Permohonan Pemasangan Jaringan Baru (WMS) IndiHome Gagal karena ODP Penuh dan Tidak Adanya Tiang

Yth. Telkom Indonesia,

Pada tanggal 3 Desember 2021, saya melalukan permohonan pendaftaran WMS (Wifi Managed Service) melalui sales IndiHome (WMS). Kemudian ditindaklanjuti oleh sales sekitar tanggal 9 Desember 2021, dengan kedatangan sales ke lokasi (rumah) untuk melengkapi berkas pendaftaran (meliputi foto KTP dan foto selfie).

Lalu kemudian ditindaklanjuti oleh kedatangan teknisi ke lokasi untuk survey, sekitar tanggal 10 Desember 2021 di lokasi pemasangan. Namun pemasangan gagal, karena tidak tersedianya tiang IndiHome di sekitar lokasi, serta dengan keterangan bahwa ODP terdekat penuh.

Perlu saya sampaikan, menurut keterangan dari teknisi yang melakukan survey, jarak ODP terdekat sejauh 350 meter dari lokasi pemasangan (rumah), serta tidak adanya tiang IndiHome/Telkom ke arah lokasi pemasangan.

Beberapa bulan kemudian, pada tanggal 19 April 2022, saya dihubungi ulang oleh sales IndiHome yang menanyakan apakah tetap berminat untuk  melakukan pemasangan WMS. Saya sampaikan kondisi dari hasil survey oleh teknisi sebelumnya, yang mengatakan bahwa pemasangan terkendala, karena tidak tersedianya tiang dan port ODP.

Namun kemudian sales meyakinkan bahwa akan dilakukan penanaman tiang jika saya tetap berminat. Dia juga meyakinkan saya bahwa pemasangan tiang IndiHome pasti dapat terealisasi dengan estimasi sekitar satu mingguan dari tanggal registrasi. Singkat, kata saya diminta foto KTP dan foto selfie untuk digunakan pendaftaran ulang.

Beberapa minggu berlalu, saya terus menanyakan. Yang sebelumnya dijanjikan satu minggu dari pendaftaran akan dilakukan penanaman tiang. Namun sampai tanggal  9 Juni 2022, disimpulkan bahwa proses penanaman tiang belum dapat dikonfirmasi, dengan tambahan keterangan bahwa ODP masih penuh.

Pada tanggal 17 Juni 2022, saya dihubungi ulang oleh sales IndiHome untuk registrasi ulang dengan menggunakan KTP serta data diri lain. Dengan alasan bahwa proses biar mengalir dan dapat segera terpasang. Saya diminta untuk melakukan registrasi ulang dengan menggunakan identitas lain (masih dalam satu keluarga).

Kemudian saya menggunakan identitas diri adik saya dengan Nomor Registrasi: SC524600913. Pada tanggal 17 Juni 2022, teknisi datang ke lokasi dan dengan jawaban yang  sama, bahwa proses pemasangan belum dapat dilakukan dengan alasan yang sama, dan akan dilakukan laporan ke kantor terkait kondisi lapangan.

Pada tanggal 22 Juni 2022, saya memperoleh email dengan keterangan bahwa:

Terima kasih Bapak/Ibu ***********  telah memilih IndiHome sebagai provider layanan digital yang menyediakan Internet Rumah, Telepon Rumah dan TV Interaktif (IndiHome TV). Permintaan layanan IndiHome Anda dengan nomor SC524600913 sedang dalam proses penyiapan jaringan.
Abaikan email ini jika layanan IndiHome Anda sudah bisa digunakan.
Email ini bersifat informasi dan tidak dapat di-reply.
Syarat dan ketentuan di www.indihome.co.id/syarat-ketentuan
Demikian disampaikan, terimakasih.
Hormat kami,

Mengingat pentingnya jaringan internet, yang tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan dan informasi, tapi juga menjadi sarana pekerjaan dan memperoleh rezeki, tolong kiranya pihak Telkom Indonesia untuk segera menindaklanjuti surat ini.

Besar harapan kami agar jaringan internet bisa terpasang di rumah kami, yang secara langsung akan memberikan dampak semakin mudahnya kami dalam melakukan aktivitas kerja dari rumah (WFH).

Terima kasih. Hormat kami.

Aris Dianto
Magetan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Aris Dianto

Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Sehubungan dengan surat Bapak Aris Dianto, Magetan -Jawa Timur, di Media Konsumen tanggal 30 Juni...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Permohonan Pemasangan Jaringan Baru (WMS) IndiHome Gagal karena ODP Penuh dan Tidak Adanya Tiang

  • 26 Juni 2022 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Kalau IndiHome masih belum bisa, karena ODP dan tiang ga tersedia ke arah rumah anda, kenapa harus memaksakan?? Kan bisa coba cari ISP lain yang mengcover rumah anda…. Setau saya, masang tiang dan ODP baru paling tidak harus ada 10 org yg memang mau pasang IndiHome di sekitar rumah anda….. Kalau masalah sales tetap hubungi anda, kadang sales itu taunya cuma target aja, ga ngerti kondisi lapangan, makanya tehnisi perlu surver dulu sebelum pemasangan, untuk survey apakah di lokasi yg akan dipasang ada ODP yg kosong? dan apakah ada tiang dekat rumah anda untuk menghubungkan kabel optic dr ODP ke rumah anda

    • 26 Juni 2022 - (09:50 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas tanggapanya kak..
      Untuk informasi, ISP terdekat yang mungkin tersedia hanya Indihome (dengan jarak ODP sekitar 350meter an (menurut teknisi)), dan tidak ada ISP lain hingga jarak sekitar 5 KM an.
      trus kenapa saya sangat berharap , karena berkaitan dengan pekerjaan pak, dan besar harapan kita ada solusi dari pihak telkom dan Indihome. mungkin ada solusi menggunakan signal 4g dll, tapi tidak cukup pak.

      Hormat Saya, Aris.

      • 26 Juni 2022 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Ya kalau ODP nya 350m dari anda, emangnya anda mau bayar kabel optic 350 meter? Trus supaya kabel optic ga melintang di jalan, anda siap bayar pemasangan tiang?
        Solusi termudah adalah anda carikan 9 calon pelanggan (10 termasuk anda) supaya bisa pemasangan ODP dan tiang baru

      • 26 Juni 2022 - (18:55 WIB)
        Permalink

        Sebenar nya masalah nya tidak se simple itu pak, tanam tiang dan timbulin ODP,
        ada beberapa point utama :

        1. ketersediaan feeder optic nya yang mengarah ke ODC, apakah masih bisa di timbulkan lagi ato sudah full
        2. untuk penimbulan jaringan umum nya di kerjakan oleh mitra telkom, tentu nya membuat tender, tidak hanya 1 ODP.
        3. koordinasi wilayah dalam penanaman tiang dll.
        dan faktor X lain nya..

        4G sebenar nya solusi terbaik jika di lihat dari topologi lingkungan yang jauh dari ISP.

        • 26 Juni 2022 - (21:24 WIB)
          Permalink

          Pasangin P2P wireless sama ISP yg gak lbh dr 9KM.
          Cm modal awalnya aja gak sampe 2jt.
          Drpd susah masang FO.
          Di magetan bnyk tuh ISP yg mau P2P wireless . Malah mereka seneng ga pusing narik kabel.

          • 27 Juni 2022 - (06:23 WIB)
            Permalink

            Terima kasih Pak dhan untuk informasi dan tanggapannya.

            sudah pak, kita sudah menggunakan P2P via wireless. Namun sering terkendala ketika zoom meeting / online confrence pak, sering delay dan suara tidak jelas…

            kualitas jariangan via fiber tentu akan lebih baik dibandingkan via wireless pak. dan semua kembali karena kebutuhan pak, apalagi jika menyangkut dengan masalah pekerjaan.

            Hormat Saya. Aris.

    • 28 Juni 2022 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Tokai indihome,rumah gw banyak di lewatin kabel2 yg pasang indihome,dah gt seenaknya panjat genteng rumab gw tanpa izin..yg pasang pun ga ada mangap nya sama sekali karna udh lewatin rumah gw kabel nya dan injek2 atap gw..tokai..pasang router aja bos..ga jaman pake narik2 kabel..

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Permohonan Pemasangan Jaringan Baru (WMS) IndiHome Gagal karena ODP Pe…

oleh aris dianto dibaca dalam: 2 menit
7