Telkom IndiHome Melewatkan Penambahan Tiang Jaringan Baru di Dusun Kami

Yth. PT Telkom Indonesia,

Bermula pada sekitar bulan September 2020, saya melihat adanya pemasangan tiang Telkom baru, mulai dari Stasiun Srowot, Kabupaten Klaten, hingga menuju ke Desa Mlese, Gantiwarno, Kabupaten Klaten. Ada ketertarikan saya, apakah dusun saya tinggal akan dilewati oleh jaringan IndiHome ini.

Kemudian saya menanyakan ke akun twitter resmi yaitu @Indihomecare. Namun jawabannya, belum ada rencana untuk penambahan dan pemerataan jaringan baru ke dusun saya, yaitu Dusun Candi, Desa Rejoso, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Yang mana, jarak dari jalan yang dilalui oleh tiang Telkom tersebut hingga masuk ke gapura desa kami, hanya berjarak kurang lebih 400 meter. Akan tetapi desa kami dilewati begitu saja.

Padahal untuk sebelah utara yakni Dusun Rejoso dan sebelah selatan, Desa Mlese, telah mendapatkan akses internet dari IndiHome. Kenapa di Dusun saya ini tidak ikut dalam program pemerataan jaringan baru? Dalam pikiran saya, mungkin butuh waktu dalam pengembangan jaringan ini. Berulang kali juga saya mengajak para tetangga untuk memberikan vote melalui website vote.indihome.co.id, akan tetapi masih belum dapat direalisasikan pemerataan jaringan baru tersebut.

Pada denah Google maps di atas, warna kotak hijau tersebut adalah Dusun Rejoso yang sudah terdapat akses ODP. Sedangkan garis kuning merupakan jalur tiang Telkom dan garis merah di sebelah timur dari garis kuning adalah gapura Dusun saya.

Selang 2 tahun lebih berlalu, dikarenakan aktivitas daring semakin majemuk dalam kegiatan sehari-hari dan menunjang kreativitas, pada 14 Februari 2023 ini saya mencoba kembali peruntungan saya agar bisa menikmati koneksi serat optik yang ditawarkan dari IndiHome ini, terlebih karena promonya yang menggiurkan. Untuk Desa Rejoso sendiri sudah bisa berlangganan dengan IndiHome, karena letak geografis desa kami terbagi menjadi beberapa dusun. Dusun Candi berada di wilayah paling selatan dari Desa Rejoso.

Selang 2 hari kemudian, saya menanyakan progres pengajuan pemasangan baru melalui kanal resmi twitter IndiHome Care. Akhirnya mendapatkan jawaban bahwa belum bisa dilanjutkan dikarenakan jaringan di lokasi rumah saya belum tersedia fiber optic.

Perlu diketahui banyak warga dari Dukuh Candi tersebut sebenarnya berminat dengan akses internet dari IndiHome. Akan tetapi karena kurangnya akses jaringan yang telah saya sebutkan tadi, warga akhirnya memilih menggunakan jaringan internet dengan antena, bahkan ada yang sampai membangun tower dengan ketinggian 20 meter lebih.

Besar harapan dari kami akan adanya penambahan dan pemerataan jaringan baru yang masuk di Dusun kami, sehingga kami dapat lebih mudah dalam mengakses internet. Karena kemungkinan adanya akses internet yang berbasis serat optik hanya dari IndiHome ini saja saya rasa.Ā Terima kasih.

Bennydectus Bryan
Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:12    Rata-Rata: 3.8/5]
Tanggapan Telkom atas Keluhan “Telkom IndiHome Melewatkan Penambahan Tiang Jaringan Baru di Dusun Kami”

Dengan Hormat, Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Bennydectus Bryan pada tanggal 18 Februari...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Telkom IndiHome Melewatkan Penambahan Tiang Jaringan Baru di Dusun Kami

  • 18 Februari 2023 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Mungkin jumlah permintaan di area dusun anda kurang. Baik nya di vote.indihome.co.id. Semakin banyak yg voting & ajukan area anda, minimal ada 8-10 potensi yg ingin berlangganan misal para tetangga , maka pemsangan jaringan jg akan lbh cepat terlaksana.
    Jgn kan di dusun klaten, di jkt area kapuk kamal pinggir tol saja dulu pernah ngalamin request terus ke indihome , msh kabel tembaga blm fo, tapi akhirnya ada fo tapi terbatas 5-7mbps. Itu dulu saat thn 2018. Stlh di tulis di mk semoga segera tercover ya pak area bpk

    • 18 Februari 2023 - (21:53 WIB)
      Permalink

      Untuk vote di vote.indihome.co.id sudah kami lakukan semenjak 2020 Pak Henry, sejak kami tahu ada pemasangan tiang di sebelah dusun kami, dengan harapan dusun kami pun mendapatkan penambahan jaringan.
      Terima kasih Pak Henry, semoga Indihome segera dapat mengcover daerah saya dan daerah lainnya yang belum mendapatkan internet yang berkualitas.

  • 19 Februari 2023 - (07:29 WIB)
    Permalink

    mending njenengan cari sales, data ya mau pasang di kumpulkan,
    1 nama
    2 no wa
    3 Sherlock rumah

    rumus nya 1 orang 100m
    jadi kalau dari terminal optik ke rumah calon pelanggan terjauh 1km berarti butuh 10 data calon pelanggan nya

  • 19 Februari 2023 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Ah telkom perumahan saya dah 12 orang yang mau daftar tapi nggak ada progres.. akhirnya kami pakai penyedia lokal.. dan saya g tau juga sih ISP yg kami pakai itu legal atau ilegal.. tapi kami berharap ISP besar macam telkom nggak masuk” kami bisa apa apalagi semasa pandemi kami membutuhkan koneksi internet untuk kebutuhan kerja..

    • 19 Februari 2023 - (17:40 WIB)
      Permalink

      dan saya baca berita di 2023 telkom hanya menargetkan 200rb sambungan indihome baru..sebagai ISP terbesar diindonesia dengan 10juta pelanggan berarti targetnya hanya menambah 2% pengguna.. kecil sekali targetnya..

  • 19 Februari 2023 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Saya sales indihome, kalau memang Utara Selatannya ada dan desa anda dilalui itu mudah dibangun.
    Kalau cuma vote itu g bakalan digubris, karena itu dianggap PHP, ajak aja 5 orang yg benar2 pasti mau pasang kemudian panggil sales area sana, yg penting 5 orang itu pasti g bakalan lama ya juga dibangun, itu klo emang desa sebelah memang sudah ada.
    Kecuali yg ada jaringan masih lumayan jauh dari desa anda mungkin butuh 10 orangan yg pasti mau pasang.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Telkom IndiHome Melewatkan Penambahan Tiang Jaringan Baru di Dusun Kamā€¦

oleh Benny dibaca dalam: 2 menit
9