Koordinasi Petugas Batik Air di Pintu Keberangkatan Sangat Parah

Saya adalah penumpang Batik Air ID 6356, dengan rute Jakarta – Semarang. Saya sangat-sangat kecewa dengan petugas di Bandara Soekarno Hatta.

Kronologinya adalah, saya tiba di Bandara Soekarno Hatta sesuai dengan jadwal, pada tanggal 6 September 2022 kurang lebih pukul 10.50, dan langsung cetak boarding pass di mesin cetak mandiri. Sesuai boarding pass yang ada, penerbangan saya dari gate D6 dan boarding pukul 11.50 (penerbangan pukul 12.20). Karena menurut saya masih ada waktu, saya memutuskan makan di Solaria dekat dengan gate D.

Pukul 11.40, saya menuju gate D6 (belum ada pengumuman untuk boarding). Setelah melewati pemeriksaan di depan lorong D6, layar LCD masih menampilkan penerbangan yang saya naiki. Saat sudah di dalam gate D6, ternyata sudah sepi. Jadi saya tanya pada petugas maskapai (perempuan), karena takut sudah masuk pesawat. Kemudian disampaikan bahwa penerbangan pindah ke gate E1 (yang jaraknya lumayan jauh dari gate D6) dan seluruh penumpang sudah pindah.

Akhirnya saya langsung keluar gate D dan lari ke gate E1 dan mengulangi prosedur pemeriksaan dll. Saat keluar gate D, saya sampaikan pada petugas bahwa penerbangan saya pindah ke E1 dan petugas Angkasa Pura yang memeriksa tampak heran, karena belum ada info dari maskapai kalau pindah gate. Saya sampaikan kalau saya diinfokan oleh petugas maskapai di gate D6 bahwa pindah. Bersama saya, ada 5 org penumpang yang sama.

Saat perjalanan menuju gate E1, dari pengumuman boarding pesawat saya, terdengar bahwa gate D6. Karena kami sudah dapat info dari petugas maskapai, maka kami tetap menuju gate E1. Seperti biasa melalui prosedur pemeriksaan dan lagi-lagi petugas Angkasa Pura bingung, kenapa tidak ada info dari maskapai kalau penerbangan pindah ke E1.

Benar saja,  setelah kami sampai di E1, ternyata kondisi gate sepi, bahkan tidak ada petugas sama sekali. Saat itu ada petugas maskapai 1 orang masuk gate. Saya langsung tanya dan dijawab bahwa E1 khusus Lion. Petugas ybs langsung lari dan koordinasi dengan tim. Ternyata gate-nya adalah D1 dan kami sudah ditunggu pesawat.

Kami sangat-sangat kecewa dengan parahnya koordinasi petugas maskapai Batik Air di Terminal 2. Sehingga kami harus dilempar-lempar dari gate D6 ke E1 dan kembali ke D1. Kalau saya sendiri yang mengalami kejadian itu, mungkin saya yang salah dengar. Masalahnya adalah ada 5 orang penumpang yang  sama-sama mengalami kejadian tersebut. Apa yang terjadi kalau penumpang-penumpang yang diberikan info salah seperti itu ibu hamil, anak kecil atau lanjut usia dan harus bolak balik dari gate D dan E?

Sekali lagi saya kecewa dengan buruknya pelayanan, dalam hal ini koordinasi petugas Batik Air di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. Terutama mbak-mbak yang bertugas tanggal 6 September 2022 di gate D6 pukul 12.00. Saya tidak sempat lihat nama karena saat info pindah gate saya langsung menuju gate E1. Saat saya ke gate D6 untuk komplain, sudah ganti petugas pria dan dia mengaku dari tadi dia di situ, tidak ada petugas perempuan. Saya yakin informasi itu bohong untuk menghindari komplain dari saya kepada petugas awal.

Ayatullah Hamzah
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Batik Air:
[Total:89    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Koordinasi Petugas Batik Air di Pintu Keberangkatan Sangat Parah

  • 8 September 2022 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg sama persis saya alami dengan penerbangan citilink tgl 23 juni 2022. Saya sdh ada d gate 14 terminal 3 soekarno-hatta pkl. 06.30, boarding pkl. 07.30. Sudah santai d gate krn d layar penerbangan tertera meski d boarding pass tertulis gate 25 namun asumsi terupdate adlh d layar.

    Pkl. 07.20 saya bersama 10 penumpang lain bingung krn tampilan d layar berubah, dan penerbangan kami hilang. Tanpa ada sedikit pun pemberitahuan. Kami segera lari ke gate 25 yg mana jaraknya sangatlah jauh. Tiba d gate 25 ternyata penerbangan kami tidak dsana bahkan dari info suara diinfokan penerbangan kami d gate 14 (lagi). Kami komplain ke petugas utk memastikan gate yg benar. Dan ternyata penerbangan kami dipindah ke gate 23 d sebrangnya tanpa ada info resmi, tanpa ada pencantuman nomor penerbangan d layar. Dimana d saat yg bersamaan ada penumpang tujuan solo. Sehingga sekitar 180 penumpang tujuan surabaya antri mengular tanpa kepastian disana. Saya br bs boarding sekitar pkl. 08.10 sedangkan penerbangan dijadwalkan pkl. 08.00

    Sama seperti anda, saya jg membayangkan mengajak lansia, ibu hamil dan anak2 yg akan merepotkan jika lari2 dr gate awal ke gate berikutnya. Saya sih santai krn hanya bawa 1 ransel saja. Tapi tujuan dtg lebih awal supaya ga buru2 ternyata percuma krn hrs olahraga lari2 sekitar 10mnt dr gate 14 ke gate 25.

    Sangat kacau koordinasi petugas bandara d soekarno hatta. Baik petugas AP II maupun ground staff maskaspai masing2.

  • 10 September 2022 - (01:30 WIB)
    Permalink

    Pakai Saphire handling Pak, handling assistance mulai dari keberangkatan turun dari mobil , assist bagasi, cekin, jalur pemeriksaan ke 2 sampai ke boarding gate itu di kawal.. hehe dari sabang sampai merauke bisa di kontak ke hotline 0853-5300-5989

  • 10 September 2022 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Makanya klo pulang ke Trenggalek dari Surabaya saya gak naik pesawat ribet ruwet😍

    • 10 September 2022 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Sik sik pak manteb, niki dari Surabaya ke Trenggalek kalo naek pesawat turunnya di mana?

 Apa Komentar Anda mengenai Batik Air?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Koordinasi Petugas Batik Air di Pintu Keberangkatan Sangat Parah

oleh hamzah dibaca dalam: 2 menit
6