Terkena Biaya Over Limit Kartu Kredit Bank Mega karena Annual Fee

Halo, saya Christian, nasabah kartu kredit Bank Mega selama kurang lebih 3 tahun. Hingga saat ini saya terbilang cukup aktif dalam bertransaksi menggunakan layanan kartu kredit Bank Mega, walaupun limit yang diberikan sangat kecil, hanya kurang dari 3 juta saja (itu pun sudah dengan kenaikan limit hanya sebesar Rp600.000 saja). Saya tidak pernah telat maupun memiliki kredit macet atas pembayaran penggunaan kartu yang saya lakukan.

Pada surat terbuka ini, saya ingin mengajukan keluhan saya secara terbuka kepada pihak Kartu Kredit Bank Mega. Keluhan saya berkaitan dengan biaya annual fee yang selalu tidak transparan, alias tidak pernah diinformasikan melalui notifikasi transaksi akan ada pembebanan biaya tahunan pada tagihan yang akan datang. Sehingga untuk ke sekian kalinya saya terkena dampak pengenaan “Biaya Over Limit” yang menurut saya cukup memberatkan dan tidak fair.

Tagihan yang saya terima, untuk pembayaran pada 11 Juli 2022 yang akan datang, saya dibebankan dengan biaya Annual Fee yang cukup besar, yakni sekitar Rp450.000. Selanjutnya saya sudah menghubungi pihak Bank Mega, untuk permintaan penghapusan biaya tahunan, yang sebelumnya dijanjikan marketing tidak akan dikenakan kepada saya.

Walau butuh proses tahapan yang cukup panjang, akhirnya pengajuan permintaan penghapusan annual fee saya tahun ini disetujui, saya berterima kasih untuk itu. Namun yang saya keluhkan adalah, nominal transaksi berlebihan dari limit kartu kredit yang saya miliki (yakni Rp2.600.000), bersumber dari pembebanan biaya annual fee yang saya tidak ketahui (karena tidak ada notifikasi pemberitahuan apa pun baik ke email atau SMS sebagaimana biasanya kita ada transaksi dengan kartu kredit Mega). Akibatnya secara tidak langsung saya merasa dijebak dengan pengenaan biaya Over Limit sebesar Rp250.000 yang dibebankan kepada Saya.

Ini kali ketiga saya dikenakan charge over limit. Satu kali pertama dahulu, berhasil dan bisa dihapuskan. Namun yang kedua dan ketiga, terjadi akibat pembebanan biaya annual fee yang tidak transparan. Sehingga saya tidak dapat mengelola penggunaan kartu kredit saya sesuai dengan batas ambang bawah limit saya.

Saya sudah menjelaskan, tagihan untuk bulan Juli 2022, dimana saya dikenakan charge Over Limit itu tidak saya kehendaki, karena adanya biaya annual fee yang sangat besar. Sehingga membuat tagihan saya membengkak dan melewati limit saldo kartu kredit yang saya miliki.

Ini sudah ke sekian kalinya saya sampaikan kepada pihak bank Mega, agar kiranya setiap transaksi itu baiknya diberikan notifikasi pemberitahuannya. Sehingga apabila ada sesuatu hal yang tidak sesuai, dapat segera disampaikan ke pihak terkait. Lucunya, transaksi sebesar Rp10.000 saja apabila dilakukan oleh pemilik kartu ada notifikasi pemberitahuannya, tapi kenapa transaksi yang dilakukan Bank Mega berupa annual fee tidak ada notifikasinya sama sekali?

Saya sebelumnya sudah berencana untuk menutup semua kartu kredit saya di Bank Mega, tapi saya dirayu untuk mengurungkan niat saya dengan segala bentuk tawaran. Saya iyakan sebagai bentuk penghargaan saya. Namun dengan kasus berulang seperti saat ini perihal over limit fee, saya merasa sangat keberatan dan dirugikan.

Melalui surat ini, saya mau pihak Bank Mega memberikan kebijaksanaan kepada saya terkait pembebanan biaya over limit atas transaksi berlebih yang tidak saya lakukan. Terima kasih.

Christian Fridho Benz
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:110    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Terkena Biaya Over Limit Kartu Kredit Bank Mega karena Annual Fee

  • 11 Juli 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Sepanjang aku pakai kartu kredit, annual fee memang tidak pernah ada notifikasi pemberitahuan dari pihak bank. Di kira-kira saja, kan di kartu tercetak bulan exp kartu, ya kalau tercetak bulan 07 maka annual fee pasti terbit di bulan Juli. Kadang bisa terbit 1 bulan lebih cepat kadang 1 bulan terlambat, itu yang biasa terjadi dgn kartu kredit aku. Dengan limit yang hanya sebesar 3jt tapi dikenakan annual fee sebesar 600rb, saran sih lebih baik di tutup saja, di bank lain itu, dgn annual fee sebesar itu sudah dapat level kartu yang diatas gold/platinum dan tentunya limit yang jauh lebih besar.

    16
    1
    • 11 Juli 2022 - (09:55 WIB)
      Permalink

      Halo
      Terima kasih insight nya, benar mmg tdk akan ada notifikasi, maka dari itu sdh kali ketiga saya sampaikan agar menjadikan kekurangan itu sbg evaluasi, mengingat banyak miskomunikasi yg terjadi dg itu

      Kenapa saya tidak tutup saja? Saya sudah pernah berencana untuk tutup, seperti pada thread diatas, saya msh menghargai itikad baik petugas nya saat itu utk melakukan evaluasi atas kasus yang sama jg saya alami tahun lalu, namun faktanya saya mengalami hal sama kembali.

      Kartu tersebut tidak pernah ada riwayat kredit macet dsb, sdh saya diskusikan via jalur telpon, namun mereka bersikeras semua sdh tersistem dan over limit tdk bisa dihapus . Trims

      10
      2
      • 11 Juli 2022 - (18:11 WIB)
        Permalink

        Sy kemarin baru saja telp cs mega perihal anual fee di KK Mega Visa Gold, dijelaskan bahwa penghapusan anual fee harus pakai poin atau program belanja dgn nilai yang mereka tentukan..

        Sy kekeuh bilang ke mrk, hapus tanpa syarat atau tutup, yg awalnya mereka suru sy yg pilih berganti jadi mrk yg sy suru pilih dgn opsi yg diberikan

        Akhirnya dihapus tanpa abc hehe.. gud luck buat ts

        • 12 Juli 2022 - (05:26 WIB)
          Permalink

          Halo, nice insight dan sharing. Seperti pd thread ini, saya juga apresiasi bantuan cs mega untuk penghapusan annual fee saya, namun keberatan dengan pembebann over limit atas pemakaian/transaksi yang tidak saya lakukan. Trims

      • 12 Juli 2022 - (11:25 WIB)
        Permalink

        Pa Christian, sumpah pa itu keteraluan annul fee nya. Bapak dikibulin Mega.
        Jgn ada kompromi lg pa, tutupppp..

        Kl emang butuh2 banget CC, cari aja bca atau mandiri atau yg lain lah yg free anual atau bunga kecil.

      • 13 Juli 2022 - (09:09 WIB)
        Permalink

        Saya ada CC dari 3 bank berbeda termsuk si BC* yg tkenal sepuh CC. Mereka smua gada notifkasi annual fee jadi jgn harap mau dijadiin bahan evaluasi si Mega lol.

        CC itu gada yg free annual fee nya, kecuali biasa di free kan 1-2++ tahun pertama, kmudian annual fee bisa tidak dikenakan jika poin/belanja bulanan selalu diatas sekian persen dari limit (misal bulanan slalu dipke diskitar 40% dri limit), baru biasanya bisa free tergantung bank beda kebijakan beda persentase.

        Annual fee beda kartu juga beda fee, jadi klo mau ajukan CC, ambil kelas yg bawahnya, misalnya silver ato sjenisnya, gold platinum pasti mahal. Beda kelas ga dipengaruhi limit, yg pngaruh cmn fasilitasnya mislnya di Airport dll.

    • 11 Juli 2022 - (14:55 WIB)
      Permalink

      bank mega annual fee memang besar, saya dapat limit 10jt
      tahun pertama free. tahun berikutnya 750rb.
      KK bank lain saya :
      B…..i 25jt annual fee hanya 250rb di tahun pertama, tahun selanjutnya free
      Pa…n 15jt annual fee gratis seumur hidup

      saya berencana untuk menutup KK bank mega, dan tidak ingin digunakan.
      semoga lancar dalam proses penutupn.

      • 12 Juli 2022 - (05:27 WIB)
        Permalink

        Halo, terima kasih insight nya. Keputusan nasabah untuk tetap/tidak lagi menggunakan suatu layanan adalah hak penuh pelanggan itu sendiri, semoga sukses ya

      • 12 Juli 2022 - (11:33 WIB)
        Permalink

        Saya pemegang KK Bank Mega sejak thn. 2008 dan setahu saya annual-fee bukan merupakan suatu transaksi KK sehingga tidak mengurangi saldo transaksi KK (mohon maaf kalau salah) kenapa saya katakan bukan suatu transaksi karena saya selain KK Mega Visa saya juga menggunakan KK TSM tetapi karena jarang dipakai sampai 3 tahun ternyata KK TSM terdapat tagihan annual fee selama 3 tahun yang tidak saya bayar dan tidak menyebabkan adanya bunga maupun overnight fee sampai akhirnya KK tersebut dinon aktifkan oleh pihak Bank Mega. Mengenai besarnya biaya annual fee Bank Mega tergantung jenis kartu kreditnya dan biasanya mudah untuk mengajukan penghapusan annual feenya 🙏🙏🙏

        • 12 Juli 2022 - (16:50 WIB)
          Permalink

          Halo, terima kasih insight nya. Idealnya memang seperti, pembebanan Annual Fee (jila ada) memang sebaiknya tidak melibatkan limit sebuah kartu kredit nasabah, namun kebanyakan dan yg saya alami 3 tahun berturut-turut annual fee juga berdampak pada tagihan bulanan mengingat charge tersebut mengurangi limit.

          • 25 Juli 2022 - (11:55 WIB)
            Permalink

            Biaya over limit mega emang jebakan batman… tidak ada pemberitahuan sms atau email ..hati2 juga biaya meterai 10.000 itu kadang keluar walau transaksi dibawah 5jt .. kalo tagihan 4.950.000 Konsumen bayar 5.050.000 tetap ada meterai 10.000 gila ini bank ..

      • 12 Juli 2022 - (16:51 WIB)
        Permalink

        Halo, terima kasih insightnya. Keputusan untuk tetap/tidak menggunakan suatu layanan kartu kredit sepenuhnya adalah hak pemegang kartu. Semoga sukses

    • 12 Juli 2022 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Saya juga nasabah bank Mega platinum … Annual fee setiap bulan Desember dan sebesar 700k dengan limit yang pasti lebih besar dari 18 juta.. masa annual fee 450k untuk limit 3 juta? Kebangetan

  • 11 Juli 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Iuran 1 tahun 450rb minimal limit itu sebaiknya 14juta keatas, dengan limit 2,6 juta coba ajukan kartu kredit bank lain mega buat referensi terus kalau kartu lain di acc tutup aja mega nya. melihat fitur dan cara mega memberikan kredit saya lihat emang mega paling pelit sama nasabah

    • 11 Juli 2022 - (11:39 WIB)
      Permalink

      Terima kasih insighnya. Sejak awal kartu saya dibuat oleh kenalan saya di bank tersebut, 1 tahun pertama saya langsung mendapatkan pembebanan Annual Fee sejumlah Rp. 400 Ribuan walau kredit hanya Rp. 2 Juta saja, cuma memang saya selalu melakukan komplain untuk penghapusan,namun pada kasus pembebanan over limit fee ini, saya merasa diberatkan atas transaksi yang bahkan tidak saya lakukan.

  • 11 Juli 2022 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Itu hanya akal-akalan bank saja supaya kartu tidak ditutup, dulu juga saya nasabah Mega. Tapi seperti pengalaman anda, akhirnya kartu saya tutup, karena setiap tahun annual fee naik terus, sampai terakhir itu naik di angka 400rb dari yang awal bikin cuma kena annual (kalau tidak salah) 150-200rb setahun. Dulu masih mending tidak ada biaya siluman, yang apabila tidak ada pemakain ya tagihan 0 rupiah. Semenjak banyak biaya siluman, seperti sms notif, bahkan biaya cetak tagihan dikirim email saja kena biaya, akhirnya saya tutup, itu saja perlu usaha lebih, karena harus tarik ulur dengan cs +/- 20 menit. Banyak kartu kredit di bank lain yang memberikan promo jauh lebih banyak, ada program annual fee seumur hidup, bahkan ada program cashback.

    • 11 Juli 2022 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Terima kasih insight nya. Mengenai anjuran untuk tidak menutup kartu saya pada saat itu, saya memahami itu adalah sebagai itikad baik, karena limit yang kecil sekali juga sebenarnya membuat saya tidak terlalu menjadikan kartu tersebut sebagai kartu penggunaan prioritas, jadi hanya untuk belanja di retail 1 group nya saja. Saya juga pengguna kartu kredit di beberapa bank ternama lainnya, tentu ada kelebihan dan kekurangan, namun untuk kasus saya saat ini, yang saya sesalkan adalah mereka bersikeras tidak dapat menghapuskan biaya over limit atas transaksi yang tidak saya lakukan.

      • 11 Juli 2022 - (18:16 WIB)
        Permalink

        Saran sy jgn terpaku dgn biaya over limitnya ya, tèkan mrk terus untuk hapus biaya AF nya atau tidak gini aja, byrkan dulu sesuai tagihan yg terpakai dikurangi biaya AF dan Overlimit, telp ke mrk minta disambungkan ke bagian penutupan kartu, ajukan penutupan kartu dikuatkan dgn tagihan terutang sudah dibayarkan, jgn mau kalah dgn bank 1 ini

        Pengalaman sy harusnya bisa berhasil..

        • 12 Juli 2022 - (05:29 WIB)
          Permalink

          Halo terima kasih insight nya. Seperti pada thread ini, annual fee sudah dihapuskan, sayq merasa keberatan dengan over limit fee yang tidak sesuai penggunaan saya. Antisipasi hal buruk lain terjadi,saya sudah bayarkan minimum payment sebelum tanggal jatuh tempo

  • 11 Juli 2022 - (10:46 WIB)
    Permalink

    annual fee, biaya meterai, biaya ebilling, biaya sms notifikasi itu memang tidak ada pemberitahuan apapun dan semua bank begitu, satu-satunya cara adalah lakukan pengecekan sendiri. untuk bank mega ada aplikasi namanyan M-Smile. disitu bisa dicek limit terakhir kartu secara akurat dan up to date, dicatat limit terakhir, setiap ada penggunaan dikurangi jadi nanti ketauan jika ada pendebetan biaya dikuar transaksi yang kita gunakan.

    • 11 Juli 2022 - (11:35 WIB)
      Permalink

      Terima kasih insight nya. Benar, terlepas memang ada/tidak ada nya notifikasi biaya biaya pembebanan tertentu, saya sudah berulang kali untuk mengajukan keluhan saya atas ketidaknyamanan tersebut, namun tidak ada upaya yang berarti. Keluhan saya adalah adanya pembebanan biaya over limit yang sejatinya bukan karena aktifitas transaksi saya. Mega Smile terkadang juga tidak terlalu update untuk rekam histori transaksi, entah apakah di perangkat saya saja atau seperti apa.

      • 11 Juli 2022 - (11:43 WIB)
        Permalink

        rincian transaksi memang tidak update, yang update sesuai yang saya infokan diatas adalah saldo limit terakhir, itu sangat akurat dan realtime

        • 11 Juli 2022 - (11:52 WIB)
          Permalink

          Tempo hari tidak ada indikasi yang membuat saldo berkurang cukup drastis untuk pembebanan biaya tertentu. Bahkan saya selalu menetapkan batas minimum tertentu untuk menggunakan kartu kredit apabila sudah mencapai nominal penggunaan tertentu.

          • 12 Juli 2022 - (13:11 WIB)
            Permalink

            Seharusnya annual fee jangan di kategorikan sebagai transaksi, sehingga tidak membebani limit dari CC.

      • 12 Juli 2022 - (16:47 WIB)
        Permalink

        Halo, terima kasih insight nya. Di beberapa bank benar memang tidak mengenakan biaya AF terhadap nasabahnya, saya juga memiliki satu diantara layanan CC bank seperti itu

  • 11 Juli 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Biaya anual fee kok besar sekali ya. Padahal limit kecil.
    Di Bank lain anual fee segitu untuk CC yg black, yg limit sampai puluhan juta.
    Untuk kartu platinum biasanya juha cuna 150rb anual fee nya
    Biaya over limitnya juga besar sekali, gak masak akal.
    Saya di bank lain (BCA) cuma kena 40rb utk over limit.
    Tutup kartu aja om, biayanya sdh sangat besar itu, baik anual fee dan over limitnya.

    • 12 Juli 2022 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Halo, terima kasih insight nya. Ini x ketiga saya dikenakan over limit charge, tapi untuk kali ini, saya merasa tidak fair, sehingga perlu untuk menyampaikan keluhan melalui ruang publik, mengingat keluhan melalui line telepon ke.bank mega belum membuahkan hasil yang diharapkan.

      • 12 Juli 2022 - (23:57 WIB)
        Permalink

        Mahal sekali pak iuran tahunan ga sebanding privilage yg didapat. Ganti ke yg gratis iuran tahunan aja seperti aeon dapat voucher aeon juga klo aply di mall hehe. EBiling statement kena 5000 haha bank perki ini pak. Gratis EBiling statement. Segala bentuk yg fee atau biaya baik over limit iuran tahunan materai payment fee dan EBiling fee mengurangi limit kredit bapak. Karena limit 3jt jadi sangat riskan untuk terkena biaya over limit karena di bank bapak segala macam dijadikan fee buktinya EBiling dikenakan biaya 5000 hahaha jadi ini bank sengaja atau menjebak nasabah dengan limit kecil dikenakan biaya iuran sangat mahal 450rb. Over limit semua kartu kredit ada itu biasanya untuk trx tak terduga seperi bayar rumah sakit dll. Tapi bank bapak ini mengenakan biaya over limit untuk menjebak nasabah dengan fee bulanan yg beraneka ragam sehingga sangat riskan atau pasti akan terkena biaya over limit karena 3jt untuk trx dijakarta bisa buat apa. Jadi tolong pihak bank mega jangan menjebak nasabah dengan trik murahan seperti ini. Saran saya paling terakhir kalau pihak bank mega tidak mau menghapuskan iuran tahunan dan over limit fee serta tidak mau menurunkan biaya iuran tahunan karena mungkin bank ini af paling kecil 450rb. Tagihan dikurangi biaya iuran tahunan dan over limit langsung bapak bayarkan full payment trus tlp call center untuk penghapusan biaya kalau tidak bisa dihapus bilang tutup kartu dan tidak mau bayar iuran tahunan dan over limit fee kalau bulan depan ada tagihan dari debt colector jgn takut bilang saja saya sudah tlp call center dan itu tagihan bukan dari trx saya bilang me debt colector. Untuk slik atau bi cheking aman bilang saja tagihan bukan trx saya tapi biaya yang dibebankan yang terlalu berat kepada nasabah. Seharusnya bapak laporan ke bank Indonesia.

  • 11 Juli 2022 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Bank yg itu mmg sprti itu,lbh baik tutup dan alih bank lain,saya jg srg ditawarin sm bank itu tp ttp saya tolak

  • 12 Juli 2022 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Saran saya tutup saja cc nya mas, gilasih limit hanya 3jt tp AF 600k. Mending apply cc co branding dr BRI seperti OVO U CARD free AF selamanya. Saya dapat limit 40jt tp free AF

    • 12 Juli 2022 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Halo, terima kasih insight nya. Saya memiliki kartu kredit dari beberapa bank ternama yang lain. Memang Mega CC adalah yg pertama sekali, itulah yang membuat saya berpikir untuk ‘tidak apa-apa’ mepertahankannya walaupun pernah kepikiran untuk tutup kartu.

  • 12 Juli 2022 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Tutup aja bro. CC mega biayanya banyak dan annual fee gede. Gw aja limit 30jt naik terus kalo gak distop gw tutup. Gile aja biaya lain2 sebulan bisa 50rban blm annual fee 450rb

    • 12 Juli 2022 - (16:45 WIB)
      Permalink

      Halo, terima kasih insight nya. Benar, tak hanya Annual fee charge dan over limit fee charge saja, tak jarang saya juga dibebankan untuk biaya-biaya ‘kecil lainnya’, namun saya masih bisa memaklumi nya. Untuk kasus pembebanan biaya over limit atas apa yang tidak saya lakukan-lah yang membuat saya menunjukkan sikap keberatan

  • 12 Juli 2022 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Mending tutup aja kak daripada menyiksa batin, byk cc yg lebih aman dan bagus, jangan termakan ocehan marketing dg byk bisikan janji jahanam.

  • 13 Juli 2022 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Mahal sekali pak iuran tahunan ga sebanding privilage yg didapat. Ganti ke yg gratis iuran tahunan aja seperti aeon dapat voucher aeon juga klo aply di mall hehe. EBiling statement kena 5000 haha bank perki ini pak. Gratis EBiling statement. Segala bentuk yg fee atau biaya baik over limit iuran tahunan materai payment fee dan EBiling fee mengurangi limit kredit bapak. Karena limit 3jt jadi sangat riskan untuk terkena biaya over limit karena di bank bapak segala macam dijadikan fee buktinya EBiling dikenakan biaya 5000 hahaha jadi ini bank sengaja atau menjebak nasabah dengan limit kecil dikenakan biaya iuran sangat mahal 450rb. Over limit semua kartu kredit ada itu biasanya untuk trx tak terduga seperi bayar rumah sakit dll. Tapi bank bapak ini mengenakan biaya over limit untuk menjebak nasabah dengan fee bulanan yg beraneka ragam sehingga sangat riskan atau pasti akan terkena biaya over limit karena 3jt untuk trx dijakarta bisa buat apa. Jadi tolong pihak bank mega jangan menjebak nasabah dengan trik murahan seperti ini. Saran saya paling terakhir kalau pihak bank mega tidak mau menghapuskan iuran tahunan dan over limit fee serta tidak mau menurunkan biaya iuran tahunan karena mungkin bank ini af paling kecil 450rb. Tagihan dikurangi biaya iuran tahunan dan over limit langsung bapak bayarkan full payment trus tlp call center untuk penghapusan biaya kalau tidak bisa dihapus bilang tutup kartu dan tidak mau bayar iuran tahunan dan over limit fee kalau bulan depan ada tagihan dari debt colector jgn takut bilang saja saya sudah tlp call center dan itu tagihan bukan dari trx saya bilang me debt colector. Untuk slik atau bi cheking aman bilang saja tagihan bukan trx saya tapi biaya yang dibebankan yang terlalu berat kepada nasabah. Seharusnya bapak laporan ke bank Indonesia.

  • 17 Juli 2022 - (20:38 WIB)
    Permalink

    kyak nya itu trik dari mega pak..
    aq udh berusaha menutup cc mega sudah dua kali tapi gak bisa bisa..itu cs emg kurang ajar,,aq udh bilang..cc bank mega gak tak pakek,limit kecil.. promo juga gak pernah dapat. tapi si cs selalu menghalangi untuk menutup cc.
    sampek aku pimpinan mu nama yang bisa untuk nutup cc mega.
    mau ke tiga kalinya aq mau nunut cc bank mega.semoga bisa.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Terkena Biaya Over Limit Kartu Kredit Bank Mega karena Annual Fee

oleh 45 dibaca dalam: 2 menit
42