Barang Hilang di Shopee Lewat JTR Cuma Diganti 5x Ongkir

Terima kasih kepada media konsumen yang bersedia menayangkan surat saya ini.

Saya sebagai penjual di Shopee menerima pesanan tanggal 7 Juli 2022 pukul 21.21 WIB dengan nomor 220707T8V82P8A dan dikirim ke pembeli tgl 8 Juli 2022 dengan Resi Otomatis JTR (JNE Trucking) dengan Nomor Resi : JT92565102069, ke Trenggalek dengan berat barang 3,4 kg dan harga barang Rp 450.000.

Kemudian pada tanggal 27 Juli 2022 pukul 11.35 WIB pesanan saya dibatalkan oleh sistem Shopee dengan alasan barang dikembalikan ke pengirim. Saya merasa tidak pernah menerima paket retur, kemudian melakukan komplain ke JNE Pusat di 021-29278888 pada tanggal yang sama dan dijawab CS JNE bahwa paket dinyatakan hilang dan diberikan laporan dengan No: CAS17176539 dan diminta saya mengurus penggantian lewat Shopee.

Pada hari yang sama saya menghubungi CS Shopee dengan agen Zhaza untuk mengurus pengembalian dana barang hilang dengan No Laporan: 1552151032049008706, dan diminta menunggu maksimal 14 hari kerja, dana akan dikembalikan.

Pada tanggal 13 Agustus 2022 saya mengecek transaksi masuk di saldo akun Shopee saya, dan ternyata cuma diganti Rp 300.000, padahal saya cek lewat aplikasi My JNE ongkir ke Trenggalek via JTR adalah Rp 60.000. Saya cuma diganti 5x ongkir.

Kemudian saya lapor kembali ke CS Shopee dengan laporan: 1558406947107282981 dengan menyertakan semua bukti. Kemudian komplain saya ditutup dengan alasan ongkir cuma Rp30.000. Bagaimana mungkin ongkir ke Trenggalek di aplikasi My JNE sama sistem Shopee bisa berbeda sampai selisih 50%.

Saya cuma mau diganti full Rp450.000 sesuai harga barang di mana harga barang di bawah 10x ongkir resmi di aplikasi My JNE. Shopee tidak ada fitur asuransi barang dan sangat berisiko penjual dirugikan, apalagi ongkir beda 50% dari sistem resmi.

Frankie
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir JNE Express di Shopee:
[Total:22    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Frankie

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 21 Agustus 2022 berjudul “Barang Hilang di Shopee Lewat...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Barang Hilang di Shopee Lewat JTR Cuma Diganti 5x Ongkir

  • 21 Agustus 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Shopee nya kemaruk ngambil untung dr selisih ongkir, padahal sdh diberi fee sama kurir setiap per pengiriman 😂.

    Nanti kalau sdh urusannya selesai diganti 100%, jangan mau posting klarifikasi atau posting terima kasih. Biar si shopee nya yg posting sendiri.

    13
    2
    • 23 Agustus 2022 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Terima kasih CS JNE atas telpon dan follow upnya. Juga Cs Shopee atas proses refund sisanya sebesar Rp 150.000 sudah saya terima di saldo transaksi penjual.
      Dengan ini saya menyatakan komplain ini telah selesai dan ditutup.

  • 22 Agustus 2022 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Shopee lagi nih kasusnya? Hello @shopee care kasus dirimu udah banyak lho yg diposting di MK. Namamu makin hari makin jelek. Buru- buru bikin perubahan deh ya saran saya sebelum para konsumenmu pindah ke marketplace lain

    5
    1
    • 23 Agustus 2022 - (07:04 WIB)
      Permalink

      Mungkin karena merasa jadi marketplace no 1 di indo biasanya jd semena2 yahh sebelum jadi no1 aja kdng semena2 apalagi skrng wkwk
      skrng bnyk yg gak mau ke Tokopedia karena sistem Tokopedia selalu ngawur, akun tunggal tetep di banned, alamat sama pdhal dlm 1 KK bnyk orang tapi tetep di banned, gw sering jualan di Tokopedia tapi bnyk nama alamat yg agak ngawur semua dr semua kota yg berbeda si jatim dan alasan mereka sama yaitu selalu di banned pihak Tokopedia dngn alasan tidak jelas pdhal mereka akun tunggal sebagai bukti foto KTP dan yg lainnya krna biar alamat gak sama dngn akun di keluarga tapi tetep aja sj banned, ini lah yg bikin bnyk yg pindah ke Shopee

        • 23 Agustus 2022 - (21:23 WIB)
          Permalink

          Setelah surat saya tayang, saya langsung dihubungi CS Shopee dengan ibu Bilqis pada tgl 21 Agustus 2022 sekitar pukul 20.15 WIB mengenai proses refund sisanya dalam waktu max 5 hari kerja. Keesokan harinya pihak JNE juga menghubungi saya dan akan diurus lewat marketplace Shopee.
          Tgl 23 Agustus 2022 sekitar pukul 14.30 WIB saya kembali dihubungi ibu Bilqis dari Shopee mengenai sisa refund sudah diproses dan kemungkinan masuk malam ini. Saya sudah mengecek saldo transaksi dan sudah menerima sisa refund Rp 150.000.
          Terima kasih kepada Shopee dan JNE yang dengan cepat memproses refund ke penjual.
          Semoga ke depannya CS Shopee yang menangani komplain di platform Shopee lebih cermat dalam memutuskan suatu masalah.
          Dengan ini saya anggap sudah selesai.
          Terima kasih.

          • 28 Agustus 2022 - (13:57 WIB)
            Permalink

            Iya emang cepet refund nya kl dah keluar di MK…tp kl ngga gitu,ya cuek2 bebek aja…pasti admin nya org indonesia sejati👍

  • 23 Agustus 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Shopee emang brengsek …. Ekspedisi yg kerja sama dgn shopee yg tadi nya bagus jadi ga bagus … Belum lagi C’s yg alay ga berpebdidikan itu… Emang bikin kesel sih… Beda kelas shopee ini level bawah.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang di Shopee Lewat JTR Cuma Diganti 5x Ongkir

oleh Double dibaca dalam: 1 menit
10