Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Kolektor Leasing

Saya Rahadian Pramudya Abiyoga, selaku kreditur lama BFI Finance (sejak tahun 2019), merasa kecewa dengan perlakuan kolektor dari BFI. Saya datang ke kantor BFI Finance di Ruko Citra Grand Cibubur, pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022, untuk membayar angsuran saya. Saat saya memberikan kartu debit saya di meja kasir, tiba-tiba kolektor tersebut mengeluarkan kata-kata dengan sedikit nada yang menantang dan bilang saya “sok jagoan” di depan kasir.

Dia juga mengatakan “Mau di-input atau tidak pembayarannya?”. Pada saat itu sedang ada banyak customer juga di situ, sehingga saya berkata bernada tinggi juga menanggapi perkataan kolektor tersebut dan menjadi perhatian customer lainnya. Silakan dicek sendiri di CCTV dalam kantor BFI.

Saya tidak tahu latar belakang dan alasan kenapa kolektor berkata kasar seperti itu, maka dari itu saya komplain lewat Media Konsumen. Poin yang saya ingin sampaikan:

  1. Saya selalu kreditur lama (hampir 4 tahun) di BFI baru kali ini mendapat perlakuan seperti itu dari kolektor BFI.
  2. Customer datang ke kantor untuk bayar angsuran, tapi kenapa diperlakukan seperti itu oleh kolektor? Apa memang kolektor BFI seperti itu semua? Jika tidak, saya minta diganti kolektor untuk account saya di BFI, yang bisa lebih sopan dalam bertutur kata.
  3. Seyogyanya BFI menyaring kolektor, disesuaikan dengan account customer dan histori pembayaran seperti apa.

Saya mohon dapat ditindaklanjuti oleh pihak BFI. Terima kasih.

Rahadian Pramudya A.
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BFI Finance Atas Surat Bapak Rahadian Pramudya Abiyoga

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Bapak Rahadian Pramudya Abiyoga pada Surat Pembaca Mediakonsumen.com yang berjudul “Perlakuan...
Baca Selengkapnya

32 komentar untuk “Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Kolektor Leasing

    • 3 September 2022 - (13:55 WIB)
      Permalink

      Saya percayakan saja ke BFI utk menindaklanjutin. Secara perusahaan sudah Tbk pasti punya SOP management yang bagus. Kalau pun ada yang tidak benar, itu hanya Oknum yg perlu ditegaskan akan SOP yang harus dilakukan sesuai aturan Perusahaan agar tidak mencoreng nama baik perusahaan yg sdh dibangun bertahun-tahun.

      5
      1
  • 3 September 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Si kolektor ini ujug2 bilang begitu aja atau ada latar belakangnya?

    Kalau ujug2 bilang bgt, tunggu diluar sampai dia keluar kantor, bawa ke tempat sepi baru interogasi apa motif ngomong kek gitu? Kalau a-i-u-e-o ya tinggal “beri pelajaran”

    12
    • 3 September 2022 - (13:49 WIB)
      Permalink

      Kalau latar blkg sya tdk tau, jadi sya anggap itu ujug2 berkata sprti itu kpd saya.
      Saya percayakan ke BFI saja utk menindaklanjutin hal itu.

      2
      1
      • 5 September 2022 - (11:00 WIB)
        Permalink

        Latar belakangnya ga tau? Collector biasanya marah kalau ada yg nunggak. Lihat bukti anda, anda nunggak hampir 2 bulan, kita ga tau deh respon anda saat collector nagih gimana, sampai2 tuh collector marah2 saat ketemu anda

    • 6 September 2022 - (00:21 WIB)
      Permalink

      Walaupun misalnya nunggak, tidak pada tempat nya collector berlaku tidak sopan apalagi didepan customer di Kantor BFI. Walaupun semisalnya ada sikap yang tidak sopan dari Abang Rahadian. Bukankah ada satpam sbg. Keamanan kantor Yg lebih tepat dan terlatih untuk mengurus hal seperti Ini.

  • 3 September 2022 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Kayaknya anda nggak tepat menyebut diri anda kreditur. Lebih tepatnya debitur. Sebab pengertian kreditur itu orang yang memberikan kredit/pinjaman. Kalau debitur orang yg berutang atau menerima kredit/pinjaman dari kreditur.

    Enak2nya menyebut kreditur

    • 3 September 2022 - (14:44 WIB)
      Permalink

      Kalau tentang hal itu silahkan dikoreksi.
      Bukan hal saya “Enak2nya menyebut Kreditur” krn sya jg kurang paham utk posisi kreditur/debitur sebagai Konsumen/Customer dan itu bukan pokok permasalahan yg saya postingan media konsumen.

      9
      3
          • 4 September 2022 - (12:12 WIB)
            Permalink

            Lama atau baru anda jadi anggota ngutang gak akan dilihat sama mereka yang mereka lihat anda bayar utang tepat waktu dan gk nunggak

            3
            1
        • 4 September 2022 - (11:45 WIB)
          Permalink

          Wah ada yg sok jagoan nih, ngatain orang lain sok jagoan anda sendiri sok keras!! Ngopi dlu sana, atau ngopi diluar 86

  • 3 September 2022 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Sewaktu dulu saya pengajuan suruh tunggu lama.. setelah beberapa lama sy batalin.. seperti gak ada lising lain..

  • 3 September 2022 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Penah nunggak angsuran ga? Kalau iya mungkin pihak BFI pernah hubungi atau datang ke rumah anda namun tidak direspon baik oleh penghuni rumah atau anda.

  • 4 September 2022 - (00:27 WIB)
    Permalink

    Jadi begini, yg harus dipahami klo udeh terlibat dgn pinjol apalgi dgn pinjol jgn berharap kenyamanan lg. Klo udeh memutusan pinjem persiapkan mental deh.

  • 4 September 2022 - (01:45 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat by data history payment telat 2 dan hampir mau masuk ke 3 bulan sampek terhitung agustus 2022, wah harusnya sudah ada somasi tuh dr pihak leasing minim ada kunjungan penagihan.. Kl dr pihak kolektor bs bertindak seperti bs jadi keterlambatan tersebut jd pemicunya emosi dikantor, ya ud dibayar aja angsuran dan dendanya sekalian.. Bukan saya membela leasing toh sy jg bukan orang leasing … Ya bersyukur unit anda gak kena matel.. Kl kena matel dan ketarik, seupama nih gugat dipengadilan coba aja kl menang dipengadilan sampek tingkat PT saya salut sama kuasa hukum yg bela.. Dan jgn lupa cek data diri di OJK masuk gak tuh telat angsuran anda.. Dari OJK nanti bakalan keliatan kok history angsuran data awal sampek akhir. Yg akur yah kl ada angsuran.. Thanks

  • 4 September 2022 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Kreditur itu pihak yang menberikan pinjaman. Kalau yang berhutang (anda) namanya debitur.
    Membayar angsuran pinjaman kan bisa melalui transfer antar bank, jadi lebih nyaman bagi debitur.
    Apakah selama 4 tahun menjadi debitur BFI anda selalu membayar angsuran langsung ke kantor BFI dan baru nengalami kejadian seperti ini?

  • 4 September 2022 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari tata bahasa TS dalam menulis dan menjawab spertinya sih TS yg mulai kasar duluan. Kelihatan banget. Jd ada yg disembunyikan

    3
    1
    • 4 September 2022 - (08:09 WIB)
      Permalink

      Gini Pak, Collector tsb tiba2 berkata seperti itu dan saya tidak tau penyebabnya, maka dari itu saya komplain lewat media konsumen ini agar pihak BFI menindaklajuntin, dan disaat itu ada 2-3 karyawan BFI. Bukan saya menyembunyikan sesuatu.

      2
      1
      • 4 September 2022 - (09:48 WIB)
        Permalink

        Cm org ga waras yg lgsg ujug2 marah sama anda tanpa ada alasan.
        Emg ada suatu yg tdk anda ceritakan, mgkn sj itu akan malah membuat anda di bully makanya tdk anda ceritakan

        1
        1
  • 4 September 2022 - (07:55 WIB)
    Permalink

    kronologi hanya 1 sisi, menjelekan target. tanpa kelengkapan cerita. tidak ada asap tidak ada api mana mungkin terjadi demikian. jangan seolah play victim.

    • 4 September 2022 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Fungsi dari Media Konsumen apa untuk play victim?
      Semua yg ditulis di media konsumen selalu dari pihak customer/konsumen/pembeli/pengguna jasa untuk ditanggapi/ditindaklanjutin oleh pihak penyedia jasa/penjual.

      2
      4
      • 5 September 2022 - (10:34 WIB)
        Permalink

        Anda pernah nunggak ga? Jawab dulu aja. Supaya org2 di MK paham mslh sebenarnya, knapq ada collection yg marah2 sm anda

  • 4 September 2022 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Menurut sy, di sini pasti ada sesuatu yg membuat masalah, jd ada kesalahpahaman… Ada sebab ada akibat.

  • 4 September 2022 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan si kolektor itu marah marah karena anda bayar langsung ke kantor, tidak dititipkan ke si kolektor, sehingga dia gak bisa nilep atau gak dapat fee.

    Kemungkinan yang lain, si kolektor marah karena dia merasa kurang dihargai, misalnya gak dikasih kopi ketika dia berkunjung ke rumah atau gak ngasih uang rokok. Semua cuma dugaan, yang paling tahu cuma anda sama si kolektor.

    Semula hanya soal duit atau fee, ketika gak dapat duit si kolektor pasti marah, kalau dikasih duit diam. Besok-besok si kolektor marah-marah lagi, begitu seterusnya. Biar saja si kolektor ngamuk, tapi kalau sudah keterlaluan, diajak ngopi aja, kasih sianida biar tamat hidupnya.

    2
    1
  • 5 September 2022 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Intinya kalau anda welcome dan baik ke kolektornya gak akan kolektornya seperti itu ke anda.
    Kolektor itu perantara antara anda dan perusahaan jadi kalau sampai seperti itu yang patut dipertanyakan,bagaimana respon anda ke kolektor pada saat dia datang berkunjung kerumah anda dan bagaimana respon anda di saat anda di hubungi via tlp/WA

  • 8 September 2022 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Jadi inget dulu waktu awal² covid, nih perusahaan ngasih keringanan dgn cara restrukturisasi pembayaran 2x bayar dalam 1 bulan. Eh pas pelunasan akhir malah saya dibuat kaget. Dikenakan denda keterlambatan, dan lucunya yang terlambat itu adalah di bagian restrukrurisasi nya, padahal sebelumnya di informasikan program restrukturisasi ga ada kaitan dengan kategori telat bayar.

    Dan Anehnya lagi, BPKB saya dikembalikan h+7 setelah saya pelunasan di kantornya. Smntara leasing sebelah, bkpb langsung dikembalikan saat pelunasan

    Setelahnya, saya ogah ber urusan dgn leasing 1 ini. Meskipun beberapa x di tlpon ditawari untuk kembali mengambil pinjaman dengan dalih tidak akan di survey lagi & langsung cair

 Apa Komentar Anda mengenai BFI Finance?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Kolektor Leasing

oleh Yoo dibaca dalam: 1 menit
32