“Maaf, kamu belum bisa transaksi dulu”, Limit Kredivo Hanya Pajangan

Setelah lelah dengan jawaban template admin Kredivo, sepertinya Media Konsumen adalah tempat yang tepat untuk membagikan pengalaman dan keluhan agar yang lain dapat berhati-hati. Dari semua Paylater, hanya satu yang bertahan di HP saya, yaitu Kredivo. Selebihnya saya uninstall semua.

Namun bak air susu dibalas air tuba, baru kali ini saya sangat kecewa dengan satu-satunya Paylater yang masih saya gunakan. Bertahun-tahun saya jaga kredit skor di Kredivo, hanya untuk diberikan zonk pada akhirnya.

Sebelumnya saya ingin memberitahu bahwa saya menggunakan Kredivo untuk membantu modal usaha, bukan berfoya-foya. Jadi tolong jangan dikomentari sinis seolah-olah saya mengeluh karena tidak dikasih pinjaman. Saya bukan sedang mengemis, tapi saya hanya kecewa dengan perlakukan Kredivo terhadap konsumennya.

Saya adalah user premium Kredivo, yang limitnya sudah cukup tinggi. Kredit skor saya A+, tanpa pernah ada keterlambatan sekalipun. Hari ini saya mendapat pesan bahwa saya tidak dapat melakukan transaksi Kredivo dengan alasan keamanan, saat meminta kode OTP dengan tenor cicilan.

Sebagai informasi, saya membayar tagihan tepat waktu, memberikan tenggat waktu 2 hari setelah limit kembali, baru digunakan lagi, dan masih log in di hp yang sama. Saya tidak melakukan gesek tunai, no VPN dll. Jadi secara sistem seharusnya tidak ada kendala, tapi entah kenapa dengan sistem Kredivo yang mengatakan “Alasan keamanan”.

Akhirnya saya hubungi pihak Kredivo, dikatakan transaksi saya berisiko tinggi. Padahal itu pembelian spare part seperti biasanya, tak ada yang aneh. Sebelumnya saya pernah ambil barang harganya jauh lebih mahal, tidak ada tuh pesan berisiko.

Akhirnya saya coba hubungi lagi Kredivo katanya transaksi berisiko tinggi, tunggu 15 menit, atau ganti merchant atau kurangi limit. Saya coba lagi 3 hari kemudian, di berbagai e-commerce dengan penjual berbeda-beda, kategori barang berbeda-beda, semuanya zonk ketika saya pilih yang cicilan.

Namun ketika saya pilih tenor 30 hari yang limitnya cuma untuk user yang foya-foya cuma bisa dipakai beli baju, paling banter hp baru mid range, itu bisa digunakan. Ketika minta kode OTP bisa, sedangkan ketika diganti ke tenor 3/6/12 bulan, langsung muncul pesan ditolak ketika meminta kode OTP.

Jadi saya berpikir kalau akun saya sudah disamakan dengan akun basic yang hanya bisa menggunakan tenor 30 hari, sedangkan saya user premium dan tidak pernah melakukan pelanggaran apa pun di Kredivo. Kalau dibilang kredit skornya kurang, kredit skor saya sudah A+, sebelumnya saya pakai Rp10 juta juga gak ada kendala, kenapa kali ini bermasalah?

Saya ceritain panjang lebar lewat email, jawabannya copy paste template, telepon jawabannya copy paste juga, sosial media sama aja. Akhirnya saya iseng nanya hal yang lain lewat email, eh ternyata jawabannya masih jawaban pertanyaan saya sebelumnya yang cuma template-an. Dari sini saya tau bahwa email saya yang panjang lebar itu sebenarnya dibalas oleh ROBOT. Apakah unicorn tidak punya tenaga CS the real human??

Hingga saat ini limit cicilan saya tidak bisa digunakan, dan sudah putus asa rasanya menghubungi CS karna PERCUMA, yang jawab cuma BOT. Okelah kalau tidak dikasih, cuma rasanya kecewa sekali kalau perlakuan kepada konsumen seperti itu, selama ini saya sudah bayar bunga, dan dari kemarin sudah nyiapin bahan-bahan spare part di whish list, dengan harapan begitu cicilan Kredivo bulan ini lunas, nanti akan dikembalikan semua limitnya, jadi usaha bisa jalan lagi. Namun karena kejadian ini, saya harus menunggu dulu sampai ada modal lagi buat membeli spare part. Maklum usahanya usaha kecil-kecilan, jadi begitu sumber modalnya “mengkhianati” secara sepihak, saya tidak punya modal lagi,

Jadi Kredivo, gak usah ditanggapin buat cari muka kepada pembaca bahwa seolah-olah kalian peduli. Saya sudah tahu kok nanti jawaban kalian, gak pernah ada solusi. Sudah 2 minggu saya coba baik-baik bertanya semua ke layanan CS kalian, email, telepon, sosmed, jawabannya itu melulu. Bahkan saya sudah hapal itu pesannya. Jadi simpan saja itu jawaban kalian.

Saya menulis surat ini agar dibaca oleh pembaca bahwa “Jangan terlalu bergantung pada Paylater, jangan mau diiming-iming kenaikan limit, karena kalau sudah di atas limit tinggi, skor kredit tinggi, tiba-tiba kalian dijatuhkan dan dikhianati sepihak di mana tim cs semuanya berubah jadi BOT”, rasanya akan sakit”.

Pepatah bilang tak ada masalah yang tidak ada solusinya, sayangnya tidak dengan Kredivo. Sekali Anda mengalami hal yang sama dengan saya, jangan buang-buang waktu dan pikiran Anda, karena tidak akan ada solusi dari mereka, kalian lihat semua jawaban Kredivo di Media Konsumen. Percayalah tak ada satu pun keluhan yang diselesaikan, itu hanya alibi agar seolah-olah mereka peduli.

Seumur-umur baru kali ini saya kecewa, karena usaha saya harus terhenti akibat terlalu mengharapkan bahwa “Kredivo akan baik-baik saja”. Ternyata mereka bukan platform yang baik, mereka sama seperti platform lain yang cuma mencari untung, ketika sudah cukup, nanti tinggal diblok sepihak dengan alasan-alasan yang tidak masuk akal dan non solutif.

Jadi kawan-kawan sebaiknya move on jikalau mengalami hal yang sama dengan saya. Sekali lagi saya sampaikan, apa pun cara yang kalian lakukan, jika berurusan dengan Kredivo, tidak ada solusinya. CS mereka hanya dilatih buat maki-maki orang saat telat bayar dan copy paste jawaban template yang sudah disediakan sistemnya, di luar itu mereka tidak bisa menjawab, jadi percuma.

Terima kasih ya Kredivo. Pelajaran berharga bagi saya, di satu sisi senang karena tidak ada tagihan lagi, di sisi lain harus terima kenyataan kalau usahaku harus berhenti dulu sampai ada modal lagi.

Soni Sui Sutrisno Laoly
Kota Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Soni Sui Sutrisno Laoly

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk ““Maaf, kamu belum bisa transaksi dulu”, Limit Kredivo Hanya Pajangan

  • 3 Oktober 2022 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Saran aja, jika benar2 tidak bermasalah dengan Kredivo.

    Permata bank adalah salah satu bank yang dananya disalurkan oleh kredivo,

    Silakan cek slik OJK, apakah banyak laporan slik dari bank permata,

    Jika iya, silakan download permata mobile x, Ajukan kartu kredit atau kta disana. Jika riwayat kredit yang di ceritakan bagus sepertu yang ditulis diatas insyallah disetujui.

    Kalau beruntung disetujui kartu kredit, cicilan bisa 0% sama sekali tanpa admin dan mudah-mudahan lebih bermanfaat untuk berbisnis!

    Ini berdasarkan pengalaman pribadi sih, hasil untuk tiap orang bisa berbeda2 ya!

    7
    3
    • 3 Oktober 2022 - (18:26 WIB)
      Permalink

      Kemarin sudah saya coba, iya benar ada bank permata sebagai bank resmi dan finaccel finance sebagai lembaga pembiayaan lain, kemarin sudah di tlp tim kartu kredit permata tapi setelah ditanya ini itu tidak pernah ada kabar lagi (email,tlp,wa), jadi sepertinya ditolak, mungkin karna masih ada status tagihan aktif di kredivo saat mengajukan kk nya,

      • 10 Agustus 2023 - (12:56 WIB)
        Permalink

        Laalu , berapa akhirnya akun kredivo bapaak bisa di pakai keembali. Sy mengalami hal yg sama soal nya pak🙏. Mohon bantuan infonya

        • 10 Agustus 2023 - (12:59 WIB)
          Permalink

          Lalu berapaa lama akun kredivo bapak bisa di pakaai kembali. Saya mengalami hal sama saat ini.. mohon bantuan info nya pak

    • 3 Oktober 2022 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Yang jadi masalah TS nya bergantung sama PayLater. Dan skrgbga dikasih pinjem malah ngambek.

      3
      14
      • 3 Oktober 2022 - (21:38 WIB)
        Permalink

        Kok sinis sekali?
        Sebaiknya dibaca baik2, disini bukan masalah dikasih atau ngga dikasih, thread ini bukan untuk mengemis, tapi cara perlakuan yg diberikan tanpa angin tanpa hujan tiba2 dibatasi dan tidak diberikan solusi.,,
        Saya membayar bunga bertahun2 untuk setiap pinjaman yg dilakukan, jadi wajar kalau saya kecewa tiba2 dibatasi tanpa ada solusi apapun.,

        Sebaiknya berhenti memberikan komentar2 sinis disetiap thread yang berisi pinjolan, tidak semua thread itu sedang mengemis meminta dikasih pinjaman, tapi banyak yang sifatnya hanya luapan kekecewaan dan membagikan pengalaman.,

        Anda gampang berkata spt itu karna anda tidak sedang diposisi itu.,

        37
        1
        • 4 Oktober 2022 - (11:56 WIB)
          Permalink

          Nasib kita sama akun premium tp transaksi ditolak dgn alasan rahasia n berbahaya padahal hanya beli cat food seharga 25K,semenjak itu tagihan sy bayar telat terus masa bodo dgn skor kredit ojk ?
          Padahal tagihan hanya 80K?

          12
          • 5 Oktober 2022 - (08:10 WIB)
            Permalink

            Ya, sama jg dgn pengalaman saya, skor kredit A+ saja di beginian… Meski saya skor ny tdk sebaik Bpk… Di tolak jg dgn alasan keamanan dan jawaban copy paste template… Saya ambil hikmah ny…. Tidak punya hutang lg.. Di kredivo… Allhamdulilah…

    • 24 November 2022 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Aku cuma mau beli cemilan aja 120 rebu ngga di setujui katanya melanggar ketentuan. Emang aneh banget sih, mending kalau untuk usaha ke bank yang jelas aja sekalian.

  • 3 Oktober 2022 - (23:35 WIB)
    Permalink

    Sama seperti saya waktu itu, saya instal aplikasi ini akhir 2017 dan tahun awal 2019 malah sudah dapat limit 20jt. Dan tidak pakai aplikasi lain karena merasa tidak penting

    singkatnya rilislah samsung s10+. Kemudian karena saya memiliki tagihan tersisa, maka saya lunasin lah tagihan saya, namun setelah saya lunasin dan ingin membeli produk tersebut. Yang padahal tokonya marketplace official store. Malah dianggap transaksi berbahaya. sebelumnya saya beli dr official store berjalan lancar.

    Pada akhirnya saya harus menelan pil pahit gajadi beli hp baru tersebut dari aplikasi ini.
    Dan setelah itu, saya minta untuk hapus data. Mereka menolak & mengatakan jika tidak dibuka selama 12 bulan, maka data akan dihapus otomatis

    Tetapi saya coba login beberapa bulan lalu, yang seharusnya sudah lebih dr 12 bulan. Ternyata data saya masih saja ada di aplikasi tersebut

    Entahlah, aplikasi ini benar benar tidak transparan menurut saya.

    Jika mereka ingin melakukan suspend. Itu memang hak mereka, tapi minimal mereka beri penjelasan atau minimal memberikan tenggat waktu sebelum masa pakai akun kadaluarsa. Dan melakukan hapus data jika memang sudah tidak lagi bisa digunakan

    Jadi orang² bisa menerima kenyataan dan tidak merasa dikecewakan

    9
    1
    • 4 Oktober 2022 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Setuju kak….akulaku punya limit 4 mau buat beli hp harga 2 jt ditolak terus, giliran mau jatuh tempo sdh diwarning

  • 4 Oktober 2022 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Sewaktu mau pengajuan ? dgn tenor panjang, apakah masih ada cicilan berjalan…? Krn setau saya, selagi maseh ada cicilan berjalan. Sisa limit gak bisa digunakan..
    Oh ya pak.. Apakah anda lunya kartu kredit? kalo ada. Lebih enak pake kartu kredit..dari satu Kartu kredit, nantu jg bisa dapat kartu kredit dari bank lain… Lbh gampang kok… Krn saya jg duku sama, memanfaatkan kartu kredit untuk modal usaha

    • 4 Oktober 2022 - (10:14 WIB)
      Permalink

      Tidak ada cicilan, krna limit kredivo itu tidak kembali sebelum semuanya dilunasin, berhubung saya buka usaha sendiri tidak memiliki slip gaji yang mana bank tutup mata untuk mereka yg tidak punya slip gaji, padahal yg tidak punya slip gaji bisa saja pendapatannya lebih tinggi dari mereka yang digaji bulanan,, sudah saya coba cek SLIK semua kolektibilitas saya ditulis 1 (lancar) dan keterlmbatan 0 dari ratusan history SLIK yang ada artinya tidak pernah sekalipun ada keterlambatan., saya selalu ganti slip gaji dengan laporan SLIK saat ajuin KK, tapi sayangnya bank tetap kekeh dengan slip gaji.,, jadi setiap ajuin selalu di tlp minta verifikasi ini itu, dan setelahnya ga ada kabar apapun.,
      Nasib wiraswasta memang begini kalau berurusan dengan bank, di anak tirikan

      3
      1
      • 4 Oktober 2022 - (13:23 WIB)
        Permalink

        Bapak bisa ajukan kur di bank plat merah,cukup ktp dan surat usaha. 25 juta bisa didapat dengan bunga murah.ke BRI aja

        • 5 Oktober 2022 - (07:42 WIB)
          Permalink

          Setuju..lebih baik pakai KUR aja..BRI cepat prosesnya selama SLIK OJK aman. Bahkan bpkb sepeda motor bisa dpat hampir 50juta. Bunga nya sangat kecil sekali

      • 5 Oktober 2022 - (20:19 WIB)
        Permalink

        Saya ga ada slip gaji bisa pinjam di mandiri, udah lunas 2019, tapi emang harus ada kepercayaan dari orang bank yang memberikan kredit, itu pake agunan loh, kalau engga pasti lebih susah lagi untuk percaya

      • 6 Oktober 2022 - (08:01 WIB)
        Permalink

        Terkadang saya juga tidak habis pikir dgn aturan Bank, dimana kalau tidak punya slip gaji kita tdk bisa mengajukan pinjaman, padahal saya yakin, belum tentu penghasilan yg punya slip gaji lebih besar dgn yg tidak punya slip gaji, sekelas karyawan biasa berapa besaran gajinya,.
        Saya salah satu pekerja online kerja santai tapi penghasilan masih di atas 12jtan, skrg setelah ekonomi mulai normal bisa 18jt, 20 JT, mana ada karyawan biasa dpt gaji sampai segitu kalo di kantor, tetep aja tidak di anggep sama bank kalau mau ngajuin utangan, tapi baguslah jadi tidak punya utang

        1
        2
    • 6 Februari 2023 - (14:03 WIB)
      Permalink

      Sepengalaman sih saya juga kaya gitu limit 12 jt tapi untuk ngambil barang dengan tenor 3-12 bulan ga bisa heheh
      Dengan alesan sama seperti foto di atas
      Dan nanya cs melalui Email pun jawaban tempat dari bot babah

  • 4 Oktober 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Coba buka rekening BCA (modal 500rb) dan langsung pengajuan kartu kredit, kalau dulu saya langsung di setujui kartu kreditnya.
    Cicilan 0% cuma ada iuran tahunan itupun masih bisa dapat free kalau mau rajin telpon cs saat tagihan annual feenya keluar.
    Atau bank cimb niaga
    Karena saya pakai kartu kredit cuma dari 2 bank saja.
    Atau coba KUR BRI.
    Masih banyak jalan apalagi dipakai untuk modal usaha yang produktif.
    Semoga segera mendapatkan jalan keluar dan usahanya makin maju.

  • 4 Oktober 2022 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalamin sprti ini,tapi Alhamdulillah saya sangat bersyukur,hidup lbh tenang skrg gk mikirin paylater lagi ?

    • 7 Oktober 2022 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Apa kamu punya tagihan lebih dari satu ??
      apa kamu bayar tagihan kredivo dalam satu waktu??

      kalau iya, auto di blokir sementara. karna bagi kredivo kamu melanggar kode etik pinjam meminjam kredivo, baru lunas mau minjem lg pastilah mereka curiga.
      saran, bayarlah tagihan sesuai tanggal supaya gk kena blokir (Fix no debat apapun alasan nya)

      saya juga pernah gitu di blokir sementara karna bayar beberapa tagihan dalam satu waktu. alhasil nunggu 2 minggu baru bisa di pake.

      • 22 Maret 2023 - (12:57 WIB)
        Permalink

        Saya juga gitu kak..kemaren lunasin tunggakan buat bulan besok..tadi pagi mau ngajuin lagi gak bisa…
        Kira2 nanti bisa d pake lagi gak ya????
        Berapa lama penangguhan nya???

  • 4 Oktober 2022 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Coba pake SPaylater dan Spinjam dari Shopee. Masih lebih bagus dari Kredivo dan Akulaku. Tinggal buat akun aja apa sebagai penjual atau pembeli. Sy yakin dapat 2 fasilitas klw aktif bertransaksi. Akan ditawarkan secara otomatis. Tdk ada ditolak mau beli apapun sampai limit mentok

    Berdasarkan pengalaman sy. Sebaik apapun paylater, pinjol dan lain lainnya. Masih lebih bagus Kartu Kredit. Masih lebih murah biayanya. Kelebihan paylater gak ada iuran tahunan.

    3
    1
  • 5 Oktober 2022 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Teman2 bisa donload aplikasi Skorlife di playstore untuk mengecek kualitas kredit, dan cek slik.

  • 5 Oktober 2022 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalo kasus kaya gtu, pelunasan cicilan lebih awal misalkan msh ada 2 ccicilan tapi kita lsg melunasi, otomatis mau beli barang lagi dengan tenor panjang dan limit tinggi pasti ditolak, mungkin dijeda dulu pak pembelian ya

  • 5 Oktober 2022 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya kredivo itu memang di tujukan untuk pembelian konsumtif.
    Kalau untuk usaha pasti beda bunganya karena tujuan pembeli ingin mencari untung, pasti di batasi oleh kredivo. Kalau saya belum ada masalah sama kredivo ?

  • 6 Oktober 2022 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Sama kak punya saya juga seperti itu.. Sekarang cuma bisa dipakai untuk beli token listrik sama kuota internet aja

  • 9 Oktober 2022 - (11:58 WIB)
    Permalink

    **update**
    Hari ini menu SKOR KREDIT di akunku hilang misterius.,,
    Mau membungkam konsumen biar seolah2 ga punya skor kredit?
    Jadi nanti kalau mau protes, kita tidak punya bukti..,
    ??

    Lucu.. lucu..

    • 16 Oktober 2022 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Iya pak, Skor Kredit di app skrg gabisa lihat ya haha. Btw skrg bapak udah bisa transaksi dg tenor panjang lagi blm?
      Saya juga sama skrg gabisa menggunakan limit untuk tenor 3/6/12 setelah melakukan pelunasan. Saya call CS katanya boleh dicoba lagi bbrp jam kedepan. Tapi ini sudah 3 hari ttp gabisa.

      • 16 Oktober 2022 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Udah saya uninstal, kemarin udah 1 bulan juga gabisa., memang sistemnya yg kacau, tapi pihak kredivo tidak ada inisiatif mereview sistem mereka., nyesal aku bayar bunga bertahun2 ke kredivo ujung2 nya spt ini..
        moga2 aja pada galbay dan bangkrut, biar mereka kena karma telah melupakan user2 mereka yg sudah loyal

        • 10 Juli 2023 - (13:34 WIB)
          Permalink

          makasih yah bang akhirnya ada yang spik up jadi aku pikir akun aku doang yang bermaslah ternyata menyeluruh hihi

  • 1 Juni 2023 - (03:11 WIB)
    Permalink

    Nah ini nih persis banget dengan yang saya alami sekarang,katanya akun premium ? Limit besar dengan cicilan 12bln ?,lah ko ga bisa dipake Dengan alasan yang sama kayak di atas 😏
    Harusnya bilang aja “UDAH BANGKRUT GA BISA NGUTANGIN LAGI” Wess 😂
    Lama lama aplikasi kayak gini merugikan
    Giliran telat ( saya gak telat ya,skor kredit A) Krang kring krang kring,,laporin Slik jelek cepet ,belum yang ngancem ngancem
    6 BLN lagi lunas tagihan ( transaksi tahun kemaren) auto BUANG aja Aplikasi SAMPAH 👎👎👎

  • 10 Juli 2023 - (13:31 WIB)
    Permalink

    ih sama banget padahal aku pakai kredivo dari tahun 2020 yah ga pernah nunggak bahkan saya pernah melunasi sebelum waktunya .rtapi ko kesini sini saldo hanya pajangan yah aku transaksi padahal hanya 50 di tolak karna untuk ke amanan akun katanya gimana si ya lucu aja gitu .kaya kecewa aja udha pakai lama di giniin .niatnya bulan depan seluruh cicilan aku mau lunasin dan berenti pakai .cs nya juga responnya dingin dan hanya tamplet lucu yah hihi

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

“Maaf, kamu belum bisa transaksi dulu”, Limit Kredivo Hany…

oleh Soni dibaca dalam: 3 menit
39