Keluhan Pencairan Dana Home Credit

Kepada Yth. Home Credit Indonesia,

Melalui surat ini saya ingin mengajukan keluhan saya. Pada tanggal 17 Oktober 2022 pukul 1 siang, saya dihubungi oleh nomor telemarketing Home Credit Indonesia (HCI), yang untuk ke sekian kalinya menawarkan dana pembiayaan. Akhirnya saya menyetujui untuk dana pembiayaan sebesar 10 juta rupiah, dengan tenor 15 bulan dan pembayaran cicilan Rp1.079.600 per bulan. Pembiayaan ini saya ajukan dengan tujuan tambahan modal untuk usaha.

Setelah menyetujui secara verbal melalui percakapan telepon, saya diminta untuk segera melengkapi data dan menandatangani kontrak perjanjian. Dengan alasan masih dalam perjalanan. saya menunda 30 menit untuk hal tersebut.

Namun saat itu sales/marketing tersebut mengatakan, bahwa saya harus segera melengkapi dan menandatangani kontrak tersebut, agar dana segera cair. Sales juga menjanjikan jika dana akan cair 1 menit setelah saya menandatangani kontrak tersebut.

Singkat cerita, setelah 30 menit, saya melengkapi dan menandatangani kontrak perjanjian pembiayaan dengan nomor kontrak 4202394739. Kontrak segera aktif tertanggal 17 Oktober 2022, dengan jatuh tempo pembayaran tanggal 17 November 2022. Namun setelah saya mengecek rekening yang menjadi tujuan pencairan dana, saldo tak kunjung berubah.

Secara berkala, setiap jam saya mengecek rekening saya kembali, tapi hasilnya tetap nihil. Akhirnya saya mencoba menghubungi nomor customer care HCI. Namun setelah saya memasukkan nomor kontrak saya, sang operator mesin menjawab bahwa nomor kontrak saya salah. Saya mencoba melalui customer care WhatsApp hasilnya juga tidak bisa menjawab keluhan saya.

Akhirnya saya mencoba mengirim email keluhan ke care@homecredit.co.id. CS menjawab bahwa pihak HCI masih memverifikasi pengajuan saya dan saya diminta menunggu paling lambat 9 hari kerja untuk pencairan dana. Saya mencoba mencari penjelasan mengapa bisa kontrak sudah aktif dan jatuh tempo sudah muncul, tapi data pengajuan saya masih dalam proses verifikasi? CS menjawab dengan hal yang sama bahwa saya diminta menunggu 9 hari kerja. Di sini saya mulai merasa kesal.

Tanggal 19 Oktober 2022, saya mengecek kontrak saya melalui aplikasi. Anehnya jatuh tempo maju 3 hari pada tanggal 14 November 2022, tapi dana masih belum masuk ke rekening saya.

Melalui surat ini saya mengajukan keluhan:

  • Pertama, mengapa hingga saya menulis surat ini dana tak kunjung masuk ke rekening saya, tapi kontrak dan jatuh tempo pembayaran sudah aktif? Padahal saya sudah melengkapi data dan tanda tangan kontrak, bukankah dana seharusnya sudah cair?
  • Kedua, mengapa sulit sekali menghubungi customer care HCI? Terutama melalui telepon dan responsnya lambat sekali, padahal tertulis 24 jam aktif servis.
  • Ketiga, mohon kepada HCI untuk tidak menjanjikan apa pun kepada konsumen, agar tidak menjadi kekecewaan bagi konsumen lama seperti saya.

Demikian, terima kasih.

Atmamulya Triesna Puguh
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Home Credit atas Surat Bapak Atmamulya Triesna Puguh

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Atmamulya di MediaKonsumen.com pada 22 October 2022 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

30 komentar untuk “Keluhan Pencairan Dana Home Credit

  • 22 Oktober 2022 - (08:23 WIB)
    Permalink

    aduh pak, mending dibatalin saja.
    pinjam 10jt bunga 6 juta lebih.
    belum nanti akhir pelunasan ada denda kwitansi 1x angsuran( kebanyakan gagal upload kwitansi di awal2 bulan) banyak penjebakan.

    24
    1
    • 22 Oktober 2022 - (14:21 WIB)
      Permalink

      Ngeri amat bunganya ,kenapa tidak mengajukan pinjaman di bank pinjaman usaha mikro, KUR pinjam 10jt angsuran cuma 875rb selama 12bulan

      • 22 Oktober 2022 - (22:16 WIB)
        Permalink

        Gak segampang itu juga minjam di bank,biarpun kita punya setumpuk jaminan sertifikat(misal). Blum lagi harus punya usaha. Klo dihci kan gak pake yg begituan.

        • 23 Oktober 2022 - (08:38 WIB)
          Permalink

          Gampang Bosss… Buktinya saya udah pinjam 3kali. Paklek saya, tetangga saya, saudara ipar saya, semuanya juga pinjam KUR, dan prosesnya sangat mudah, tapi ya pencairannya nunggu beberapa hari, tapi nggak sampe seminggu. Tukang becak, sales kasur, guru pun bisa pinjam KUR. KAMI sudah membuktikan. Emang sih kalau PINJOL itu seketika langsung cair, tapi bunganya MENCEKIK! apalagi DENDANYA, bisa buat orang BUNUH DIRI!

          4
          1
  • 22 Oktober 2022 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Anda sudah masuk jebakan, seperti ikan masuk karamba. Tinggal keberanian Anda untuk membatalkan dengan alasan dana tidak masuk, tapi jika Anda berharap uang masuk rekening, bersiaplah untuk untuk dipanen (diperas) sampai habis, seperti ikan dalam karamba.

    Di MK ini sudah banyak kasus tentang hci, tapi masih ada yang coba berhubungan dengan hci. Banyak kasus seperti upload kwitansi yang sengaja dibuat gagal supaya kena denda, bunga yang mencekik leher. Pinjol hci lebih buruk dari rentenir keliling, seperti lingkaran setan ?.

    17
    • 22 Oktober 2022 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Udah kapok bree pakek HCI pengalaman pribadi
      Saran aja dipikir ulan aja
      Kalo mau tambah modal mending langsung ke bang ternama aja meski pakek jaminan dan liat Tempat usaha bunga nya aman buat kita para pengusaha kecil kecilan

  • 22 Oktober 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Untuk modal usaha? Pijem 10 juta bayar dan bayar 16,194,000 (salah hitung ga saya?)

    Memang margin keuntungan dari usahanya berapa? 1000% kah?

  • 22 Oktober 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Pelajaran buat yang lain jangan tergiur iming iming segala macam kemudahan, biasanya Awal penawaran akan berakhir kagak menyakitkan. Hindari pinjol berarti anda bijak.

    • 22 Oktober 2022 - (14:22 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah… Klo kesalahan terjadi pada kita pasti akan diteror terus. Mereka ga mau tau/masa bodo dengan penjelasan apapun yg kita berikan…. Kita akan ditekan terus.

  • 22 Oktober 2022 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Mungkin cara Home Credit Indonesia MEMPERSULIT penyelesaian keluhan pelanggan adalah tidak ada CALL CENTER MANUSIA yang menjawab telpon nasabah.
    Yang menjawab hanya mesin IVR dengan petunjuk berbelit-belit sampai habis pulsa dan terputus tanpa ada solusi apa-apa.

    Semua jalur komunikasi (telepon, WhatsApp, email) berbelit-belit tanpa bisa memberi solusi.

    11
    1
  • 22 Oktober 2022 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Yakin modal usaha?? Bunganya aja gak masuk akal?? Untung dari usahanya brpa?? Selamat anda masuk dijebakan home CREDIT

    • 23 Oktober 2022 - (10:12 WIB)
      Permalink

      Nah itu,pinjam ke yg bilang gampang diatas. Ketentuan utk kur tiap daerah mngkn tdk sama,saya jg pernah dpt kur 1x dr bri. Tp itu bkn murni saya yg pinjam(ipar pake nama saya) dgn jaminan bpkb + usaha dia juga. & Itu prosesnya agak lama,bolak balik juga ke kelurahan minta surat izin usaha. Intinya klo kur itu ada “usahanya”.

  • 22 Oktober 2022 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Aduh bang. Udah hitung2an belum di awal? Itu bunga nya super duper tinggi. Gila sih.
    Bahkan pinjol aja bunga nya tidak segede itu loh. Minjam 10juta kok jadi 16juta.
    Saran saya di batalkan saja bang.
    Tidak sehat itu keuangan nya.
    Uang 10 juta itu sampai kemana sih, tapi bayangkan andal 15 bulan harus nyicil.
    Jangan bilang 10 juta ini buat konsumtif. Maka akan semakin menderita 15 bulan ke depan.
    Stop bang daripada stres, percaya aja sama saya. Kalo ga kepepet, jangan hutang ke tempat model gitu.

  • 22 Oktober 2022 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Menurutku bunganya masih wajar kok. Bunganya ditulis 2.99% perbulan tapi kalo aku hitung bunganya perbulan 4%. Masih sedikit bunganya dibandingkan JULO yang bunganya 7% perbulan..

  • 23 Oktober 2022 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Astaga minjem 10jt bayar 1jt79rbx15bln itu berarti hampir 60% bunganya dlm 15bulan.. kok ya nekat nambah modal usaha kayak begitu.. emang bs cuan 60%? Kalopun bisa.. cuma buat bayar home credit itu.. mgkn lebih baik dibatalkan… Kerja rodi doank buat home rentenir indonesis

  • 23 Oktober 2022 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Wah jgn pake hci, lintah darat tu, pake kur bri aja buat modal usaha mah, syaratnya cm foto tmpt usahanya

  • 23 Oktober 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Mending batalin aja pak,bunga disini besar sekali,terlambat ada dc lapangan nya,saya baru telat hari sudah di datengi dc nya belum dibilang macet sudah didatangi, saran mending 10jt ke pinjaman pegadaian pemerintah bunga kecil,atau malah ke BMT aja tanpa bi check

  • 24 Oktober 2022 - (15:34 WIB)
    Permalink

    saya dulu pernah 4 x ambil hp via home kredit setelah lunas. hampir tiap hari tlfon nawarin pinjaman uang. saya angkat sih tlfonya tp setelah dia bilang dari home kredit auto matikan hp. bunganya bikin gila.

  • 29 Oktober 2022 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Nggak apa2 usaha bapak meningkat omzet, pendapatan naik karna ada suntikan modal untuk ekspansi

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Keluhan Pencairan Dana Home Credit

oleh Atmamulya Triesna dibaca dalam: 2 menit
30