Sistem “Suggestion” Tenor Cicilan Kredivo Tidak Sesuai dengan Riwayat Transaksi Sebelumnya

Halo, di sini saya ingin membagikan pengalaman pribadi yang merugikan saya sebagai user Kredivo.

Saya menggunakan Kredivo sejak akhir tahun 2022. Saya menggunakannya juga saat dalam kondisi-kondisi urgent saja sebenarnya. Biasanya saya pakai untuk membeli makanan/keperluan anak saya di akhir-akhir bulan, karena memang belum gajian. Tentu saja saya sangat sering menggunakan yang tenornya 1 bulan atau PayLater, karena ini membantu saya, yang memang saat belum gajian tapi ada keperluan mendesak. Jadi hanya membayar biaya admin dan tidak ada bunganya.

Karena saya sudah mulai terbiasa menggunakannya (dengan transaksi-transaksi sebelumnya kurang dari Rp200 ribu), maka tenor jadi sering ter-suggest pada pembayaran 1 bulan/PayLater. Nah kemudian baru saja pagi ini (27 Februari 2023), saya mencoba untuk membeli keperluan anak saya menggunakan Kredivo karena urgent. Saya klik-klik saja seperti biasanya, sampai akhirnya transaksi berhasil. Namun saya kaget, ketika melihat transaksi itu ternyata tenornya adalah 12 bulan.

Jujur memang saya kurang menyimak pada field pengisian tenor, tapi yang saya sayangkan kenapa tiba-tiba di-suggest selama 12 bulan? Memang pada transaksi kali ini nominalnya lebih besar dari sebelum-sebelumnya (kurang lebih Rp500 ribu), tapi suggestion pengisian tenor diarahkan untuk tenor 12 bulan.

Saya merasa ini benar-benar manipulatif, yang bisa merugikan user. Walaupun memang ini menjadi human error (kesalahan saya), karena tidak menyimak dengan benar pada field tenornya sebelum melakukan transaksi. Namun tidak wajar saja kenapa tiba-tiba di-suggest ke 12 bulan. Padahal saya sebelum-sebelumnya TIDAK PERNAH melakukan transaksi dengan tenor yang melebihi 1 bulan.

Teruntuk pihak Kredivo, tolong perbaiki hal ini. Jika tidak, saya jamin para konsumen/user lain pasti bisa menilai, karena secara tidak langsung Anda juga telah melakukan manipulatif yang licik terhadap user. Jika memang tidak ada manipulatif, sebaiknya tenor dibuat saja belum terisi atau sesuai tenor-tenor yang memang sering digunakan user tersebut, sehingga tidak terjadi lagi hal seperti ini.

Semoga ini bisa menjadi pembelajaran juga untuk pembaca yang lain agar lebih berhati-hati. Di sini saya melampirkan bukti transaksi dan email saya ke CS Kredivo.

Kevin Nastatur Chatriavandi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:18    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Kevin Nastatur Chatriavandi

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Sistem “Suggestion” Tenor Cicilan Kredivo Tidak Sesuai dengan Riwayat Transaksi Sebelumnya

  • 2 Maret 2023 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Kalau lihat besaran transaksinya, gak ada yg salah kok dengan suggestion tenor kredivo. Karena belanja anda nilainya sudah lebih besar dari batas minimum transaksi tenor yg bisa dicicil, jadi suggestion tenor yg muncul adalah tenor dgn cicilan teringan alias tenor terlama. Mungkin dgn pertimbangan agar cicilan tidak memberatkan pengguna dikarenakan seperti yg anda sampaikan, transaksi anda tidak pernah lebih dari 200rb dlm sekali transaksi. Jadi lebih kepada kekurangcermatan anda saja sebagai pengguna yg tidak memperhatikan pilihan tenor dll sebelum meng-klik tombol konfirmasi transaksi yg anda lakukan dan hanya bersandar pada kebiasaan transaksi anda sebelumnya yg mana nilai transaksi memang hanya untuk transaksi paylater 30 hari.

    11
  • 2 Maret 2023 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Tidak dijelaskan anda berbelanja di mana, kalau di tokopedia pakai Kreduvo pasti ditentukan dulu pilihan tenornya. Selama limit masih cukup untuk 30 hari pasti masih bisa dipakai buat belanja. Saya juga pengguna Kredivo dan selama ini tam ada masalah mau pakai yg paylater atay cicilannya

    3
    1
  • 2 Maret 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Sudah terjadi transaksi keuangan antara User dengan sistem, sudah masuk/sah akad kreditnya dan secara otomatis tercatat di sistem Kredivo dan tercatat di OJK. Tidak bisa diubah akadnya tapi bisa dihapus. Cuma satu cara menghapusnya.

  • 2 Maret 2023 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Saya rasa sudah dijelaskan oleh KREDIVO dgn masalah yang Anda alami dalam Syarat dan ketentuan transaksi,masalahnya anda sudah baca blm?dan anda jg menyadari kesalahan dari anda,apakah anda pengguna baru?

    • 2 Maret 2023 - (20:43 WIB)
      Permalink

      Hehe ga ush s&k dlu deh mas, teknisnya dan alur sistemnya aja saya paham kok. Sekarang mas tau ngak knp ada S&K? bukan maksud menggurui, mau sharing aja. Jadi adanya S&K pada sistem/aplikasi itu salah satunya untuk mengcover user jika terjadi case2 atau skenario yang memang diluar kemampuan sistem untuk mengakomodirnya. Cthnya gini untuk mengklaim suatu konten itu ngak ada yang namanya sertifikat hak milik (kaya tanah) oleh sebab itu aplikasi2 sprti youtube sangat menekankan s&k tentang aturan copyright. Misal aja aplikasi WA ada S&K yang menyatakan bahwa “Pesan yang sudah dikirim tidak dapat ditarik oleh user”, nah kalo ada S&K kaya gini pasti ngaco padahal sebenarnya sistem itu bisa mengakomodir toh untuk adanya fitur penarikan pesan pada WA.

      1
      2
  • 2 Maret 2023 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Terima kasih buat semua yg komen dan juga media konsumen krn sudah menerbitkan artikel saya. Sebelumnya saya jelaskan dlu. Jadi disini saya menulis artikel tsb bukan krn saya mau mencari kebenaran atas kesalahan yang memang sudah saya lakukan. Tapi saya cmn mau sharing aja sebagai konsumen / user kredivo agar user lain juga bisa lebih berhati-hari dalam melakukan transaksi serta artikel ini bisa menjadi kritik untuk kredivo spy kedepan sistemnya bisa menjadi lebih baik lagi. Krn kebetulan saya juga seorang system analyst jadi saya menilainya dari segi sistem/aplikasi tersebut.

    1
    2
  • 2 Maret 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Pd dasarnya sistem/aplikasi itu dibentuk untuk bisa mengurangi resiko terjadinya human error baik dari sisi pengelola maupun konsumen. Kalo aplikasi base on konsumen pasti juga harus didasari yang namanya user satisfaction / kepuasan pengguna. Mangkanya ada ilmu namanya user experience tuh. Skrg saya kan kasih tau kalau saya kaget aja kenapa tenornya di suggest menjadi 12 bulan, padahal saya gak pernah pake yang tenor melebihi 1 bulan. Ada tuh paylater yang lain cthnya kaya sh**p* paylater, saya jg biasa pake yg tenor 1 bulan jadi ketika dipakai jg sering ke suggest pada tenor yg 1 bulan. Nah kalau memang ngak support buat tenor 1 bulan maka pengisian tenornya itu harus dipilih user terlebih dahulu kalo ngak gtu transaksi ngak bs lanjut. Tapi yang saya sayangkan pada kredivo sudah terisi dan terpilih dengan tenor maksimalnya 12 bulan. Oke anggep aja ngak support 1 bulan, knp ngak ke yang 3 bulan atau 6 bulan dlu? sbg user kan saya pasti wajar beranggapan seperti itu. Lebih bagus lagi kalo tenornya ngak ush di isi aja, jadi sekalipun user klik2 next ga bs lanjut transaksi krn field tenor itu mandatory dan harus di isikan. Dengan begitu tentu saja sebenarnya sistem ini bisa loh lebih meminimalisir terjadinya human error kan. Karena user memilih tenornya secara sadar yaitu tenor yang memang dia kehendaki.

    • 3 Maret 2023 - (04:03 WIB)
      Permalink

      Disclaimer, bukannya saya sombong dan si paling ngerti sistem. Namanya media konsumen yah disini saya menulis keluhan dimana pov saya adalah sbg konsumen kredivo yang kebetulan lebih kurang memahami beberapa hal tentang sistem/aplikasi.

  • 2 Maret 2023 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Pada dasarnya saya paham namanya transaksi yang sudah terjadi pada sistem itu ngak bs dibatalkan seenak jidatnya. Tp tetep namanya sistem harusnya menyediakan alternatif alur jika memang terjadi suatu human error (cth yg sprti yg saya alami atau jika kena hack) yang mana dapat mengakibatkan terjadinya proses transaksi. Jujur aja saat saya melakukan transaksi itu saya cek sbnrnya dari aplikasi kredivo sendiri itu ada loh untuk alur mencancel transaksinya, cmn saya ngak pede aja kalo itu bisa. Krn pesanan saya udh lgsg di proses oleh onlineshop tersebut saat transaksi dinyatakan berhasil. Mangkannya saya langsung chat lah CS kredivo melalui email agar (harapannya kalo2 masih bisa dilakukan penyesuaian atau cancel transaksinya dari balik layar) karena transaksi juga belum berlangsung selama 1 jam. Dan setelah memang dikonfirmasi tidak bisa dari pihak kredivo, okelah saya terima2 aja krn emg kesalahan saya dan akan menjadi pembelajaran jg untuk saya. Malah saya kasih kritik dan saran setelah itu ke pihak kredivo. Nah tp jujur saya kecawa aja seolah2 tenor itu kok sudah dimanipulasi secara otomatis oleh sistem dengan sistem suggestionnya yang langsung ke 12 bulan. Krn hal ini sih saya juga jadi kurang percaya lagi dengan kredivo :(. Semoga aja kedepannya bisa menjadi lebih baik

    • 3 Maret 2023 - (03:17 WIB)
      Permalink

      Kalo begitu kenapa anda tidak menciptakan aplikasi sendiri saja? Kalo dirasa anda lebih paham sistem. Nanti saya yg jadi pelanggan anda deh. Ups

      • 3 Maret 2023 - (03:38 WIB)
        Permalink

        Haha dibayar berapa anda komentar seperti ini? namanya orang kritik masa ga boleh. Saya juga udh kasih contoh produk lain yang aturannya ngak semanipulatif gtu. Saya sayang banget aja sebenrnya suka sama kredivo karena kita bisa akad tanpa bunga dan hanya bayar biaya admin saja. Namanya semacam startup / aplikasi yang base on konsumen gini apa salahnya memperhatikan apa yang menjadi keluhan konsumen. Tanpa konsumen mau dpt untung dari mana cuy? Saya cmn mau org lain yg baca dpt hikmahnya termasuk buat pihak kredivo. Jadi kalo gak bisa metik hikmahnya lebih baik ga ush komen krn kelihatan maksa aja gtu komen anda. Topiknya apa malah melebar kemana2 sampe disuruh bikin aplikasi sendiri wkwk. Yah saya yakin pembaca lain pasti bisa menilai lah

  • 2 Maret 2023 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Aku setuju sih sama pernyataan masnya. Klo gini kan mohon maaf ya, kesannya kaya pihak kredivo memanipulasi tenornya dengan cara seolah-olah menggunakan sistem rekomendasi otomatis tenor yang ringan cicilannya. Padahal kalau kena bunganya itu lumayan loh kalo di cek dari gambar selisihnya udah hampir 200 rebu. Padahal kalau emang dia emang sanggup paylater dibulan depan yah engga sampai segitu kenanya

    • 3 Maret 2023 - (04:47 WIB)
      Permalink

      Iya betul mbak. Jadi saya tuh niat hati pengennya akad tanpa riba krn cmn bayar biaya adminnya aja (yang 1 bln atau kalau ga bs gpp lah yg 3 bln). Krn kebutuhannya sih lebih mirip kasbon lah yah, kalo udh gajian jg lgsg dilunasin, emg dari sisi saya kalo ada kebutuhan urgensi doang baru bnr2 make. Nah tp sayangnya tersuggestnya tuh ke 12 bln dan terjadi human error jadilah saya akad yg pake bunga / riba. Kalo dibilang yah knp saya pakai aplikasi semacam kredivo padahal tau itu jg pasti sensitif sama yang namanya riba. Jawaban saya simple, yah krn kredivo menawarkan penawaran yang menurut saya sbg konsumen cukup bagus yaitu dengan akad hanya membayar biaya admin saja (pilihan tenor 1 – 3bln) . Cth lain, saya pakai Bank BCA yah emg krn menawarkan akses yang banyak untuk penggunanya dan support jg untuk penggajian kantor. Tp dalam menghindari riba yah saya jg punya bank syariah buat yang bener2 nabung uang disana. Jd kalo nampung uang di bca paling2 ga banyak dan ngak sampe ngendap sebulan duitnya (menghindari bunga, jd cmn kena potongan admin bulanan doang). Intinya di dunia modern kaya skrg yah saya sbg manusia pgn dong uptodate tp tetap berusaha menegakkan prinsip mana yang haqq dan yang batil

      • 3 Maret 2023 - (08:05 WIB)
        Permalink

        Jgn singgung dgn istilah riba,nyimpan duit d bank bkn riba??cb tlp atau email ke kredivo bs atau tdk d rubah jd cicilan 1x kl tdk bs ya legowo sj byr tiap hari sj krn kl byr sekaligus (cicilan/bulan x 12 )rada ribet kl tp kl tiap hari di byr slm 12 hari akan terbaca sm sistim,setiap perusahaan mempunyai sistim yg berbeda jd mau tdk mau hrs menyesuaikan diri kl kita tdk mau ya jgn jd langganan/member,stlh lunas ya tutup sj kredivo biar tdk terjd lg,sukses selalu šŸ™ā˜•ļø

  • 2 Maret 2023 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Sebagai user kredivo sejak 2021 dan sudah berulang kali baca semua dokumen kredivo, sepertinya ada info yg bs sy hint. Secara sederhana, kredivo akan memilihkan tenor 12 bulan utk transaksi di atas 500rb.

    Banyak fitur kredivo yang bagus2, tp peraturannya tricky. Contoh kaya di flexi card, dimana pemilihan tenor utk transaksi d atas 500rb hanya d beri waktu 5 menit saja. Jika lebih dr 5 menit, maka transaksi akan masuk ke tenor 12 bulan. Jadi kita sebagai user, bener2 harus ekstra teliti sebenernya. Sebelumnya turut prihatin om, itu tagihan bs d bayar lebih awal. Tp setelah lunas, jgn d pakai limitnya selama beberapa waktu dan dalam masa cool down. Tjuannya agar akun tidak dibekukan

    Maaf jika belepotan nulisnya, smg membantu

    • 2 Maret 2023 - (22:08 WIB)
      Permalink

      Hehe terima kasih mas atas saran/masukkannya. Aneh juga yah bikin aturan di dokumennya wkwk. Seharusnya algoritma suggest pengisian field otomatis itu digunakan agar memudahkan user untuk mengisi field2 yang dibutuhkan, eh ini malah tricky dan bisa merugikan usernya sendiri

      • 2 Maret 2023 - (22:34 WIB)
        Permalink

        Seharusnya sih begitu nggih. Ntahlah, apakah memang disengaja atau memang belum sempurna dan butuh peningkatan dimasa mendatang.

        Selain hal tenor, banyak yg tricky sebenernya. Dalam dokumennya, kredivo mengatakan kalau komunikasi antara kredivo dengan user hanya melalui telfon, email, dan live chat aplikasi dan tidak menggunakan whatsapp. Tapi, di point lain menyebutkan komunikasi hanya melalui akun whatsapp resmi kredivo. Tentu itu juga tricky, terkhusus bagi user yang awam. Tak ayal banyak kasus penipuan melalui whatsapp yang mengaku ngaku sbg akun resmi kredivo.

        Case yg situ alami juga mengingatkan sy agar lebih berhati-hati dlm menggunakan aplikasi ini, ty sharingnya om

  • 3 Maret 2023 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Hampir semua pinjol kalo transaksi 500rb-an diarahkan 12bulan.. BRI Ceria misalnya transaksi 112rb yg muncul hanya 1 bulan.. 200-300rb biasanya 3 bulan muncul.. Karena biasa belanja 200rban yg suggestnya 1bulan.. Begitu 500rb sudah maka sudah memenuhi syarat untuk 12bulan maka secara otomatis menawarkan 12bulan (kalo mau) dan biasanya sblm checkout walaupun suggestnya 12bulan bs kok dirubah jd 1 bulan 3bulan dll
    Semoga membantu

  • 3 Maret 2023 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Sudah salah kurang teliti tapi malah nyolot. Udah bayar saja dan hapus itu aplikasi. Terus kamu buat aplikasi sendiri yang bagus ntar aku download. šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£

    1
    2
  • 3 Maret 2023 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga merasakan hal yg kurang baik dengan kredivo karena akun saya di retas dan data saya berubah tanpa pemberitahuan sehingga trjadi teransaksi yg tidak saya lakukan

    • 4 Maret 2023 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Maksudnya Teretas ini bagaimana ya? Setahu saya kalau login di perangkat baru harus konfirmasi OTP. Apakah Anda memberikan OTP?

  • 4 Maret 2023 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Untuk transaksi di atas 500k memang suggestnya pasti installment bukan pay in 30 days Kak. Lain kali mohon perhatikan sebelum klik-klik. Karena ini murni kesalahan pengguna bukan sistem. Kalau sudah begini ga bisa diubah biasanya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Sistem “Suggestion” Tenor Cicilan Kredivo Tidak Sesuai denā€¦

oleh Kevin dibaca dalam: 1 menit
23