Kecewa dengan Fitur Sell Faster dan Layanan OLX

Pada tanggal 5 Januari 2023 saya memesan Fitur highlight 30 hari untuk iklan properti saya dan melakukan pembayaran sebesar Rp. 235.000 pada 7 Januari 2023 dengan harapan iklan properti saya bisa tayang dengan status highlight setelah melakukan pembayaran, saya juga berencana melakukan edit konten iklan dengan foto terbaru dari properti saya yang nantinya akan masuk dalam highlight.

Setelah berhasil melakukan pembayaran, iklan properti saya tidak langsung tayang seperti biasanya, dari menu “Iklan Saya” terlihat informasi bahwa status iklan properti saya “Tidak Terpasang”, kemudian saya manfaatkan tombol bantuan (chat) untuk menanyakan seputar permasalahan ini dan diarahkan untuk menindaklanjuti permasalahan ini via email melalui link yang dikirim melalui chat.

Jawaban yang saya terima dari pihak OLX, bahwasanya status iklan saya “Tidak Diposting” karena kuota iklan saya sudah habis digunakan semua dan saya membutuhkan lagi kuota iklan yang dengan kata lain saya harus membayar kembali sebesar Rp 79.000 per iklan (padahal saya hanya hanya memiliki 1 iklan saja) agar iklan saya tayang/aktif.

Yang mengherankan saya jika memang iklan saya telah habis masa tayangnya, mengapa saya masih bisa melakukan proses pembelian fitur Highlight? Dan mengapa tidak ada metode dari sistem untuk memprioritaskan pembelian kuota iklan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian fitur highlight jika itu sebuah mandatory?

Dan mengapa ketika membeli fitur highlight tidak secara otomatis mengaktifkan masa tayang iklan selama durasi berlakunya fitur highlight?, karena akan percuma jika saya membeli fitur highlight namun tidak bisa digunakan terkait berakhirnya masa tayang iklan.

Kemudian pada tanggal 8 Januari 2023 saya melakukan pembelian dan pembayaran kembali sebesar Rp.79.000 untuk 1 kuota iklan agar iklan saya aktif/terpasang dan fitur highlight yang sudah dibeli sebelumnya segera dapat digunakan. Setelah melakukan pembayaran status iklan menjadi aktif namun fitur highlight masih belum dapat digunakan.

Kemudian saya kembali menanyakan via email dan mendapat balasan yang intinya fitur highlight tsb harus dipilih secara manual. Padahal biasanya yang saya ketahui setelah melakukan pembayaran fitur highlight otomatis aktif.

Dan yang saya tidak mengerti mengapa dari pihak OLX tidak langsung saja membantu mengaktifkan meski tahu kendalanya bahwa yang dikeluhkan pengguna adalah fitur highlightnya belum berjalan sebagaimana mestinya, karena dari sisi pengguna hal biasa yang diketahui sebatas bahwa fitur highlight tersebut akan otomatis aktif dan berjalan setelah berhasil melakukan pembayaran.

Masalah kedua muncul ketika saya melakukan edit iklan untuk foto dan deskripsi dari iklan properti saya, ketika telah selesai melakukan edit dari mulai mengubah konten, kemudian save, dan hingga akhirnya iklan berhasil ditayangkan. Tapi ternyata kontennya tidak berubah dan kembali ke konten sebelumnya, konten selalu kembali ke versi sebelum saya ubah meski sudah berulang kali saya refresh dan re-edit kembali.

Hingga akhirnya iklan saya ditolak yang artinya iklan saya tidak tayang dan paket fitur juga tidak berjalan, alasan penolakan yang disebutkan adalah “this ads not published due to inappropriate content”, padahal dalam iklan saya hanya terdapat foto dari properti yang berisi foto-foto ruangan dan deskripsi dari properti.

Iklan Ditolak
Iklan Ditolak

Mohon tanggapan dan penjelasan dari pihak OLX mengenai alasan penolakan “Inappropriate content” mana yang dimaksud dari iklan saya tersebut yang menyebabkan iklan saya menjadi tidak bisa tayang meski saya sudah memiliki paket fitur yang komplit.

Di samping itu saya juga telah kehilangan momen berharga dari durasi paket fitur iklan yang kurang efektif sejak 7 Januari 2023 disebabkan kendala-kendala yang saya hadapi tersebut diatas dan hingga saat ini status iklan saya masih ditolak secara sepihak tanpa ada penjelasan yang lebih spesifik dari pihak OLX.

Terima kasih.

Ahmad Sopian
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Kecewa dengan Fitur Sell Faster dan Layanan OLX

  • 19 Februari 2023 - (00:46 WIB)
    Permalink

    Kasusnya hampir mirip nih, sy pasang highlight sebesae 175rb u/ 1bulan, tp fitur highlight cuma ada diberanda iklan saya, ketika dilakukan pencarian, iklan saya tidak ada logo highlightnya. Sudah di email ke cs jawabnya hanya di laporkan ke tim terkait. Sy baru sadar setelah 2 hari dari pembelian fitur. Kacau nih, ngerasa ketipu.

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Fitur Sell Faster dan Layanan OLX

oleh Ahmad Sopian dibaca dalam: 2 menit
1