Tidak Ada Kejelasan Status dan Keputusan Klaim dari Asuransi FWD

Ibu saya (atas nama Sumiadjum) adalah nasabah FWD Insurance Indonesia. Kami mengajukan klaim untuk penyakit kritis, karena memang sakit Ibu saya masuk golongan ini. Klaim diajukan tanggal 22 September 2022. Tak lama setelahnya kami mendapat notifikasi SMS dari FWD bahwa klaim ini disetujui. Selang beberapa bulan, pada tanggal 15 November 2022 kami mendapat surat bahwa klaim ini ditolak karena kekurangan dokumen medis, padahal sudah dikirimkan.

Karena penyakit ini Ibu saya harus menjalankan serangkaian perawatan secara berkala. Pada tanggal 7 Oktober 2022, kami mengajukan klaim untuk treatment pertama untuk penyakit beliau. Kami berikan semua dokumen pendukung yang diminta dengan lengkap. Pada tanggal 21 Oktober 2022, kembali kami mendapatkan notifikasi SMS dari FWD bahwa klaim dari transaksi untuk polis sudah DISETUJUI. Kami konfirmasi dengan telepon ke call center FWD dan dikatakan klaim sudah disetujui dan menunggu seminggu sampai dana cair. Seminggu kemudian tidak ada kejelasan status dan tidak pula ada dana masuk.

Lewat beberapa minggu dengan tidak adanya kejelasan, bahkan setelah beberapa kali kami menghubungi call center selalu mendapat alasan sedang dalam proses. Sampai pada tanggal 14 November 2022, kami mendapat surat menyatakan minta 60 hari kerja untuk proses analisa dan mengumpulkan data medis.

Belum sampai tuntas, pada tanggal 15 Desember 2022 kami mendapat surat yang sama (meminta lagi proses 60 hari kerja). Total sudah hampir 5 bulan kami mencoba follow-up, telepon, bahkan sampai datang ke kantor cabang FWD tanpa adanya kejelasan sama sekali. Hal ini sudah melewati policy asuransi, yang mana batasnya adalah maksimal 60 hari kerja untuk pengecekan,

FWD sangat tidak professional dan menunda-nunda, terkesan tidak ingin membayar klaim customer. Saya sangat kecewa dan berharap dengan menulis surat pembaca ini ada itikad baik dari pihak asuransi FWD untuk menyelesaikan masalah ini.

Salam,

Jeffry Leonardo William
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai FWD Insurance Indonesia:
[Total:32    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan FWD Insurance kepada Bapak Jefri Leonardo William

Dengan hormat, Terkait dengan keluhan yang disampaikan Bapak Jefri Leonardo William kepada PT FWD Insurance Indonesia “FWD Insurance” pada tanggal...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Tidak Ada Kejelasan Status dan Keputusan Klaim dari Asuransi FWD

  • 5 Januari 2023 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Jangan pakai asuransi, udah bnyk yg mengalami hal seperti anda, lebih baik yang nya ditabung setiap bulan, anggap ajah asuransi kesehatan dengan pribadi, jadi pengguna asuransi sekarang lebih percaya BPJS

    • 5 Januari 2023 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Eh FWD jangan gitu lah , kalau surat2 sudah lengkap klaim ada pemberitahuan di setujui berarti sudah melalui proses analisa itu makanya ada Di SETUJUi! jangan aneh2 lah ! Awas tar hilang kepercayaan nasabah Loh!

      • 6 Januari 2023 - (05:29 WIB)
        Permalink

        Semakin yakin untuk tidak akan gabung dengan asuransi (kecuali yg diwajibkan negara), walaupun asuransi itu nantinya dijamin LPS…

    • 5 Januari 2023 - (15:00 WIB)
      Permalink

      Jujur saya probadi sudah agak ga percaya pak sama asuransi swasta. Cuma keburu sudah jadi customer baru tahu susahnya pas benar2x mau dipakai

    • 5 Januari 2023 - (15:02 WIB)
      Permalink

      Segera akan saya hubungi, semoga kali ini benar2x ditanggapi ya karena saya sudah telepon ke call centernya, sudah hubungi via whatsapp juga hanya disuruh menunggu saja dan dilempar sana sini.

    • 5 Januari 2023 - (16:58 WIB)
      Permalink

      Passionate People katanya. Kalian di perusahaan ASUransi sendiri malah apa? Passionate dracula? Bisanya nyedot dana, pas diminta klaim alasan a i u e o.

      • 5 Januari 2023 - (19:10 WIB)
        Permalink

        Salah satu alasan klasik penetrasi ASUransi di Indonesia sangat rendah dibandingkan dengan negara maju contohnya yang ini. Enggak ASUransi jiwa,kesehatan,kendaraan. Klaim-nya ribet dan bertele tele, padahal bayar premi lancar dan tepat waktu. Lebih baik ada uang lebih investasikan dalam bentuk emas batangan atau RPDU. Jadi kalo butuh dana mendesak bisa dicairkan. Enggak semua ASuransi seperti ini, tapi mayoritas ya seperti ini faktanya.

    • 6 Januari 2023 - (06:51 WIB)
      Permalink

      Hi passionate people katanya.. penyakit kritis nunggu 5 bulan ga ada kejelasan, jangan ada yang pernah beli polis FWD guys, ini perusahaan tukang tipu kelihatannya, yah kebanyakan perusahaan asuransi emang gini yah. Ga aneh

  • 5 Januari 2023 - (16:14 WIB)
    Permalink

    “FWD sangat tidak professional dan menunda-nunda, terkesan tidak ingin membayar klaim customer”

    Kalau saya bisa simpulkan sih ini perusahaan lagi bokek alias ga ada duitnya buat bayar klaim 🙄. Seabreg alesan dicari.

  • 5 Januari 2023 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Menurut Melinda, sudah jadi pengetahuan awam bahwa para analis klaim punya cara-cara untuk menolak klaim nasabah. Bahkan di perusahaannya bekerja, mereka punya daftar hitam nama-nama nasabah yang klaimnya harus diperhatikan agar tidak gampang dicairkan, dan ada daftar nasabah yang klaimnya mudah dicairkan.

    Baca selengkapnya di artikel “Di Balik Pencabutan Kuasa Hukum Alvin Lim oleh Nasabah Allianz “

    5
    1
    • 6 Januari 2023 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Maaf Bapak kalau boleh saran, kalau memang masih punya nomer kontak agennya, bisa dikontak agennya terlebih dahulu.
      Karena biasanya agen lebih pny power untuk bisa menyampaikan ke perusahaan terkait.

      • 6 Januari 2023 - (20:22 WIB)
        Permalink

        nah itu dia pak asuransi disini pegangannya agent harusnya tidak boleh begitu. agentnya sudah resign tidak di fwd lagi pak makanya kita yang harus mengurus sendiri sekarang. memang kalau masih ada agent bisa lebih mudah pengurusannya.

        • 6 Januari 2023 - (20:29 WIB)
          Permalink

          Ini memang agak susah kalau memang si agent sudah resign, apalagi kalau resign nya dia pindah asuransi lain.
          Krn agen adalah menjadi 1 jembatan penghubung antara nasabah dengan perusahaan asuransinya.
          Bukan saya mempromosikan diri saya njeh Pak, Krn kapan hari nasabah saya juga terjadi penyakit kritis, dan Alhamdulillah tercover 250juta.
          Dan krn wkt itu ada beberapa berkas yg kurang dr pihak RS, dan itu saya bantu juga memintakan ke pihak RS.
          Semoga kasus Ibunda Bapak Jeffry segera teratasi dan segera di cover juga njeh Pak, mengingat penyakit kritis memang sungguh besar biaya yg dibutuhkan.
          Aamiin🤲.

  • 13 Januari 2023 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Update mengenai tulisan saya di surat pembaca ini:
    Asuransi FWD Indonesia telah menghubungi saya dan menunjukkan itikad baik dengan menyetujui semua klaim perawatan inap Ibu saya dan sisa klaim penyakit kritis yang sebelumnya ditolak, akan ditinjau ulang. Kami sebagai customer merasa lega dan terbantu dengan cairnya klaim asuransi semoga menjadi pertanda baik untuk kesembuhan Ibu saya.

    Terima kasih untuk responnya FWD Indonesia dan juga kepada media konsumen yang sudah menerbitkan surat pembaca ini terima kasih. Kami sangat mengapresiasi. Semoga kedepannya layanan FWD Indonesia semakin baik.

 Apa Komentar Anda mengenai FWD Insurance Indonesia?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Tidak Ada Kejelasan Status dan Keputusan Klaim dari Asuransi FWD

oleh Jeffry Leonardo William dibaca dalam: 1 menit
20