Belum Menerima Pengembalian Deposit Sewa Apartemen dari Jendela360

Melalui aplikasi Jendela360, saya melakukan sewa apartemen Metro Park Residence dengan durasi 6 bulan, terhitung dari 26/02/2022 – 25/08/2022. Hingga pada 30 hari setelah berakhirnya masa kontrak sewa, saya belum mendapatkan pengembalian deposit sebagaimana yang tertuang pada pasal 3, ayat (4) Perjanjian Sewa Menyewa Apartment.

Serta, setelah dilakukan perhitungan oleh pihak Jendela360, terjadi pemotongan deposit yang cukup besar, untuk melakukan hal yang sudah saya lakukan sebelum keluar dari unit yang disewa. Berikut percakapan saya dengan Tenant Relation dari Jendela360 atas nama Retno yang saya rangkum dalam 5 poin sesuai runut waktu:

  1. Pada tanggal 29 July 2022, saya diberi informasi terkait dengan apa yang harus penyewa lakukan sebelum keluar dari unit sewa.
  2. Pada tanggal 24 Agustus 2022, saya diinformasikan terkait dengan jam checkout dan perwakilan Jendela360 yang akan mengambil kunci unit. Saya mencoba untuk meminta waktu agar sebelum meninggalkan unit saya bisa membersihkan unit, termasuk dengan mencuci seluruh AC yang ada. Dan disetujui bahwa jam checkout menjadi pukul 15.00 WIB.
  3. Pada tanggal 25 Agustus 2022, setelah proses pindahan selesai. Saya membersihkan unit dengan menyewa pekerja harian lepas, menyewa jasa dari aplikasi pembersih AC, dan melunasi tagihan IPL periode Juli – Agustus 2022, sesuai dengan percakapan pertama kami. Pihak perwakilan Jendela360 atas nama Resta juga mengambil foto dan kunci dari unit sebagai tanda serah terima sebelum saya benar-benar keluar dari unit.
  4. Pada tanggal 28 September 2022, yang mana sudah melebihi 30 hari dari waktu kontrak selesai. Saya mendapatkan kabar Tenant Relation dari Jendela360 atas nama Retno, bahwa deposit belum dapat ditransfer karena menunggu beberapa proses.
  5. Pada 6 Oktober 2022, istri saya menerima update Tenant Relation dari Jendela360 terkait deposit yang tertunda, berupa detail pemotongan deposit yang dilakukan.

Dua hal yang saya ingin garis bawahi, yaitu;

  1. Jasa Pembersihan Unit (yang mana sudah dilakukan sebelumnya dan jasa ini disewa lebih 30 hari setelah kontrak saya berakhir).
  2. Pembayaran IPL (yang mana sudah dibayarkan sebelumnya periode Juli – Agustus 2022).

Hingga saat saya menuliskan surat ini, saya masih belum menerima pengembalian deposit dari Jendela 360. Saya menunggu itikad baiknya dari manajemen Jendela360 agar bisa menyelesaikan apa yang telah tertuang pada Perjanjian Sewa Menyewa Apartment. Apabila hingga 25 Oktober 2022 saya masih juga belum menerima kabar atau pengembalian deposit saya sepakat mufakat maka saya akan melaporkan peristiwa ini kepada pihak berwajib menurut pasal 11 ayat (3).

Jason Roeroe
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jendela360:
[Total:14    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Belum Menerima Pengembalian Deposit Sewa Apartemen dari Jendela360

  • 12 Oktober 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Dilaporkan saja agen penyewa apartment itu ke pihak berwajib. Mereka sengaja membuat rincian biaya supaya deposit tidak dikembalikan. Bagi yang pingin sewa unit apartment, hati -hati dengan deposit, kebanyakan gak dikembalikan sama agen. Kalau bisa jangan pakai deposit, ribet ketika minta kembali.

 Apa Komentar Anda mengenai Jendela360?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Belum Menerima Pengembalian Deposit Sewa Apartemen dari Jendela360

oleh Jason R dibaca dalam: 1 menit
1