“Jebakan Batman” Dinomarket

Pada hari Minggu tanggal 26 Februari 2023, saya membaca katalog vacuum cleaner merk Samsung di dinomarket.com, yang ada di aplikasi Atome. Di situ tertulis jelas bahwa dayanya adalah 360 Watt, sampai 2 kali dituliskan. Hal ini membuat saya tergerak ingin membelinya. Singkat kata terjadi transaksi.

Namun, alangkah kagetnya saya, setelah saya cek ulang ke Samsung.com, tertulis daya max 1.800 watt. Hari itu juga langsung saya hubungi Dinomarket melalui chat WA untuk membatalkan pesanan tersebut. Karena hari itu hari  Minggu, maka hari Senin saya baru mendapat respons.

Petugas merespons dengan baik, seolah-olah keinginan membatalkan pesanan saya akan dikabulkan. Petugas tersebut meminta data ID Pesanan. Saya menyertakan laman Dinomarket yang memuat informasi daya yang 360 watt dan laman Samsung yang memuat informasi daya 1.800 watt. Tanggapan dari Dinomarket hanyalah “Baik sebentar Bu.”

Namun,  ketika hari ini, Kamis, 2 Maret 2023 saya menanyakan kelanjutan pembatalan pesanan saya, ternyata dijawab tidak bisa, dengan alasan sudah diverifikasi. Aduuuhhh saya terkena jebakan Batman yang ditulis oleh Dinomarket. Saya masih berpikir mungkin benar Daya 360 Watt setelah petugas berargumentasi dimensi yang di laman Dinomarket dengan yang di Samsung berbeda. Namun, ketika barang tersebut tiba di rumah, ternyata ayanya adalah 1.800 watt.

Mengapa Dinomarket seperti ini? Terus terang saya merasa tertipu dan dipermainkan. Tertipu dengan spesifikasi yang tertulis di laman Dinomarket.  Merasa dipermainkan, karena petugas tidak dari awal menyatakan bahwa barang yang dibeli tidak bisa dikembalikan.

Di atas adalah screenshot saya dengan petugas Dinomarket. Saya merasa sedih dan kecewa. Jadi, para konsumen Dinomarket,  harap membaca teliti spesifikasi yang tertulis di laman Dinomarket, ada jebakan batman-nya.

Raden Karunia Swandarini
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk ““Jebakan Batman” Dinomarket

  • 6 Maret 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Deskripsi produk di e-commerce biasanya copas dan hanya bagian tertentu yang diubah. Mungkin saja bagian konsumsi daya belum di modifikasi, apalagi tertera sampai 2x mengindikasikan sedari awal sudah disadari namun kemudian terlewatkan.

    Hikmah yang bisa diambil pembaca adalah jangan 100% berpatokan pada deskripsi produk kecuali dari website resmi. Riset adalah komponen penting sebelum mengambil keputusan akhir untuk membeli. Semoga pihak Dino bersedia membatalkan transaksi setelah membaca ini. Jika tidak, maka barang bisa digunakan sebagai hadiah atau dijual kembali apabila dalam pemakaian bikin listrik njeplak melulu. ?

    16
    1
  • 6 Maret 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya cek dulu di laman resmi produk yg ingin dibeli sebelum checkout pesanan. Karena biasanya deskripsi yg tertera di e-commerce itu menyesatkan walaupun sudah memastikan kpd seller.

    9
    1
      • 7 Maret 2023 - (05:55 WIB)
        Permalink

        Dulu pernah sekali belanja di dinomarket, ya kasusnya mirip seperti ini apa yg dijual tidak sesuai, alhasil sampai sekarang masih kapok belanja disitu

  • 6 Maret 2023 - (15:36 WIB)
    Permalink

    mungkin bisa di teliti lagi, apakah maksudnya daya terendahnya adalah 360 dan max nya di 1800?
    bukannya vacuum biasanya ada 2-3 pilihan power nya?

    11
  • 6 Maret 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Artinya berjualan dengan cara menipu,tdk bisa dibatalkan artinya pemaksaan.
    Hati² dg yg spt ini

    • 7 Maret 2023 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Saya masih dihubungi Dinomarket, katanya mereka sudah konfirmasi ke pihak Samsung, katanya bisa dipakai meskipun tertulis 1800 watt di Samsung dan di kotaknya. Tapi, sepengetahuan saya, jika Daya rumah 900 gak bisa menggunakan alat elektronik lebih dari daya tsb. Saya lihat dari quora katanya gitu. Bisa-bisa listriknya rusak…

      • 8 Maret 2023 - (18:12 WIB)
        Permalink

        Intinya ttp nggak bisa di pakai bu,walau harus matikan dlu semua alat listrik saat vakum konsisten hidup akhirnya listrik ibu dikit dikit jepret trus,paling lama hidup 5mnit langsung jepret.

  • 6 Maret 2023 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Lain kali pembeli harus benar2 teliti sebelum membeli, apalg itu merek samsung kan alangkah baiknya dicek dlu.

    2
    3
  • 7 Maret 2023 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Dalam islam, jika salah satu dari pembeli atau penjual tidak puas, maka tidak ada berkah didalamnya. Ya tau sendiri lah ya, apa yang ditanam itu yang dipetik. Sudah tau kan pembeli adalah raja, ketika tidak dilayani dengan kepuasan, saya rasa tidak akan pernah lagi pembeli itu kembali.

    3
    2
  • 7 Maret 2023 - (07:33 WIB)
    Permalink

    sepertinya itu daya maksimal pada tarikan awal, rasanya ga mungkin cuma penghisap debu sampe 1800 watt. ya paling normalnya 300an watt.

    • 8 Maret 2023 - (17:55 WIB)
      Permalink

      Berarti jika itu tarikan awal, bakal langsung jegleg dong, kan rumah saya hanya 900 watt…

      • 8 Maret 2023 - (18:15 WIB)
        Permalink

        Tarikan awal mungkin 300an,tp semakin lama akan meningkat,mnding klo bisa di tukarkan yg speknya sesuai dgn listrik ibu,setidaknya buang duit tp masih bisa pakai,walau di hati jengkel..wkwwkwkwk??

  • 7 Maret 2023 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Mau gimana pun menulis deskripsi yg salah/menyesatkan harus bisa diretur dalam hal ini penjual yg salah karna lalai dalam memasang deskripsi produk, lain kali beli di MP lain aja yg lbh bisa dipercaya.

  • 7 Maret 2023 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Dimana mana vacum cleaner ditulisnya gitu. Itu daya minimal, klo maksimal ya 1800w. Seharusnya bersyukur dapet watt gede, krn makin tinggi wat makin kuat daya hisab. 4 bln lalu gw beli vacum cleaner Samsung model terbaru tp bkn yg casan & dirumah mertua meteran 450w. Gw set paling kecil, egk pernah jeglek. Krn siapa tau nanti buat rumah sendiri meteran make yg 2300. Intinya utk TS hrs bersukur, makin tinggi wat makin bagus.

    • 8 Maret 2023 - (17:49 WIB)
      Permalink

      Wahhh, begitu ya? Meteran 450 watt bisa untuk daya 1800 watt? Dapat ilmu baru nih, soalnya setahu saya, jika watt rumah kecil, maka jika pakai electronic yang wattnya gede akan merusak alat electronic dan juga gak kan kuat watt rumahnya…

      • 8 Maret 2023 - (18:07 WIB)
        Permalink

        Sepertinya pendapat @Rossy perlu dipertimbangkan mbak. Dicoba dulu, cek buku manualnya, biasanya tertulis. Ada level putaran mesinnya. Pilih putaran yang rendah (biasanya daya isapnya lebih kecil dibanding level diatasnya). Pengalaman saya di vacuum Electrolux seperti itu (rasanya cara kerja semua mesin vacuum hampir sama). Di screenshot dari Samsungdotcom nya juga tercantum “Max Consumption Power” bukan “Consumption Power”. Kalau memang info @Rossy benar, berarti lumayan mbak, power max nya tinggi tapi harganya berkisar 1,3 jutaan (harga Samsung lumayan bersaing).

      • 8 Maret 2023 - (18:23 WIB)
        Permalink

        Sy listrik 900 pakai vacum merk Krxxbxxw daya 1800..bisa hidup tp 5 mnit jepret dan mcb hangat..sdh 2 kali ganti mcb..klo daya 450 pakai yg daya 1800 memang start awal 300..klo bisa konsisten hidup..sungguh aneh listriknya..tp klo ada pengaturan dialatnya sendiri untuk pemilihan daya,yah mungkin sj bisa..soalnya sy 2 vakum merk Krxxbxw dan Exxkxxtxrxlux nggak ada pemilihan dayanya..klo ada yg jual merk apa ya,soalnya sy buat salon mobil.bisa di inpokan??

        • 8 Maret 2023 - (18:44 WIB)
          Permalink

          Silahkan Cek langsung di website Electrolux dan diskusikan dengan CS nya. Tombol yang ada diperangkat tidak menginformasikan pemakaian Watt listrik, tapi menunjukkan level Low atau High (kalau memang cuma ada 2 level). Level ini sebagai info daya isapnya (info buat pengguna). Pilihan Daya isap ini sebetulnya dipengaruhi putaran mesin yang otomatis berpengaruh ke daya konsumsi listrik. Spesifikasi Vacuum biasanya menyebut Daya Maksimum. Bahkan di Situs Electrolux, untuk tipe portable, dicantumkan daya minimal dan daya Maksimal (misalnya: Daya: 18 W, Daya maksimum: 130 W).
          Jangkauan Daya Maksimal ini mempengaruhi harganya (salah satu faktor). Makin tinggi jangkauannya, tentu makin mahal. ??

      • 8 Maret 2023 - (19:08 WIB)
        Permalink

        450 wat utk daya 1800 wat, kok kaget mbk. Mau daya 1 juta wat pun akan kuat selama di buku manual ada petunjuk daya minimal 380 wat & mbknya set ke mentok paling kecil. Samsung saya harganya 2 jutaan, model terbaru, wat maksimal 1800 wat & wat terendah 380 wat. Jadi saya tdk pernah macem² naikin tombol alias ttp mentok di paling kiri

          • 9 Maret 2023 - (09:25 WIB)
            Permalink

            Saya liat² di YouTube model kyk punya mbk. Kyknya emng egk bisa, soalnya egk ada pengaturan ngecilin & besarin daya hisab. Klo Samsung punya saya tipe Canister VC15K4110VR bisa diatur, mau yg wat kecil 380wat sampe yg terbesar 1800wat.

  • 7 Maret 2023 - (23:01 WIB)
    Permalink

    Deskripsi barang wajib benar coyy
    Gimana klo tulisannya kurang angka ‘nol’ jadi 36 watt. Tambah kusut lagi itu

 Apa Komentar Anda mengenai Dinomarket?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

“Jebakan Batman” Dinomarket

oleh Karunia Swandarini dibaca dalam: 1 menit
30