Komplain Administrasi Fee CIMB Niaga

Terima kasih sebelumnya atas diterbitkannya surat ini oleh Media Konsumen.

Jadi saya ada tagihan 556.444, ketika akan saya bayar ternyata ada tambahan RP30.000 lagi, keterangannya Administration Fee. Bingung saya, ini biaya apa? Okelah saya bayar dulu, lalu saya tanyakan ke pihak CIMB Niaga di twitter, ini biaya apa.

Ternyata ini biaya pengiriman surat pemberitahuan tagihan manual yang dikirim oleh kurir, dengan biaya Rp30.000, yang dibebankan ke konsumen. Padahal dari awal pengajuan, saat saya terima kartu kredit pun tidak ada penjelasan di lembar rincian.

Saya akhirnya cek di website CIMB Niaga, dan ternyata mereka secara default menggunakan tagihan manual yang dikirimkan oleh kurir, yang biayanya dibebankan ke konsumen.

Saya protes, malah dijawab apa bapak tidak mendaftarkan email? Lah kan saat mengajukan kartu kredit saya sudah memberikan email saya. Akhirnya disuruh telepon ke customer service, yang akhirnya harus menggunakan pulsa.

Saran saya, buat yang mau urusan sama CIMB Niaga, mendingan pikir ulang, mendingan pakai bank lain aja, ini bank banyak jebakannya.

Teddy Kusumawirawan
Malang Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Teddy Kusumawirawan

No. 017/CCG/MBCX/III/2023 24 Maret 2023 Kepada Yth. Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Teddy Kusumawirawan...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Komplain Administrasi Fee CIMB Niaga

  • 3 Maret 2023 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Biaya cetak lembar tagihan memang segitu. Bank lain juga mengenakan biaya yang sama. Kalau tidak mau dicetak dan kena biaya, tinggal hubungi customer servicenya.

    • 3 Maret 2023 - (19:40 WIB)
      Permalink

      saya punya kartu kredit dari bbrp bank. semua via email dan tidak ada biaya untuk penagihan lewat kurir. kecuali kita request untuk dikirimkan ke alamat

      1
      1
      • 3 Maret 2023 - (19:56 WIB)
        Permalink

        Ketika kamu apply, bisa saja tanpa sadar menceklis pengiriman tagihan ke rumah.

        Itu adalah hal yang biasa. Tinggal telepon CS untuk menghentikannya. Tidak perlu sampai buat surat pembaca segala.

        3
        1
        • 4 Maret 2023 - (02:52 WIB)
          Permalink

          ini pasti pas apply CC ada ceklis pengiriman fisik statementnya. jadi kena biaya, n kok lucu ya request rubah pengiriman statement lewat twitter. kenapa ga langsung telp aja atau datang ke kantor cabang.

    • 4 Maret 2023 - (06:33 WIB)
      Permalink

      Datang langsung ke CS cabang bank niaga terdekat aja, ato klo gak mau ribet hub marketing cc yg anda kenal ..
      Simpel kok, gak usah dibikin ribet

  • 3 Maret 2023 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Selama ini saya terima billing selalu lewat email, bisa juga cek lewat Octo Mobile, atau Octo Clicks. Tapi memang itu harus segera diurus (di Octo Clicks seingat saya ada pilihan untuk memasukkan/mengganti email tapi nggak tahu kalo di Octo Mobile), 30 rb bukan duit kecil sih menurut saya, bisa buat beli telor sekilo.

  • 4 Maret 2023 - (01:28 WIB)
    Permalink

    Gaya elit ekonomi sulit, perkara uang 30rb pdhl utk keperluan kartu sendiri masih komplain. Kalo miskin gak usah di paksain bergaya dg kartu kredit, hidup seadanyan bergaya semampu dompet saja.

    7
    2
  • 4 Maret 2023 - (02:43 WIB)
    Permalink

    Oalah pak pak biaya cetak billing sampe rumah memang segitu, skrg banyak bank sudah menerapkan kebijakan tagihan via email. masih ada pengiriman tagihan pake kertas .Jangan samakan dengan semua bank kebijakan masing masing , memang anda tulis email tapi tidak serta merta bank akan approve tagihan anda via email. Pasti bank akan make sure pengiriman tagihan via email. Simpel kok tinggal telp daftarkan email dan minta tagihan kirim email , selesai. Gak perlu ke MK. Kalo anda cuma DM lama prosesnya tinggal call cs kelar masalah.

  • 4 Maret 2023 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Anggap saja pelajaran pak 30rb hanya sekali ini jangan dibikin ribet, sy pun juga beberapa kali apply kartu baru ada billing cetak yg dikirim kerumah gak pake lama langsung telpon cs minta kirim ke email. Kalau dirasa berat ya tutup aja jangan pake kartu kredit lagi nanti ada biaya ini itu yang lain malah rempong sendiri.

    • 5 Maret 2023 - (08:01 WIB)
      Permalink

      10 tahun lebih saya pakai bank ini tidak pernah dijebak. Semuanya lancar dan menurut saya fasilitas internet dan mobile banking nya terbaik. Numpang nulis Opini pribadi

  • 4 Maret 2023 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Kyknya smua bank gtu dah, kalo untuk pengiriman kartu.. tapi klo mau cepet mending langsung dateng ke bank, mungkin aja bisa diproses langsung

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Komplain Administrasi Fee CIMB Niaga

oleh Teddy dibaca dalam: 1 menit
17