Tidak Pernah Ditawarkan, Tidak Ada Pengajuan, Tiba-Tiba Ada Nomor Pinjaman pada Tunaiku Amar Bank

Selamat siang redaksi media konsumen. Saya Rikyan Ristanto saya bekerja di salah satu Perbankan di Indonesia bagian Fraud Management Group. Saya sedikit menyampaikan keluh kesah dan pengalaman saya agar dapat disampaikan kepada pihak Tunaiku PT Amar Bank.

Pada tgl 23 Des 2022 saya tiba-tiba dapat email dari Tunaiku. Email dimana pinjaman saya telah disetujui dengan nomor pinjaman sekian nominal sekian dan angsuran sekian. Saya tidak pernah sama sekali mendapatkan penawaran pinjaman dan saya juga tidak pernah mengajukan pinjaman. Memang dulu saya pernah meminjam tapi tidak ada masalah saya selesaikan sampai selesai tanpa ada tunggakan dan telat pembayaran.

Saya sudah datang ke cabang PT Amar Bank, info mereka itu adalah penawaran nasabah pilihan. Saya di sini merasa keberatan, apapun itu alasan mereka penawaran. Jika memang penawaran setidaknya harusnya ada yg menghubungi saya melalu telepon, SMS atau media email. Info mereka, mereka telah menghubungi saya dengan alasan no answer. Padahal nomer hp lama saya sudah tidak digunakan.

Dan saya berpikir ini persetujuan secara sepihak tanpa memberitahu kepada nasabah untuk penawarannya mau diambil atau tidak? Dan masuk ke dalam tindakan Fraud. Tiba tiba saya mendapat email dengan nomer pinjaman sekian.

Apakah pihak Amar Bank Tunaiku, untuk bagian penawarannya seperti ini ya? Tanpa konfirmasi kepada nasabah tiba-tiba langsung disetujui saja. Sangat bahaya dan riskan menurut saya,dan melanggar aturan seperti ilegal.

Dan saya sebenarnya berhak melaporkan ini karena tidak ada persetujuan dari saya dan konfirmasi kepada saya tiba-tiba pinjaman telah disetujui dengan tenor angsuran dan limit pinjaman bahkan sudah keluar nomer pinjaman saya.

Tolong kepada pihak Tunaiku Amar Bank dapat dievaluasi kembali. Karena saya sudah cek juga ke system OJK bahwa Tunaiku itu sudah berbentuk KTA di bawah naungan PT Amar Bank Indonesia bukan lagi pinjol dan sudah masuk ke SLIK.

Saya juga akan email kepada petinggi Amar Bank Bapak Viskal, tentang prosedur penawaran Tunaiku yang sedikit riskan tanpa ada konfirmasi setuju dari nasabah tiba-tiba ada email persetujuan secara sepihak.

Semoga redaksi media konsumen dapat meneruskan ke Management Tunaiku Amar Bank  Terima kasih. Saya lampirkan bukti email persetujuan pinjaman saya.

Bukti email telah di setujui pinjaman dari Tunaiku
Bukti email telah di setujui pinjaman dari Tunaiku

.

Rikyan Ristanto
Kota Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku:
[Total:119    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Tunaiku atas Surat Bapak Rikyan Ristanto

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi dan saran yang Bapak Rikyan Ristanto sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Bapak...
Baca Selengkapnya

53 komentar untuk “Tidak Pernah Ditawarkan, Tidak Ada Pengajuan, Tiba-Tiba Ada Nomor Pinjaman pada Tunaiku Amar Bank

    • 29 Desember 2022 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Klo setuju utk konfirmasi silakan hubungi pihak bank Amar 🙂 klo gda setuju abaikan aja bro aq jg sering dpt ko

      1
      1
      • 29 Desember 2022 - (15:51 WIB)
        Permalink

        Iya bro , sayang nya saya tidak bisa mengabaikan. Yg mungkin bro bisa mudah untuk mengabaikan hal seperti ini mungkin karena di anggap biasa. Saya cuma ingin sharing saja. Dan penawaran yg baik tidak seperti ini, Ini menurut saya . Tapi setiap orang punya pemikiran dan pendapat masing masing. Thx’s bro .

  • 27 Desember 2022 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Kejadian ini bisa menjadi motivasi anda untuk memberikan rekomendasi kepada penyelenggara pengawasan transaksi keuangan (BI, OJK, dst) guna memperketat aturan yang bertujuan melindungi nasabah dan konsumen. Jangan tunggu sampai ada keluarga pejabat tinggi negara yang mengalami masalah seperti ini, baru kemudian ada tindakan nyata.

    Yang membuat miris, anda sebagai anggota komunitas perbankan yang dilindungi dan diakui negara, dulu sempat-sempatnya “bekerja-sama” (sebagai debitur dan kreditur) dengan Tunaiku (yang dulu adalah pinjol, tetapi sekarang sudah berbentuk KTA di bawah naungan PT Amar Bank Indonesia, sebagaimana pernyataan anda sendiri).

    14
    7
    • 27 Desember 2022 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Nggak miria juga kok biasa aja. Saya Hanya sharing saja kalo ada yg lain kejadian seperti ini bisa langsung datang saja ke cabang nya untuk membatalkan. Boleh Donk saya jadi debitur di mana saja ?.yang penting kan saya menyelesaikan dengan baik. Yg membuat pertanyaan saya simple. Saya hanya menanyakan bagaimana prosedur penawaran nya saja. Tidak ada konfirmasi setuju tapi tiba tiba di setujui hanya itu saja. ..

      23
      1
      • 28 Desember 2022 - (10:06 WIB)
        Permalink

        Saya sering dapat persetujuan dari beberapa Bank karena punya kartu kredit.
        Selama tidak ada persetujuan dari kita aman kok. Salah satu Bank memberikan fasilitas bunga 0℅ dengan tenor 36 bulan dan pinjaman 65 juta, hanya membayar admin 150 ribu, tetap saya tolak.
        Itu trik marketing kok, mereka hanya menawarkan.

        • 28 Desember 2022 - (21:37 WIB)
          Permalink

          Betul itu hanya penarawaran saja ,,,,,untuk tindakan selanjut nya silakan menghubungi bagian apa mau dilanjut atau tidak,,,,gimana kita nya ya pa

        • 29 Desember 2022 - (06:41 WIB)
          Permalink

          Jngn salah gw ke jadian ga pake ga ngajuin tiba” di tagih pinjol gw suruh minta bukti tf ga di kasih” dari thn lalu smpe skrng… nnti muncul nnti ilang… stiap di mintain bukti dia ga akan tlf lamaaaaaa muncul lg nnti tiba”

        • 29 Desember 2022 - (11:21 WIB)
          Permalink

          Kasus yg sama baru saja saya alami, sebelumnya di tawarin dan di telp terus menerus untuk mengajukan kembali, dan ga alama berselang ada email kalau pinjaman sudah di setujui padahal saya tidak pernah menanggapi penawaran tersebut, haduuuh kacau banyak sales yg nakal dan data kita tidak aman, saya ada bukti juga sama seperti di atas

      • 28 Desember 2022 - (10:37 WIB)
        Permalink

        Sama seperti saya pak kejadiannya,saya juga baru beberapa hari ini mendapatkan email notifikasi bahwa ada pengajuan pinjaman dari Tunaiku sebesar 20jta dengan cicilan 20bln,setelah dicek benar saja ada diaplikasi yg sudah saya uninstall akhirnya saya install kembali dan dicek benar ada id transaksi pengajuan yang ditolak,pdahal saya tidak pernah mengajukan kembali,bahkan saya sudah komplain untuk masalah ini dengan dalih mereka penawaran sama seperti alasan yg bapak tanyakan kepada Tunaiku,menurut saya memang tidak logika,kenapa ada penawaran sepihak tanpa persetujuan nasabah,seakan ini benar ada permainan data nasabah yang disalahgunakan. Saya sudah mengajukan untuk penutupan data dan akun pun mereka hiraukan. Sangat disayangkan seharusnya aplikasi seperti ini lebih baik ditutup,percuma saja dibawah naungan Bank tapi ternyata keamanannya tidak bagus.

        • 28 Desember 2022 - (11:07 WIB)
          Permalink

          Ya , semoga kejadian penawaran seperti ini dapat di evaluasi oleh perusahaan terkait. Bahwa penawaran yg benar dan menyetujui itu di kedua belah pihak dan wajib ada konfirmasi dari nasabah . Salah nya dalam penawaran ini. Kita tidak pernah di konfirmasi tetapi muncul nomer pinjaman. Semoga tidak terulang

          • 29 Desember 2022 - (09:17 WIB)
            Permalink

            Bunga-nya juara.. 🤣

            Pada gak takut neraka tah.?

      • 28 Desember 2022 - (21:03 WIB)
        Permalink

        Ga ada nasabah pusing dia .buat gaji karyawan nombok

        W ajuin ditolak . Padahal w niat bayar.
        Kalau masih curiga ga percayaan gimana nasabah baru mau masuk .klo belum dicoba dulu nasabah baru.

        Malah maunya nasabah lama. Klo nasabah lama pasti kan kapok ga bakal mau.

        Untuk amar bank nasabah baru dicoba dulu masukin jangan dipersulit. Kalau ga percaya kasih limit pelan2 100rb. Klo bagus bisa naikin.

        Orang niat bayar kok ditolak terus bunga berapa aja pasti setuju asal ga keterlaluan

        1
        1
      • 29 Desember 2022 - (06:25 WIB)
        Permalink

        Ini pertanda orang Indonesia sudah paranoid dengan segala yg berbau pinjol. Perusahaan fintech, fintech lending dan pinjol ini lah yg harus mawas diri. Tulis surat penawaran itu yg bener.

        Di alinea ke 2 ditulis seakan2 TS pernah mengajukan permohonan pinjaman. Dilanjutkan dengan rincian bunga yg segede gaban, jelas orang jadi tambah parno! Belum sadar juga?

  • 27 Desember 2022 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Rentenir sudah bingung mencari mangsa, akhirnya (ex) nasabah2 lama langsung jadi sasaran kiriman ‘serangan fajar’ bunga tinggi.

    13
      • 28 Desember 2022 - (20:55 WIB)
        Permalink

        Amar bank mang pea. W ajuin berkali2 ditolak. Padahal w bener2 mau bayar. Gilira orang ga mau dipaksa .

        Mang aneh

  • 27 Desember 2022 - (19:29 WIB)
    Permalink

    itu uangnya belum cair di rek kan ? masih disuruh konfirmasi data ulang jika berminat mencairkan. terus salahnya dimana ? sy melihat itu sebagai informasi rincian pinjaman “jika berminat dg penawarannya” bukan pencairan langsung

    4
    10
    • 27 Desember 2022 - (21:57 WIB)
      Permalink

      Ya walaupun dana nya blm cair. Tapi menjaga nggak ada salahnya kan .. ya, simple si menurut mas nya.. tapi agak aneh udah di keluarin di setujui nomer pinjaman dan yg lain nya. Berarti klo ad yg tau aplikasi tunai ku saya. Dan hp saya ilang terus orang yg jahat tinggal klik setuju’. Kelar donk mas. Hehehe . Tingg ganti no rek pencairan 😁😁😁

      14
      1
  • 27 Desember 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Nawarin ‘nembak maksa’ itu mah. Biarin aja cuekin mas.
    Itu mah cicilan dari fir’aun. Jgn mau, syetan aja ga ada yg mau ambil 😂

    12
    1
    • 27 Desember 2022 - (21:52 WIB)
      Permalink

      Iya nawarin Plus udah muncul nomer pinjaman. Dan di setujui… Ya mudah mudahan nggak terulang. Thx’s

  • 27 Desember 2022 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Kasus bpk sama seperti saya Persis dgn Jumlah segitu.Emng klu kita ngak konfirm ngak akan aktif pinjaman nya.Tpi Marketing online yg Bantu Buat aktifin hati2 karna pinter bgt.Kpn hari saya di tlp saya bilang TIDAK.Apapun dia mau Jawaban nya YA.Bilang TIDAK.Klu sampe kita ter rekam bilang IYA.MAMPUS itu Bunga KTA 4 persen perbln.BANK AMAR Kegedean Bunga KTA Km.Orng yg BU bangt yg pasti mau Ambil dan Ntr klu MACET DEBT COLL nya SEREM.

      • 28 Desember 2022 - (09:49 WIB)
        Permalink

        Klo gak di tahap selanjutnya pencairan ke bank situ gak deal biarin aja woles

        • 28 Desember 2022 - (11:12 WIB)
          Permalink

          Ya woles si memang menurut mas nya . Tapi aware dan menjaga jaga nggak ada salah nya kan ?. Kan lebih baik sharing sebelum kejadian . Dari pada sudah kejadian kita yg rugi . Ya saya paham kok marketing juga membutuhkan tambahan. Tapi seharusnya tidak menyetujui secara sepihak tanpa ada konfirmasi. Hanya itu pertanyaan saya. Masalah uang blm cair ya memang belum. Hanya untuk menyampaikan ke tunaiku saja bahwa penawaran seperti ini tidak baik . Setuju tanpa ada konfirmasi Kepada nasabah itu salah . Seperti itu saja .

    • 28 Desember 2022 - (11:16 WIB)
      Permalink

      Ya memang nggak di ambil uang nya . Pertanyaan saya di atas kepada tunaiku hanya menyangkan. Tidak ada konfirmasi penawaran tiba tiba muncul nomer pinjaman angsuran dan nominal .. penawaran yg baik kan . Konfirmasi kepada nasabah ingin di ambil atau tidak nya penawaran ini. Keputusan setuju tidak nya ada pada nasabah bukan pada marketing . Sesimple itu .

  • 28 Desember 2022 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Bahaya juga, ibarat masuk rumah orang tanpa permisi, tau tau udah di dalam.

    Yang bikin miris setiap baca artikel, selalu ada saja yang ambil dari sisi lain jauh dari inti permasalahan, padahal hal semacam ini adalah hal positif, berbagi informasi, edukasi.

    Trims buat penulis, jadi bisa lebih berhati hati lagi nih.

    10
    • 28 Desember 2022 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Thx’s support nya .
      Sesimple tindak kejahatan. Tidak ada konfirmasi sama sekali kata setuju dari nasabah . Tiba tiba telah di setujui pinjaman anda dengan nomer pinjaman , angsuran dan nominal, sama saja menyetujui secara sepihak . Ya walaupun seperti komentar di atas saya belum menerima dana nya . Tapi yg saya mau tanyakan hanya prosedur penawaran nya saja. Dan menunggu tanggapan dari Tunaiku nya . Apakah prosedur penawaran mereka seperti itu . Tanpa ada konfirmasi, langsung di kirimkan nomer pinjaman yg telah di setujui.

      • 28 Desember 2022 - (13:33 WIB)
        Permalink

        selama uang tdk masuk ke rekening .biar kan aja mungkin bagian pemasaran coba coba siapa tahu mau di ambil.

  • 28 Desember 2022 - (11:23 WIB)
    Permalink

    Trik marketing jahat deh. Buat nasabah lama datanya msih tersimpan. Diberikan tawaran menarik. Kl yes langsung cair kl gak ya udah. Sasaran mereka orng2 atau mantan nasabah yg lg BU

        • 28 Desember 2022 - (11:53 WIB)
          Permalink

          On proses sudah email ke OJK. Sudah ada nomer pelaporan nya . Tinggal nunggu update nya . Thx’s

          • 28 Desember 2022 - (20:57 WIB)
            Permalink

            W ajuin ditolak terus padahal w niat bayar. Giliran orang ga mau dipaksa. Mang pea

    • 28 Desember 2022 - (22:06 WIB)
      Permalink

      Itu program pre-approved limit. Artinya bank punya list nama eks debitur yang eligible untuk diberikan persetujuan limit tertentu dan ditawarkan kepada eks debitur tanpa melalui proses pengajuan dari awal namun berdasarkan histori analisa pengajuan pinjaman sebelumnya.
      Mau diambil atau gak ya silakan aja.
      Banyak koq bank yang punya program seperti ini. Ada juga bank yang memakai istilah instant approval.
      Memangnya anda yang kerja di bank belum pernah dengar istilah2 seperti itu karena keseharian pekerjaan mengurusi fraud ya?

      1
      1
      • 28 Desember 2022 - (22:55 WIB)
        Permalink

        Bukan masalah program pre approved limit dan juga bukan masalah instant approval . Apapun program nya bisa Donk konfirmasi untuk pemberitahuan. Bapak /ibu selamat pagi siang sore malam . Bapak dapat prioritas untuk penawaran pinjaman , Tanpa harus ada ketemu kurir lagi. Apakah bapak mau ikut Program ini, nah klo nasabah setuju, baru di kirim nomer pinjaman , angsuran limit yg di setujui dan tahap selanjutnya silahkan buka aplikasi untuk pencarian. Itu prosedur penawaran yg benar apapun alasan nya entah instant approval atau apapun itu. Nah ini saya tidak ada pemberitahuan, tidak ada call tidak ada SMS dan email. Tiba tiba dapat nomer pinjaman limit angsuran tgl jatuh tempo. Apa itu bukan tindak kejahatan ya , menyetujui secara sepihak tanpa ada konfirmasi kepada nasabah . Pertanyaan saya simple apa seperti itu penawaran yg benar?.
        Itu aja si. Tapi klo anda menganggap saya tidak paham . Ya it’s oke. Itu asumsi anda. 😁😁🙏🙏

  • 28 Desember 2022 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Kl ga slh mgg lalu saya jg dpt email dr tunaiku, sm persis, seolah² kita sdh setuju. Tp sy tdk mau angkt telp mrk dan sy tdk mau install aplikasi nya lg krna kl install artinya data² kita yg terbaru di hp, mrk bs baca jg jd hati² ya semua jgn sampe terbujuk utk install app nya

  • 29 Desember 2022 - (05:31 WIB)
    Permalink

    Bukannya klo dananya udh masuk rekening baru bisa dimasalahin.
    Kan langkah selanjutnya ga bapak lakukan, jadi ga mungkin dicairkan juga.
    Abaikan aja klo gitu, pak.

    • 29 Desember 2022 - (05:51 WIB)
      Permalink

      Ya setiap orang mungkin berbeda beda ya , anda bisa mengabaikan walau dana belum cair dan walau tidak ke tahap selanjutnya. Saya hanya menjaga jaga saja dan sharing di sini . Agak tunaiku amar bank mengerti bahwa penawaran kedepan nya tidak seperti ini .. ya , anda dengan asumsi anda yg meminta untuk di abaikan, ya saya mungkin tetap menganggap ini persetujuan secara sepihak dengan sudah mengeluarkan nomer pinjama Yg di setujui nominal di setujui , angsuran bahkan dana yg di cairkan . Dan saya cek sudah ada tgl jatuh tempo nya tgl 23 Jan 2023 untuk pembayaran pertama . Tanpa sama sekali ada pemberitahuan kepada nasabah .

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Ditawarkan, Tidak Ada Pengajuan, Tiba-Tiba Ada Nomor Pinj…

oleh Rikyan Ristanto dibaca dalam: 1 menit
53