Hard Complaint Cara Penagihan Pinjol Adakami

Selamat siang,

Saya Rivan, nasabah Adakami selama ini saya lancar tapi karena ada kendala dalam pengembalian pinjaman bulan Januari 2023 yang seharusnya saya jatuh tempo tgl 25 Januari 23 sehingga saya telat bayar 2 hari. Akan tetapi cara penagihan Adakami keterlaluan dengan melakukan pengancaman, menulis di media sosial kampus, share foto anak saya seolah-olah anak saya mau diculik dan teror ke tempat kerja.

Mohon bantuan melalui media konsumen pihak mediasi kami ke Adakami bahwa penagihan sudah tidak sesuai rules padahal kami masih menanggapi tidak lari dari tanggung jawab.

Mohon Adakami penagihannya tidak merugikan saya yang bisa buat saya tidak bisa kerja. Terus saya bagaimana mau bayarnya? Mohon diberi restrukturisasi pembayaran karena saya mengalami suatu musibah. Jika cara Adakami seperti begini saya akan lanjutkan ke OJK dan LPS.

Terima kasih.

Rivan Muhammad
Depok

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:75    Rata-Rata: 3.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

75 komentar untuk “Hard Complaint Cara Penagihan Pinjol Adakami

  • 27 Januari 2023 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Dc apk ini memang seperti itu, maklum, rekrutan mahluk2 yg gak pernah sekolah dijadiin dc. Tp g usah khawatir,dc yg ngancam kaya gitu sebenrnya gak punya nyali

    39
    2
    • 27 Januari 2023 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Sepertinya nomor/akun tersebut “dipegang anak-anak”, sudah dihack atau memang milik penipu yang berpura-pura jadi CS Adakami. Kalau kayak gitu kenapa ditanggapi? šŸ¤”

      7
      3
      • 28 Januari 2023 - (07:26 WIB)
        Permalink

        @Itz. Kalau sudah ketakutan memang lagu lama nya akun kena hack. Apapun itu, tangkap dan proses hukum dc bocil biadab laknatulloh

    • 28 Januari 2023 - (16:58 WIB)
      Permalink

      Itu mah udah keterlaluan… Langsung laporin aja ke polisi….. Aduan perlindungan anak, ite dsb..

    • 29 Januari 2023 - (13:29 WIB)
      Permalink

      Alah.. pinjol ni sm aja mau legal apa ilegal.. mereka tetap melanggap UU.. negara buta aja gk mau ngurus …

    • 21 Februari 2023 - (23:24 WIB)
      Permalink

      gimana sih ojk kok pinjol kaya adakamu di beri lisensi? ga becus kerja nya nih ojk cabut aja lisensi ojk dari adakami udah keterlaluan banget ini pinjol adakami

  • 27 Januari 2023 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Tempuh jalur hukum pak. Buat laporan polisi. Jika anda tdk berani melawan secara hukum utk melindungi diri anda, keluarga anda dan pekerjaan anda maka tdk ada yg bisa melindungi anda.

    28
        • 28 Januari 2023 - (13:31 WIB)
          Permalink

          Banyak dari teman saya berurusan dengan ponjol jauh sebelum pinjol merebak seperti sekarang ini, bahkan saya pernah nyoba sekali di adakami karena penasaran seperti apa penagihannya kalau terlambat, karena teman saya pernah nyaris bundir karena diancam mau di sebar luaskan datanya ke seluruh kontak.

          Waktu itu, saya sarankan untuk hapus semua kontak dan reset ponsel jadi hanya aplikasi penting yang ada .. Alhamdulillah dia masih bisa saya nasehati dan tidak jadi bundir karena teror 3 aplikasi.

          Kembali ke aplikasi adakami yang sengaja saya pinjami sebesar 600ribu, waktu itu tenor masih kurang 2 hari dari 2 Minggu perjanjian, tapi wa masuk tidak berhenti setiap detik dan menit dari belasan nomor berbeda, alasannya mengingatkan. Semuanya saya hapus tanpa baca karena isinya kurleb sama.

          3 hari kemudian saya sudah telat 1 hari, dan apa yang terjadi? Data saya di share ke 2 nomor darurat yang kebetulan nomor HP saya yang lain, dan nomor teman saya tadi.
          Intinya diminta untuk menyampaikan tagihan saya plus foto Selfi saya juga di sebarluaskan.
          Saya masih ingin mencoba terlambat 1 hari lagi dengan catatan saya membalas pesan DC tersebut dan menyampaikan alasan kenapa saya terlambat, jawabannya apa? Katanya saya di do’akan mati biar hutangnya dibawa mati.

          Lalu beberapa saat kemudian mereka menelpon pihak HRD dan mengatakan bahwa saya punya hutang puluhan juta di aplikasi yang tidak disebutkan namanya.

          Apa itu bukan pencemaran nama baik? Waktu saya konfirmasi dan saya kirim bukti rekamannya, untuk kemudian saya laporkan ke OJK, DC tersebut minta maaf dan katanya tadi dia khilaf karena saya ga cepet2 bayar hutang.

          Jadi jangan takut, kalau masih belum ada dana, abaikan dulu, hapus semua kontak … Kalau sudah ada baru bayar plus dendanya.

          12
          • 28 Januari 2023 - (18:36 WIB)
            Permalink

            @Zada. Mantap bos. Anda sudah menyelamatkan nyawa manusia yg hampir bundir gara2 dc laknat. Saya doakan pahala dan rejeki anda mengalir terus tdk terputus.

      • 27 Januari 2023 - (21:29 WIB)
        Permalink

        Dc yg meneror bpk membaca bpk akan tempuh jalur hukum saya yakin akan kencing2 di celana.

        15
        1
        • 28 Januari 2023 - (09:18 WIB)
          Permalink

          Ujung2 nya cuma minta maaf, terus bawa2 nama ojk, karena terdaftar dan diawasi ojk, yang sebar2 data yang chat2 ancaman, penghinaan itu cuma oknum dan kami telah beri sangsi, alah bullshit , oknum ko semua nya, pinjol legal nyata nya sama aja kaya pinjol ilegal. Ojk cuma dijadikan tameng aja, padahal peraturan semua nya di tabrak sama pinjol2 yang kata nya resmi

          • 28 Januari 2023 - (12:32 WIB)
            Permalink

            Mohon untuk menempuh jalur hukum Pak, sudah keterlaluan sampai bawa-bawa anak sudah parah banget.

          • 28 Januari 2023 - (22:37 WIB)
            Permalink

            Mmg ada tanggapan kl dilaporin ke pihak berwenang
            Dari dl pe skrg ttp aja byk kasus & keluhan spt ini
            Blm pernah th DC2 or pinjol2 itu diproses / disanksi

          • 28 Januari 2023 - (16:47 WIB)
            Permalink

            pinjol hati”.. skrng udah banyak pasal” yg telah disahkan untuk menjerat anda, jangan sembarangan meneror orang. perusahaan anda bisa kurus kering jika tersangkut pidana. ! SS chat dapat dijadikan alat bukti.. dan itu sah dimata hukum.
            kalau orangnya belum mampu bayar, suruh saja mencicil, setelah lunas langsung blokir. jangan sampai demi ngejar tunggakan yg gak seberapa,l nilainya.. tapi menabrak hukum, anda bisa ludes miliaran..

      • 28 Januari 2023 - (09:42 WIB)
        Permalink

        Ini sih harus dipolisikan, pak. Udah masuk ke ranah pidana ini mah.. Kawal, pak sampai ketok palu. Kalau gak digini’in ya gak bakalan ada kapok-kapoknya.

      • 28 Januari 2023 - (20:17 WIB)
        Permalink

        Lapor ke kontak ojk juga pernah ndk ada solusi, malah disuruh lapor ke polisi kalau memang sudah meresahkan. Dan satu lgi ojk juga memberi email ke AFPI untuk kelakuan atau etika pinjol. Tapi percuma juga lapor baru dibalas juga semingguan

      • 28 Januari 2023 - (23:49 WIB)
        Permalink

        jangan kan pinjol model begini, yg pinjol berkelas kyk ATOME juga gila, mending ya klo telat, H-7 aja uda di teror DC yg nama nya HELENA,,,, padahal sampe sekarang ga pernah telat bayar, dan ga ada history telat bayar,,, wajar gak blom jatuh tempo di telponin pagi siang malam, di suruh melakukan pelunasan, klo kita jawabin apapun uda kyk robot tetep minta di lakukan pembayaran,,, padahal saya nanya emang uda jatuh tempo, kok di suruh bayar,,, tapi ya tetep aj, mohon di lakukan oembayaran untuk tagihan anda sebesar xxx yg jatuh tempo pada tgl xxx,,, emang DC itu makhluk tak berakhlak

    • 27 Januari 2023 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Ini penagihan terngeri sih dari semua yg saya tahu. Krn yg ilegal aja gak sampai spt ini. Bisa minta tolong ke LBH juga mas, ada konsultasi gratisnya. Parah banget sih ini adakami. Ngeri. Jahat banget

      • 28 Januari 2023 - (05:52 WIB)
        Permalink

        Setuju.. Bisa sesadis itu yah cara nagih nya.. yang udah2 karena 3 bulan ga bayar dahulu.. atau karena bener2 tidak bisa di hubungi.. nga pernah mau angkat telp.. tapi klo baru sampe 2 hari udah begitu sih keterlaluan banget yah.. šŸ¤¦

  • 27 Januari 2023 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Harusnya pake hp ke dua kalo pinjam pinjam, File File penting, nomor2 penting jangan di satu hp sama aplikasi pinjol, ngeri juga ya bisa akses galeri gitu katanya juga kalo pinjol bisa akses nomor kontak kita , ngeri ngeri

    • 28 Januari 2023 - (05:49 WIB)
      Permalink

      Pakai Hp ke 2 yg masih kosong contact dan galery nya.. Sudah pasti Gagal pengajuan Pinjol nya.. Karena memang cara kerja nya gitu.. makin banyak contact makin besar kemungkinan di Approve nya..

    • 28 Januari 2023 - (15:19 WIB)
      Permalink

      Kok jadi takut ya buat galbay ada kami šŸ˜¢ padahal belum ada biaya buat bayar šŸ˜¢ gimana ya bisa tau kalau yg tag di ig kita itu pihak ada kami? Kalau gk disebutkan susah buat laporan ke ojk jugašŸ˜¢ ada yg bisa bantu? Trims

  • 27 Januari 2023 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Klo udah ngancam ngarah ke anak,jangan kuatir pa… banyak Kok yang siap Bantu ngabisin dc macem begitu.Ada komunitas di fb,kita siap bergerak meski cara kasar sekalipun..

    14
  • 28 Januari 2023 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Iklannya luar biasa,
    Ada kami ada kami, selalu ada kami, ada kami selalu….

    Anjiirrrrrrrr

  • 28 Januari 2023 - (06:20 WIB)
    Permalink

    Kalau bener telat 2 hari kayak gini, parah sih ini uda gak sesuai.anak di bawa1,share di sosmed.bisa ini tuntut balik,atau minimal digulung aplikasinya.karena ini aplikasi resmi. Makanya suka heran sama pinjol klo ngiklan ei game ato youtube kayak sampah. Bintang iklannya masih bocah2 ditawarin pinjaman puluhan juta. kalo iming2 orang suruh ngutang sebegitunya.klo telat dikit nagihnya gak manusiawi

  • 28 Januari 2023 - (06:41 WIB)
    Permalink

    Debt collectornya aslinya banci coba ajak video call pasti tidak bisa. Dan laporkan langsung ke ojk karena sudah melanggar ketentuan ojk dalam penagihan, jadi sebenernya pinjol legal dan ilegal sama aja dengan renternir.

    • 28 Januari 2023 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Cairin jga bgtu baru tlat shari dh teror sna sni bngsat emng th rentenir online klo bsa yg blom prnh minjol jgn prnh skali2 mncoba minjol dh serem penagihanny

  • 28 Januari 2023 - (07:38 WIB)
    Permalink

    @vinanat @ardhie. Yg lbh sadis masi byk sampe menyebabkan org bunuh diri. Tangkap dan proses hukum dc bocil biadab itu.

  • 28 Januari 2023 - (08:06 WIB)
    Permalink

    DC ADAKAMI MEMANG MENGANCAMNYA SEPERTI ITU, KARENA ADAKAMI SADAP HP, JADI DIA TAU FOTO FOTO KELUARGA.. KARENA SAYA JUGA PERNAH DI DIANCAM PAKAI FOTO ANAK SAYA.. MENGERIKAN ANCAMANNYA.. KENAPA ADAKAMI BISA LOLOS DI PLAYSTORE DAN OJK YA? PARAH…

  • 28 Januari 2023 - (08:06 WIB)
    Permalink

    g usah dibayar sekalian pak…g sebanding dgn apa2 yg mereka lakukan ke bapak, menyebar data, membuat malu dsb..sdh terlanjur di sebar.,,sekalian aja g usah dibayar…dc nya bocil micin keknya pak ,,nyrocoss aja klo ada kerja an nagih… hehehehe

  • 28 Januari 2023 - (08:17 WIB)
    Permalink

    ini parah sieh.lebih parah dr KP.laporin aj biar aplikasinya ilang di playstore.

    coba otak atik lg hpnya,di hp kn ad pengaturan, biasanya ad izin aplikasi..
    buat aj aplikasi itu tiak bs akses kontakk dn galeri

  • 28 Januari 2023 - (08:23 WIB)
    Permalink

    mau pinjol ilegal maupun legal mereka pakai vendor penagihan yg sama jadi kalau masih berani pakai pinjol ya harus siap mental jangan sampe telat klo telat ya ga kan liat history sebelumnya bagus atau tidak bakal d hajar semua. sudah banyak cerita masalah pinjol kadang heran juga msih pada berani pake

    4
    1
  • 28 Januari 2023 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Kl mental blm SIAP/KUAT,,,jgn sekali2 urusan sama PINJOL.tp kl sdh terlanjur,,,suruh kerumah,ajak ngopi bareng….kasih OBAT MENCRET DOSIS TINGGI

  • 28 Januari 2023 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Wanjir baru 2 hari telat sudah membabi buta ancaman dc nya. Jadi inget tiap ada iklan game selalu nongol pinjol ini. Ckckck

  • 28 Januari 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Dc adakami sprti itu karena memang diperbolehlan oleh perusahaan. Mereka dilatih sprti itu. Pdhl aturan ojk yg terbaru tidak boleh menghubungi orang lain untuk menagih hutang selain orng yg berhutang dg tujuan mempermalukan kreditur. Kl trjadi laporkan sj dg segala bukti. Tp apalah OJK. Cm antek2 pemegang modal sj. Gak yakin akan ada tindak lanjutnya.

  • 28 Januari 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    nggak sopan banget ya.. trus ngapain ngancam bawa2 dosen sama foto anak? kalau saya digitukan langsung saya lapor ke polisi

  • 28 Januari 2023 - (10:15 WIB)
    Permalink

    Anda sudah ga perlu mediasi pak.. langsung bawa ke polisi aja..
    1. Menyebarkan data pribadi/nasabah
    2. Menyebarkan data finansial nasabah (bank saja tidak berhak memberitahukan selain kepada nasabah)
    3. Menyebarkan foto anak dibawah umur bahkan sampai ke media sosial

    Pertama foto anak, apabila bapak yg mengambil fotonya maka ada UU hak cipta pasal 12 UUHC
    Lalu ada undang undang ITE pasal 32 ayat 2
    Lalu ada Undang Undang perlindungan anak.. dimana foto anak harus di blur kecuali seijin org tua/ahli warisnya. Mengambil foto anak tanpa ijin org tua saja tidak boleh apalagi menyebarluaskan..

    Intinya adakami KENA KAU.. laporkan pak..
    Note: sepertinya DC baru yg kurang pendidikan dan pengalaman. Blm tau batasan mana yg boleh dilewati dan mana yg belum.

    Sedikit cerita.. awal pandemi 2020 kemaren adakami iklannya massif.. setiap buka aplikasi/main game selalu ada iklan adakami.. ini adalah pengalaman pertama dengan pinjol.. sy coba download dan pinjam 400rb (iseng) lalu sy coba prosesnya.. (pinjaman sy bayar 2jam kemudian beserta bunga) karena cuma nyoba hehe..
    Abis itu telp ke no hp sy dr pinjaman lain lain.. sms spamming pokoknya massif.. blm telp bot dr adakami nawarin pinjaman berikutnya.. lgs sy uninstall dan blokir telp 1-1 untuk sms sy pake block by keyword.. setiap sms yg ada tulisan pinjaman p1njaman p1nj4m4n dll lgs terblokir.. gara gara iseng proses pinjol tuh.. pdhl sy bayar 2jam setelah minjem tp sengsara dan menyesal bener dah

    Semoga cepet selesai masalahnya amin

  • 28 Januari 2023 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Halo, kak Rivan. Mohon maaf atas ketidaknyaman yang Kakak alami šŸ™

    Dengan hormat, dimohon dapat segera melaporkan secara detail termasuk bukti-buktinya melalui layanan resmi AdaKami;

    ā€¢ Live chat pada aplikasi AdaKami
    ā€¢ Pengaduan ke email: hello@cs.adakami.id
    ā€¢ Contact call CS: 1500077
    ā€¢ DM ataupun inbox ke social media AdaKami : @adakami.id (telah terverifikasi berncentang biru)

    Aplikasi AdaKami akan selalu meningkatkan pelayanannya pada setiap penggunanya, terima kasih.

    30
    • 28 Januari 2023 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Nongol juga nih, tuh bukti udah jelas,sy doakan semoga debiturnya nuntut sampai kalian bangkrut

    • 28 Januari 2023 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Hei admin adakami. Itu buktinya sudah jelas masi aja minta bukti. Ini negara hukum, semua sudah ada aturan mainnya, jangan kau bikin jadi negara koboy.
      .
      TANGKAP DAN PROSES HUKUM DC BOCIL BIADAB SAMPAI KE PENJARA

      • 28 Januari 2023 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Betul kemarin dc adakami juga ngancam tag ke ig kerjaan juga ngeri, padal bru telat sehari.. udah tk laporin ke afpi, ke polisi juga tinggal tunggu, satgas waspada ojk

    • 29 Januari 2023 - (06:01 WIB)
      Permalink

      Kayak gini gak bisa cuma dilaporin ke ojk, harus ke polisi pak, langsung ke polres aja jgn ke polsek untuk laporan cyber. Laporkan adakami nya jangan laporkan DCnya. Biar nanti adakami yg disuruh cari itu DCnya. Jadi kena semuanya.

      • 29 Januari 2023 - (08:46 WIB)
        Permalink

        @ADA KAMI: MASA BISANYA CUMA MINTA MAAF TERUS…. UDAH BERTINDAK SE-ENAK JIDAT. KALAU TAKUT ADA KREDIT MACET YA JANGAN BUAT PERUSAHAAN YG BERBAU FINANCIAL DONK BLOON…. BUAT AJA WARUNK NASI / WARUNK INDOMIE / WARUNK ROKOK / KOPI SEPEDA / WARUNK KELONTONG / WARUNK SEMBAKO BIAR KEGIATAN USAHANYA TIDAK MENYANGKUT HUTANG PIUTANG. MASA KUDU DIAJARIN SAMA NETIZEN SIH!! BERARTI KARYAWAN DI ADA KAMI PENDIDIKAN NYA PADA CUMA LULUSAN TK & SD ATAU BAHKAN TDK SEMPAT MENJALANI PENDIDIKAN FORMAL? SUNGGUH MIRIS. KALAU DILIHAT DR TUTUR BAHASA YANG DIPERGUNAKAN SIH MENCERMINKAN KARYAWAN DI ADA KAMI TDK PERNAH MAKAN BANGKU SEKOLAHAN,

        J@TS: ANGAN PERNAH SEKALIPUN MENGIKUTI ARAHAN DR ADMIN ADA KAMI. PROSES SECARA HUKUM KORPORASI BIADAB SPT INI, AGAR DIREKSI & DC NYA BS DI PROSES SECARA PIDANA. KARENA NEGARA KITA ADALAH NEGARA HUKUM (bukan negara tarzan ciptaan walt disney). TUNTUT KERUGIAN MATERIL & IMATERIL (saya pernah lihat putusan pengadilan pada website SIPP Pengadilan negeri, mengabulakn tuntutan yang mewajibkan korporasi bank diharuskan membayarkan ganti rugi total 58 milyar berserta biaya perkaranya)

  • 28 Januari 2023 - (17:08 WIB)
    Permalink

    pidanakan dc adakami biar jd pljran buat dc pinjol laknat itu,dc mental tempe brani ancam ga ada nyali klo ketemu,ga perlu dibyr lg kak sdh dipermalukan,,hrga diri kita jauh lbh ptg drpd byrin pinjol laknat

    • 28 Januari 2023 - (22:46 WIB)
      Permalink

      Memang ya dc @adakami yg nagih lewat wa n sms tu ngeri2 bgt kata2nya.. laporin aja pak.. buktinya udah jelas bgt.. ga usah lapor ke ojk,percuma,mending langsung ke kantor polisi

  • 28 Januari 2023 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Lapor ke pengaduan AFPI cc ojk dan juga cs adakami. Smbl jg buat laporan ke polisi. Ini sudsh keterlaluan smpe bawa2 anak dan chat seperti itu. Jgn diam saja pak. Biar mampus itu DC dan applikasi

    • 29 Januari 2023 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Betul..ancurin aja. Saya aja beberapa hari lalu lapitin ke AFPI. dan besoknya staff pinjol wa untuk minta maaf. Kolektornya ngajak ketemuan malam jam 9 diluar area domisili saya. Saya samperin malah wa dia ga aktif sampai sekarang cuma berani ngancem via SMS. Saya udah lapor polisi, YLBHI, BI, OJK ( Jawabannya itu itu aja, AFPI yang ambil tindakan dan tlpn pinjolnya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 75 komentar sampai saat ini..

Hard Complaint Cara Penagihan Pinjol Adakami

oleh Muhammad Muhammad dibaca dalam: 1 menit
75