Tokopedia Card Tidak Kunjung Sampai dan Komplain yang Berlarut-larut

Dear Tokopedia dan BRI,

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan tulisan saya. Saya adalah salah satu customer yang menerima tawaran Tokopedia Card dan sedang menunggu kartu tiba di tangan saya. Namun hingga tulisan ini dimuat tidak kunjung saya terima.

Berikut kronologi yang dapat saya jabarkan:

  1. Saya mengajukan Tokopedia Card tanggal 23 Juni 2022, dan dikirim tanggal 27 Juni setelah saya tanyakan ke CS Tokopedia.
  2. Tanggal 7 Juli 2022, saya coba telepon CS BRI dikarenakan di keterangan di aplikasi saat kartu sudah dalam proses dikirim maksimal 5 hari kerja. Saya diberikan nomor laporan 409***44. Costumer Care BRI mengatakan bahwa pengiriman pulau Jawa itu 7 hari kerja di luar hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah. Jika dihitung dari tanggal 27 sampai tanggal saya menghubungi  CS BRI telah melalui 9 hari kerja. Saat itu saya sempat meminta untuk dihubungi melalui telepon atau WhatsApp jika kurir kesulitan mencari alamat saya. Lalu CS bilang nanti di coba untuk dilaporkan dan diprioritaskan pengirimannya.
  3. Beberapa hari setelah itu saya lupa tepatnya tanggal berapa, saya coba telepon lagi, karena mengingat lumayan lama juga sampainya. Seperti biasa CS hanya bertanya sesuai SOP mereka. Saya berpesan kalau kurirnya kesulitan untuk mencari alamat, silakan telepon nomor saya. CS menjawab baik nanti disampaikan, tapi tidak ada telepon dari kurir sampai hari ini saya menulis surat ini. Bahkan saya bertanya jasa ekspedisi apa yang digunakan, Customer Care BRI maupun Tokopedia tidak bisa menyebutkan, hanya bilang rekanan BRI saja. Padahal saya bilang jikalau kurir sangat kerepotan mencari alamat saya, biar saya ambil ke ekspedisinya tidak masalah. Selalu jawaban CS “Mohon ditunggu pak, maksimal pengiriman 14 hari kerja”. Padahal dari keterangan di aplikasi maksimal 5 hari dan saat telepon pertama ke CS jadi 7 hari, lalu telepon pengaduan ke-2 jadi 14 hari. Baiklah saya tunggu sampai 14 hari kerja, walaupun kesannya diulur-ulur, tapi apa boleh buat sebagai customer yang tidak tahu apa-apa saya cuma bisa manut saja.
  4. Tanggal 19 Juli saya telepon kembali CS BRI dikarenakan status pengiriman gagal, dengan alasan alamat tidak ditemukan, konsumen tidak dikenal dsb. Andai kurir memang berniat mengirim, kenapa tidak bertanya ketua RT setempat andai sulit untuk mencari saya? Atau kenapa tidak menghubungi saya? Karena saya sudah bilang ke CS saat telepon minta untuk di hubungi di nomor yang terdaftar dan saya berikan ke CS BRI sebelumnya.
  5. Sekarang saat saya menulis surat ini statusnya sudah sedang dikirim kembali, dan harus menunggu maksimal 14 hari kerja.

Saya sangat menyayangkan kenapa sekelas BRI punya rekanan ekspedisi seperti ini? Mengingat setiap belanja online tidak pernah satu pun paket yang tidak sampai di tempat saya. Andai saya tidak ada di rumah pun, selalu ada istri saya atau anggota keluarga yang lainnya.

Saya sebagai customer, tidak memiliki pegangan sama sekali terkait pengiriman Tokopedia Card ini. Dari pihak BRI tidak menginformasikan nomor resi ataupun nama ekspedisi yang digunakan. Begitu pun dari Tokopedia tidak dapat menginformasikan hal tersebut. Lalu apa pegangan saya yang memang meyakinkan bahwa kartu “benar” sedang dikirim?

Pada saat saya menghubungi Tokopedia memberikan informasi bahwa “Maaf kak saat ini kami masih menunggu update dari pihak BRI”. Dalam hal ini Tokopedia selaku partner co branding saja tidak mendapatkan prioritas untuk menerima jawaban-jawaban atas pertanyaan atau keluhan customer. Lalu bagaimana dengan saya, yang hanya diminta untuk “menunggu” saja?

Saya hanya minta untuk kartu itu segera dapat saya terima dan dengan informasi yang jelas, bukan hanya disuruh menunggu tanpa informasi yang jelas.

Terima kasih.

Asep Abdul Somad Bahrul Hayat
Cimahi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pengiriman Tokopedia Card:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Asep Abdul Somad Bahru

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Asep Abdul Somad Bahru...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Tokopedia Card Tidak Kunjung Sampai dan Komplain yang Berlarut-larut

  • 23 Juli 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Kurir nya random bisa jne, ncs, anteraja atau yang lainya, pada system informasi layanan pelanggan tidak dinformasikan jasa expedisi hanya info status sukses atau gagal karena pihak bank pun tidak bisa mengakses data sensitif anda

    pada amplop kartu kredit hanya di print alamat pengiriman yang diketik waktu pengajuan tidak di infokan nomor hp jadi kurir mungkin memang agak kesulitan disini

    biasanya untuk case pengiriman kartu perlu persetujuan anda untuk memberikan nomor ke kurir karena bisa disalah gunakan jika nomor anda print di amplop kartu kredit

    saat pengiriman gagal anda langsung telepon bri untuk mengkonfirmasi alamat dan menambahkan detail alamat dan minta kurir untuk menelpon jika alamat sulit ditemukan atau kurir tidak ada akses seperti (apartement)

    • 24 Juli 2022 - (17:37 WIB)
      Permalink

      Ini ada kurir nya memghubungi ke whatsapp tgl 22, dan d terima sama istri saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman Tokopedia Card?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Card Tidak Kunjung Sampai dan Komplain yang Berlarut-larut

oleh Bahrul dibaca dalam: 2 menit
6