Tagihan Kartu Kredit yang Tidak Pernah Saya Aktifkan

Kalau tidak salah, sekitar 1 tahun yang lalu, ada marketing Bank UOB dan CIMB Niaga yang menawarkan kartu kredit. Saya tolak, tapi dia bilang kartu tidak perlu diaktifkan saat kartunya tiba jika tidak mau. Akhirnya saya setuju untuk buat.

Namun ternyata kartu saya telah diaktifkan oleh Bank UOB tanpa persetujuan saya dan saya mulai mendapat tagihan-tagihan. Sampai akhirnya pada bulan November 2021, saya mendapat tagihan via email untuk membership fee. Akhirnya saya telepon CS dan tagihan saya di-nol-kan, lalu dia bilang saya tidak akan mendapat tagihan lagi.

Ternyata pada tanggal 28 November 2022, saya kembali mendapat tagihan untuk membership fee. Ketika saya telepon, karena sudah lewat jam kantor akhirnya CS bilang bahwa saya akan ditelepon oleh bagian penutupan. Beberapa hari kemudian, saya ditelepon oleh bagian penutupan dan dia bilang bahwa tagihan harus nol baru bisa ditutup atau belanja Rp500 ribu sampai batas waktu Januari.

Saya bilang kenapa saya harus bayar kartu yang tidak pernah saya aktifkan? Dia hanya minta maaf, tapi tetap tidak ada solusi. Dia tetap minta saya bayar atau belanja Rp500 ribu, yang mana ini berarti suatu pemaksaan agar saya menggunakan kartu kredit.

Saya sangat kecewa dengan sistem UOB yang memaksakan orang untuk menggunakan kartu kredit.

Margareth Lady Liwe
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank UOB Indonesia terhadap Keluhan Ibu Margareth Lady Liwe

Dengan hormat, Terima kasih atas perhatian mediakonsumen.com kepada PT Bank UOB Indonesia melalui surat pembaca yang disampaikan oleh Ibu Margareth...
Baca Selengkapnya

35 komentar untuk “Tagihan Kartu Kredit yang Tidak Pernah Saya Aktifkan

  • 15 Desember 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Pelajaran penting dari kasus buat teman2 yang lain: JANGAN PERCAYA OMONGAN MARKETING. Semua peraturan yang berlaku bisa dibaca dibooklet yang datang bersamaan dengan kartu kteditnya.

    Utk TS – Coba baca lagi di S&Knya, apakah mesti bayar membership fee walaupun kartu tidak diaktifkan. Kalau tidak ada statement itu, “serang” balik lah.

    15
    1
    • 16 Desember 2022 - (04:01 WIB)
      Permalink

      Card membership fee atau biaya tahunan, akan muncul setiap tahun, walaupun diawal pernah dapat penawaran free membership, tapi tahun berikutnya akan tetap tertagih. Jadi sebaiknya ajukan penghapusan dengan syarat atau dengan tanpa syarat, jikalau memang tidak terlalu digunakan bisa dilakukan penutupan kartu, namun utk penutupan kartu syaratnya harus di nol kan tagihannya, jadi kembali ke poin 1, minta waive dulu fee nya, baru bisa ditutup.

      6
      1
      • 18 Desember 2022 - (17:41 WIB)
        Permalink

        Disini anehnya kenapa kk tidak diaktifkan bisa ada tagihan,biasany selama 6bulan gk diaktifkan kartu kadaluarsa sendiri.kenapa ini malah aktif

        • 18 Desember 2022 - (21:19 WIB)
          Permalink

          Tidak jg karena saya pernah tidak di aktifkan hampir setahun tetap ada tagihan akhirnya saya ke bank nya dan minta d tutup dan d hapus admin kartunya akhirnya saya cm bayar materai aja gak masalah daripada bayar 350

        • 19 Desember 2022 - (11:36 WIB)
          Permalink

          Aktivasi itu harus dari card holder, bank tidak akan mengaktifkan tanpa ada request dari CH tadi. Kembali ke Card membership fee.. bahwa sebagian besar Bank kartu diaktifkan atau tidak, tetap akan muncul card membership fee nya karena itu spt biaya keanggotaan, berbeda dengan akun rekening debit selama 6 tidak ada aktivitas riwayat TRX, bisa non aktif atau close dgn sendirinya. Semoga ini bisa menambah informasi anda. ?

        • 20 Desember 2022 - (07:53 WIB)
          Permalink

          Jangan pernah ISI DATA dlm form kartu kredit Krn klo sdh isi form kartu kredit OTOMATIS kartu kredit akan AKTIF sdri dan JANGAN pernah PERCAYA thd SEMUA MARKETING apa pun…Krn marketing itu PANDAI berSILAT LIDAH

      • 19 Desember 2022 - (02:33 WIB)
        Permalink

        Kan udah d infoin. Ga pernah d aktifkan. Bukan udah aktif tp free tahun pertama … Coba deh di baca lagi

  • 15 Desember 2022 - (19:30 WIB)
    Permalink

    Walaupun tidak diaktifkan dan dipakai tetap saja anda telah dianggap setuju membayar biaya membership atau iuran tahunan terhitung sejak kartu kredit disetujui dan dicetak. Kalau memang tidak mau digunakan lebih baik ditutup permanen saja.

    14
    1
    • 18 Desember 2022 - (00:15 WIB)
      Permalink

      persis kaya saya kasusnya…cuma beda bank aja…bahkan udah sampai di telponin terus sama DC.
      tp alhamdulillah saya telp CS hari itu juga di tutup.tanpa bayar sama sekali…CS pun ramah…

  • 15 Desember 2022 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Aktivasi kartu hanya untuk membuka nomer supaya bisa dipakai bertransaksi.
    Administrasi seperti biaya tahunan, biaya notifikasi, dll bisa saja tetap berjalan dan ditagihkan.

    Kalau memang tidak digunakan, sebaiknya diajukan tutup permanen.
    Kalau terlanjur “nyemplung basah” seperti yang diceritakan, mau gak mau dicoba untuk digunakan… Syarat belanja Rp500ribu seharusnya tidak terlalu berat ya bisa belanja online atau produk digital diakumulasikan. Tentu kembali ke pemegang kartu bersedia atau mampu tidaknya.
    Setelah annual fee di-reversal/CR, tutup saja kartunya kalo benar2 tidak digunakan.

    11
    5
    • 17 Desember 2022 - (08:26 WIB)
      Permalink

      Setuju dengan ini. Saya juga pernah mengalami hal seeupa dg Mega dan Siti. Untungnya sih bisa ditutup tanpa bayar sepeserpun walaupun sudah muncul tagihan annual fee. Tapi kalau memang sudah mentok tidak bisa melakukan penghapusan, menurut saya belanja 500rb tidak begitu besar. Bisa dibelanjakan token listrik atau yg lainnya. Kemudian tutup deh deh itu kartu. Jangan lupa minta nomer berita acara penutupan dan catat.

      4
      2
      • 18 Desember 2022 - (21:21 WIB)
        Permalink

        Saya jg ma mnc tdk d atifkan minta di non aktifkan dan d hapus dendanya bisa cm bayar materai aja kalau gak salah

    • 17 Desember 2022 - (14:01 WIB)
      Permalink

      Saya jg pernah ditelfon ditawari KK BCA, tanpa basa basi saya lagsg bilang Saya orangnya Anti Riba mbak, jadi nggak perlu nawarin KK. Pembicaraan pun selesai dan ditutup mbaknya

  • 16 Desember 2022 - (00:57 WIB)
    Permalink

    Sering dapet telp tawaran KK dr BCA di nomor 021xxx388. Katanya akan dikirimkan KKnya ke alamat rumah, terserah diaktifkan atau tdk. Tp saya tetap menolak utk lebih baik jangan dikirimkan.

    Dan di hp android anda, usahakan aktifkan rekaman otomatis bila anda sudah menolak tetapi masih tetap dikirimkan anda bisa kasih bukti pembicaraan, bukan hnya soal Kk sprt ini, juga tawaraj2 asuransi yg sering datang via telpon.

  • 16 Desember 2022 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Bank ini termasuk susah urusan tutup kartu kredit, jadi kalo ngga ada niatan pake kartunya mending tutup begitu sampe rumah

  • 16 Desember 2022 - (07:37 WIB)
    Permalink

    Ingatlah, jaman sekarang etika dll sudah tidak dihiraukan oleh para sales, marketing, dll. Ingat mereka juga perlu majan dan bergantung pada komisi. Jadi lebih tegas lagi ke mereka lain kali. Klo perlu ketika berbincang, rekam percakapannya.

  • 16 Desember 2022 - (07:43 WIB)
    Permalink

    kesalahan user adalah menerima kartu kredit tersebut seharusnya kalo tidak mau pake kembalikan saja kartu di gunting dan kembalikan ke bank itu akan dianggap tidak memakai , nah kalo diterima tapi tidak diaktifkan otomatis bank akan melakukan tagihan biaya tahunan tahunan , ingat biaya tahunan itu gratis jika nasabah akan melakukan transaksi dengan nominal sesuai kebijakan bank penerbit.

  • 16 Desember 2022 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Inilah yang membuat kartu kredit dibenci
    Kedepan jangan pernah mau ditawarkan kartu kredit UOB lagi.
    Kayaknya UOB dah bangkrut deh? Bener kah

    6
    1
  • 16 Desember 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Tagihan iuran itu pak meskipun anda tidak mengaktifkan tetap kena , saran saya pada saat pengajuan dipikir kembali karena ketika kita pengajuan meskipun sekedar iseng dianggap kita sepakat . kalau tidak berkenan mending dari awal.dikembalikan ke banknya dan minta tutup akun meskipun ada biaya ya gak banyak

    2
    1
    • 16 Desember 2022 - (16:01 WIB)
      Permalink

      saya pernah dapet kartu kredit bni, mau aktipin lupa naruh jadi hingga 2 tahun lewat. lalu ada tilpun dari call center, tentang iuran tahunan. nah gue inget kata sales 2 tahun free. kalau enggak ingin ada biaya iuran tahun ke 3 tinggal pastikan udah nol tagihan maka kartu akan ditutup tagihan iuran diabaikan saja. bener aja gue hanya bilang kalau kartu belum aktif dan minta ditutup aja. malahan sama call center diminta untuk mencatat nomor laporan penutupan kartu sebagai pegangan konsumen

  • 16 Desember 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Yg namanya kartu kredit, kalo ga aktif ga boleh ada tagihan apa2. Kalo ada tagihan berarti kartu itu ada yg aktifin. Jangan mau bayar, kejar terus

    • 16 Desember 2022 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Gw yakin TS baru kali ini dpt kartu kredit. Kalo yg sdh biasa atau pernah punya KK pst tau S&K dr KK. Walaupun ketentuan free annual fee selama brp tahun tp kalo melebihi ketentuan yg disyaratkan mk scr otomatis annual fee akan ditagihkan walaupun KK blm diaktifkan. Jd kesalahan bkn dr pihak bank nya tp kesalahan TS yg tdk membaca S&K saat menerima KK

  • 16 Desember 2022 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Terima kasih media konsumen dan utk semua tanggapan² yg masuk. Pihak Bank sudah menindaklanjuti keluhan saya dan sudah selesai.

    • 18 Desember 2022 - (22:20 WIB)
      Permalink

      Kebetulan sekali kamu disini juga.
      Tolong sampaikan Kepada Desk Collection anda. kalau menagih jangan kepada org yg bukan punya hutang, mengganggu karyawan lain yg bukan punya hutamg sampai memaki.

  • 16 Desember 2022 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Dulu sering d telp seperti itu,
    Paling sering d telpon Telkomsel untuk tawaran pascabayar, dan selalu saya tolak

  • 17 Desember 2022 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami kejadian yg sama di awal tahun 2000 an.. Saya tidak pernah mengajukan kk, akan tetapi tetap dikrim dan jika mau ditutup tidak bisa. Tagihan selalu muncul. Dan saya abaikan. Saya punya teman orang bank, untuk mengecek data saya, Ternyata saya masuk bi checking. Capek habisin wktu, singkat cerita untuk kartu yg lain, yg tidak saya ajukan dan tetap dikirim, maka saya gunakan transaksi dan tidak saya bayar. Maka dc dtg, dan saya hanya bayar pokok nya saja / tanpa denda. Karna saya udah jelaskan di awal, saya tidak mau menggunakan. Dan saya kesusahan untuk menutup kk. Jika mau saya bayar tagihan lunas, maka saya minta bukti pelunasan dan penutupan kk nya. Dan diberikan bukti lunas kk,kartu udah digunting. tapi seiring wktu beberapa bulan kemudian, tagihan keluar lagi annual fee, dan tidak saya bayar maka kena bi checking hingga skrg. Sampe lelah ngurusin, akhirnya saya biarkan saja dan hingga saat ini dc tidak ada yg dtg, cuma saya yg kesusahan jika mau ajukan cicilan Karna masuk bi checking. Dan hingga saat ini saya paling jengkel jika ada tlp dr pihak bank yg menwarkan produk nya. Sudah tidallk percaya. Saya meyakini, jika saya butuh modal, akan kesusahan melakukan pinjaman, dan saya putuskan tidak akan mengambil tawaran bank yg dilabeli bonus / diskon / hadiah atau yg lain karna akan ada sesuatu yg menjebak dibelakang. Alias trauma

  • 17 Desember 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Waduhh, sama dengan kasus saya nih di cc HSBC , awalnya dia bilang dibuatin 3 cc lagi supaya dapet cashback, awalnya saya nggk mau, tapi di telfon terus, akhirnya saya buatin dah tuhh, dan jelas dia bilang, terserah bapak nanti kalo mau di aktifin atau ngk, akhir saya tidak aktifin sampai sekarang, ehhh tau2 bulan ini saya dapet tagihan 3 kartu tersebut, padahal sampai sekarang saya belom aktifin masih di amplopnya.

  • 19 Desember 2022 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Memang kartu UOB ini menjebak kak.
    Biasanya kartu2 lain selama tidak ada aktivasi personal ketika kartu diterima billing dll tidak berjalan.
    Namun kartu YOLO UOB ini memang unik, bisa aktif tanpa konfirmasi pemilik kartu dan otomatis keluar billing.

    Kedepannya sangat dianjurkan untuk menolak penawaran2 KK via marketting random. Mereka rata2 kejar target saja sepertinya.

    Lebih baik membuat KK via referensi staff bank yg sudah dikenal.
    Biasanya cenderung tidak bermasalah.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank UOB?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Tagihan Kartu Kredit yang Tidak Pernah Saya Aktifkan

oleh Margareth dibaca dalam: 1 menit
35