF)?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan BAF, Dikenai Biaya Penitipan BPKB Padahal Suda…

oleh H.Mohammad dibaca dalam: 1 menit
22