Produk Deadbolt Lock dari ACE Hardware/KRIS Bermasalah Lebih dari 3 Kali Dalam 1 Tahun

Selamat sore, perkenalkan saya dengan Widy. Saya adalah pelanggan/customer ACE Hardware yang cukup sering berbelanja dan bertransaksi di ACE Hardware. Namun saya mengalami kejadian yang sangat tidak mengenakan, yang belum pernah saya alami sebelumnya selama berbelanja di ACE Hardware manapun itu.

Sebelumnya saya mohon maaf apabila mungkin ada kata-kata yang kurang pas yang pernah saya sampaikan ke pihak ACE Hardware, namun di sini saya benar-benar kecewa atas pelayanannya. Entah saya saja, atau ada yang lain yang jelas ini adalah opini sekaligus pengalaman pribadi.

Kejadian dimulai saat saya pergi ke ACE Hardware sekitar akhir bulan Februari/Maret 2022 dan ingin membeli produk Smartdoor Lock dengan produk Deadbolt Lock (merek KRIS) langsung di gerai ACE Hardware Royal

berikut link produk online di rupa-rupa:

https://www.ruparupa.com/kris-kunci-pintu-digital-deadbolt-hitam.html?itm_source=search&itm_campaign=suggestion-product&itm_term=deadbolt%20-&-10462698

Produk ACE Hardware/KRIS – Deadbolt Lock

1. Saya bertanya jawab dengan sales wanita yang dibantu oleh pria, dan mengatakan bahwa produknya siap dan ready pasang 1 hari setelah pembelian dan saya mengagendakan janjian untuk pemasangan tgl 4 Maret 2022 dengan notes tidak lebih dari pukul 16.00 WIB (saya sudah dijanjikan dihubungi terlebih dahulu).

Hingga saat hari pemasangan pukul 15.45 saya tidak dihubungi dan saya chat instagram ACE Royal (chat saya screenshot) menanyakan perihal kelanjutan saya. Ternyata mereka tidak baca notes yang saya berikan, dan akan mengagendakan ulang untuk melakukan survey jalurnya dulu TANPA DIPASANG LANGSUNG dan akan mengagendakan hari lain untuk dipasang.

Hal ini tidak sesuai dengan omongan sales yang menjanjikan saya bahwa produk bisa langsung dipasang, tanpa saya diberitahu harus ada survei jalur pasang terlebih dahulu, saya merasa dipermainkan dan ditipu.

2. Ternyata setelah terpasang, tidak bisa SMART / koneksi ke WIFI dan harus diambil dulu barangnya ke ACE Royal untuk diperbaiki dan ternyata harus diganti unit baru lalu menunggu kurang lebih 1 mingguan dan permasalahan ini selesai dengan solusi serta kompensasi yang saya terima dan follow up oleh Duty Manager ACE Royal, Pak Iwan dan saya berterima kasih.

3. Fingerprint tiba-tiba rusak/tidak mendeteksi jari yang sudah saya daftarkan dan saya mengajukan komplain terkait fingerprint ke Pak Iwan, dan ditangani dengan sangat lama, sampai handle pintu saya bolong (tidak disolusikan ditutup apapun) dikarenakan ganti spare part harus dikirim. Apakah iya pengiriman dan pembetulan barang sampai kurang lebih 1 bulan lamanya?

4. Saat sudah benar dan dipasang kembali, tampak teknisi berkacamata seperti bingung dengan kunci seperti rapat/tidak lancar saat penguncian, tapi akhirnya bisa. Dan tidak berapa lama waktu kemudian saya komplain lagi karena kunci sudah tidak bisa menutup/membuka dengan benar kepada Pak Iwan.

Dan didatangkan teknisi lain hingga permasalahan beres namun masih dengan ada tanda-tanda sepertinya kunci akan kembali lagi tidak bisa menutup/membuka dengan benar hingga akhirnya saya melakukan renovasi rumah serta perubahan letak pintu

5. Selesai renovasi rumah dan perubahan letak pintu, saya meminta penggantian posisi doorlocknya kepada Pak Iwan dan dikenakan biaya lepas-pasang 150.000 tiap tindakan (jadi 300.000).

Pada hari pemasangan semua tampak oke dan sesuai, hingga saat dicoba ternyata kunci tidak bisa membuka dan menutup dengan benar. Di sini saya langsung dihubungkan dengan sepertinya seorang teknisi bernama Pak Huda. Dan karena hari tersebut saya tidak bisa menunggu, saya agendakan minggu depan dengan harapan masalah terpecahkan (katanya akan dilakukan pengeboran pintu agar lebih longgar atau mungkin perbaikan pada motor penggeraknya, entah saya kurang paham).

Hari follow up pun tiba, dicoba kembali pengeboran pintu tetap tidak bisa dan katanya ternyata memang gear-nya yang rusak sudah aus. Di sini saya menanyakan, apa tidak ada SOP pemasangan kah, kok sepertinya asal coba-coba dengan dalih saya pelanggan pertama dan baru pertama ada kasus seperti ini. Teknisi berkacamata pun sempat terdengar bahwa ada beberapa kasus yang sama terjadi di daerah Pakuwon (dalihnya di sana problemnya selesai dengan mengebor handle pintu agar lebih luas dan sebagai alasan lainnya, saya tidak paham).

Yang saya pertanyakan adalah:

1. Ini produk belum ada 1 tahun berjalan, sudah rusak beberapa kali (walaupun dalam masa garansi 1 tahun). Bisa dibayangkan, produk seperti ini kalau tiap tahunnya rusak, tahun kedua saya akan bayar kurang lebih 200.000-500.000 (kemungkinan kasar, saya tidak tahu pastinya) selama 4-5x, bisa habis sekitar 2.000.000 sendiri tiap tahun berjalan bila produk ini terus-terusan saya komplain?

2. Kenapa produk yang dijual di Surabaya, tidak ada persiapan/perlengkapan garansi/sparepart yang disurabaya hingga saya harus menunggu kurang lebih 1 bulan lamanya (berdasarkan pengalaman saya kemarin?

3. Sejujurnya, apakah produk ini memang sudah layak dijual untuk konsumen luas?

4. Saya juga mengerti mengenai keluhan pelanggan/konsumen, dan tidak lebih dari 3×24 jam. Ini sudah saya berikan waktu 1 minggu untuk agendakan ulang dan malah dicoba-coba tanpa kejelasan, hingga saat ini saya tulis dalih Pak Iwan sedang diskusi solusi untuk saya yang terbaik. Apa iya pak anda merasakan kelelahan, kekecewaan dan perasaan sakit hati saya yang sebetulnya tidak terima dengan produk yang saya beli seharga 2 juta rupiah harus saya ikhlaskan saja?

Saya sudah memberikan gambaran seutuhnya kepada Pak Iwan, dan Solusi yang menurut saya SANGAT FAIR namun pihak ACE terkesan masih tidak mau rugi perihal produknya yang menurut saya tidak layak jual ini dan berusaha semaksimal mungkin agar kerugian ACE dapat ditekan seminimal mungkin (menurut pandangan dan opini saya).

Dan saya sudah katakan kepada Pak Iwan mengenai perasaan ikhlas yang tidak ikhlas saya agar menjadi gambaran betapa kecewanya dan lelah pikiran, waktu, perasaan saya yang tiap bulan didatangi pegawai ACE Hardware hanya untuk masalah yang tak kunjung selesai ini.

Apalagi kalau 2 tahun masih bermasalah? Kira-kira apa saya bikin kunci pagar lagi untuk pegawai ACE ya pak agar masuk sendiri dan langsung perbaiki sendiri saja tiap bulannya?

Terima kasih.

Widya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACE) atas Pengaduan Bapak Widya Prasetyo

Kepada Yth. Bapak Widya Prasetyo Sebelumnya kami ucapkan terima kasih telah menjadi pelanggan setia ACE Hardware. Menanggapi keluhan Bapak Widya...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya dg Widy, penulis keluhan dan yg mengalami hal tersebut. Pihak Head Office Pusat ACE langsung menelpon ke saya disertai dengan kedatangan tim gerai offline terkait (Ace Royal). Baik via telepon dan diperdengarkan kami bertiga melalui handsfree (Ace Royal, HO Ace Pusat dan saya) dirumah saya kemudian dilakukan diskusi dan pengambilan solusi on the spot atas persetujuan saya.

    Summary :
    Kasus yang saya alami masih dalam investigasi lebih lanjut (terlepas komplain saya yang sudah saya setujui dan sudah clear dimana artinya case ini closed oleh pernyataan saya) mengenai produknya, apakah saya adalah salah 1 pelanggan yg sedang tidak beruntung dari banyaknya konsumen yang juga membeli produk tersebut tanpa mengalami kejadian seperti saya, ataukah memang masih belum ada laporan keluhan terkait produk yg sama dengan saya dan akan dievaluasi kembali oleh Tim ACE mengenai produknya.

    Over all, penanganan dan solusi yang ditawarkan tentu berbeda-beda karena perlu dilakukan diskusi beberapa pihak seperti yg saya alami. Kejadian ini mungkin bisa terjadi pada orang lain, namun solusi yang disetujui oleh konsumen dapat berbeda dengan saya sebagai sesama konsumen karena diskusi sebelumnya (Ace royal, saya dan HO Ace pusat) mengerucut kepada beberapa pilihan yang membuat semuanya senang dan tenang

    Terlepas dari beberapa kata saya yang saya sendiri sadari tidak pantas saya ucapkan dan berkenan di hati bapak-bapak pegawai ACE (Seluruhnya), ketahuilah bahwa saya memang bersungguh-sungguh berucap tersebut dari hati yang sudah lelah terdalam hingga saya tidak tahu lagi harus bagaimana (ungkapan arti "pasrah dengan ikhlas yang tidak ikhlas saya dan biarkan urusan ini menjadi urusan personal saya dengan produk tersebut" tanpa menyakiti hati beberapa pihak yang saya tahu seharusnya tidak saya berikan kata-kata tersebut), saya mohon maaf yg sebesar-besarnya khususnya pada Pak Iwan (ACE ROYAL) dan Pak Roy (HO ACE PUSAT)

    Akhirulkalam, pelayanan terbaik selalu diberikan ACE, sebegitu loyalnya ACE terhadap pelanggannya, tidak serta merta meninggalkan saya dengan "berpasrah diri terhadap keadaan" dengan memaksakan apapun yg terbaik untuk pelanggan. Tulisan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan pihak manapun, dan tulisan ini juga menjadi sebuah pernyataan saya bahwa kasus yang saya alami ditutup, CASE CLOSED.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk Pak Iwan dan Tim ACE Royal yang datang kerumah dan Pak Roy dari HO ACE Pusat yang segera menghubungi saya. Terima Kasih

  • Kris memang merk lama, tapi soal kunci smartlock, mereka masih baru dan kurang pengalaman..

  • Saya juga pernah beli kipas angin merek Krisbow di Ace Hardware MB2 Batam, garansinya cuma 1 tahun padahal harganya lebih mahal dari merek2 pasaran lainnya tp merek lain bisa garansi sampai 5 tahun, tapi saya pikir ga apalah biasanya kipas angin jarang rusak. di bulan ke 13 (garansi sudah habis) tiba2 kipas anginnya mati total lalu saya bawa ke toko, tujuan saya memang bukan utk klaim garansi, mereka tentu lebih paham dengan produk mereka dan sparepart pun tentu mereka lebih lengkap, lalu diterima oleh bag. Admin dan dijelaskan kalau garansi sudah habis dan biaya service aja 100rb diluar pergantian sparepart, lalu saya bilang "ternyata barang kalian jelek, mending saya beli baru merek lain daripada benarin ini ratusan ribu" lalu dijawab dia "namanya barang elektronik pak kapanpun bisa rusak"
    Mgkn cuma segitulah kualitas barang elektronik mereka