Jebakan Pinjol “Ringan Pinjam”

Bismillah. Terima kasih kepada Media Konsumen. Perkenankan saya sedikit berbagi tentang kejadian yang saya alami pada malam tanggal 23 September 2022. Sekitar pukul 10 malam, saya download aplikasi pinjol “Pinjam Ringan” yang muncul di iklan, dengan rating 4,5. Saya pikir ini aplikasi bagus dan terdaftar di OJK.

Saya coba daftar dengan mengirimkan KTP dan foto wajah. Memang saat itu saya belum ada rencana meminjam, hanya sekedar mendaftar untuk mencari pinjol yang bisa dijadikan referensi nantinya, mana tahu nanti ada keperluan.

Kemudian, tanpa ada pengajuan, tanpa ada tandatangan, tanpa ada kode OTP, tanpa rincian bunga dan tenor, tiba-tiba mereka kirimkan uang sebanyak 3 kali dengan total Rp3.420.000 dan pengembalian sebesar Rp5.400.000. Tenornya hanya 7 hari, luar biasa!

Saya cari cara menghubungi pihak aplikasi, tapi tidak berhasil. Saya berniat mengembalikan uang yang mereka transfer. Saya juga komentar di aplikasi, tapi tidak direspons. Saya lihat komentar pengguna hampir sama dengan yang saya rasakan. Intinya tidak ada pengajuan, tiba-tiba ditransfer. Jelas ini jebakan dan penipuan, dan banyak lagi komentar pengguna yang merasa dirugikan di kasus lain. Yang membuat saya heran, rating mereka 4,5.

Setelah mencari referensi, aplikasi ini memang tidak terdaftar di OJK (mohon dikoreksi jika salah). Saya sudah juga lapor OJK melalui email, minta ada penyelesaian. Masalah uang mereka, saya siap kembalikan sebanyak yang mereka transfer. Saya juga berharap pelaku usaha bisa memberi tanggapan di sini.

Dari pengalaman saya ini, semoga dapat diambil hikmah untuk kita semua, hati-hati dengan pinjol, apalagi yang tidak terdaftar.

Wasalam.

Abnes Prima
Payakumbuh, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

111 komentar untuk “Jebakan Pinjol “Ringan Pinjam”

    • 28 September 2022 - (04:03 WIB)
      Permalink

      Yg pny salah besar dan dosa besar adalah pemerintah, OJK yg melegalkan pinjol padahal bunganya sama/lebih besar dari rentenir….akhirnya bermunculan lah pinjol ilegal….

    • 1 Oktober 2022 - (04:22 WIB)
      Permalink

      Gak Usah Bayar, saya pernah nyoba minjam di salah satu pinjol ilegal pake hp kakek yg udah lama meninggal, isi kontaknya juga temen” beliau yg kebanyakan udah meninggal, dapet 3.2 juta ,gk pernah saya bayar sampe sekarang, udah 1 tahun lebih?

        • 15 Oktober 2022 - (20:04 WIB)
          Permalink

          Aman mbak, gak ada yg berani datang.. saya baru jdi korban..tanpa persetujuan tiba2 udah d tf aja..dan bunga nya gila bener…

          • 23 Oktober 2022 - (11:45 WIB)
            Permalink

            Untuk semua yang ada disini yg pernah berurusan dengan ringan pinjam, apakah setelah kita tidak membayarnya ada pihak ke 3 yg akan dtg kerumah, karena sayabjuga terkena, saya sudah mengembalikan dana tapi tidak selesai2.

    • 1 Oktober 2022 - (09:56 WIB)
      Permalink

      Saya juga kejebak,, gimana ya ngembaliin tf nya, sy WA aplikatornya trnyata cm ceklis 1,,apakah jika data kita disebar bisa tuntut balik ya?

    • 1 November 2022 - (16:55 WIB)
      Permalink

      Aku mau tanya dong, ada yang pernah pakek pinjol “dana abadi” gak?
      Itu legal apa ilegal ya…

  • 25 September 2022 - (18:07 WIB)
    Permalink

    itu ilegal jgn di kembalikan….kalau mengancam sebar data ancam balik saja laporin ojk/polisi krna sudah ada UU….
    itu kmrn saya sengaja mau pinjam 10x percobaan di tolak????

    17
    • 25 September 2022 - (22:42 WIB)
      Permalink

      Jangan dia byr kak.. Pinjol ilegal itu mah.. ‘!! Paling di teror selama 2 bulan dan di ancem sebar data dan sebelum sebar data bilang aja am saudara, temen, dan kontak darurat yg di cantumin kalo ada tlp jangan di angkt …. Asal kuat mental aja,’!!

      14
      • 26 September 2022 - (02:32 WIB)
        Permalink

        Ya betulll jgan di bayar….. Di laporin jga ga jelas kantor y….. Cba aja nanti klu ada yg nagih minta almt kantor y…. HEBAT dia klau ksh almat ktr y…… REZEKI jgn dikembalikan. Biar KAPOK Pinjol ILEGAL. …. SIAPKAN MENTAl…. DC yg nagih cma berani ngancam lwt tlpn atan WA…. Cuekin aja.

        13
        • 26 September 2022 - (20:09 WIB)
          Permalink

          Sama saya juga blm klik tiba tiba ada tpn udah jatuh tempo aku kaget perasan aku blm klik aplikasi kriditin aja masa pinjam 700uang masuk rekening 470 gila g sekarang saya kena telor terus mau sebar data kontak saya saya bingung gimana y saya harus nanggapa DC nya mana ngomong nya kasar lagi

          • 18 Oktober 2022 - (13:09 WIB)
            Permalink

            Kak .. gimn ini ringan pinjam …kemaren tgl 15 sya meminjam di ringan pinjam tetapi saya belum menyetujui .. tetapi kenapa tiba2 ada transfer masuk aja .. bunganya tinggi banget rasanya kek pengen pingsan.. jatuh tempo 7 hari lagi .. kak mohon untuk sarannya ???????

    • 26 September 2022 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Rejeki mas gak usah bayar dan gak usah takut anggap aj rejeki mati data dan lokasi klo illegal gak usah di bayar sy jg seperti applikasih NGreditin aj juga sama sy blm tau tenor dan tggl UD tranfer uang

      • 27 September 2022 - (14:17 WIB)
        Permalink

        Hari ini saya melihat² kak… Saya tidak setuju dengan bunga yang ditetapkan… Tapi tiba² ada uang masuk ke rekening saya… Saya bingung, saya hubungi CS.. Saya sudah melakukan pengembalian dana ke salah satu nomor yang tertera… Tapi di aplikasi status pinjaman saya tetap.. Saya harus gimana kak? Saya bingung….

          • 27 September 2022 - (14:30 WIB)
            Permalink

            Bni 8408001279296870
            Atas Nama : ESPAY-TMONEY RINGAN PINJAM
            Itu rekening pengembalian dana saya

          • 5 Oktober 2022 - (19:01 WIB)
            Permalink

            Mau tanya nomor kontak yg dihubungi DC itu yg kontak darurat atau semua kontak di hp ya?

    • 26 September 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Saya disitu tembus 6jt udh 2th ga saya bayar karna memang ilegall bunga sama potongan nya ga ngotakk ?
      malah dari pihak polisi yang waktu itu lgi rame rame nya pinjol disuruh bangkrutkan aplikasi pinjol ilegal dan dapat bantuan hukum bila ada ancaman ??

      13
      • 27 September 2022 - (10:45 WIB)
        Permalink

        Di sebar datanya ke semua kontak kak?
        Slnya sya juga bgtu bru pendaftaran eh udah 3 mutasi uang masuk ke rekening..
        Aneh aja limit cmn 2jt, tpi di cairkan 3,2 dan di suru lunasi 5,4, gila akan ampe nangis sya wktu itu?

        Mohon sarannya kak

        • 27 September 2022 - (12:06 WIB)
          Permalink

          Gausah takutt pinjol ilegal cma berani lewat wa aja ga bakal beranj sampe kerumah .
          soal nya klo pinjol ilegal klo dia dateng kerumah sama aja nyerahin diri ke polisi kak jdi gausah takutt

          • 27 September 2022 - (12:57 WIB)
            Permalink

            Iya kak, aku malah nantangin buat ketemuan..
            Tpi dia ancam teror smua kontak aku kak?‍?

        • 29 September 2022 - (09:43 WIB)
          Permalink

          Kuatin Mental kak… Jgn takut ancaman DC pinjol ilegal mereka cm gertak… Trus klau mereka sebar data ancam balik laporin ke polisi krna udah ada UU ITE nya ancaman sebar data…

          • 29 September 2022 - (09:50 WIB)
            Permalink

            Kerjain aja pinjol ilegal download aplikasi pke hp jadul krna imei hp pasti direkam … Masukin nomor kontak hp asal asalan… Trus pinjam sebanyak-banyaknya… Hbis itu copot kartu buang hpnya… Bikin bangkrut pinjol ilegal… DC nya jg boleh nyomot dri jalan… Digaji 2 juta cuma buat maki2 org aja…

    • 28 September 2022 - (13:14 WIB)
      Permalink

      Harus d tutup aplikasi ini, karena saya juga ada pengamalan buruk dengan aplikasi ringan pinjam, dan akhirnya dengan berat hati saya bayar lunas. Saya juga jadi di teror dari nomor lain yang memeras dan mengancam untuk membayarkan sejumlah uang, saya yakin ini oknum dari aplikasi ringan pinjam, karena data foto dan ktp merupakan foto saya di aplikasi ringan pinjam tersebut. Mereka mengancam akan menyebarluaskan data di kontak wa dengan kata kata tidak senonoh kemudian menyebarkan foto di sampingnya d berikan konten2 atau gambar2 porno (sayangnya ini tidak berhasil saya screenshoot krn ketika d buka otomatis tertutup entah mengapa bisa begitu). Mohon para penegak hukum kemudian info@cyber.polri.go.id segera d tindaklanjuti, tolong bantu masyarakat. Tolong di tindaktegas Pak

      • 8 Oktober 2022 - (06:28 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya meskipun bayar lunas tetap ada penagihan ….padahal saya sudah kirim bukti kalau sy di aplikasi tidak ada pinjaman dan sy juga sudah kirim mutasi rekening sy….Tapi mereka malah mengancam akan menagih ke semua kontak saya ….RINGAN PINJAM harus secepatnya ditutup

      • 26 September 2022 - (08:05 WIB)
        Permalink

        Kepada pihak usaha terkait / aplikator ringan pinjam yang sudah menanggapi keluhan saya di email pribadi saya, mohon dibalas di media konsumen sebagai tanggapan resmi dari pihak usaha terkait

        • 26 September 2022 - (13:06 WIB)
          Permalink

          @Abnes
          Pak. Itu balasan si aplikator apakah domain emailnya resmi perusahaan (co.id) atau gmail? Soalnya sy pengen liat tanggapan si aplikator pinjol ilehal ini.

        • 27 September 2022 - (08:51 WIB)
          Permalink

          Assalamualaikum…kejadian ini juga sama yang saya alami.saya sedang dalam perawatan karena kekurangan dana maka saya nekat browsing cari cari aplikasi pinjol yang resmi dan saya mendapatkan aplikasi pinjaman ringan.saya pingn tau bagaimana sistem aplikasi ini ternyata bisa angsuran selama 6-12 bulan dengan angsuran murah…bgt saya upload ktp dan foto selfi langsung di setujui..saat itu saya masih mikir mikir tapi karena saya sangat membutuhkan akhirnya saya terima begitu saya terima muncul hitungan pinjaman baru dan langsung diberitahu dana sudah di transfr..saya pinjam 1.800.000 tapi yang saya terima hanya 1.100.000 langsung di potong bunga dan adm..padahal obat yanb saya harus tebus 1.400.000….setelah 3 hari langsung di tagih..saat itu saya jawab kan jatuh tempo 6 bulan ngapa udah di tagih.malah dia kata katai saya dengan kata kata kasar dan kotor karena saya merasa terganggu langsung saya laporkan ke polres..yg minjami uang bukan aplkkasi pinjaman rinvan tapi rekanannya yaitu pinjaman vanguard….jadi aplikasi ilegal saat ini banyak yang bersembunyi do belakang aplokasi yg legal…tolong OJK tertipkan pknjaman pinjaman seperti ini..

    • 25 September 2022 - (23:25 WIB)
      Permalink

      pokok nya jangan pinjam uang pinjol ilegal disitu ketau an yg ada lambang KSP pinjol ilegal di aplikasinya… itu manusia iblis semua di dalam nya… rakyat SDH susah di tambah susah lagi kita sama sama kepung aj kantor nya kalo ada yg tau…. Tolong pihak yg berwajib bisa bantu rakyat yg telah di intimidasi sama pinjol ilegal untuk menangkapnya

      15
  • 25 September 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    “Yang membuat saya heran, rating mereka 4,5”

    Yang bikin score itu ya masih sindikat penjahatnya. Bukan yg minjam..

      • 25 September 2022 - (22:48 WIB)
        Permalink

        Kejadian nya jg sama seperti saya mas @abnes.. tiba tiba dpt transperan bingung lah, lah ngga ngajuin pinjaman trus ditagih sama aplikasi pinjol ilegal bantu pinjam.. searching diplay store jg ngga ada.. dia udah sebar data jg … Awalnya takut apalagi sebagai perempuan pengalaman pertam ya kejadian ini..
        ya udah aq cuekin ja, biarin ja.. kata temen2 di MK jg, ngga usah dibayar ..

        6
        1
          • 27 September 2022 - (12:52 WIB)
            Permalink

            Udah 2 kontak yg disebar data mba…

          • 23 Oktober 2022 - (15:22 WIB)
            Permalink

            Iya mba ngga aq bayar, kan ngga pinjem.. hahaa?, diteror 2 mingguan lebih setelah itu ganti nomor trus Alhamdulillah aman ?,, uangnya masih ada palingan nti sumbangin ke anak yatim ?

    • 26 September 2022 - (05:13 WIB)
      Permalink

      Itu bot smua yg kasih rating, klo pinjol ini masih exist di Indonesia, hancurlah perekonomian masyarakat, terutama masyarakat kalangan bawah tercekik dengan pinjaman yg tnggi, jangkawaktu pendek, meneror dan smpai memakan korban, haduhh tlong lindungi masyarakat dari penipuan pinjol2 ini ini adalah sindikat yg dengan sengaja menghancurkan perekonomian indonesia

  • 25 September 2022 - (21:09 WIB)
    Permalink

    Baca berita online ada 4 ribu lebih pinjol ilegal ? pemilik modalnya sih kemungkinan besar itu” aja, apknya yang banyak. Yang ga install aja tiba” bisa dapet sms, telp, WA untuk install apk pinjolnya ?

  • 25 September 2022 - (21:12 WIB)
    Permalink

    Rating di play store hoax alias yang kasih rating itu orang”nya mereka (dapat komisi jasa rating play store ?) jadi terlihat bagus

    • 25 September 2022 - (21:57 WIB)
      Permalink

      Ga usah bayar, kan ilegal. Lumayan anda dapat uang gratis. Kalo diancam, ancam balik dengan pasal penipuan, perbuatan tidak menyenangkan dan kekerasan.

      • 25 September 2022 - (22:05 WIB)
        Permalink

        Tapi mereka bener2 sebar dana lho mas, akses kontak, semua disebar luaskan data kita dg kalimat2 kasar, bahkan foto, jadi kl udah sekali login data kita otomatis ketarik. Saya pengalaman banget!

        Orang gila semua isinya!
        Hati2 dengan AKUKAYA, PINJAMAN NOW, EASY GO salah satunya.

      • 25 September 2022 - (22:15 WIB)
        Permalink

        Kalo gak di bayar apa mereka gak berbuat nekat pak? Menghubungi semua kontak kita ,bahkan sampai pelecehan seksual GT..

  • 25 September 2022 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Ilegal tidak perlu dibayar!!! Klo ngancam dsb ajakin ketemuan aja, saya seneng bnget klo bisa ketemu sama mereka orang

    • 26 September 2022 - (02:14 WIB)
      Permalink

      pada tanggal yg sama dgn penulis sy juga jadi korban. hanya melihat lihat. tiba tiba ditransfer. sy cek ke atm benar ada tp gilanya langsung tagihan 1.800.000 dalam tujuh hari smrt yg ditransfer hanya 1.100.000. sy benar benar tersiksa gak tau cara mengembalikan. dana tdk sy pakai. dua hari sblm waktu nya sy diteror diancam.saya menderita sekali gak biasa kasar kasar kasaran. akhirnya sy pinjem teman sy bayar yang 1.800.000 drpd sy sakit sy menangis berdoa smg Tuhan hancur kan org org penjahat ini dn jgn ada byk korban. hati hati dgn aplikasi itu. “Pinjam Gampang”. langsung sy blokir smw nomor itu tp sy copyscreen utk bukti kejahatan mereka. tolong yg berwenang bertindaklah agar mrk yg lain yg lemah tdk jd korban lagi. mrk sgt jahat. ya Allah.

      7
      1
        • 27 September 2022 - (13:38 WIB)
          Permalink

          Sama kaya kejadian saya di aplikasi “KTA Mudah” di dalamnya banyak aplikasi pinjol ilegal yg memberi pinjaman…saya dapat pinjaman 1.600 yg di trf 1.040 dan saya harus membayar sesuai pinjaman 1.600 denganjatuh tempo 7 hari,tapi 3 hari sebelum jatuh tempo udah di teror,di ancam mau sebar data. Hati” jangan download aplikasinya

      • 26 September 2022 - (15:47 WIB)
        Permalink

        @Randiana Riany
        Jangan dikembalikan itu kalau menurut pemerintah yg diwakili oleh Menkopolhukam.

        Anda kembalikan juga percuma, ke perusahaan apa karena badan usahanya fiktif.

        Kondisikan dengan kontak yang ada di phonebook bahwa yang ngaku2 DC nagih itu salah satu sindikat penipu dan telah mencuri data pribadi anda.

        Terus misalnya kekeuh pengen duit dikembalikan sebesar apa yang ditransferkan. Tp bingung kemana? Gampang, titipkan di Pengadilan Negeri, nanti oleh panitera dibuatkan BAP dan surat tanda terima. Jikalau uang tsb dalam waktu 3 (tiga) bulan yang bersangkutan tidak mengambil l, maka uang tersebut diserahkan ke kas negara. Biasanya sih dana yg diserahkan ini dimasukam kedalam salah satu kasus tindak pidana pencucian uang.

        Dalam hal ini anda posisi sebagai korban dan statusnya pasti aman. Yang diuber aparat nanti adalah pinjol ilegalnya.

        Ini hanya sebuah saran…

        • 27 September 2022 - (02:33 WIB)
          Permalink

          Sdr Dhan, terima kasih banyak atas saran anda, sebenarnya kalau saya membaca saran anda sebelumnya bisalah saya coba, tapi sayang nya saya sudah membayar meski dengan hati yang sangat sakit karena uang tidak saya gunakan ditambah lagi uang pegangan saya sehari hari nutupin karena terlanjur panik. memang heran nya saat saya akan membayar di alfa sebelumnya dikatakan tagihan tidak terdaftar, dan waktu akan meminta nomor pembayaran agak sulit, karena saya tidak mau terus terus di sms kasar saya pindah ke alfa lain lagi mencoba lagi akhirnya terbayar. heran nya setelah terbayar muncul lagi tagihan dan inibentuk ancaman dengan nomor code negara afrika selatan ada foto orang nya segala item serem, dan sepertinya bekerja sama dengan warga kita juga karena telpon terus berbunyi dengan nomor +62 saya blokir aja semua, tolong segera ditindak, setiap ada telpon dan wa mereka saya laporkan karena saya memang tidak merasa meminjam dan cukup sekali saya jadi korban, sakit sekali perasaan saya, tolong siapapun yang berwenang segera menghancurkan mrk ini jangan sampai semakin banyak rakyat yang menderitas depresi karena ulah mereka. buat teman teman yang lain harap hati hati ya.. semoga kita semua dilindungi dari orang orang jahat ini yang tidak takut neraka. serem. terima kasih ya bung Dhan. Semoga diberkati. Salam

    • 26 September 2022 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Rezeki nomplok… kalau sebar data tinggal bilang jauhbjauh hari ke saudara atau kesiapa aja yg ada di kontak, maklum juga itu.udah bukan hal yg baru, kalau ada oknum bgtu…. Sisanya duitnya ,ya gas ajalah mau buat apa kek… Karna kesalahn dr mereka sendiri dan ilegal

  • 25 September 2022 - (22:23 WIB)
    Permalink

    Jangan dikembalikan, kan ga minjam, anggap ajah dapat bonus transferan, kalau di hubungi mereka, sampaikan kalau ga minjam.

    Ada buktinya ga kalau minjam? Kalau ga ada bukti, anggap saja dana hibah, atau bonus pendaftaran user.

    6
    1
    • 26 September 2022 - (07:05 WIB)
      Permalink

      kenapa sy coba jebolin pinjol2 ilegal ini blm ada yg bs ya.
      apa nmr kontak dan galeri foto terlalu sedikit?
      ada yg bs tau trik2 ngajuin pinjam di pinjol ilegal ini?

      • 27 September 2022 - (01:54 WIB)
        Permalink

        @abdul.
        Download dl pak dummy contactnya.

        Ada di youtube cari kata kunci “pinjol ilegal jebol” atau “menjebol pinjol ilegal cara mudah”

        Sy jg mau hunting lagi, berhasil kuras 7.1jt udah langsung abis dibagi2in karena itu “uang setan” ?.

        Saya yakin pemainnya yg pinjol ilegal ini grup2 dia jg.

        • 5 Oktober 2022 - (19:14 WIB)
          Permalink

          Yg diteror DC kontak darurat atau semua kontak di hp om? Semisal sebelumnya pake hp samsung trus diunins login di hp oppo yg diambil kontaknya yg dr hp mana om?

        • 17 Oktober 2022 - (12:40 WIB)
          Permalink

          Trs gmn kak kl TDK dibyr bunganya apa TDK bertambah ,dan sampai kpn mereka akan meneror

  • 26 September 2022 - (02:37 WIB)
    Permalink

    Tenor 7 hari nanti di hari ke 5 teror tagihan sudah mulai…. Hari ke 5 kita sudah dipaksa lunasin….. semoga cepet ditindak oleh aparat hukum….

  • 26 September 2022 - (04:21 WIB)
    Permalink

    Gk usah diKembalikan.. Biar ajja suruh sebarkan data.. Ngapain di. Kembalikan.. Tangtang ketemu ajja Dan Percuma juga lapor sama ojk.. Atau aparat Gk akan ditndak lanjuti koq.. Yg jawab haya robot..

  • 26 September 2022 - (08:25 WIB)
    Permalink

    OJK sma Polisi jg bnyk Mafianya,, percuma laporr,, kecuali viral smpe di angkat media TV baru itu memalukan bagi meraka,, dan akan di process…

  • 26 September 2022 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Anehnya, masih banyak pinjol” ilegal yang mengiklankan diri di youtube, google, dsb.
    Tapi pihak ojk ataupun satgas investigasi tidak menindak lanjuti pengoperasian mereka..
    Padahal sudah jelas mereka tidak terdaftar OJK.
    Alhasil masih banyak masyarakat yg terjebak..
    Setelah ada laporan baru mereka bertindak.
    Makanya pinjol ilegal masih merajalela di Indonesia dengan bebasnya..

  • 26 September 2022 - (14:12 WIB)
    Permalink

    Yang punya aplikasi ga akan komen bang, jelas scam itu. Deskripsinya ngaco masa Rupee udh kaya mata uang India, terus kontak servis nya pakai gmail.com

    Yang pasti udh ketipu saran ya gausah dipake duitnya, siapin mental, hp bakal berisik.

      • 27 September 2022 - (18:22 WIB)
        Permalink

        Aneh emang BCA ini, saya pernah kena tipu juga, pihak BCA gak ada action apa apa thd kejahatan ini..

  • 26 September 2022 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Klw gak dibayar rugi dong yg kasih pinjaman.
    Mungkin dibikin seperti itu aja biar mereka kapok gak berani transferan uang klau gak dibayar..krna ada imbauan dari OJK gak usah dibayar klw pinjol ilegal. Tapi gak haram make uangnya

  • 26 September 2022 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Klu ngisi data itu berarti kan udah setuju meminjam…..
    Krn ketika mendaftar kan kita melampirkan nomor rekening tujuan transfer..

    • 26 September 2022 - (15:55 WIB)
      Permalink

      Saya memang sudah daftar, tapi belum minjam, disana tidak ada keterangan tenor, bunga, tidak ada tandatangan, tidak ada kode OTP

      • 26 September 2022 - (16:40 WIB)
        Permalink

        Sya punya adakami, setelah lama daftar baru saya gunakan, dan sekarang sudah selesai. Ringan pinjam klw sya tau dari awal ilegal, ga deh..skr aja saya by email sudah diancam oleh aplikator

    • 26 September 2022 - (16:17 WIB)
      Permalink

      Kalau isi data lengkap itu cuma pertama aja. Kalau mau pinjam ya diklik pinjam, bisa berkali², beda dgn dftar. Di Tokped Shopee emank isi data aja langsung dikirim semua yang kita mau ? Checkout dulu kan.

      • 26 September 2022 - (16:20 WIB)
        Permalink

        Barusan saya sudah di email berulang ulang pihak aplikator, saya siap kembalikan transferan, siapa yg jamin data sya tidak disalahgunakan, siapa yg jamin data tidak disebar, siapa yang jadi penengah

        • 27 September 2022 - (01:21 WIB)
          Permalink

          Harusnya langkah pertama, applikasi nya langsung di uninstall. Atau permission nya di remove semua. Saya juga kejadian seperti anda, saya ngk merasa minjam, baru mau cek simulasi, ditransfer tanpa ada persetujuan dari saya, dan saya chat CS nya mau ngurus pengembalian nya. kebetulan saya pas lagi di luar negeri besoknya, susah ngurusnya. Data2 saya sudah keburu diakses dia, foto diri & ktp. Dan mengancam untuk disebarluaskan. Mau bayar pun, yang hubungin beberapa DC & no rekening berbeda beda. Cara penagihannya yang kasar, membuat saya tidak nyaman dan memblok semua panggilan yang tidak jelas, kelihatan dari applikasi getcontact. Hanya saja yang horrornya, mereka masih ngasih pancingan berupa sms atau chat dari nomor nomor baru yang memberikan link applikasi pinjaman yang isinya disetujui dana cair yang isinya pun jebakan pula applikasi nya. Saya blok pula nomornya. Cara halus melapor kemanapun susah. Pakai cara kasar saja seperti mereka, kita sama sama bangkrutin PINJOL ILLEGAL ini. Kalau uangnya tidak berani dipakai, bisa disumbangkan ke yang membutuhkan biar bisa lebih berguna, daripada kembalikan ke mereka yang nanti diputar lagi buat memeras rakyat rakyat kecil.

          • 27 September 2022 - (02:51 WIB)
            Permalink

            Aaahhhhh… Bener sekali cara berpikir Anda sangat setuju. Mantaaaaap, tidak perlu takuuuuuttt,

      • 26 September 2022 - (16:37 WIB)
        Permalink

        Klu untuk meminjam pertama itu isi data dan masukan nomor rekening berarti setuju meminjam.. Klu pinjaman kedua dan seterusnya beda lagi

          • 27 September 2022 - (02:56 WIB)
            Permalink

            Aiiihh bener itu.
            Si Bejo ora paham tapi ngeyel, yg sdh paham diem bae, tar eyel eyelan, apa si Bejo sdh terbiasa di pinjol???..
            Makanya ngeyel.???

  • 26 September 2022 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Di pinjaman online, mengisi data dan nomor rekening ya berarti setuju untuk meminjam bukan untuk jaga-jaga..
    Pinjaman online berbeda dengan belanja online..

  • 26 September 2022 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Kejadian itu persis yg saya alami tiba2 saya ditransfer uang dengan 2x pengiriman.Rp1.060.000 dan Rp 1.040.000 padahal saya blm konfermasi pinjam.tolal 7 hari saya harus mengembalikan Rp 3.400.000 saya juga sudah emai OJK.saya sudah kembalikan Rp1.600 000 langsung hari itu juga saya mau mengembalikan sisa uangnya saya juga sudah wa costumer servisnya tetapi tidak ditanggapi.malah ancaman dan teror terus berlanjut yg akan memviralkan saya.

    • 27 September 2022 - (04:31 WIB)
      Permalink

      Mba @rani,, saya jg GT mba tlp sama DC yg ganti ganti nomor , udah sebar data jg adik dan tmn saya diteror jg dan Alhamdulillah seblmnya udah bikin stts kalo ada penagihan atas nama saya diabaikan dan diblokir ja. Uangnya jg ngga saya kembalikan… Kuatin mental mba kalo jd viral kitanya… Hehe

  • 27 September 2022 - (02:45 WIB)
    Permalink

    Slow Brooo,,, gak usah panik,
    Ente gak perlu ngembaliin tu duit, cuma ente harus tahan dgn teror. DC tdk akan berani Dateng ke rumah kalo pinjol ilegal, nomer sy di jadikan no darurat tanpa sepengetahuan saya, ternyata yg pinjem gak bener, sy tantangin saya sharelokasi gak berani Dateng, DC pinjol ilegal pada banci, Slow saja.

  • 27 September 2022 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Dengan makin banyaknya aplikasi pinjol mau yg legal atau ilegal, makin banyaknya korban yg saya yakin seperti fenomena gunung es, berarti ada demand yg besar di bisnis ini. Hal ini dimanfaatkan “oknum” bikin aplikasi pinjol ngawur, atau jadi tukang jebolin pinjol (temen gw sendiri nih). Mau gak mau, terima gak terima, pinjol ini dibutuhkan mereka yg g punya kartu kredit, bad records di bank/koperasi, maupun bad records di temen, sodara, lingkup kerja. Mereka udah tahu buruknya pinjol. Tapi namanya “the power of kepepet”. Trus solusinya apa? Gak ada. Selama ada pasar, selalu ada penjual yg bermunculan. Titik. Saya bukan orang pinjol. Saya hanya orang yang berusaha menyelamatkan orang yang saya sayangi agar tidak sampai masuk atau agar selamat dari jeratan pinjol. Saran saya, jangan bikin bad records ke orang yg kasih kamu hutang tanpa bunga. Bayar secepatnya, karena mereka lah penolong kamu yg sebenarnya

  • 27 September 2022 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Sy jg korban pinjem ilegal MONAS alias Modal Nasional…waktu nawarin manis kayak malaikat giliran bayar tp telat sehari weeehhhh…..berubah jadi setan. Data udah disebar sampe yg punya kontak sewot. Sy coba nelpon balik kagak ada yg bisa. Semuanya error. Sy WA nyambung….naah disitu sy balik teror dia..
    Akhirnya ketemu nih sodara sodara cara mudah jebolin setan pinjol.
    1. Siapin 2 buah HP
    2. Masukin 4 nomor yg berbeda
    3. Seting 10 nama di HP utma yg nimor baru kita berikut 4 kontak darurat
    Maksudnya 4 nomor : 1. Nomor hp kita
    2 3n 4 untuk nomor darurat jadi aman klo ga bayar tinggal buang
    4. Segera ajukan sebanyak mungkin. Klo bisa sampe dapet milyaran, he he he
    5. Cair…. silakan berpesta pora…..HORRRREEEE .,

  • 27 September 2022 - (13:31 WIB)
    Permalink

    pinjol lagi pinjol lagi kok heran masih banyak orang yg coba2 cari dana instant ga pernah belajar hampir tiap hari pada komplein masalah pinjol d MK

  • 27 September 2022 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Sy jg pernah gitu..diancam..kalo batalin malah denda 10%. Tp uang nya gk masuk ke rekening..sy disuruh depo dulu 5%dari pinjaman. Gila emang mereka. Dan sy gk mau depo..lalu sy hub ojk, kata ojk..mereka itu hanya menggertak..gk usah takut dgn uang kita yg ada di rek. Pinjol ilegal gk bisa menarik uang kita yg di rekening

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjol Ringan Pinjam?

Ada 111 komentar sampai saat ini..

Jebakan Pinjol “Ringan Pinjam”

oleh Abnes dibaca dalam: 1 menit
111