Praktik Culas Mekanik Bengkel Resmi Sepeda Motor Yamaha

Pada tanggal 10 Desember 2022, saya melakukan service di Yamaha Mekar Motor Bogor, dengan unit Yamaha Mio Soul GT 125 nomor polisi F 323* FC*. Awalnya saya hanya ingin mengganti spare part yang rusak. Bukti work order terlampir, bahwa benar saya service di bengkel tersebut. Setelah motor ditangani oleh mekanik Mekar Motor, diinformasikan bahwa stang kemudi ada masalah, sehingga harus dilakukan press pada segitiganya.

Namun dikarenakan bengkel resmi tidak bisa untuk press segitiga, mekanik tersebut menawarkan press di luar bengkel (pakai jasa bengkel pihak luar). Mekanik tersebut menginformasikan untuk biayanya Rp350.000, yang terdiri dari biaya perbaikan Rp300.000, jasa mekanik tersebut Rp50.000 dan dibayarkan langsung ke mekaniknya, tidak melalui bengkel. Karena infonya ini di luar service bengkel.

Awalnya saya coba nego mengenai biaya tersebut, tapi mekanik tersebut menginformasikan bahwa “biayanya memang segitu“. Karena saya awam mengenai perbaikan motor, akhirnya saya turuti dengan biaya tersebut.

Setelah motor selesai di-service, saya mencoba browsing biaya press segitiga untuk tipe motor saya. Ternyata biaya yang dikenakan terlalu besar. Kemudian saya coba cek kembali nota yang diberikan oleh mekanik tersebut dan coba cari tahu kontak dari bengkel press tersebut, dengan maksud menanyakan berapa biaya sebenarnya.

Alangkah terkejutnya saya, ketika mendapat informasi dari bengkel press tersebut, bahwa biayanya di bawah Rp100.000. Sedangkan biaya yang tercantum di nota yang saya terima Rp300.000.

Hal ini jadi pelajaran buat saya untuk tidak terlalu percaya dengan mekanik bengkel resmi, karena praktik culas tidak hanya terjadi di bengkel umum, tapi juga di bengkel resmi. Saya sangat kecewa sekali dengan pelayanan mekanik Yamaha Mekar Motor Bogor, karena praktik culas dari mekaniknya.

Ikraq Nafia
Bogor, Jawa Barat


Update (21 Desember 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Dealer Yamaha Mekar Motor sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

120 komentar untuk “Praktik Culas Mekanik Bengkel Resmi Sepeda Motor Yamaha

  • 20 Desember 2022 - (05:50 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami kejadian yang sama beberapa kali. Modusnya harus ganti kipas radiator seharga 800 rb tapi tidak ada stock di bengkel. Jadi harus ambil dari luar. Setelah selesai swrvice saya cek kembali ternyata tidak ada pergantian kipas dan montir tidak memberikan/menawarkan sparepart yang rusak tersebut.

  • 20 Desember 2022 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Kl saya, mau servis motor, mau servis mobil, kl bisa saya lakukan sendiri, tutorialnya kan byk sekarang di youtube, sy dr dulu udah lama gak percya ama bengkel, kerjanya jelek gak serapi kita kerjakan sendiri, seandainya memang benar2 gak bisa sy lakukan sendiri, maka sy nyari2 bengkel yg terpercaya, tanya sama teman2, kualitasnya bagaimana, lalu sebelum sy ke bengel, sy survei2 dulu infonya di google atau youtube, informasi di zaman sekarang berlimpah ruah

  • 20 Desember 2022 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Bukan menyalahkan konsumen atau membela si mekanik, intinya kta sebagai konsumen sengganya ga terlalu awam di perbengkelan,, memang masalah ambil untung yg di nota terlalu besar, tapi kembali lagi dsthu mekanik menawarkan perbaikan pres dan ada kesepakatan antara kdua pihak yg di setujui,, kalo motor kembali lagi bagus dan enak kan gpp!! Cuma konsumen mengkorek informasi dan tau biaya terlalu besar dan akhirnya kecewa!! Ga semua mekanik culas masalah bengkel resmi ato non beres kalo pndapat sya lbih ke beres yg emang terpercaya masalah di sperpart,, baru kjadian kmarin beli spul nmax old!! Kbtulan beres stok habis harus pesan dan akhirnya beli di non beres, eh tu barang ga bsa di pakai ga presisi dengan bawaan harganya 215 yg asli 225 balikan ga bisa,, kan sama aja jadinya!!
    Rugi juga akhirnya,,

  • 20 Desember 2022 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ganti oli motor aerox di bengkel resmi di arah barat pulau Bangka
    Masak motor baru datang dgn kondisi mesin masih panas lgsg masuk bengkel diambil oli lgsg di proses ganti oli.
    Pas saya komplain kenapa gk di dingin dlu mesinnya, kan bisa dol derat olinya.
    Trus mekanik yg menangani bilang, klu kyk gtu prosesnya lama makan waktu.
    Mereka gk mikirin motor konsumen malah bisa rusak, yg penting kerjaan mereka cpt selesai.
    Mending cari bengkel biasa yg bisa di percaya
    Tanya dengan para tukang ojek, bengkel yg di reccom sama mereka.

    • 21 Desember 2022 - (08:26 WIB)
      Permalink

      kl bagusnya memang motor masih dlm kondisi panas gan oli lebih gampang dikeluarkan beserta kotoran2nya

  • 20 Desember 2022 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Menurut saya..itu hanya oknum yang nakal..tp tidak semua seperti itu..kedepannya lebih hati2 lagi dan tambah pengetahuan ttg biaya service dan kerusakannya?

  • 20 Desember 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Lebih ke kitanya sih, ane pernah ampe ribut sama mekanik gegara ketauan pengen nipu. Jadi klo emang dibilang ada yg rusak dan harus diganti, kita jgn langsung iya bang. Kita searching dulu sparepart yg katanya rusak tuh cirinya kayak gimana, trus kita minta liat sparepart motor kita yg katanya rusak. Klo ternyata bener rusak sesuai informasi yg kita dapetin dari internet, kita jga harus cari tau harga sparepart itu berapaan, tapi inget bang harga diinternet itu harga sparepart doang, blom biaya jasanya. Klo harga masih wajar baru kita ganti..

    • 21 Desember 2022 - (02:43 WIB)
      Permalink

      Bener om saya mantan mekanik daeler H . Saya sendiri kadang dilema karna penyakit ini turunan dari senior2 nya sampai saya ngerasa bersalah sama konsumennya kalau liat rekan mekanik yang gak jujur. Sampai akhir nya saya putuskan untuk berenti dan usaha sendiri Dari pada suatu saat saya terjerumus juga Karna saya tidak punya kekuatan untuk melarang akhir nya saya hanya diam tidak bisa negur . Tidak hanya itu terkadang mekanik juga di tuntut bagaimana sperpat bisa laku. Akhir nya berbagai cara mekanik di lakukan agar sperpat bisa di ganti.

  • 20 Desember 2022 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Hampir sama Ama kejadian saya..waktu komstir saya rusak juga diminta sekitar750rb karena harus press segitiga..padahal tuh motor kaga pernah jatuh..saya kensel dan pasang dibengkel umum aja..soalnya part luar kalo part mesin baru dahvservice di b
    engkel resmi..

  • 20 Desember 2022 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Boleh doong shearing, sy klu service lbh ke saudara atau temen yg di percaya gk hrs yg resmi.
    Klu ganti oli anti ke yg resmi…. why????
    Yakin liat lsng penggantian oli nya. Hanya karyawan yg bs masuk area tsb.
    Krn info dr temen or saudara yg kerja di bengkel bnyk oknum” nakal. Ganti oli mtr or mbl, bisa oli baru dan 2nd ( fifty2).
    Apalagi oli mbl yg 4ltr ( 2baru, 2nd ).
    Sy klu ganti oli smpe skr di “SD” bs lsng liat dng mata kepala sndri. Terhindar dari kecurangan, wlu mahal dikit tp terjamin 100% akan keaslian dan pergantian oli barunya.
    Hanya shearing aja, wlupun msh ada sih pekerja di bengkel resmi yg menjalankan SOP.

    • 21 Desember 2022 - (03:22 WIB)
      Permalink

      Klo cuma ganti oli bisa diliat langsung lagian siapa yg larang coba, beli oli dibengkel pinggir jalan justru rentan dpt oli palsu

  • 20 Desember 2022 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Jika Sudah di biarkan dan tidak di tindak tegas, maka para akan sangat sulit mendapatkan mekanik yang jujur ketika berkerja dalam koridor perusahaan dan praktek seperti ini juga sangat merugikan konsumen dan perusahaan.

  • 21 Desember 2022 - (06:32 WIB)
    Permalink

    Udh kapok pake y*m*h*, klo service kena biaya servicenya diluar budget terus krn rusaknya merembet, udh 3 x punya motor berbeda…selalu klo service ongkosnya gede…kaya dikerjain…entah oknum teknisi atau memang motornya yg rewel

  • 21 Desember 2022 - (07:08 WIB)
    Permalink

    Kmrn adek saya kena segitiga nya + rangka nya sama bengkel ditarif 450rb,saya konsultasi sama kaka yg pernah ngalamin katanya d dkt rmh nya cuma 100rb an.
    Hanya saja untuk bawa motor nya mesti pake jasa angkut kol dolak ksana 350rb ? sama aja.
    Jd ya saya d bengkel resmi mau ga mau.
    Klo untuk oli dan service bulanan di bengkel biasa hanya saja harus ditungguin ,klo ga dtungguin suka culas jg,ntar harus ganti ini itu padahal ga d ganti spare part nya.
    Pernah ganti kanvas udh d bayar tp ga di pasang,pas saya tanya knp itu ga d pasang baru dia bongkar lagi terus pasang wkwkwk ??

  • 21 Desember 2022 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Yamaha mekar motor? saya juga pernah.. aerox saya drat kruk as nya selek, hrs di bubut ulang.. di tawarin lah sama montir nya buat di bubut tapi di luar bengkel resmi nya.. sama ko tmpt bengkel bubut nya juga itu yg ada di gmbr chat wa…. dia minta motor nya di tinggal aja, sore bisa di ambil… estimasi biaya sekitar 300rban.. sma persis..saya tolak.. mending minta kontak dari bengkel bubut nya trs lnsng dtng ke tmpt itu.. emg jarak nya g bgtu jauh… ternyata biaya bubut kruk as di bengkel bubut nya lnsng g sampe 100rban.. malah masih kembali.. dri situ saya merasa sudah terselamatkan dri montir jahat

  • 21 Desember 2022 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Buat para mekanik yg gajinya kecil, gak perlu manipulasi konsumen dengan biaya service, kalau memang butuh duit, bisa maling, begal, jambret, dan ngerampok itu lebih keren, kalo bisa main gede ngapain main receh gblk

    • 21 Desember 2022 - (12:33 WIB)
      Permalink

      saran yg out of the box banget, disuruh jd begal. semoga kamu duluan deh yg jd korban begal

  • 22 Desember 2022 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami kejadian seperti itu tp di bengkel umum (non resmi krn sy udah kapok ke bengkel resmi kadang kerjanya asal asalan).Waktu itu sy mau service berkala ke bengkel langganan tapi saat itu bengkelnya tutup krn sedang pulkam seminggu lebih.Akhirnya sy pindah kebengkel lainnya yg ga jauh dari bengkel langganan tsb.Selesai motor dikerjakan ternyata ongkosnya lbh mahal drpd bengkel langganan tapi tetep sy bayar juga.Sblm sy pulang owner bengkel kasih klo motornya kena stang seher dan saat sy tanyakan biayanya dia jawab sekitar 2 juta-an pakai part asli Sy kaget krn biayanya lumayan mahal juga.Akhirnya sy bilang pikir2 dulu kemudian pulang.Dua minggu kemudian sy berkunjung kebengkel langganan saya buat cek motor saya.Oleh mekanik itu kemudian di periksa dan kesimpulannya ternyata knalpotnya bocor kemudian leher knalpotnya diganti dan sampai skrg motornya aman aman aja.Suara berisik dan ngebul dikit udah ga ada lagi Oh ya motor saya Supra Batman udah 13 tahun setia menemani saya.Soal iritnya masih berani di adu ama Vario/Beat.Inti pengalaman saya diatas lbh baik kita cari bengkel langganan yg terpercaya agar tdk kena getok atau di kadalin.Dan kalau bisa di bengkel langgannan kita minta agar motor kita bisa
    ditangani oleh mekanik pilihan kita

  • 22 Desember 2022 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Saya pernah servis disana. Lampu belakang sering mati nyala mati nyala. 3 kali ke sana pasti disuruh ganti lampu padahal lampunya belum putus. Akhirnya nyari tau sendiri ternyata socketnya yg rusak. Saya beli sendiri dan coba pasang sendiri, langsung beres masalahnya. 10 tahun saya servis motor disana. Di 3 tahun terakhir lebih banyak kecewanya karna banyak analisa yang kurang tepat dan keluhan yang tidak terselesaikan

  • 23 Desember 2022 - (06:05 WIB)
    Permalink

    Pihak prinsipal (Yamaha Indonesia, Honda Indonesia, dll.) harus mau bertindak. Karena bengkel(-bengkel) ini menyandang status “bengkel resmi”… Terlebih kasus seperti ini sudah masuk kategori kriminal… Buat montir2 gembel, kalau mau tajir, ganti profesi aja jadi konglomerat, jangan malah nipu. Kaya ngga bakalan, digebukin orang di jalan malahan nanti…

  • 24 Desember 2022 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Penah sih ngalamin kayak gini juga, akhirnya sekarang klo ada apa-apa yang katanya harus diganti, tapi saya rasa gak perlu, jadi bilang aja:”Nanti aja dulu, belum ada uangnya”.

  • 4 Januari 2023 - (20:02 WIB)
    Permalink

    apakah bisa masuk ranah ylki yang fast respon bertindak untuk ganti rugi ke konsumen jika konsumen terus dirugikan menjadi korban oknum bengkel resmi y h k dll tersebut padahal keluhan motor konsumen sudah diutarakan ke mekanik ini loh penyakitnya bukannya diberikan solusi malah minta check motor aja dulu kata mekanik alhasil penyakit motor sama seperti diutarakan konsumen malah dikenakan biaya check yang setara harga servis ringan plus jasa bengkel Kawak….#savekonsumenkoda 2

 Apa Komentar Anda mengenai Bengkel resmi Yamaha?

Ada 120 komentar sampai saat ini..

Praktik Culas Mekanik Bengkel Resmi Sepeda Motor Yamaha

oleh Ikraq Nafia dibaca dalam: 1 menit
120