Jebakan Pinjol “Ringan Pinjam”

Bismillah. Terima kasih kepada Media Konsumen. Perkenankan saya sedikit berbagi tentang kejadian yang saya alami pada malam tanggal 23 September 2022. Sekitar pukul 10 malam, saya download aplikasi pinjol “Pinjam Ringan” yang muncul di iklan, dengan rating 4,5. Saya pikir ini aplikasi bagus dan terdaftar di OJK.

Saya coba daftar dengan mengirimkan KTP dan foto wajah. Memang saat itu saya belum ada rencana meminjam, hanya sekedar mendaftar untuk mencari pinjol yang bisa dijadikan referensi nantinya, mana tahu nanti ada keperluan.

Kemudian, tanpa ada pengajuan, tanpa ada tandatangan, tanpa ada kode OTP, tanpa rincian bunga dan tenor, tiba-tiba mereka kirimkan uang sebanyak 3 kali dengan total Rp3.420.000 dan pengembalian sebesar Rp5.400.000. Tenornya hanya 7 hari, luar biasa!

Saya cari cara menghubungi pihak aplikasi, tapi tidak berhasil. Saya berniat mengembalikan uang yang mereka transfer. Saya juga komentar di aplikasi, tapi tidak direspons. Saya lihat komentar pengguna hampir sama dengan yang saya rasakan. Intinya tidak ada pengajuan, tiba-tiba ditransfer. Jelas ini jebakan dan penipuan, dan banyak lagi komentar pengguna yang merasa dirugikan di kasus lain. Yang membuat saya heran, rating mereka 4,5.

Setelah mencari referensi, aplikasi ini memang tidak terdaftar di OJK (mohon dikoreksi jika salah). Saya sudah juga lapor OJK melalui email, minta ada penyelesaian. Masalah uang mereka, saya siap kembalikan sebanyak yang mereka transfer. Saya juga berharap pelaku usaha bisa memberi tanggapan di sini.

Dari pengalaman saya ini, semoga dapat diambil hikmah untuk kita semua, hati-hati dengan pinjol, apalagi yang tidak terdaftar.

Wasalam.

Abnes Prima
Payakumbuh, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

111 komentar untuk “Jebakan Pinjol “Ringan Pinjam”

  • 27 September 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Sdh jgn coba2 buka aplikasi pinjol
    Yg terdaftar apalagi yg ilegal.. Semua nya., menjebak hati2..
    Baik nya ojk sdh menutup semua pinjol., karena sdh byk kasus.

  • 30 September 2022 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga uang tiba” ditransfer sama aplikasi ringan pinjam tapi gak saya bayar dan diancam sebar data dan berbicara kotor berkali kali DC. Intinya jangan dibayar takutnya kalo dibayar juga gak motong pinjaman diaplikasi dan siapkan mental aja diteror sama DC..

    Kalo aku wa cuma tak buat centang 2 aja centang 2 biru gak saya aktifkan biar seolah” kita gak peduliin DC yg nagih ??

  • 30 September 2022 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Jngn dibayar, ga usah takut sebar ktp dll.. ktp data2 masyarakat juga udah kesebar. Ingat ada UU privasi yg baru. Mau gmna juga kmu bkl menang.

  • 20 Oktober 2022 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Ini yg baru saya hadapi diteror sama pinjam ringan.dari awal saya belum klik setuju pinjam uang ternyata sdh masuk ke rek udah gitu jatuh tempo 7 hari aja uang yg diterima jg ga seberapa.saat itu jg saya wa CS nya mau balikin tp centang 1.ini saya diteror habis2an mau sebar data dan foto .saya bingung mau gimana .apakah benar data dan foto saya bakalan disebar?please kasih tau pengalamannya buat yg sudah pernah ngalamin kayak saya.

    • 22 Oktober 2022 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Kak, aku juga alamin yang sama di pinjaman now tapi. Boleh minta kontaknya ga kak?

      • 21 November 2022 - (22:01 WIB)
        Permalink

        Mau tanya dong apakah ringan pinjam ada DC kerumah,,mau bayar bingung apk y sudah hilang di play store

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjol Ringan Pinjam?

Ada 111 komentar sampai saat ini..

Jebakan Pinjol “Ringan Pinjam”

oleh Abnes dibaca dalam: 1 menit
111