Praktik Culas Mekanik Bengkel Resmi Sepeda Motor Yamaha

Pada tanggal 10 Desember 2022, saya melakukan service di Yamaha Mekar Motor Bogor, dengan unit Yamaha Mio Soul GT 125 nomor polisi F 323* FC*. Awalnya saya hanya ingin mengganti spare part yang rusak. Bukti work order terlampir, bahwa benar saya service di bengkel tersebut. Setelah motor ditangani oleh mekanik Mekar Motor, diinformasikan bahwa stang kemudi ada masalah, sehingga harus dilakukan press pada segitiganya.

Namun dikarenakan bengkel resmi tidak bisa untuk press segitiga, mekanik tersebut menawarkan press di luar bengkel (pakai jasa bengkel pihak luar). Mekanik tersebut menginformasikan untuk biayanya Rp350.000, yang terdiri dari biaya perbaikan Rp300.000, jasa mekanik tersebut Rp50.000 dan dibayarkan langsung ke mekaniknya, tidak melalui bengkel. Karena infonya ini di luar service bengkel.

Awalnya saya coba nego mengenai biaya tersebut, tapi mekanik tersebut menginformasikan bahwa “biayanya memang segitu“. Karena saya awam mengenai perbaikan motor, akhirnya saya turuti dengan biaya tersebut.

Setelah motor selesai di-service, saya mencoba browsing biaya press segitiga untuk tipe motor saya. Ternyata biaya yang dikenakan terlalu besar. Kemudian saya coba cek kembali nota yang diberikan oleh mekanik tersebut dan coba cari tahu kontak dari bengkel press tersebut, dengan maksud menanyakan berapa biaya sebenarnya.

Alangkah terkejutnya saya, ketika mendapat informasi dari bengkel press tersebut, bahwa biayanya di bawah Rp100.000. Sedangkan biaya yang tercantum di nota yang saya terima Rp300.000.

Hal ini jadi pelajaran buat saya untuk tidak terlalu percaya dengan mekanik bengkel resmi, karena praktik culas tidak hanya terjadi di bengkel umum, tapi juga di bengkel resmi. Saya sangat kecewa sekali dengan pelayanan mekanik Yamaha Mekar Motor Bogor, karena praktik culas dari mekaniknya.

Ikraq Nafia
Bogor, Jawa Barat


Update (21 Desember 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Dealer Yamaha Mekar Motor sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

120 komentar untuk “Praktik Culas Mekanik Bengkel Resmi Sepeda Motor Yamaha

    • 19 Desember 2022 - (12:00 WIB)
      Permalink

      Sya prnh ngobrol” SMA mekanik bengkel resmi A***S ternyata klo gajih mekanik itu kecil jd klo kpngen Lumayan dikit ya jln satu”nya ngakalin konsumen seperti kasus ini.semoga ini jd pelajaran buat kita semua

      42
      7
      • 19 Desember 2022 - (18:31 WIB)
        Permalink

        Kebanyakan montir di bengkel resmi mengandalkan tips dari konsumen buat menambah penghasilan

        24
        5
        • 20 Desember 2022 - (06:41 WIB)
          Permalink

          Praktek licik seperti itu berlaku di semua bengkel resmi baik Y maupun H, cuma mungkin Baru ini berita nya yg di angkat ke publik . Indonesia ini penuh dgn manusia² rakus dan culas

          62
          2
          • 21 Desember 2022 - (06:34 WIB)
            Permalink

            Udah ga heran sama Yamaha

            1
            3
        • 20 Desember 2022 - (09:35 WIB)
          Permalink

          Mental mental sampah…
          Bro ane ingetin lagi nih…80% motor malah makin rusak di bengkel. Kecuali bengkelnya kenal deket dengan anda, kenapa? Karena jarang banget dr cara kerja mereka yg “pinter” sampai mental mereka yg rusak.
          Dari cara kerja ( contoh misal masukin ass roda miring terus mentok sama arm lalu mereka pikir macet main ketok aja dr sini aja uda banyak efek yg terjadi bisa drat ass roda nya rusak, arm nya gompal, ass roda nya bengkok atau lainnya.) dan jarang dr mereka yg merasa memiliki (hati2 dan teliti) jd kerjainnya ngasal aja yg penting saat itu kelar dapet duit lebih, toh itu jg bukan motor dia jd macet dikit getok, 3 hari atau 1 minggu kemudian ente balik kesitu lg terus ente komplain, mereka ngeles waktu saya kerjain belum begitu dan itu jd kerusakan baru dan ente harus bayar lg kerusakan yg di sebabkan kesalahan dari mereka pasang.itu salah 1 contoh yg lainnya banyak.
          Dari mental sendiri : ada banyak kasus
          Mulai dr spare part yg belum perlu ganti disuruh ganti, komponen anda di copot di ganti sama komponen bekas, sampai penawaran kerjain dr pihak luar seperti press segitiga ini dan lainnya.ujung ujungnya supaya duit yang mereka dapet ke kantong mereka lebih banyaakk..
          Lah gini dulu ane sekolah di STM unggulan dr 50 orang dikelas, yg pinter cuma 4 orang bro. (mulai dr pinter akademis sampai kecekatan atau pemahaman kerja) bayangin kalau seandainya mereka kerja di bengkel semua artinya langka sekali kan bengkel yg kompeten an waras. Saran ane sih untuk filter bengkel2 ente cari bengkel temen, bengkel tetangga atau kalau ente kebengkel liat dan analisa cara kerja sampai kelakuan oknum supaya dompet ente ga jeboll. Ane sendiri dulu sudah beberapa kali kena nakal bengkel sampai akhirnya ane belajar motor (ane stm listrik) dan nabung buat beli alat2 bengkel alhasil ane sangaaattttttt jarang bawa kebengkel bongkar sendiri aja, ga bakal kena prank orang bengkel lg.

          196
          7
          • 20 Desember 2022 - (14:17 WIB)
            Permalink

            KOMENNYA MANTULLL… and BENER BANGETTT…

            18
          • 20 Desember 2022 - (17:24 WIB)
            Permalink

            Betul banget. Pernah bawa motor PCX ke A****, busyettt dah dicek katanya ini ganti, itu ganti, ono ganti, estimasi sampe 800rb. Mentang2 sya perempuan trus diakalin kaya gitu. Jahat emang itu bengkel. Mana montirnya kaga berani lihat mata saya pas ngomong. Dasar bandit tu montir.. Kapok ngga pernah mancik ke bengkel A***** tu lagi. Bandit memang. Si montir kejar setoran kaya sales.

            18
          • 20 Desember 2022 - (18:18 WIB)
            Permalink

            Fakta 100%, kalo perlu pelajarin aja dulu karakter + kebutuhan servis motor sendiri. Kalo repot ya ajak temen yang beneran ngerti motor buat service bareng. Biar ga di bodo²in sama taktik bengkel. Cmiiw ✌?

          • 20 Desember 2022 - (21:56 WIB)
            Permalink

            Pernah ngalamin, maka nya udh ga percaya sma bengkel2 resmi, mending cari bengkel yg kenal…

            6
            2
          • 21 Desember 2022 - (00:38 WIB)
            Permalink

            Bener banget bang,saya juga pernah mengalami hal tersebut,dan akhirnya saya memutuskan untuk jadi orang bengkel juga,biar bisa kasih pelayanan yg gak kaleng kaleng buat para konsumen.

            7
            2
          • 21 Desember 2022 - (03:40 WIB)
            Permalink

            Sebenernya mekaniknya H dan Y itu sm aja kosong semua taunya cuma masang dn ganti doang, penyakit umum CB/CBR klotok² aja nga tau padahal Tensionernya yg aus, eh mlh di suruh ganti stang seher dudukan apa lah telek lah, kacau bengkel² resmi itu asal comot mekanik gk jelas..

            10
          • 21 Desember 2022 - (04:32 WIB)
            Permalink

            Ente tinggal dmn bang? Jadi nantinya klo motor ane rusak bisa mampir ke bengkel ente

      • 20 Desember 2022 - (01:15 WIB)
        Permalink

        Klo aku sih biasanya ga ke bengkel resmi dl klo m servis kebetulan ada temen buka usaha bengkel jd klo servis lgsg disitu aja tapi klo ada sparepart yg hrs diganti sesuai rekomendasi dari temen baru dah ke bengkel resmi itupun yg disuruh ganti aja yg aku ganti klo misalnya disuruh ganti sparepart yg lain aku selalu alesan duitnya ga cukup ??

        15
      • 22 Desember 2022 - (19:49 WIB)
        Permalink

        Semua kembali ke pribadi masing2,
        Besok2 kalo servis lebih di perhatikan lagi,kalo misal mekanik bilang bagian A harus ganti,tanya dulu efek sama kendalanya apa kalo gak di ganti,kemudian keterangan mekanik cocokan dengan keadaan motor(kendala pada motor)punya sendiri pasti tahu,
        Kalo masih ragu,pending saja dulu,cari literatur di google,tanya teman2 yg lebih ngerti,biar tidak terjadi hal2 yg mengecewakan dalam servis motor

    • 19 Desember 2022 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Lebh baik dengan bengkel biasa ttp berkualitas,ngk kalah ama bengkel resmi. Sy punya bengkel langganan yg berkualitas,mekaniknya juga pintar2 cuman hrs sabar krn antrinya panjang.

      20
      1
      • 20 Desember 2022 - (06:49 WIB)
        Permalink

        Gw pernah ngalamin CBR 150 dari Jakarta-ke Bandung, sampai dibandung motor mati dan ga bisa di starter,karena dekat dari lokasi gw ada bengkel resmi sekalian aja gw dorong motor kesitu, setelah diperiksa sama mekanik nya katanya dinamo starter hangus, gw tanya biayanya berapa? Dia jawab enteng cuma 900 rebu, gw kaget dong. Akhirnya gw telpon adek gw yg berlokasi disekitaran tempat gw ngalamin mati motor, pas adek gw datang dan kebetulan kenal dekat dgn kepala mekaniknya, setelah mereka ngobrol akhir nya kepala mekanik nya bilang yg perlu diganti cuma arang/spi nya nya doang dgn harga 80-100 rebu .. ternyata bengkel resmi lebih maling dari bengkel umum

        46
        2
        • 20 Desember 2022 - (22:20 WIB)
          Permalink

          Sama bang.. Gue juga pernah.
          Ngk bisa starter, semua gua gnti, dari kiprok battre dan lain’.. eh lusa nya rusak lagi.
          Ujungnya gua bawa kan ke bengkel teman, padahal cuma Spul nya yg angus

        • 23 Desember 2022 - (07:30 WIB)
          Permalink

          Klo sy udh tau klo d bgkel resmi ad praktek bgtu mkanya dr prtma pnya mtor baru GK prnh k bengkel resmi

      • 20 Desember 2022 - (23:27 WIB)
        Permalink

        Di bengkel resmi memang bnyak oknum nya yang kayak gitu, seperti pengalaman saya, waktu ganti bearing roda depan motor Vario 150,katanya udah Oblak, disuruh ganti, dengan santainya mereka bego begoin kita klo harga part bearing roda depan sepasang 225 ribu tambah jasa pasang 15 ribu, ???, gila ngk tuh oknum mekanik bengkel AH**S nya, bel part bearing sendiri aja cuman 80 ribuan sepasang, asli mencolok bnget caranya ??

    • 20 Desember 2022 - (06:29 WIB)
      Permalink

      Download aja aplikasi My Yamaha, kasih bintang satu di bengkelnya. Besoknya si bengkel langsung kena teguran dari pusat.

      42
      2
      • 22 Desember 2022 - (08:47 WIB)
        Permalink

        Nah bener saya juga selalu pake aplikasinya kok..dan kebetulan bengkel resmi Yamaha area saya cukup open dan ramah teknisinya. Point nya sih kl sdh dpt bengkel terpercaya mau itu resmi atau bukan usahakan tidak gonta ganti bengkel..krn semakin kenal org pun biasanya sungkan buat macam2

        • 22 Desember 2022 - (12:47 WIB)
          Permalink

          Setuju sama ibunya,saya juga punya 1 tempat service bengkel resmi ym,cz dri motir pertama service dsna sampai motor ke 2 jadi kenal semua sama mekanik dan bahkan kepala mekaniknya,jdi kalau ada apa2 pasti dibilangin,dan saya gak pernah dpat hal2 yg aneh2 seperti kata2 org.khusus untuk service ganti oli part seperti filter saya ke bengkel,tpi yg lain2 saya pergi ke bengkel luar,kcuali bongkar mesin,cz memang part2 dibengkel resmi mahal,cz memang ori nya,kalau dibengkel lain bisa pakai no 2 jdi agak ringan.
          Dan kebetulan jga mekanik saya 1 kampung jdi enak2 sja

    • 20 Desember 2022 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya sih sah sah saja biaya press stang di lebihkan hitung” biaya bongkar pasang di beres, mungkin tukang press mau nya stang udah tinggal di press doang nggak mau bongkar” body, yg jd masalah kn ini harganya naik 3x lipat, seharusnya ngambil untung jgn byk” maksimal 30% lah

      7
      1
  • 18 Desember 2022 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Di setiap pohon pasti ada buah yang busuk. Mekanik langsung tahu anda newbie saat ditawari harga segitu reaksi anda biasa-biasa saja. Sebetulnya sudah “bau amis” ketika mekanik menawarkan jasa di luar bengkel.

    Sebagai panduan umum, jika ditawari sesuatu jangan langsung diterima karena itu bagian dari “permainan”. Sparepart kondisi 70% sudah dibilang harus ganti, dst. Misinya satu, untuk menguras isi dompet pelanggan over-PD tapi nggak paham apapun. Ini lumrah “kebijakan” bengkel atau kepandaian mekanik untuk mendapatkan insentif lebih.

    Jika tidak punya teman atau kenalan yang paham mesin otomotif, bisa cari referensi di internet atau pahami lewat video YouTube. Untuk kasus ini, jika anda merasa dirugikan coba hubungi langsung pemilik atau pimpinan bengkel bersangkutan dan ceritakan kronologinya.

    44
    4
  • 18 Desember 2022 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Mekaniknya tidak jujur.
    Transaksi diluar tanpa sepengetahuan bengkel.
    Markup harga gila2an. Dan konsumen pun meradang

    17
    1
    • 18 Desember 2022 - (16:25 WIB)
      Permalink

      Itu namanya cari untung wajar bagi saya anda pres itunya secara tidak langsung ke tukang pres karena melalui perantara, Sekarang saya di Batam bubut mesin 500-600 di bengkel dan ternyata bengkelpun ke orang lain bubutnya yang hanya 150.000 sampai 300.000 tidak sampai itu kalau langsung ke tukang bubut kalau mampir ke bengkel ya 500-600 jadi wajar keluhan anda jadi anda sudah tahu besok pres sendiri kalau bengkok lagi. Alasan kerbatasan alat oleh mekanik itu wajar di over ke yang lain

      17
      96
      • 19 Desember 2022 - (06:59 WIB)
        Permalink

        Bengkel resmi yamaha atau honda…ya begitu dari dulu….dari zaman atu sampe sekarang pinter pinteran aja sama konsumen….jangan sama yg gak paham masalah perbaikan, sama yang paham aja masih diakali…

        14
      • 19 Desember 2022 - (13:54 WIB)
        Permalink

        Kembalikan uang konsumen yang telah kau dzolimi itu wahai Yamaha Bogor!
        Paling tidak masih tampak itikad baik mu atas penipuan ini!
        Semoga Gusti Allah mengampuni keculasan yang telah kau lakukan… aamiin ya Rabb!

        13
        2
        • 22 Desember 2022 - (12:39 WIB)
          Permalink

          Kalau gua pribadi sie gini aja bos2 semua,kalau mau murah semuanya,beli semua alat dan suku cadang ditempat2 suku cadang yg ada,kalau ente2 semua tau kerusakan motor2 ente,truss bongkar pasang sendiri,nahhh gitulah tips yg semua memojokkan pekerjaan bengkel2 resmi.
          Ingat brooo sis ILMU ITU MAHAL,kalau ente2 semua gak tau yaa ente harus percaya sama yg tau.INGAT SX LAGI ILMU ITU MAHAL,yg murah itu nyuruh.
          Contoh lain kalau kxan konsultasi dokter saja,dok saya sakit ini,kepalala cenut2,meriang dan sakit2 semua badan,dokter cuma dengerin keluhan pasien dan dokter coret2 di buku resep,keluar resepnya bayar 100-300rbu,ada yg ngeluh gakkan.
          Padahal kalau ente tau penyakitnya pasti murah,tinggal kerokan minum obt diwarung istirht sembuh.
          Jdi sx lagi ILMU ITU MAHAL.
          Sesuai bidangnya masing2.seperti kerjaan2 kxan ditempt kerja masing2,cobalah berlogika.

          3
          1
          • 23 Desember 2022 - (13:01 WIB)
            Permalink

            Semua orang taulah ilmu itu mahal, mknya kita dari kecil udah menimba ilmu di sekolah, dan saking berharganya ilmu itu banyak orang yang udah lulus pendidikan wajib 12thn (lulus SMA/SMK) masih ambil pendidikan kuliah Sarjana (S-1), ada lagi yang ngambil program master (S-2), bahkan ada yang sampe doktoral (S-3). Itu semua jadi bukti bahwa semua orang paham pendidikan/ ilmu itu MAHAL…tapi bukan berarti KORUPSI ITU HALAL !!!

          • 25 Desember 2022 - (11:28 WIB)
            Permalink

            Ga gitu juga konsepnya, disini si mekanik bekerja di bengkel resmi, dalam arti masyarakat percaya bahwa bengkel tersebut kompeten dalam memperkejakan mekaniknya. Jika praktek oknum kaya gini udah pasti nama bengkel tersebut tercoreng dan pasti mem PHK oknum tsb. Beda hal kalo mekanik tsb buka bengkel atas nama sendiri

            Kalo anda buat contoh Dokter dan dia mark up biaya jasa dokter serta obat, gw yakin di tendang sama pihak rumah sakit, dan kalo buka praktek sendiri di jamin tidak laku

      • 20 Desember 2022 - (00:46 WIB)
        Permalink

        gak gitu pola pikirnya mbang..
        kalo biaya 150rb, di markup jadi 500-600rb..itu koreksi namanya..eh korupsi gila2an..
        biaya jasa itu 20-30%..orang makelar-an property, mobil dll juga gitu..ganti biaya jasa namanya..
        kalo mentalitas lu kayak gitu, sdm negara ini rendah amat, dan jangan pernah teriak pejabat korupsi..lu dibawah aja juga punya mental korupsi..

        33
        4
      • 20 Desember 2022 - (05:22 WIB)
        Permalink

        Berarti kebiasaan maling/ curang anda anggap biasa dan wajar yaa?
        Hebat jangan jangaan anda . ?

        11
      • 20 Desember 2022 - (09:43 WIB)
        Permalink

        Kenapa anda mendukung OKNUM markup harga, apakah anda OKNUMMM???
        Mental SAMPAHHH…kerjanya jelek. duittt mulu otaknyaaa..semoga anda mengalami diperas oknum..

    • 19 Desember 2022 - (02:09 WIB)
      Permalink

      Kalo saya lebih percaya bengkel umum daripada bengkel Resmi. Bengkel resmi buka memperbaiki tp tukang pasang sparepart..
      Dulu motor saya pernah di diagnosa sama Ahass untuk ganti sensor injeksi, tp saya tolak kenyataannya sampai sekarang sudah lebih dari 5 tahun sesor injeksi masih aman

      25
      4
    • 20 Desember 2022 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Untuk motor Injeksi Saya sih gapernah service di Bengkel non resmi , Resikonya gede dan memilih untuk tetap di Bengkel Resmi krna disana ada Alat Diagnostic , bahkan untuk Tune Up sekalipun tetap disana, karena mengantisipasi engine fail atau electric fail , beda kalau mesin karbu, dimana2 aja boleh asal bengkel rapi buat pengerjaan

      Tips dari saya jika service di bengkel resmi
      -Jangan Gonta ganti Bengkel resmi, usahakan hanya di satu tempat saja dengan Mekanik yang sama , dan lebih pastinya yang tua2 senior lebih mengerti daripada yg muda2
      Berlaku di Bengkel Y atau H
      Karena ini pengalaman pribadi saya…
      Semoga Bermanfaaat..

      5
      1
      • 21 Desember 2022 - (00:59 WIB)
        Permalink

        Bengkel non resmi juga sudah ada yg punya alat nya kok bang,,dan harga alat nya itu gak kaleng2 juga?,klo di bengkel resmi mahal.di reset pling standar pabrik,gak bisa minta sesuai keinginan kita,klo mz bro ke semarang monggo saya bisa kasih info,klo saya diagnosa begitu cuma bayar 20 rb/seiklas nya saja.

  • 18 Desember 2022 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Harusny nego minta kembali uang Sama mekanikny..klo buntu baru surat pembaca..kasian pasti d pecat tuk mekanik..pdhl kesalahkan dr konsumen mao transaksi d luar yg resmi

    18
    49
    • 18 Desember 2022 - (11:58 WIB)
      Permalink

      Kasihan sama orang yang nilep duit, apa bedanya dengan koruptor?
      Kalau begitu ada pejabat nilep proyek harus dikasihanin gitu? Karena takut dia dicopot dari posisinya?
      Pantes aja, budaya KKN ga pernah lenyap.
      Saya justru apresiasi penulis dengan artikel ini, dia berani bicara ke publik, supaya jadi evaluasi untuk pemilik bengkel resminya, kalau rekrut orang itu yang utama cari kejujuran.

      66
      2
      • 20 Desember 2022 - (07:04 WIB)
        Permalink

        Saya pernah alami Hal beginian di bengkel motor resmi di daerah kami di Singkawang Kalimantan Barat, ketika itu saya melakukan sejumlah pengantian. Mulai dari stater, aki, shockbeker belakang pambel, dan cvt. Total pembiayaan yang saya keluarkan 1,8 jt. Awalnya saya yakin dan percaya mengingat itu dilakukan oleh bengkel resmi. Setelah dua bulanan, ternyata shockbreaker belakang saya tetap aja keras dan seolah tidak diganti, begitu juga dengan stater tetap juga kembali ke awal, rusak lagi. Jadi, sampai sekarang saya tak percaya dengan bengkel resmi, mengingat saat itu mereka pun membeli suku cadang di agen atau toko toko yang tidak resmi, alasannya ambil di gudang. Jadi sekarang saya lebih baik beli alat di toko sukucadang besar, kemudian pasang alat di bengkel kenalan. Singkat cerita terkait stater, ketika saya ganti di tempat kenalan cuman keluar uang 115 ribu, dengan rincian 95 ribu alat, 20 ribu ongkos pasang

    • 20 Desember 2022 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Wajib di pecat, ini berlaku untuk semua bidang usaha, tanpa kecuali. Saya benci perilaku nya, bukan manusianya

      4
      1
      • 22 Desember 2022 - (19:39 WIB)
        Permalink

        Klo menurut saya sih ts lagi apes ketemu mekanik yang ambil untungnya kebanyakan

        Dan sebenernya ambil untung begini ya gpp banget karena mekaniknya ga maksa juga khan untuk harus press lewat dia?
        Konfirmasi dulu khan sebelumnya klo press di luar bengkel dg biaya 300rb? Dan memang bengkel resmi ga bisa press khan?

        Kalo ternyata di luar itu ongkosnya dibawah 300rb ya memang itu keuntungan mekaniknya, dia ada usaha lho bawakan alat yg mau di press dari bengkel resmi ke bengkel satunya, kudu jalan yang keluar tenaga ato naek motor yg butuh bensin, belum lagi resiko kecelakaan di jalan antara bengkel resmi & bengkel press

        Dan klo misal ketemu kejadian seperti ini lagi ya langsung datangin mekanik ybs, tanya apa harga yg dikasih ga salah / kemahalan karena umumnya biaya sekian ato bisa juga kasih tau ke owner bengkel resminya klo ada oknum mekanik yang ambil untung gila²an (tanpa menyebut nama mekanik) biar bisa jadi masukan ke bengkel tsb

        Sama aja khan misal beli barang di toko A harga 300 & ternyata di toko B cuma 100, lah masa iya kita mau marah ke toko A?

  • 18 Desember 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Ga mau dipecat ya jangan nipu customer loh. Bagus lah mbaknya berani bersuara. Ini praktik yang biasa terjadi di bengkel resmi. Apalagi cewek yang service, dibohongin aja terus. Yang saya tahu sendiri dari sales motornya, sering mengganti spare part yang masih bagus. Misal filter oli, diganti filter bekas yang masih bagus. Filter yang baru dijual lagi, filter konsumen yang dilepas ntr dipasang di korban selanjutnya. Coba deh tanya yang kerja di bengkel resmi, pasti tahu.
    Kalau udah habis free service mending service di bengkel terdekat, kalaupun di bengkel resmi ya ajak yang paham motor.

    19
  • 18 Desember 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Pakai bengkel tidak resmi disamping murah juga spare part lebih murah. Tungguin waktu service kan tidak lama. Bengkel resmi juga banyak pakai anak magang dari sekolah2. Saya puluhan tahun service selalu bengkel per orangan. Juga bagus tidak pernah ada masalah.

    • 18 Desember 2022 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Iya Lbh hemat di bengkel perorangan,dan harga bersahabat, dan biasanya mekanik dibengkel perorangan juga byk jebolan dari bengkel resmi

    • 19 Desember 2022 - (07:10 WIB)
      Permalink

      Tapi dibengkel tidak resmi mesti was was juga gan, pernah saya kena kasus ganti parts di bengkel ga resmi, sebulan kemudian di bawa ke bengkel resmi karna emang jadwal rutin. Kata si bengkel resmi ada 1 part yg palsu, padahal itu baru ganti. Ntah bengkel resmi yg culas atau emang bener² dapet part palsu kurang paham juga

    • 19 Desember 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Tidak ada yang salah menurut saya baik pihak bengkel dan konsumen disini permasalahannya adalah karena ketidak Tahuan konsumen perihal tarif yang dikenakan oleh bengkel terhadap konsumen karena bengkel Yamaha dengan bengkel yang memiliki alat pres adalah tidak ada keterkaitannya alias berbeda bengkel jadi menurut saya ini harus di pahami konsumen…

      1
      9
      • 20 Desember 2022 - (23:24 WIB)
        Permalink

        Hanya untuk urusan ganti oli saja kita bisa dibohongi. Perhatikan mereka tusuk segel aluminium foilnya. Kalau mereka tidak tusuk dua lubang di pinggir, itu tandanya agar masih ada sisa oli yg nantinya bisa ditiriskan. Kalau 1 botol masih tersisa 50 ml, 20 botol udah dapat 1 lt.

  • 18 Desember 2022 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Pernah dapet pengalaman Ng enak jg d bengkel resmi ini (mekar motor Pajajaran). Kira2 2-3 thn lalu, sy Dateng k bengkel dan memang sy memang hanya mau ganti busi (plus pasang). Tapi oleh salah satu staff (Sy krg tau kepala bengkel atau kepala mekanik), saya di sarankan untuk pasang sendiri saja (d rmh mungkin maksudnya). Saya heran, toh Sy beli busi plus pasang kan ada biaya jasa ny (pasang busi). Apa Krn Sy hanya beli busi yg nilai transaksi ny kecil terus mereka tidak mau melayani. Jadi dari kejadian itu saja bisa menyimpulkan KLO bengkel2 resmi itu hanya mau menerima job/order yg harga spare part & biaya jasa ny besar.

    10
  • 18 Desember 2022 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Gokilllll untung banyak, untuk customer nya pinter dikasih nota nanya ke bengkel press nya. dan Bengkel nya juga koperatif tidak menutupi.

    2
    1
  • 18 Desember 2022 - (21:57 WIB)
    Permalink

    datangi bengkel nya, temui kepala bengkel nya lalu tunjuk orang yg sudah mark up harga di sertai bukti WA dari bengkel yg jadi rekanan nya tsb.

  • 18 Desember 2022 - (22:50 WIB)
    Permalink

    semoga di tanggapi oleh pihak terkait. Mekanik yg jujur, pasti akan membuat konsumen nyaman dengan sebisa mungkin menekan biaya servis agar konsumen tidak membayar terlalu tinggi. jadi konsumen akan balik lagi dengan jati yg tenang karena tidak di jahili oleh mekanik yg sengaja menyarankan mengganti part yg seharusnya masih bisa di pake.

  • 19 Desember 2022 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Langsung lapor saja kepememilik bengkel, supaya pemilik tau karyawannya menawarkan jasa diluar, sukur2 dipecat mekaniknya, karena bisa jadi si mekanik melakukan hal yang sama ke konsumen lain yang awam.
    Kalau sudah ga jujur, besok besok berpotensi ga jujur dan bisa lebih parah.
    So kadang gereget buat ngasih pelajaran.

    2
    1
  • 19 Desember 2022 - (07:50 WIB)
    Permalink

    Ya ternyata banyak yg komen sama pengalaman dengan TS tapi cerita tidak menyebar itu ya sudah tandanya kasihan.. Apresiasi dengan TS yg berani bersuara di Media Konsumen. Mau itu nanti si mekanik diapain ya resiko dy atas tindakan dy.

    • 19 Desember 2022 - (23:21 WIB)
      Permalink

      Plajaran buat kdepannya jika trjadi hal sperti itu mending lgsg pres aja sndri kbengkel pres dan jgn di bengkel resmi dari jmn dulu yg nmaya bengkel resmi itu lbh mhl dibanding bengkel biasa tetapi SDM mekanik tetap sama gk berbeda, yg berbeda cuma nama bengkel saja resmi dan biasa.

  • 19 Desember 2022 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Kalo jadi anda,
    Saya samperin lagi bengkelnya.
    Saya labrak, depan orang sekalian lalu lapor ke atasannya.

    Kalo dia pelaku dipecat?
    Namanya nipu Ya sudah resiko kan ?
    Mana ada abis nipu resikonya naik jabatan

    5
    1
  • 19 Desember 2022 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Sdh jadi rahasia umum kalau bengkel resmi emg spti itu. Sy sj sering niatnya cm mau service rutin, ga taunya ada yg hrs di ganti, inilah, itulah. Pdhl pemakaian cm tuk kerja doang. Makanya sy ga mau lg service di bengkel resmi stlh dpt bengkel umum yg di percaya

  • 19 Desember 2022 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Mantap jg tuh mekaniknya…modal 100 untung 250…suruh dibayar duluan lg…mgkn mau kawin lg c mekaniknya??

  • 19 Desember 2022 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah, saya habis kena banjir lalu, sya bw ke Bengkel Resmi yamaha
    Llu, saya blng ke teknisi kalau smpai turun mesin tidak ap” karena speda Nmax saya sempet mati 3 jam kena air bnjir, lalu mreka preteli speda saya tp tidak di mesin nmun di CVT dan gnti oli aja, hbis sekitar 470.rbu, lalu tidak smpai 1 minggu saat jalan, spd saya meledak dan mengenai crankcase hmpir terblah jd 2 dan piston hancur lebur, stelh saya telfon ke yamaha dmn sy srvice, saya minta gnti rugi saya minta spd sperti normal namun pemilik tidak mau tau, smpai saya telfon ke jakarta akhirnya pemilik yamaha mau membantu namun 50:50 karena hbisnya 2jt lebih, awal mula saya tidak mau, akhirnya perdebatan selesai di ambilah jalan kluar 50:50 tp saya tidak mau ongkos pemasangan dn pengiriaman mesin ke JKT, pemilik yamaha deal, eh setelah banyak permaslahan terjdi, singkat cerita, setelah pemasangan mesin (menunggu 5 bulan gk dtng2) eh si boss yamaha minta ongkos turun mesin, saya tidak mau perjanjian di awal tidak seperti itu dn akhirnya ramai lagi, YAMAHA DEALER MEMANG STRUKTURALNYA JELEK DR DLU YG DI INDONESIA

  • 19 Desember 2022 - (10:46 WIB)
    Permalink

    Kebanyakan mekanik mental ***** ..dikit dikit maen ganti padahal masih 80% bagus ..makanya kalo ke bengkel gw males

  • 19 Desember 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Ya Konsumennya yang bodoh, sudah tau transaksi di luar bengkel itu engga boleh, masih aja dilakuin. Pas udh kejadian harganya tdk sesuai baru merasa ditipu. Yang lebih lucu adalah dia bawa2 nama bengkel resminya, ini puncak komedi sekali ?

    6
    16
    • 19 Desember 2022 - (13:02 WIB)
      Permalink

      tidak bisa bicara begitu juga, karena teknisi itu memakai seragam dan membawa brand resmi jadi dipercaya customer. dan oknum seperti ini harus ditindak

      • 19 Desember 2022 - (13:15 WIB)
        Permalink

        Transaksi di luar bengkel itu pasti dilarang perusahaan, apalagi sekelas Yamaha. Saya setuju montirnya salah karena melakukan kecurangan, tapi harus diketahui juga bahwa konsumen setuju dengan kecurangan tersebut. Jadi hemat saya konsumen juga salah.

        • 19 Desember 2022 - (13:19 WIB)
          Permalink

          yup, jadi ada kesalahan di dua pihak, tetapi yang memulai/memberikan saran awal adalah teknisi resmi…

          4
          3
        • 19 Desember 2022 - (13:47 WIB)
          Permalink

          Ini orang ibarat kata pepatah “tong kosong nyaring bunyinya” cerna dulu isi postingan baru komen, saya menyetujui karena di awal saya tidak tahu biaya real untuk service tersebut..yang perlu digaris bawahi point dari postingan saya bahwa ada mark up harga biaya service tersebut..sampai di sini paham!!!

          • 19 Desember 2022 - (14:18 WIB)
            Permalink

            Harusnya ngomongnya gini
            “Saya menyetujui kecurangan yg dilakukan mekanik untuk transaksi di luar bengkel, yg mana itu melanggar aturan perusahaan. Tetapi saya jadi merasa ditipu karena harga kecurangan itu sudah di mark-up. Dan saya mengakui kesalahan dan kebodohan saya. Jadi untuk itu saya meminta maaf kepada Yamaha dan rekan-rekan di Media Konsumen.”

            Akui dulu kesalahan transaksi di luar perusahaan, sesudah itu baru bisa koar2 kemana-mana.

            Ga usah bilang terima kasih, saran dari saya gratis.

            4
            9
    • 19 Desember 2022 - (13:22 WIB)
      Permalink

      Yang Bodoh Bin Tolol itu anda…simak dulu postingan baru komen….atau jangan2 ente bagian dari orang yg kelakuan sama dengan mekanik tsb….

      6
      1
      • 24 Desember 2022 - (20:50 WIB)
        Permalink

        Bdw kong kalikong juga wowkwokwokwo
        Ade sendiri juga suka boong klo mau serpis motor udah gatau lagi tempat servic yg bohongin Ade ane apa Ade ane yg bohongin ane ketika service abisnya jutaan nambah terus ditanya kejadiannya pura” lupa apa gimana bukti ga ada bilang bengkel begituan bengkel gak resmi, hadeh jamane skrng mah yg kenal gak kenal pun sama, bener tuh mendingan dimana” pastinya belajar sendiri klo perbaikan Masi bisa di lakukan sendiri ?

  • 19 Desember 2022 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Jangankan bengkel resmi bengkelyg pinggir jln ajah, hampir brengsex semua, banyak oknum2, apalagi ( mf ya bukanya sy rasis bengkel si lae klo getok harga g kira2, pernah ganti bohlam dpn malam2, hrg 35 plus jasa pasang, pas kelar, itu bohlam makin lama makin redup, nanya ternyata banyak bohlam rekondisi, klo service usahain bengkel yg kita kenal , orangnya kg kenal, biar bisa komplen, biarpun alat2nya ala kadarnya, tp tetap manusia g ada yg sempurna klo urusan duit…

  • 19 Desember 2022 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Memang dari dulu udah ga terlalu percaya sama bengkel resmi. Lebih baik ke bengkel perorangan yang memang kita kenal dekat dengan mekaniknya sehingga potensi di curangi kecil, kalau pernah ikut club motor lebih baik karena biasanya tiap club punya mekanik/montir andalan masing2. Dan ada baiknya kita browsing2 atau cari tau dulu apa sih masalah di motor kita sehingga kemungkinannya kecil untuk di bohongi mekanik.

    Emang udah jadi rahasia publik kalau motor di bawa ke bengkel resmi pasti yang awalnya ga ada masalah di suruh ganti ini itu padahal belum tentu itu di butuhin. saya pernah pengalaman motor saya kena banjir di jalan dan air masuk ke ruang mesin sampai motor ga bisa nyala dan oli menjadi warna putih susu, di bawa ke bengkel resmi terdekat dari lokasi kena banjir di suruh untuk turun mesin dan bla bla bla termasuk motor ada potensi nginep. Karena saya ga gampang percaya saya minta bantuan temen saya untuk derek motor ke rumah. Sampai rumah diskusi sama mekanik kenalan via telepon, infonya cukup di buka aja lubang olinya kemudian di buang olinya yg sudah tercampur dengan air, kemudian diemin 2 – 4 hari dalam kondisi lubang buangan oli terbuka biar airnya betul2 kering kemudian di ganti oli baru dan ini semua di kerjain sendiri di rumah. Dan alhasil motor normal2 sampai sekarang tanpa pernah turun mesin, kejadiannya kurang lebih di tahun 2015/2016.

  • 19 Desember 2022 - (12:52 WIB)
    Permalink

    kalo sy lebih percaya bengkel umum drpd resmi. bengkel resmi malah byk keterbatasan mulai dari sparepartnya sering kosong, ilmu mekaniknya msh abu2, agak ngeri. dulu sy pernah rem kaki ngeblong pas abis service. kacau banget. untung msh ada rem tangan kalo motor. kalo mobil sy rasa sy udah tabrakan

  • 19 Desember 2022 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Terima kasih team Media Konsumeun telah memposting kejadian yang saya alami, hari ini saya telah dihubungi oleh pihak Sales Advisor mewakili dari Bengkel Yamaha Mekar Motor. Pihaknya meminta maaf atas kejadian yang saya alami dan akan bertanggung jawab terhadap kesalahan yang dilakukan oleh mekaniknya. Per hari ini saya confirm untuk case tersebut sudah solved dan close.

    • 19 Desember 2022 - (15:46 WIB)
      Permalink

      masalah bgini seharusnya gausa di close..karena apa??krn nnti mreka pikir kasus bgini bs selesei dgn pengembalian dana doang..besok2 mreka bs berulah lagi..masalah kebusukan oknum bengkel resmi uda jadi rahasia umum dri jaman dulu..rata2 mereka main di oli & sparepart dgn cara menakut nakuti konsumen..tuntut dgn dalih penipuan bisa itu.

  • 19 Desember 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Langsung laporin ke pihak managemen bengkel, atau tlpn langsung ke pihak Yamaha nya. Biar di pecat tuh teknisi bandel, udah kerja, malah berusaha nyari duit gak halal.

  • 20 Desember 2022 - (05:19 WIB)
    Permalink

    Fyi lain kali mending ke bengkel biasa aja, liat ownernya paham mesin apa engga, dan yg kerja apa anak muda semua atau ada montir ahli yg lebih senior? Kalo owner cuma dibalik meja dan yg kerja muda semua, pindah aja, karna pasti sistem kerjanya dia digaji dari insentif kerjaannya, jadi pasti banyak yg harus “dikerjain”. Kalo mau ke beres mending buat ganti oli atau ganti ban aja, jangan pernah nurut kalo dibilang ini itu. Mekanik yg bener bakalan ngasih option sesuai budget bukan malah ngejerumusin biar over budget.

 Apa Komentar Anda mengenai Bengkel resmi Yamaha?

Ada 120 komentar sampai saat ini..

Praktik Culas Mekanik Bengkel Resmi Sepeda Motor Yamaha

oleh Ikraq Nafia dibaca dalam: 1 menit
120