Ketidakkonsistenan Informasi dari Masing-Masing Team dan Kendala Pemasangan Baru IndiHome

Surat ini saya buat diperuntukkan bagian kepada pimpinan terkait pemasangan Baru pada Regional terkait (terinfo Regional 2) sesuai dengan area alamat saya di wilayah Pondok Jagung, Tangerang Selatan.

Pada tanggal 25 Agustus 2022, saya mengajukan pemasangan baru IndiHome untuk paket layanan Promo Spesial IndiHome kecepatan 30 Mbps dengan harga Rp275.000. Diinfokan melalui website IndiHome dan CS di telepon 147 area yang saya sebut dan cantumkan saat pendaftaran tercover layanan IndiHome dan siap pasang. Saya mendapat nomor registrasi MYID-1012208251911.

Selang beberapa hari pada Minggu, 28 Agustus 2022 saya ditelepon oleh 1500620 untuk verifikasi data dan kelanjutan proses layanan yang saya pilih. Beberapa jam kemudian di hari yang sama saya dihubungi oleh teknisi Indihome atas nama Nandar Fadil, terinfo melalui display name Whatsapp nya (saat datang cek lokasi bertemu tidak menyebutkan nama).

Diinfokan oleh teknisi Nandar Fadil area rumah saya tidak tercover, padahal jelas-jelas kanan kiri rumah saya pakai layanan IndiHome dan aman saja. Kenapa saat cek teknisi bilang tidak bisa? Mengakunya tidak SOP-nya. Saya baru tau ada SOP penolakan layanan oleh teknisi langsung yang jelas-jelas dia lihat sendiri banyak rumah sebelah saya pakai semua dan bisa dengan baik terpasang tanpa kendala baik saat pemasangan sampai dengan terpakai saat ini.

Apakah kendala jarak? Kalau jarak apa kabar tetangga-tetangga saya yang bisa tidak ada masalah dari pemasangan sampai sekarang. Kendala paket saya pilih? Bisa dikomunikasikan jika terkait hal itu.

Silakan dicek area alamat rumah saya pasti banyak yang pakai IndiHome, dan bukan alasan yang tepat jika menggunakan kata “tidak ada jaringannya”. Alamat saya sertakan pada kolom terpisah sesuai fitur dari Media Konsumen.

Sebagai catatan, saya sudah menggunakan layanan IndiHome juga di rumah lain dan rumah saya itu tidak jauh bahkan dekat dengan lokasi yang saya ajukan pemasangan baru. Kalau begini jadi kecewa dengan ketidaksesuaian informasi dan ketidakjelasan info jaringan yang tidak sesuai fakta di lapangan (area sekitar pada bisa pakai).

Dan juga tolong jangan pakai alasan alat ODP penuh karena teknisi saat bilang tidak bisa belum mengecek kondisi alat ODP. Kalaupun ODP penuh itu seharusnya bukan menjadi kendala konsumen yang ingin memakai layanan provider yang pasti juga akan dibayarnya.

Lalu ketersediaan tempat untuk kabel dari alat ODP ke tempat pemasangan baru tersedia tiang-tiang listrik di dalam perumahan, yang memang menjadi fasilitas untuk warga meletakan atau menjadi jembatan kabel dari 1 tiang ke tiang lainnya, dan itu tidak masalah karena warga di area alamat saya telah menggunakan itu sejak Telkom logonya masih bulat.

Saya rangkum untuk point-poinnya:

  1. Ketidaksesuaian informasi yang diberikan dari CS 147, admin twitter IndiHome via DM, dan teknisi.
  2. Keanehan informasi “tidak ada jaringan” oleh teknisi yang jelas-jelas dia melihat kanan kiri rumah saya ada kabel IndiHome melintas masuk setiap rumah, yang artinya tersedia dan bisa dilakukan pemasangan di area/rumah saya.
  3. Kekecewaan sebagai user lama yang juga masih aktif memakai layanan IndiHome dengan keadaan seperti ini. Layana sebelumnya berada di rumah lain yang tidak jauh dari calon lokasi pemasangan baru, namun diinformasikan tidak bisa/tidak ada jaringan oleh teknisi.

Bayu Prasetya Wibowo
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom atas Surat Bapak Bayu Prasetya

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Bayu Prasetya Wibowo pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Upadate hari Selasa, 30 Agustus 2022.
      Saya diinformasikan oleh Ibu saya (berbeda rumah namun 1 wilayah) bahwa telah datang hari ini perwakilan dari Telkom/IndiHome ke kediaman saya (calon lokasi pemasangan baru) tanpa konfirmasi kepada saya terlebih dahulu. Karena saya tidak ada di rumah dan keadaan rumah kosong karena saya dan istri sedang kerja.
      Perwakilan ini bukan teknisi, karena informasi dari Ibu saya penampilannya seperti bagian back office dengan stelan lebih rapih. Saya ucapkan terima kasih telah datang dengan niatan menjelaskan dan memberi pengertian. Saya sangat hargai.
      Sewaktu perwakilan IndiHome datang, lalu kemungkinan diarahkan oleh tetangga untuk ke rumah yang ditinggali orang tua saya yang juga tidak jauh jaraknya, bertemulah perwakilan IndiHome dengan Ibu saya membahas tentang pengajuan pemasangan baru yang saya buat.
      Informasi yang saya terima dari Ibu saya, bahwa perwakilan tersebut meminta maaf dan menjelaskan kendala "ketidakadaan jaringan".
      Lalu perwakilan tersebut menjelaskan bahwa tidak bisa menyambungkan kabel dari alat ODP ke tiang-tiang listrik yang ada di perumahan dengan dalih "tidak dapat izin dari RT RW". Ini mulai tipu-tipu disini, untungnya Ibu saya paham model-modelan begini. Diresponlah oleh Ibu saya bahwa tiang-tiang disini tidak perlu seizin RT RW karena sebatas diskusi antar warga sekitarpun cukup, dan mudah diskusi ini karena sudah biasa tiang-tiang di dalam digunakan untuk jembatan kabel-kabel dan memang difungsikan untuk itu. Dan direspon kembali oleh Ibu saya "siapa RT RW yang tidak mengizinkan, sebutkan nama agar saya telepon saat ini juga", entah apa respon perwakilan tersebut yang jelas berkilah dia kebingungan.
      Diujung pembicaraan, perwakilan tersebut memberi harapan akan dipasangkan tiang resmi dari IndiHome di dalam area perumahan saya, dan disuruh menunggu satu minggu dari hari ini.
      1. Apakah hal seperti ini perwakilan dari IndiHome bisa datang semaunya tanpa konfirmasi ada atau tidaknya pengaju di rumah? Tolong diperbaiki, jangan asal datang tanpa konfirmasi.
      2. Kalimat yang cenderung berbohong soal izin RT RW. Perbaiki pemilihan kata ini!
      3. Tiang resmi IndiHome yang direncanakan dipasang dalam perumahan dalam waktu 1 minggu. Terima kasih jika memang benar akan dipasangkan dan tolong untuk segera.
      4. Permintaan untuk hapus surat kabar ini oleh perwaikilan tersebut kepada Ibu saya agar disampaikan kepada saya. Ini tidak bisa dihapus sesuai ketentuan Media Konsumen. Hanya bisa ditanggapi oleh kalian (IndiHome/Telkom) dan itupun jika case ini sudah terselesaikan alias terpasang.

      Tolong untuk sesegera mungkin proses pemasangan baru layanan yang saya ajukan ini.

  • Update Dari Respon Pihak Telkom/IndiHome
    Senin, 29 Agustus 2022. Pukul 17.58 saya mendapat panggilan masuk dari 147 (dengan dial terbaca 021147). CS yang menghubungi dengan nama Eka. Pak Eka menyejelaskan menghubungi saya terkait surat yang saya terbitkan di Media Konsumen dan disebutkan akan dilakukan pengawalan proses pengajuan pemasangan baru yang saya ajukan dan akan segera diinformasikan kembali. Terima kasih untuk Pak Eka yang sudah menghubungi dari 147.

    Selasa, 30 Agustus 2022. Saya mendapat panggilan masuk pada pukul 08.27 (dial 021147) dan 09.50 (dial 47) dengan CS yang berbeda. Setelah mendapat dua kali panggilan masuk ini saya menjadi bingung karena informasi yang diberikan oleh kedua CS ini adalah laporan yang berbeda dengan yang dijelaskan oleh Pak Eka satu hari sebelumnya. Kedua CS ini menyebutkan informasi keluhan saya yang dari DM twitter, yang saya keluhkan tentang pemasangan baru juga tapi sebelum saya terbitkan surat di Media Konsumen. Yang intinya kedua CS tersebut cenderung lebih mengarah kepada informasi Teknisi yang menyebutkan tidak ada jaringan.
    Tolong koordinasikan terlabih dahulu apakah sudah ada CS yang menghubungi atau belum. Cukup dari laporan keluhan saya melalui media konsumen saja yang diproses. Dan tolong proses kelanjutan dari pengawalan pemasangan baru yang diinformasikan oleh Pak Eka pada 29 Agustus kemarin.
    Kalaupun laporan yang diproses lebih dari satu dan itu membuat proses pemasangan menjadi bisa dan lebih cepat, go a head, silahkan dan lanjutkan. Namun yang saya khawtirkan laporan yang diproses lebih dari satu membuat tumpang tindih dan berakibat pada tetap "ketidakmauan" Teknisi memproses pemasangan baru, yang kembali saya ulang "jelas-jelas rumah-rumah sebelah saya bisa dan tak terkendala".

  • Upadate hari Selasa, 30 Agustus 2022.
    Saya diinformasikan oleh Ibu saya (berbeda rumah namun 1 wilayah) bahwa telah datang hari ini perwakilan dari Telkom/IndiHome ke kediaman saya (calon lokasi pemasangan baru) tanpa konfirmasi kepada saya terlebih dahulu. Karena saya tidak ada di rumah dan keadaan rumah kosong karena saya dan istri sedang kerja.
    Perwakilan ini bukan teknisi, karena informasi dari Ibu saya penampilannya seperti bagian back office dengan stelan lebih rapih. Saya ucapkan terima kasih telah datang dengan niatan menjelaskan dan memberi pengertian. Saya sangat hargai.
    Sewaktu perwakilan IndiHome datang, lalu kemungkinan diarahkan oleh tetangga untuk ke rumah yang ditinggali orang tua saya yang juga tidak jauh jaraknya, bertemulah perwakilan IndiHome dengan Ibu saya membahas tentang pengajuan pemasangan baru yang saya buat.
    Informasi yang saya terima dari Ibu saya, bahwa perwakilan tersebut meminta maaf dan menjelaskan kendala "ketidakadaan jaringan".
    Lalu perwakilan tersebut menjelaskan bahwa tidak bisa menyambungkan kabel dari alat ODP ke tiang-tiang listrik yang ada di perumahan dengan dalih "tidak dapat izin dari RT RW". Ini mulai tipu-tipu disini, untungnya Ibu saya paham model-modelan begini. Diresponlah oleh Ibu saya bahwa tiang-tiang disini tidak perlu seizin RT RW karena sebatas diskusi antar warga sekitarpun cukup, dan mudah diskusi ini karena sudah biasa tiang-tiang di dalam digunakan untuk jembatan kabel-kabel dan memang difungsikan untuk itu. Dan direspon kembali oleh Ibu saya "siapa RT RW yang tidak mengizinkan, sebutkan nama agar saya telepon saat ini juga", entah apa respon perwakilan tersebut yang jelas berkilah dia kebingungan.
    Diujung pembicaraan, perwakilan tersebut memberi harapan akan dipasangkan tiang resmi dari IndiHome di dalam area perumahan saya, dan disuruh menunggu satu minggu dari hari ini.
    1. Apakah hal seperti ini perwakilan dari IndiHome bisa datang semaunya tanpa konfirmasi ada atau tidaknya pengaju di rumah? Tolong diperbaiki, jangan asal datang tanpa konfirmasi.
    2. Kalimat yang cenderung berbohong soal izin RT RW. Perbaiki pemilihan kata ini!
    3. Tiang resmi IndiHome yang direncanakan dipasang dalam perumahan dalam waktu 1 minggu. Terima kasih jika memang benar akan dipasangkan dan tolong untuk segera.
    4. Permintaan untuk hapus surat kabar ini oleh perwaikilan tersebut kepada Ibu saya agar disampaikan kepada saya. Ini tidak bisa dihapus sesuai ketentuan Media Konsumen. Hanya bisa ditanggapi oleh kalian (IndiHome/Telkom) dan itupun jika case ini sudah terselesaikan alias terpasang.

    Tolong untuk sesegera mungkin proses pemasangan baru layanan yang saya ajukan ini.