Pasang Baru IndiHome Harus Menunggu Pelanggan Lain Berhenti Berlangganan

Saya adalah pelanggan IndiHome yang sudah lumayan lama. Pada waktu itu saya pindah tempat tinggal yang lokasinya di sebuah perumahan yang cukup besar di kota Jombang. Setelah itu saya melakukan registrasi untuk Wi-Fi IndiHome karena pekerjaan saya ada di bidang online.

Sebelumnya saya sudah pernah menggunakan jasa IndiHome dan prosesnya pada saat itu sangat mudah. Namun untuk saat ini memerlukan waktu hampir 2 minggu untuk hanya proses registrasinya saja. Dikarenakan ada sebuah kendala yang berasal dari pihak IndiHome tersebut.

Setelah registrasi yang ke sekian kali, barulah mendapatkan telepon verifikasi dari IndiHome dan diinformasikan bahwa besok akan ada teknisi yang datang ke rumah untuk tes jaringan. Keesokan harinya setelah datang teknisi lalu mulailah melakukan tes jaringan di area perumahan tempat saya tinggal, dan ternyata hasilnya apa? Kata teknisi tersebut di area perumahan ini sudah tidak ada jaringannya. Beliau berkata jika mau menggunakan Wi-Fi IndiHome, harus menunggu seseorang dari perumahan ini yang memutus jaringan internet, jadi kita bisa pakai jaringan tersebut.

Terus terang saya kaget dg pernyataan tersebut, bagaimana bisa kita yang menginginkan jasa internet harus menunggu orang untuk memutus jaringan agar bisa dipakai untuk kita? Kan aneh. Sedangkan hari-hari ini memang internet itu sangat penting bagi setiap orang.

Setelah itu teknisi pun pulang karena memang beliau sudah tidak bisa memberikan solusi lain. Akhirnya saya coba menghubungi IndiHome secara langsung. Namun tetap tidak ada jawaban yang memuaskan, katanya sama harus menunggu orang lain memutus jaringan, baru bisa kita gunakan. Atau menunggu pemasangan tiang baru, yang katanya juga tidak bisa memberikan kepastian kapan akan dilakukan itu.

Yang saya dengar dari orang lain katanya jika pemasangan tiang itu harus menunggu sekitar 10 orang yang menginginkan jasa Wi-Fi baru bisa dilakukan. What?? Jadi bagaimana dg nasib saya sebagai konsumen yang saat ini memang sangat memerlukan internet? Karena pekerjaan saya pun di dunia online, otomatis saya sangat kaget dan bingung dengan kebijakan IndiHome yang seperti ini.

Sedangkan di kota saya memang satu satunya ada hanya IndiHome. Jadi bagaimana? Harus menunggu sampai kapan? Padahal perumahan yang saya tinggali ini termasuk perumahan yang besar, kenapa jaringan terbatas? Jika harus menunggu seperti ini saya sangat berharap jika ada perusahaan internet lain yang bisa masuk ke kota ini.

Terima kasih.

Gamal Alkhameri
Jombang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Gamal Alkhamari

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Pasang Baru IndiHome Harus Menunggu Pelanggan Lain Berhenti Berlangganan

  • 23 Oktober 2022 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Solusimy pindah rumah yg ada tiang telkomny..atau nunggu bertahun2 sampai telkom mau pasang tiang..karna fiber optik Gali tanah proses lama

    1
    2
  • 23 Oktober 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Lhaaa.. itu di Jombang ISP fiber seabrek apa gak ada yg mau masang di perumahan pajenengan?

    Pake indi tuh mahal, lagipula kl gak salah dibates alias ada FUP nya. Gak tau kl akhir 2022 ini dibebasin dr FUP apa masih sama.

  • 23 Oktober 2022 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Tidak usah kaget. Menurut saya sebenarnya Indi ini tidak mau investasi lebih untuk menambah satu pelanggan, jadi mereka membatasi. Beda dengan Jaringan wireless provider, mereka tidak ada biasa investasi besar karena mereka sudah coverage oleh BTS dan tidak ada router atau modem tambahan(kecuali didalam gedung bertingkah ada device repeater).
    Selama tidak ada solusi Dari Jaringan kabel, coba pakai solusi wireless Dari Telkomsel (orbit atau pakai by.u yang unlimited 2Mbps) daripada menunggu satu customer lepas, lagian setahu saya tidak ada Sistem booking reservasi, klo ada yang berhenti,bukan berarti Anda mendapatkan jatah dluan.

  • 23 Oktober 2022 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Kalau jalur fiber memang seperti itu, kalau sudah full di area tersebut.
    Semoga setelah masuk MK bisa segera selesai penyambungan indihome barunya.

  • 23 Oktober 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Kalau masih punya nomor kontak teknisinya, coba hubungi dan negosiasikan soal penggunaan Splitter. Anda bisa beli online Splitter fiber optik 1:2 untuk jaringan seperti Indihome. Diskusikan dulu dengan teknisinya sebelum beli. Jangan lupa kasih ongkos keringat buat teknisi, soalnya ini bukan kebijakan Telkom jadi taruhannya periuk makan anak istri orang.

  • 23 Oktober 2022 - (17:15 WIB)
    Permalink

    alternatif lain saja pak, xl home, smartfren dsb ada wireless nya.. atau isp lain
    secara tdk lgsg rejeki ditolak indihome, krn sdh mahal masih jaman pakai fup

  • 27 Oktober 2022 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Sama seperti yang saya alami..malah sudah dapat no MDIY .( di wil tel jepara ).cuma kenadala sentral bok penuh ( 1 bok 8 orang )pihak indihome tidak mau invesatasi lagi..rumah ku di kudus juga pakai indihome sejak awal promo indihome nawari ( dulu masih nama spedy )..kata marketing nya mesti 4 orang dulu baru indihome mau nambah ..mana di areaku termasuk kampung ..mau sampai kapan…

    Beda kudus servis nya lebih bagus.kensala seperti ku alami di jepara .cuma maksimal 6 bulan di kudus bisa ( lebih pinter envestasi )

    Tapi memang di kudus dalam banyak 2x hal semua lebih mudah .

  • 27 Oktober 2022 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Sangat sulit .soal nya indihome seakan tak mau investasi baru ..cuma kensala.bok sentral.saja tidak bisa …no daftar ku MDIY jadi sia 2x..
    Tlp kontak.center katanya jadi kebijakan wilayah..tlp.wilayah katanya tlp.contak.center .tlp.contak center lagi ..malah salah 1 marketing tlp katanya gara 2x saya dia kena marah dari pusat…akhirnya ku diam.toh tanpa indihome juga bisa hidup..dulu waktu nama masih spedy saja tlp.2x cari pelangan..dah sukses katanya benefit jadi gini..

  • 28 Oktober 2022 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah penuh sulit.. coba beli makanan.. berbuat baik sama tetangga yg sudah pasang.. terus curhat.. nah siapa tau bisa negosiasi buat nebeng nyolok.. paling modal kabel jaringan sama WiFi router.. tagihan bisa di bagi 2.. kalau takut lemot ya tinggal up aja kecepatannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pasang Baru IndiHome Harus Menunggu Pelanggan Lain Berhenti Berlanggan…

oleh Jamalaldein dibaca dalam: 1 menit
10