IDChipo Mengenakan Berat Aktual 10 Kg untuk 8 Pcs Blouse dengan Berat Asli 3.88 Kg

Saya adalah salah satu pengguna jasa idchipo.com, untuk mengimpor produk dari China. Pada tanggal 12 Juli 2022 saya memesan sweater 8 pcs di salah satu merchant yang tersedia di CHIPO. Dan pada tanggal 19 Juli 2022 saya login ke website Chipo untuk melihat progress pesanan saya.

Yang membuat saya terkejut, pesanan saya tersebut dengan berat 3.88 kg dikenakan menjadi berat 10kg oleh Chipo. Parahnya lagi, pihak Chipo tidak memberitahukan hal ini kepada saya sebelum paket diberangkatkan, padahal Chipo menyediakan staff konsultan bagi pembelinya by Whatsapp.

Saya mengonfirmasi mengenai kejanggalan berat produk tersebut ke team konsultannya. Dan jawabannya, menurut konsultan tersebut berat 10 kg adalah berat aktual karena dimensi yang besar. Tentu ini tidak masuk akal. Dan saya merasa sangat dirugikan.

Untuk 8 pcs pakaian blouse/sweater, yang memiliki berat 3,88 Kg, tiba tiba menjadi berat aktual 10kg? Pertanyaannya, apakah satu pcs sweater memiliki berat hingga 1,5 kg, Kenapa sampai dimensi kemasan menjadi sangat besar? Hal ini hanya akan terjadi jika di dalam paket saya telah disisipi oleh produk lain yang bukan pesanan saya.

Dear CHIPO, mohon kebijaksanaannya untuk menindaklanjuti perkara ini, saya sebagai konsumen merasa sangat dirugikan dan dipermainkan.

Endah Sri Lestari
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “IDChipo Mengenakan Berat Aktual 10 Kg untuk 8 Pcs Blouse dengan Berat Asli 3.88 Kg

  • 20 Juli 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    @Endah.
    Bu, dimensinya box paket itu berapa?
    Kalkulasinya begini lho
    PxLxT : 6000 atau pembaginya tergantung dr peraturan expedisi masing2. Tp pada umumnya pembagi dimensi untuk mengetahui volume matrix itu 6000 via udara.

    Patokannya kalo box mie instan paling top 4-5kg.

    Soalnya di kronologi sy tdk melihat dimensi box paket nya brp. Pihak shipper ga kasi tau dimensinya?

    2
    1
    • 20 Juli 2022 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Permasalahannya Pak, sebelum saya komplain, dimensi paket tidak tertera di orderan, baru ini tadi setelah saya komplain, dimensi paket dicantumkan. Saya punya 4 nomor order, 3 pesanan sampai sekarang tidak ada keterangan dimensi karena tidak saya komplain padahal paket sama sama proses perjalanan. dan pihak chipo tidak menginformasikan terlebih dahulu mengenai itu semua sebelum paket diberangkatkan, padahal ada team konsultan yang menangani. Kecuali jika paket itu langsung dari seller dikirim ke indonesia tanpa transit di gudangnya chipo di china, saya tidak bisa bilang apa-apa.

      2
      1
    • 20 Juli 2022 - (18:07 WIB)
      Permalink

      Melanjutkan Postingan saya tersebut diatas, sore hari ini Pihak Customer Service ID Chipo menginformasikan bahwa akan mengukur ulang paket saat tiba di Indonesia. Mengingat bahwa barang masih dalam perjalanan, maka Saat ini saya bersedia menunggu konfirmasi selanjutnya. Terimakasih.

      1
      1
      • 20 Juli 2022 - (22:19 WIB)
        Permalink

        Mudah-mudahan box nya gak sampe 10kg vol metrix, bu. Saya liat tarifnya di webnya chipo pun kaget & ketawa tinggi bener rate udara-nya.

        Biasanya kalau dr china itu ada subsidi pemerintah china 50-80% untuk ongkos kirim export.

        Chipo ambil profit margin airfreight nya ketinggian ?

  • 21 Juli 2022 - (07:44 WIB)
    Permalink

    dihitung ulang aja volumetriknya, takut 10kg itu hitungan volume. karena disetiap ekspedisi bukan hanya berat aktual yg dihitung, volumetrik juga.

    berat aktual 5kg namun kemasan besar dan memakan tempat pasti kena volume.

  • 15 Desember 2022 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Permasalahan ini sudah diatasi. Pihak Chipo sudah mengkonfirmasi ulang berat yang sesuai pada tanggal 13 September 2022. Dan saya anggap masalah ini sudah selesai.

    Secara khusus saya berterimakasih kepada kakak Customer service Chipo yang bertugas melayani pertanyaan2 dan lainnya mengenai orderan saya (lupa namanya), sudah memberikan setiap informasi dengan baik dan sabar.

  • 11 Oktober 2023 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Walaupun urusan saya sudah selesai di chipo, barang tidak saya ambil karena masih terhitung mahal. Sampai sekarang sudah stop nggak belanja di chipo lagi

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

IDChipo Mengenakan Berat Aktual 10 Kg untuk 8 Pcs Blouse dengan Berat …

oleh Endah Lestari dibaca dalam: 1 menit
9