Tagihan dan Denda GoPay Later yang Tidak Masuk Akal

Pada tanggal 3 April 2024, saya melakukan tansaksi di Tokopedia menggunakan pembayaran GoPay Later. Namun transaksi dibatalkan oleh sistem, karena penjual tidak mengirimkan barang. Detail tangkapan layar pada invoice dan pengiriman  transaksi dibatalkan terlampir:

Tanggal 2 Mei 2024, saya mendapat telepon kalau ada tagihan GoPay Later yang terlambat bayar. Seingat saya, saya punya tagihan jatuh tempo pada 1 Juni 2024. Ternyata setelah pengecekan, rupanya dari transaksi yang dibatalkan tersebut dengan rincian tagihan Rp708/bulan:

Tidak ada peringatan atau pemberitahuan sebelumnya melalui email/WhatsApp maupun SMS. Tiba-tiba ditagih/disuruh bayar tagihan Rp706 + denda keterlambatan Rp50.000. Denda yang gak masuk akal dengan tagihan hanya Rp706.

Kemudian pada tanggal 5 Mei 2024, saya baru mendapatkan pemberitahuan dari SMS suruh bayar tagihan + denda. Kan sudah dibatalkan, ngapain kena tagih dan denda???

Saya sudah konfirmasi ke pihak Gojek Indonesia, tetapi tidak ada kejelasan. Hanya template menyuruh bayar dan mengancam terkena BI checking. Saya harap semuanya berhati-hati dalam menggunakan layanan Gojek dan Tokopedia.

Dicky Wahyu
Magelang, Jawa Tengah


Update via X:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Tagihan dan Denda GoPay Later yang Tidak Masuk Akal

  • 7 Mei 2024 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Mending pakai kartu kredit sih drpd paylater2untuk atur cash flow. Yg penting tertib dan disiplin.

    • 7 Mei 2024 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Itu lg pake promo welcome bonus GoPayLater disc. 50% up to 50.000

      Sy jg sempat transaksi pake promo ini dan pd akhirnya batal krn seller kirim brg ngga sesuai dan sy retur. Bedanya wkt itu lsg sy bayar lunas tagihan ngga pake lama. Refundnya masuk ke dana gopay, bukan ke paylater lg krn saldo di sana sudah balik full limit.

      Biasakan sadar atas penggunaan sendiri, cek rutin biar ngga sampe kena denda.

      • 9 Mei 2024 - (17:00 WIB)
        Permalink

        Gopay later emang parah, akun gua aja kena kebajak orang tanpa sepengetahuan gua dan hasil nya gopay later gua ilang 10jt, dan gua udah laporin ke pihak gopay dan ternyata laporan gua malah ditolak ga ada solusi apapun malah tetap disuruh bayar tanpa ada ivestigasi terlebih dahulu. Tapi yg jelas gua ga akan pernah bayar transaksi tersebut karena emang bukan gua yg melakukan transaksi.

    • 10 Mei 2024 - (15:34 WIB)
      Permalink

      Betul,awal nya denda 200/hari tapi setelah ada pembaharuan denda tdk lg sama,dan lbh parah lg pihak gojek.. tlpppppp trs macam utang 1M aja, pdhl utang cuma 500rb doang, tlp k semua no yg ada di kontak, ribet jg ni gojek lama2, reseh.

  • 7 Mei 2024 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Itu katanya gopay pinjam kok gopay latter yaaa anehh sihh coba skrensoot lagi yang gopay latter

  • 7 Mei 2024 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Saya Saja kena Tipu sama Oknum yang membuat kegiatan an Tops pinjol Lovers, karena lihat status nya bisa membantu agar tidak terlilit pinjol malah membengkak pinjol.

    Awal nya di suruh download Pinjol Easy Cash, terus suruh apa apa SS sama Tops Pinjols Lover nanti akan di back up, kita mah abu abu karena belum tahu maksud nya gimana sie, dapat limit trs suruh cairkan semua tuh dan SS bukti nya.

    Kedua setelah sampai di statiun citayem di jemput tuh sama karyawan nya kyk model kurir dah, karena dia tahu saya sdh download easy cash 15jt.

    ketiga setelah sampai emg sie kegiatan nya ketutup sama aktifitas dia buka Wisata Kuliner Sambal Lovers agar tidak kena sidak, gimana mau kena sidak orang kata bos nya yg back up langsung Ketua Wakapolres Citayem itu bos nya kenunjukan fhoto dan kedekatan dengan WaKapolres, sampai kunjungan Wakapolres di pubikasikan agar terlihat bener bener dekengan nya oknum polisi.

    ke empat ternyata kita gak akan tahu itu yang pd duduk di sambal lovers itu ternyata karyawan & DC Top Pinjols Lover, setelah pesan makanan di datangin sama marketing an mae dan langsung minta HP saya yg dia kutak katik gak tahu apa yg di kutak katik dah, sampai berkata itu mae nya nanti kalau di atas jangan banyak tanya karena bos klo banyak tanya gak akan membantu bahkan di tolak.

    kelima, saya sm ex spg saya di minta ke atas, karena yg bawa saya ke kantor Top Pinjols Lover adalah ex spg saya, dan ternyata sistem sharing sm bos doni top pinjol lovers jika dpt limit di atas 10jt akan di beri 1jt, dan setelah masuk ke ruangan bos terkesan dia bisa membaca saya usaha dll, krn dia pasti sudah tanya tanya sm ex spg saya.

    ke enam, setelah duduk di ruangan bos yg hanya lesehan ber alaskan karpet, dia minta HP saya buat di apain saya gak tahu dah, klo ngomong tinggi banged bahasa nya selalu menyebutkan SAYA BANTU SAYA TOLONG, setelah saya agak curiga saya gak tahu itu HP di apain saja.

    Ke Tujuh, saya di bawa ke ruangan Team Back Up, emg sie serem serem orang nya bener bener berasa kek petugas DC Lapangan, tetapi setelah di info ka mae itu yg di meja adalah mertua nya si doni si bos. saya di arahin sama Team back up nanti akan selama 3 bln akan di WA atau di telp tindakan nya langsung blokir saja gk usah di baca, masuk blokir masuk blokir, terus di bilang saya akan back up tapi kena 1juta ya, biaya itu di lihat dr limit yg cair krn berbeda beda minta fee biaya back up, sambil tunjukin yg ke sini itu banyak dan selalu kita bantu.

    ke delapan saya suruh cek HP saya yg tadi di kutak katik tuh, eh ternyata ada 18jt, yang di mana 15jt sendiri sdh saya cairkan di KRL, tp tetap di bagi hasil dengan alasan nanti kita back up tidak perlu khawatir.

    Ke sembilan, setelah limit ada 18 jt saya suruh TF ke Kurir yg tadi jemput saya di KRL, trs dia ambil itu uang 18jt, dan saya di kasih 11jt, dan bos doni langsung potong 7jt tanpa saya tahu sistem nya adalah 60:40 tanpa persetujuan.

    ke sepuluh, setelah selesai saya di kasih sistem sharing 11jt, saya suruh save kontak bos doni, Marketing Mae, team Back up dan suruh jangan putus komunikasi.

    Ke sebelas, setelah seminggu kemudian saya di teror sama 2 aplikasi yang di mana saya gak tahu apa yg di kutak katik HP saya di sana. setelah saya cek mutasi ada 4 aplikasi yg bos doni cairkan senilai 3jt lbh yg di mana easy cash saya cairkan 15jt di KRL menuju Citayem, dengan alibi jika sudah di Citayem biasa nya limit akan turun drastis karena sudah ketahuan sm beberapa pinjols.

    ke duabelas, saya konsultasi sm bos doni dan Team Back Up, ini hp knp di teror nya sadis sadis kata kata nya, mereka info suruh cuekin saja tapi kok saya mikir ini mah gak ada yg tanggung jawab dr team Top Pinjols Lover, mereka hanya kata kata saja, dan aneh nya ketika saya tanya bos doni ini kmren download apa aja ya, jawaban nya malah di bilang Kepo terus saya di blokir sama bos doni..lah yg ada saya di rugikan lbh dr 7jt belum pinjol pinjol yang teror saya harus saya bayarkan.

    ini enak nya lapor kemana ya, dan kena pasal berapa ya, karena mereka dekengan nya wakapolres Citayem jika ada yg mau Top Pinjols Lovers. berasa bukan di bantu tapi mereka ambil duit dengan cara data kita yg di ambil buat nafkahi keluarga mereka, tanpa memikirkan kita yang mau tidak terbebanin pinjol malah jadi lbh banyak lagi.

    Minta tolong jika ada yang bisa laporkan agar aktifitas ilegal mereka di tutup karena korban nya saya yakin banyak dan akun akun pinjol lain juga pasti banyak yang tidak di bayarkan yg sdh di download sama top pinjols lovers.

    3
    5
    • 8 Mei 2024 - (05:42 WIB)
      Permalink

      buat aja surat di media konsumen ini, dan anda juga punya ingatan bagus dengan rincian kejadian cukup detail.
      gak usah memikirkan lapor kemana dan pasal apa.
      selama anda merasa di rugikan, tulis aja disini.
      karna memang tempat nya.
      siapa tau tulisan anda bisa membuat yang lain sedang bingung seperti anda mulai speak up.

      • 9 Mei 2024 - (16:39 WIB)
        Permalink

        kedepannya Jadi pelajaran untuk berhati-hati pembatalan transaksi online di manapun dengan menggunakan kartu kredit dan Paylater, jgnkan dengan kartu kredit dan Paylater, pengalaman saya menggunakan kartu debit bank menjanjikan
        proses pengembalian dana 1 sampai 3 bulan, padahal pembatalan cuma 5 menit dengan alasan murah di tempat lain atau berubah pikiran. klo dgn kartu debit tidak masalah walaupun lama menunggu proses, tapi klo dgn menggunakan kartu kredit atau Paylater selama masa proses pengembalian dana bunga terus berjalan itu yg jd bermasalah. semoga bermanfaat bagi semuanya untuk peringatan.

    • 8 Mei 2024 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan tanggal anda melakukan pembelian terlalu berdekatan dengan tanggal keluar nya tagihan. Jadi meskipun pembelian anda sudah dibatalkan tapi tagihannya sudah terlanjur keluar, sedang dananya belum dikembalikan oleh tokped Hal ini juga pernah saya alami utk pembelian di tokped ataupun toko oren dengan menggunakan kartu kredit.

      Solusinya ya.. Tagihannya tetep dibayar utk menghindari bunga. Dan ketika dananya balik. Secara otomatis akan mengurangi tagihan dibulan berikutnya.

    • 8 Mei 2024 - (07:57 WIB)
      Permalink

      @mevi Jangan nyampah di keluhan orang laen.. Anda terlalu naif, hidup itu keras… Ngga mgkn ada yg menawarkan bantuan itu tanpa pamrih. Inget pepatah: ada udang di balik batu, sudah jatuh ditimpa tangga pula. Percuma kamu lapor sana sini dengan modal hanya pegangan nomor kontak/hp mereka. Selama nomor diperjualbelikan bebas dan kapan aja bisa diganti, bahkan KTP sekalipun tidak menjamin domisilinya sesuai, akan sia” saja malah buang waktu yang lebih baik difokuskan utk cari rezeki.

    • 8 Mei 2024 - (20:43 WIB)
      Permalink

      Sama kaya suami ku kak cm dy ngakunya pengacara gt.. Malah bayar. 40jta, dy banyak foto polisi sampe hotman paris
      Cm kalo suami hutang sama bank, akhirnya mnt kekurangan..
      Kl pinjol kayanya wassalam dah

  • 9 Mei 2024 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Itu yg harus dibayar biaya layanan, jadi walau batal & refund, tetep kena biaya layanan karena terhitung udah pakai/cair sebelumnya.

    Kalo denda gede emang sistem Go-Jek aneh, langsung pukul nominal dalam jangka waktu molor sekian hari sampai sekian hari, makin molor makin gede

    • 9 Mei 2024 - (16:57 WIB)
      Permalink

      [Kan sudah dibatalkan, ngapain kena tagih dan denda???]

      Di invoice tsb ada nambah beli pulsa 2000.
      Ini biangnya, si Udin teliti 👍🏼

  • 13 Mei 2024 - (10:50 WIB)
    Permalink

    cuma sedikit gak nyampe 100 ribu, kedepannya jd pelajaran jgn sekali sekali lagi menggunakan yg namanya utang klo gak mau resiko apapun.

 Apa Komentar Anda mengenai GoPay Later?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Tagihan dan Denda GoPay Later yang Tidak Masuk Akal

oleh dicky dibaca dalam: 1 menit
21