Nomor Saya Tidak Bisa Kirim SMS, Sudah Berkali-kali Lapor tapi Belum Ada Solusi

Saya Bayu, pengguna Telkomsel dengan nomor 0812-****-**729. Saya keluhkan tidak bisa kirim SMS sejak 9 Februari 2023 dan belum terselesaikan sampai saat ini. Kronologinya, saya tidak bisa kirim SMS, tapi SMS masuk, telepon masuk, dan telepon keluar bisa dan ini hanya terjadi di nomor saya. Saya sudah coba pastikan dengan mencoba SMS menggunakan nomor yang lain, di HP yang sama, ternyata bisa. Ketika saya coba SMS kembali menggunakan nomor saya sendiri, SMS gagal.

Saya telepon CS Telkomsel pada tanggal 9 Februari 2023, disarankan untuk setting pusat pesan ke +6281100000 lalu saya restart HP. Namun masih belum bisa. Saya telepon kembali dan dibuatkan keluhan di nomor tiket: 1-GQPL3KN. Pada tanggal 10 Februari 2023, saya mendapat notifikasi bahwa sudah diselesaikan. Saya mencoba SMS kembali, tapi masih dengan kendala yang sama.

Karena masih belum bisa, saya telepon kembali dan dibuatkan tiket: 1-GQRB170. Tanggal 14 Februari 2023, saya mendapat SMS notifikasi, bahwa sudah diselesaikan. Namun lagi-lagi, saya coba SMS kembali, masih belum bisa SMS. Saya telepon lagi pada 14 Februari 2023, saya jelaskan sekali lagi keluhan saya kepada CS yang menerima telepon saya saat itu. Saya diberi pelaporan baru: 1-GRM3RDP.

 

Setiap kali saya telepon, saya dijanjikan 3 hari atau 72 jam dan saya selalu coba SMS secara berkala ke nomor HP saya sendiri. Saya juga berkala email ke cs@telkomsel.com dan telepon 188, tapi jawabannya selalu tidak memuaskan.

Saya merasa keluhan saya tidak terproses dengan baik. Saya benar-benar kecewa ketika saya email menanyakan pelaporan saya via email, tapi jawaban CS-nya tidak sesuai dengan apa yang saya keluhkan selama ini. Keluhan saya adalah tentang tidak bisa kirim SMS, tapi jawaban CS adalah tentang keluhan sinyal tidak stabil. Saya kemudian telepon kembali pada 8 Maret 2023 dan ketika telepon berakhir, saya malah dapat SMS notifikasi bahwa keluhan sudah diselesaikan sedangkan ketika telepon berlangsung, CS menginformasikan bahwa akan dibantu percepatan dan eskalasi kembali.

Email balasan CS Telkomsel yang tidak sesuai dengan keluhan saya

Saya mohon dari pihak Telkomsel untuk memproses keluhan saya dengan semestinya. Saya mohon agar keluhan tidak bisa kirim SMS ini segera bisa teratasi. Mohon agar pihak Telkomsel menghubungi saya ke nomor saya tersebut, sebagai bentuk konfirmasi bahwa keluhan saya benar-benar terproses dan sudah diselesaikan.

Terima kasih. Regards,

Bayu Kusuma
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Nomor Saya Tidak Bisa Kirim SMS, Sudah Berkali-kali Lapor tapi Belum Ada Solusi

  • 10 Maret 2023 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Ada baiknya kartu tersebut juga dicoba di ponsel lain. Jika masalahnya idem ditto, berarti fix kartunya yang bermasalah. Jika normal, baseband ponsel anda untuk messaging mungkin tidak memenuhi persyaratan TKDN.

    Nggak ingin dicoba ke GraPARI untuk membuat (baca: kloning) kartu SIM lama tapi baru? Bisa jadi kartu yang dipakai saat ini ada cacatnya di bagian pelat kuningan.

    • 10 Maret 2023 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Terima kasih advice-nya, Pak Teguh. Nomor sudah saya coba ke HP lain tapi kendalanya juga masih sama

      Saya juga sudah confirm ke CS ketika telepon bahwa saya bersedia ganti SIM asal tetap menggunakan nomor yang lama. Tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Telkomsel.

      Saya ingin ke Grapari tapi khawatir juga tidak terselesaikan, mengingat waktu dan jarak tempuh yang saya lalui. Seharusnya, bila memang saya harus kloning ke Grapari, pihak Telkomsel bisa konfirmasi baik via email atau apapun. Tapi nyatanya tiket hanya di closed dan kendalanya masih sama.

      Saya juga agak sangsi mengenai plat/kuningan SIM, karena untuk SMS masuk, telepon kelur-masuk semuanya lancar dan untuk internet pun lancar. Dari CS pun belum bisa memastikan hal tersebut karena di telepon mereka bilang semua sudah di reset system dan aktif tidak ada kendala.

      • 13 Maret 2023 - (19:19 WIB)
        Permalink

        Punyaku ga bisa dipake SMS di Luar Negri,cuma buat tlpn aja,,sebab ku off dattanya,Sms pake Pulsa sulit,gagal terus,kta Grapari bisa sih,,

  • 11 Maret 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Owalah tak pikir nomerku tox sing ra bsa krm SMS tahune jga ada toh, sama kasuse mas Telkomsel kdng bisa kdng nga bisa sampe skrg sma kdng bsa kdng nga bsa ganti HP sama wae wegah ribet tak jarno

  • 11 Maret 2023 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Noemre istriku jg. Cek pulsa ga bs. Isi pulsa gak bisa masuk. Terima sms bisa kirim sms g ada pulsa. Cm bisa isi kuota. Sy pikir ada mslh di chip. Entahlah nyerah

  • 11 Maret 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalami pak kartu telkomsel juga, kalo saya curiga ada kata² yang di filter/di blok dari telkomsel.. kebetulan kartu buat kirim sms laporan pengisian pulsa ke member, sementara yg saya coba ubah spt kata “Sukses jadi sks, Saldo jadi sld, otp jadi kode” dll
    setelah kata² ada yang di rubah Alhamdulillah bisa terkirim sms nya..
    Barang kali kasusnya sama, coba bapak utak atik isi kata² sms nya..
    Mudah²an membantu..

    • 11 Maret 2023 - (13:14 WIB)
      Permalink

      Terima kasih, Kak Jil
      Saya coba sms dengan kata “Tes” ke nomor saya sendiri maupun ke nomor orang lain, tetap tidak bisa.
      Saya coba SMS “Flash infov2” ke 3636 (untuk check kuota) juga tidak terkirim
      Kalau case saya sepertinya bukan karena kata yang difilter/di-block oleh pihak Telkomsel

    • 13 Maret 2023 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Solusinya adalah datang ke gerai telkomsel, bilang ke cs kartu rusak nanti akan dibuatkan kartu baru di nomor yang sama, gratis.

  • 11 Maret 2023 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Hari ini saya check aplikasi myTelkomsel. Tiket saya: 1-GRM3RDP tiba-tina di-force close kemarin, 10/03/2023 pukul 15:59 dan saya tidak bisa “reopen tiket”. Pukul 23:20, ada tiket baru yang dibuat: 1-GWBGOP7.

    Saya telepon CS pagi tadi tanya hal tersebut dan kata CS, tanggal 8 Maret sudah ada log SMS berhasil dan lagi-lagi sesuai yang saya alami, belum pernah ada SMS yang berhasil satu pun sejak keluhan saya pertama kali.

    • 17 Maret 2023 - (12:05 WIB)
      Permalink

      Permainan yang sengaja di buat oleh programer IT di Telkomsel. Setelah membuat laporan di 188, pasti ada panggilan dari 188 mengatas namakan dari complain handling, menjelaskan bahwa masalah sedang di tangani. Tapi tidak lama kemudian, ada SMS berisikan bahwa maslah telah di close, dan di beri waktu 12 jam untuk mereply. Dan anehnya saat mereply link terkait, link tersebut tidak dapat di hubungi. System sengaja dibuat begini oleh bagian programer IT telkomsel, agar tercatat bahwa mereka telah menyelesaikan satu lagi masalah dari kustomer, dan itu tercatat disystem sebagai hasil yang baik dari bagian komplain handling, yaitu menangani keluhan pelanggan kurang dari waktu standard 3 x 24 jam. Ini bobroknya layanan dari Telkomsel. Sudah bukan rahasia umum. Kalo Mentri BUMN baca, tolong deh tuh rombak kabinet yang ada di Telkomsel.

  • 12 Maret 2023 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Daripada capek lapor ke CS tapi di PHP terus, mending langsung ke GraPARI biar langsung tes di tempat dan dibantu CS. Kalau SIM fisik yg bermasalah bisa langsung diganti SIM baru dengan nomor lama. Coba juga pindahkan SIM Card ke HP Mono (bukan android) untuk tes kirim SMS karena kadang settingan HP android atau aplikasi berkirim pesan di HP juga bisa jd biang keroknya.

  • 12 Maret 2023 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Kalau punya saya malah tidak bisa ditelepon dan disms dari nomer Indosat, udah telepon CS juga katanya normal, entah kendalanya dimana…, Paling solusinya ya ke GraPARI.

  • 13 Maret 2023 - (13:24 WIB)
    Permalink

    sms center nya sudah dicek +6281100000 ?
    takutnya pake sms center operator lain jd gagal dlm mengirim sms

  • 13 Maret 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Langsung ke grapari aja, sebelomnya rusakin dl aja kunibgannya jadi bisa langsung ganti tanpa perlu jelasin beginibbegitu, bilabg aja kartu rusak jatoh ke aspal kelindes mobil

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Nomor Saya Tidak Bisa Kirim SMS, Sudah Berkali-kali Lapor tapi Belum A…

oleh Bayu dibaca dalam: 1 menit
15