Kredit Mobil Bekas di BFIS Malang Tidak Sesuai Informasi Awal

Perkenalkan saya calon nasabah BFI Syariah cab. Malang dan sudah lolos verifikasi data nasabah. Beberapa hari yang lalu saya mengajukan kredit mobil bekas di BFIS Malang. Dikarenakan unit tsb jauh demi mendapatkan harga murah lantas saya mendapatkan unit di daerah Jawa Barat (Tasikmalaya). Lalu saya utus anak pertama saya yang tinggal di Tasikmalaya untuk mengecek keabsahan surat-surat dan keadaan unit.

Setelah mengecek serta mengirim video dan foto kendaraannya lantas saya ajukan kepada pihak BFIS Malang dan salah seorang petugas BFIS Malang menyarankan saya untuk memberi uang panjar sebagai keseriusan saya membeli unit tsb.

Namun di luar dugaan ternyata dengan alasan dari atasan pihak BFIS Malang lantas pengajuan saya tsb tertunda dengan berbagai macam alasan. Baik petugas lapangan dan pihak BFIS Malang tidak ada satu pun yang bertanggung jawab untuk memberitahu pihak penjual lewat telepon yang berakibat saya bertubi ditelepon setiap hari (karena tertundanya hal ini bukan oleh sebab saya). Juga tidak ada pertanggung jawaban pihak BFIS serta petugas mengenai uang panjar saya.

Beberapa hari kemudian datanglah petugas BFIS Malang ke rumah untuk meminta data tambahan serta mengklarifikasi soal unit kendaraan yang akan saya ambil dan saya pun memberikan sesuai SOP lokal Malang yang berlaku berikut klarifikasi mengenai uang panjar yang hilang.

Keesokan harinya saya mendapatkan unit di Madura dan masih area Jawa Timur setelah melalui perdebatan yang alot dengan penjual akhirnya pihak petugas BFIS Malang menjelaskan prosedur pembelian. Dan di situ saya merasa ditipu dengan label akad SYARIAH,dan sebagai berikut:

1. Pada teks pesan ditegaskan bahwa pembelian saya dibebankan ASURANSI selama kontrak berjalan.
2. Asuransi dikeluarkan dengan alasan saya memilih DP rendah.
3. Lalu saya diberikan opsi DP tinggi tanpa asuransi.

Bila kita bicara syariah artinya ASURANSI, ADANYA 2 HARGA DALAM 1 AKAD jual – beli serta petugas BFIS Malang menyarankan saya untuk memberi uang panjar ini adalah sebuah pelanggaran.

Di sini saya hanya menuntut agar ada jalan damai antara saya dengan pihak BFIS Malang yang melalui email ini ke BFIS care center agar uang saya tsb bisa dipertanggung jawabkan karena pihak petugas tidak mau bertanggung jawab. Dan setelah menunggu sekian lama saya mendapatkan kabar dari customer service BIFS pusat bahwa justru sayalah yang menyalahi SOP karena memberi uang panjar tanpa konfirmasi terlebih dahulu dan ini perkataan dusta dari mereka.

Mohon kiranya bila ingin menghubungi saya di nomor 0858926555** (WhatsApp) dan saya menunggu tanggapan email saya ini dari pihak BFIS pusat.

Terima kasih atas perhatiannya.

Brams Sasongko
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BFI Finance:
[Total:6    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan BFI Finance Atas Surat Bapak Brams Sasongko

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan yang disampaikan oleh Bapak Brams Sasongko melalui media elektronik Mediakonsumen.com yang...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Kredit Mobil Bekas di BFIS Malang Tidak Sesuai Informasi Awal

  • 26 Juni 2022 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Pak. Kl ada asuransinya mending batalkan saja. Ngawur akad spt itu.

    Atau pindah saja ke yg lain. Di youtube banyak yg menawarkan kredit syariah tanpa denda keterlambatan ataupun asuransi.
    Cek aja terlebih dahulu

  • 27 Juni 2022 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Astagfirullah.. Syariah jadi kok ga syar’i?
    Tobatlah wahai manusia. Jangan menjual agama demi gimmick budaya kapitalisme,

  • 27 Juni 2022 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Kalo dari kasusnya saya lihat bapak penulis ini termasuk orang awam.. membeli mobil lalu memberi panjer adalah logis saat membeli cash, seumur2 sy kredit mobil baru membayar DP saat kontrak sudah jadi/saat TTD kontrak. Atau kalau saat membeli mobil baru ada yg namanya booking fee.. dan kalau aplikasi kredit ditolak dana kembali 100%, tp ini mobil baru dan tdk pernah terjadi pada mobil 2nd. Lalu bapak disarankan mebayar panjar untuk tanda keseriusan. Ini juga kesalahan yg terjadi pada orang awam.. yg namanya disarankan maka boleh diikuti boleh tidak, yg ketika diikuti dan ada kerugian maka sulit meminta pertanggung jawaban.. karena hanya katanya katanya dan katanya. Tidak ada hitam di atas putih yg mengikat. Lagi lagi ini adalah kesalawan bagi orang awam.
    Lalu masalah lainnya soal asuransi juga wajar dan setiap kredit pasti memiliki asuransi sebagai manajemen resiko asuransi. Hanya saja dlm kasus bapak ini adalah SYARIAH.. sy kurang memahami klo urusan SYARIAH- nya jd sy tidak akan berkomentar. Sy terbiasa menggunakan reguler/non-syariah. Dan biasanya produk bank saja eg. Bca finance

    Sepertinya BFIS kurang informasi ditambah bapak penulisnya yg mgkn org awam sehingga masalah seperti ini terjadi. Saya doakan semoga cepat menemukan solusi untuk masalahnya

  • 30 Juni 2022 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Emg bedanya syariah ama yg tidak syariah apa sih???
    Toh sama2 berbunga walaupun beda penyebutannya aja

 Apa Komentar Anda mengenai BFI Finance?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Kredit Mobil Bekas di BFIS Malang Tidak Sesuai Informasi Awal

oleh Brams dibaca dalam: 2 menit
4