Petugas PLN Mematikan Listrik yang Sudah Dibayar dan Tagihan Belum Jatuh Tempo

Pada hari Senin, 5 September 2022 pukul 19.07, saya datang ke ruko saya dan PLN telah mematikan sekering listrik dan memasang segel, padahal tagihan sudah dibayar. Berikut ini kronologinya:

Bulan Agustus 2022, ruko saya/pihak saya telat membayar tagihan listrik, hingga melewati tanggal 20 setiap bulannya (PLN berhak mematikan/memutus listrik konsumen (saya) dan memberikan sanksi denda). Sekitar tanggal 26 ke atas, saya pergi dan kembali dalam keadaan listrik mati dan sekering disegel. Saya paham dan saya patuhi aturan PLN, saya tinggalkan ruko dan menunggu hingga pihak saya/saya dapat bayarkan tagihan listrik

Pada tanggal 31 Agustus, pihak saya baru sempat membayar listrik serta denda PLN, sehingga pada 31 Agustus sudah lunas. Sesuai pada foto di bawah, pada aplikasi PLN dan Tokopedia, sudah tidak ada tagihan dan status Tagihan Sudah Terbayar

Tagihan PLN muncul antara tanggal 1-3 setiap awal bulan dan jatuh tempo pada tanggal 20 setiap bulannya.ย Namun pada Senin 5 September 2022 ini, saya kembali ke ruko saya dalam keadaan listrik dimatikan dan sekering disegel. Tentunya tagihan September belum melewati tanggal 20, maka PLN tidak berhak mematikan dan menyegel sekering konsumen.

Kerugian hanya meliputi isi kulkas dan kebersihan kulkas. Hal ini menjadi teguran atas SOP/aturan dan kedisiplinan pihak PLN sendiri.

Hari Selasa, 6 September 2022 dan malam kemarin saya coba hubungi telepon langsung nomor terkait PLN dan petugas PLN yang biasa bertugas di lokasi saya. Namun karena tidak ada balasan, maka saya unggah thread ini.

Muhammad Hafidz Imaduddin
Jakarta Barat


Update (8 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PLN:
[Total:114    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

43 komentar untuk “Petugas PLN Mematikan Listrik yang Sudah Dibayar dan Tagihan Belum Jatuh Tempo

  • 7 September 2022 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Anda minta blokir dicabut cuma lewat telepon? Coba datangi langsung kantor PLN terdekat untuk minta dibuka segel blokir, dengan begitu ada kejelasan (untuk anda). Buat jaga-jaga, karena yang tertunggak adalah tagihan bulan Agustus, sekalian saja bayar tagihan untuk bulan September. Jangan sampai buka segel blokir kembali tertunda karena anda melewatkan bayar tagihan September. ๐Ÿ™‚

    Saran aja nih. Bagi yang pelupa, apatis, cuek, tapi ogah hidup ribet, sebaiknya pakai meteran listrik token. Jika sewa ruko dan pemilik ogah pindah ke meteran token, minta pemilik yang mengelola pembayaran tagihan sementara penyewa cukup setor tagihan listrik ke pemilik.

    31
    3
    • 7 September 2022 - (20:58 WIB)
      Permalink

      sudah ada intruksi sejak dulu oleh pihak PLN, apabila sudah bayar silahkan dicabut sendiri, tidak perlu konfirmasi / datang ke kantor PLN

      7
      1
      • 8 September 2022 - (05:21 WIB)
        Permalink

        Kalau anda lupa dan itu seperti saya ha ha ..pakai autodebet di Bank untuk pembayaran tagihan baik air dan listrik, kami pakai itu setiap tgl 10 langsung autodebet untuk pembayaran tagihan tagihan, menghindari masalah seperti lupa bayar

      • 8 September 2022 - (07:04 WIB)
        Permalink

        Sy malah pernah , saat abang sy meninggal di kampung lupa listrik blm byr. tgl 22 sy balik lgsng byr tp sdh terlanjur diputus dr tiang kabel. Sy tlp ksh tau sdh dibayar lgsng kok disuruh pihak lapangan sambungin saat itu jg. Mungkin beda area kali ya.

  • 7 September 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    habis bayar harusnya segera melapor utk dilepaskan sekringnya.
    ini malah diem2 bae, mana mungkin PLN pantengin terus. ada2 aja

    10
    6
    • 7 September 2022 - (20:59 WIB)
      Permalink

      sudah ada intruksi sejak dulu oleh pihak PLN, apabila sudah bayar silahkan dicabut sendiri, tidak perlu konfirmasi / datang ke kantor PLN

  • 7 September 2022 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Poin penulis apa ya?
    1) jika tidak ada kulkas dan isinya, tentu gak ada kerugian kan? Tinggal datangi kantor PLN dengan hati dongkol, tapi gak semarah ada kulkas beserta isinya kan?

    2) jika ada kulkas dan beserta isinya, kenapa lu tinggal itu kulkas sendirian gak ada yg jaga? Kan GUOOBL0CK….
    Terlepas penyegelan, Lu gak tau klo seandainya ada korslet atau listrik padam seharian? Kulkas lu bakalan busuk BEG0CK

    3
    23
    • 7 September 2022 - (21:00 WIB)
      Permalink

      1. iya Terima kasih masukan/tanggapannya, tulisan saya berlebihan dan tidak bermanfaat pada bagian tsb

      2. Anda pergi dari rumah punya stok makanan kulkas dimatikan?

      • 8 September 2022 - (14:10 WIB)
        Permalink

        Gini aja, gw samperin ruko lu. Pas sepi, gw matiin sekring nya. Biar lu rugi isi makanan rusak lagi.

        Gw mah jarang pergi klo rumah kosong. Klo terpaksa pergi semua, ya gw suruh sodara gw yg lain tinggal di rmh gw sementara waktu. Kalo emang gak ada yg bisa disuruh, ya gw habisin stok makanan gw jauh hari sebelum hari H

        • 8 September 2022 - (19:36 WIB)
          Permalink

          Ohh miskomunikasi aja ini kayaknya… Mestinya kalo tgl 31 harusnya sudah ada tagihan untuk bulan berikutnya (mungkin di aplikasi tokopedia dsb belum terinput, kalo datang manual ke kantor biasanya sekalian dibayarkan)…

          Usul : coba kekantor aja kawan untuk diluruskan,, sabar jangan terbawa emosi,, dan usul juga minta ganti meteran token ๐Ÿ™๐Ÿ™

        • 9 September 2022 - (16:13 WIB)
          Permalink

          Itu sih segelnya pas anda telat bayar belum dibuka, bukan di segel lagi, tinggal buka sendiri aja. Kayaknya anda yg salah paham…

    • 7 September 2022 - (21:40 WIB)
      Permalink

      menanggapi “Terlepas penyegelan, Lu gak tau klo seandainya ada korslet atau listrik padam seharian? Kulkas lu bakalan busuk BEG0CK”

      lalu maksud anda seharusnya kulkas dimatikan setiap saat ditinggalkan? menjadi kontradiktif dengan pernyataan anda “kulkas akan busuk”

      perlu dijaga? dijaga yang bagaimana?

      2
      1
      • 7 September 2022 - (22:38 WIB)
        Permalink

        Buset dijaga aja gak paham. Ya ada orang yang jaga rumah. Klo terjadi korslet atau padam seharian, kan bisa menyelamatkan makanannya. Jadi kulkas gak busuk. Lah ini ditinggal berhari hari gak ada yg jaga di rumah. Lalu komplain kerugian. Terlepas tidak ada penyegelan, lalu seharian lampu mati, lu masih mau menyalahkan PLN yang mengakibatkan kulkas lu busuk?

        • 9 September 2022 - (01:03 WIB)
          Permalink

          Maaf ya Pak kalau cerita saya kurang bisa dicerna Bapak, mungkin Bapak perlu lebih bersabar

          Tgl 26 listrik mati (kulkas biarlah salah pihak saya, sudah dibersihkan)
          Tgl 31 listrik status sudah dibayar dan saya berhak dan sudah nyalakan sekering (sekaligus kulkas restok) dan esoknya saya pergi lagi
          Tgl 5 saya kembali, listrik dimatikan lagi (kulkas basi lagi)
          Maka saya komplain, karna status tertera tagihan sudah dibayar

          Iya maaf dongkol, sebenernya ga penting ngomongin kulkas, tapi Bapak juga perhatian sekali dengan kulkas, dan Bapak hebat ya punya banyak pasukan untuk jaga kulkas Bapak, digaji kah? Saya juga mau jaga kulkas Bapak, atau sodara2 Bapak jagain kulkas saya aja, tapi gratis ya hehe

          Kalau mau pergi lagi kabar2in Pak, saya juga mau ikut makan2 habisin kulkas Bapak, siapa tau enak

          Makasih Pak๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜Š

        • 9 September 2022 - (09:04 WIB)
          Permalink

          Mestinya kalau anda tidak bisa kasih solusi atau penjelasan,paling tidak anda berkomentar yang bijak,jangan sok.

    • 7 September 2022 - (22:51 WIB)
      Permalink

      (6). Apabila terjadi penghentian penyaluran tenaga listrik karena alasan sebagaimana
      dimaksud dalam ayat (4) Pasal ini maka PIHAK KEDUA tidak berhak untuk menuntut
      ganti rugi dalam bentuk apapun juga kepada PIHAK PERTAMA.

      • 7 September 2022 - (22:52 WIB)
        Permalink

        (9). Apabila PIHAK KEDUA tidak dapat melunasi rekening listrik bulanan sampai dengan
        pukul 12.00 WIB pada hari terakhir dari jangka waktu pelunasan pembayaran
        sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) Pasal ini, maka PIHAK PERTAMA akan
        memberitahukan secara tertulis kepada PIHAK KEDUA mengenai keterlambatan
        dimaksud dan PIHAK PERTAMA berhak melakukan pemutusan sementara
        penyaluran tenaga listrik.

        1
        1
        • 7 September 2022 - (22:54 WIB)
          Permalink

          Berdasarkan perjanjian konsumen PLN, jangankan telat 10 hr.
          1 haripun PLN berhak memutus sementara.

          2
          2
    • 7 September 2022 - (21:00 WIB)
      Permalink

      memang, sudah ada intruksi sejak dulu oleh pihak PLN, apabila sudah bayar silahkan dicabut sendiri, tidak perlu konfirmasi / datang ke kantor PLN

  • 7 September 2022 - (17:05 WIB)
    Permalink

    aduh konyol nih orang, kurang komunikasi.. setelah anda bayar tgl 31 harus konfirmasi ke kantor pln setempat minta di copot segelnya.. dan langsung bayar lagi tagihan yg muncul di antara tgl 1-3 di bulan berjalan..

    7
    1
    • 7 September 2022 - (21:01 WIB)
      Permalink

      kenapa?
      sudah ada intruksi sejak dulu oleh pihak PLN disini, apabila sudah bayar silahkan dicabut sendiri, tidak perlu konfirmasi / datang ke kantor PLN
      mohon maaf kalau thread saya kurang penjelasan pada bagian ini ya

    • 7 September 2022 - (21:46 WIB)
      Permalink

      perlu anda baca kembali Pak Bagus yth.
      bahwa status yang muncul adalah tagihan sudah dibayar. Dan sudah saya kirim konfirmasi status tsb dan coba hubungi pihak PLN namun tidak dapat jawaban, dan pihak PLN masih kembali mematikan dan menyegel listrik saya, tsb yang menjadi permasalahan

      2022 sudah digital, tidak harus repot konfirmasi langsung ke kantor, mungkin Pak Bagus yth. sudah pensiun bisa bebas waktunya ya

      tagihan baru (september) tidak harus dibayar langsung, tagihan memiliki tgl jatuh tempo kok, dan memiliki sanksi yang akan saya dapati di atas tanggalnya, bukan main issue ya

      1
      1
      • 7 September 2022 - (21:52 WIB)
        Permalink

        Nah anda kan bayar nya via online, kantor Cabang pln gk bakal tau tuh udh dibayar/belum kalau gk cek manual data di sistem.. Makanya harus konfirmasi ke petugas pln, bapak konfirmasi tapi gk ada jawaban kan? Brti mereka blm tau/blm baca.. Mananya harus datangi langsung kantor pln setempat, konfirmasi langsung.. Beres aman dan gk ribet.

        Kasus simple aja ini gk perlu dibesar besarkan, kurang ngopi aja, kurang komunikasi..

  • 7 September 2022 - (21:18 WIB)
    Permalink

    Ga perlu d besar2kan paling cuma Miss.. setelah bayar memang biasanya boleh langsung d cabut. Mungkin pihak lapangan terlambat mendapatkan info kalau nomer meter anda sudah bayar. Merasa melihat meteran masih kosong dan status di list masih menunggak ya pasti d pasang lagi. Btw sepengalaman saya jika menunggak sampai lewat jatuh tempo, saya selalu diarahkan ke pembayaran 2 bulan biasanya ga sampai disegel asal saat ada tagihan baru langsung full 2 bulan.

    • 7 September 2022 - (21:44 WIB)
      Permalink

      Setahu saya juga, harus bayar 2 bulan, sesuai dengan kata Pak Adam. Karena telatnya sudah melebihi batas dan biasanya sudah keluar tagihan bulan berikutnya kalau sudah melewati tanggal 25 atau 26. Sehingga di segel lagi. Sejauh ini PLN sudah benar kok.

      3
      1
      • 7 September 2022 - (21:50 WIB)
        Permalink

        Sayangnya Pak Prads, kasus kali ini statusnya “tagihan sudah dibayar”, betul memang biasanya tagihan jadi menumpuk harus bayar 2 bulan, tapi kali ini tidak begitu, sehingga terjadi banyak miss/lost komunikasi dan tumpang tindih informasi

        surat klarifikasi sudah saya kirim, tinggal menunggu terbit

      • 9 September 2022 - (22:05 WIB)
        Permalink

        Kalau telat bayarnya belum lewat bulan, meskipun bayarnya tgl 30/31, hanya bayar 1 bulan. Kecuali jika telat sampai lewat bulan, krna sdh muncul tagihan bulan berikutnya, barulah hrs bayar 2 bulan. Tagihan bulan berikut baru akan muncul tgl 2 di PLN Mobile dan semua platform pembayaran online. Sebelum bulan berjalan berakhir, tagihan yg muncul hanya tagihan bulan itu, walaupun sdh di atas tgl 20.

    • 7 September 2022 - (21:49 WIB)
      Permalink

      betul Pak, sudah ada intruksi sejak dulu oleh pihak PLN, apabila sudah bayar silahkan dicabut sendiri, tidak perlu konfirmasi / datang ke kantor PLN

      dan betul biasanya begitu apabila menunggak, terus terang maaf ruko saya memang sering terlambat membayar tagihan sehingga 2 bulan sekaligus harus saya bayarkan

      namun kali ini tiba2 kasusnya berbeda, status tagihan sudah dibayar, jadi aneh/permasalahannya disini saja

      Terima kasih tanggapannya Pak Adam, surat klarifikasi sudah saya kirim, tinggal menunggu terbit

  • 7 September 2022 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Coba ke kantornya langsung. Biar cepat beres. Luangkan waktu sebentar karna memang urgent .daripada mbulet. Ngalah dikit .

    Dan kalau ada saran mohon dipakai. Bukan malah ngeyel terus . saya baca komen kok kyk gregetan ๐Ÿ™๐Ÿป

    • 8 September 2022 - (00:11 WIB)
      Permalink

      Iya Pak, terima kasih, sudah dibereskan, thread klarifiskasi sudah dikirim, tinggal menunggu approval admin

    • 8 September 2022 - (19:13 WIB)
      Permalink

      Ini mahhh memang ada kesalahpahaman saja,,gk harus di share juga kali untuk mencari pembenaran,,pelanggan seperti anda ini biasanya pasti sllu terlambat bayar dr tgl 20 tiap bulannya,seharusnya anda begitu sdh melunasi tagihan listrik diatas tgl 20 & aliran listrik anda sdh diputus,seharusnya anda segera konfirmasi ke kantor PLN terdekat, jgn duduk manis aja dirumah main telpon minta dilepaskan segelnya, cobalah jalin komunikasi langsung ke kantor PLN. Klu saya yg punya PLN,,saya sdh pasti merubah KWH listrik di rumah anda menjadi Kwh Voucher,,karna saya malas ngurusin orang2 sperti anda ini yg super sibuk & tdk punya waktu untuk mengurusi kebutuhan utamanya.

  • 8 September 2022 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Kalo pembayaran paling lambat tgl 20….anda baru bayar di tgl 31…itu kan jeda 11 hari tuch,,, mungkin saja pihak PLN ngidupin listrik nya 11 hari ke depan stlh anda bayar itu tagihan,,,,biar imbang mungkin

  • 8 September 2022 - (01:35 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ini hanya miskom saja mba, semoga kedepannya lebih tepat membayar tagihan agar tidak di isolir, jika sudah hayar cabut aja segel nya.

  • 8 September 2022 - (05:34 WIB)
    Permalink

    Anehnya baru telat beberapa hari kok udah disegel??? Tetangga saya bayarnya juga sering telat, tapi kok aman-aman aja ya? Cuman kalau tetangga saya telatnya tidak sampai lewat bulan.

  • 8 September 2022 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Minta ganti meteran saja ke yg token setelah urusan ini beres. Jadi gak akan ada lagi namanya segel-segelan karena telat bayar tagihan.

  • 10 September 2022 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Begini nih kalo sering nunggak (wlopun blum tgl 20 udh tmasuk nunggak) jadi salah hitung bulan, tagihan yg dibayar 31 Agustus itu adalah pemakaian Juli (yg tagihannya kluar di 1-3 Agustus), karena klamaan bayar, pas masuk september kena segel lagi, krena belum bayar pmakaian Agustus, mungkin buru buru disegel PLN krena sudah ada history nunggak sebelumnya.

    • 11 September 2022 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Bukan, dan klarifikasi, persoalannya adalah saya sudah mau bayar tapi tidak bisa, karna malah sudah dibayarkan pihak PLN sendiri tanpa memberitahu saya, sehingga saya kira pihak saya yg telah bayarkan tagihan

      Dan pihak PLN hanya bolak balik mematikan listrik dan penjelasan

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Petugas PLN Mematikan Listrik yang Sudah Dibayar dan Tagihan Belum Jatโ€ฆ

oleh Hafidz dibaca dalam: 1 menit
43