Permohonan Keringanan Pelunasan/Restrukturisasi Pembayaran CC Bank Mega

Selamat malam para pembaca artikel media konsumen dan Ysh Bank Mega.

Perkenalan saya dengan Arif W. Adalah nasabah CC Bank Mega dengan nomor 4312 2600 5066 53** yang bergabung menjadi nasabah semenjak tahun 2016.

Sehubungan dengan kondisi pandemi 3 tahun belakangan ini menjadi goyang dan berimbas pula kepada kondisi keuangan saya. Bersama ini saya sampai kesulitan membayar tagihan CC Mega saya yang pada bulan Juli 2022 lalu saya pernah mengajukan restrukturisasi yang pertama dan baru berjalan 2 bulan saya sudah putus di tengah jalan.

Kemudian seminggu belakang yang lalu saya dihubungi oleh pihak yang mengatasnamakan dari Bank Mega. Mereka sempat telepon ke tempat istri bekerja pula mengenai tagihan ini dan sempat pula dipanggil oleh pihak HRD. Dan pada akhirnya hari Jumat kemarin 17-03-2023 saya datang ke Mega Card Centre yang di Kuningan dan alhasil saya diberi waktu yang sangat singkat untuk melunasi dari limit 50 sampai dengan 30 dalam waktu singkat.

Saya sangat mohon kebijaksanaan dan keluasan hati Bank Mega agar saya dapat mengangsur tagihan pelunasan dalam tempo maksimal 3 bulan untuk melunasi di angka 30 tersebut dikarenakan saya untuk mencari uang dalam waktu singkat sangat sulit pada saat ini.

Mohon bantuan untuk dapat memberikan win-win solution dan saran-saran mengenai permasalahan yang saya hadapi ini. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bank Mega dan pembaca Media Konsumen yang sudah membaca artikel ini.

Salam,

Arif W.
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:35    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan perihal “Permohonan Keringanan Pelunasan/Restrukturisasi Pembayaran CC Bank Mega”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Arif W yang disampaikan di mediakonsumen.com pada Hari Senin Tanggal 20 Maret...
Baca Selengkapnya

30 komentar untuk “Permohonan Keringanan Pelunasan/Restrukturisasi Pembayaran CC Bank Mega

  • 20 Maret 2023 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Halo Pak Arif. Saya juga pernah di posisi Bapak hanya saja untuk nominal berbeda. Sebenarnya bisa di diskusikan kembali pak melalui call center bank mega agar dapat disambungkan ke bagian recovery untuk pelunasan tagihan cc bank mega. Semoga memberikan solusi ya pak

  • 20 Maret 2023 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Saya doakan penulis diberi kemudahan, kelancaran dan bisa keluar dari mslh yg sedang dihadapi. Amin YRA

    15
    • 20 Maret 2023 - (23:41 WIB)
      Permalink

      Halo pak Arif..saya juga pernah di posisi anda.total tagihan saya saat itu kurang lebih 48jt.saya pun hampir tiap jam kantor di tlpn SM DC Bank mega.saya langsung datangin kantor bank Mega yg di RS Aini setia Budi..saya pun sempat caci maki SM yg saya temui.. singkat nya.saya minta 15 persen dari tagihan sy yg saya sanggup kan untuk saya bayar dengan cara sy cicil selama 10 bulan..mereka pun saat itu tidak mau.tp saya tetap pertahankan niat baik saya untuk melunasi nya.alhamdullilah akhirnya mereka pun setuju untuk saya cicil selama 10 bln.. Alhamdulillah pun saat ini sudah selesai.saya sudah dapat surat pelunasan dari bank Mega nya.. semoga bermanfaat ada jalan baik nya.

      4
      3
      • 21 Maret 2023 - (08:12 WIB)
        Permalink

        Nah itu dpt kunci jawaban dari pak @Johannes. Hutang nya hampir sama. Byr 15% cicil 10 kali.

        Saran saya pak Arif, jgn buat keputusan/penawaran saat kondisi sedang panik. Keputusan saat panik seringkali tdk rasional dan merugikan diri kita sendiri. Pikirkan dgn matang baru buat keputusan spt contoh anda mengajukan restrukturisasi tapi akhirnya anda hanya mampu byr 2 kali.

        Melihat tulisan anda saya bisa membaca kondisi psikologis anda saat ini, begitu juga dgn pihak lawan, mereka mampu membaca kondisi mental anda saat ini.
        Saran saya negosiasi dgn dc2 itu tdk perlu menggunakan kosa kata maaf, tolong, mohon, bantu. Mereka punya logika berpikir yg terbalik, semakin anda sopan dan minta tolong, maka semakin mereka ngelunjak dan menekan anda karena yg ada dipikiran mereka anda sedang ketakutan. Tdk perlu posisikan diri anda bersalah, atau diri anda di bwh mereka, tidak, posisi anda setara dgn mereka, lakukan negosiasi dgn alot sesuai kemampuan anda. Gagal negosiasi di kandang mereka ? Tdk perlu khawatir, bawa mereka negosiasi di pengadilan, disana ada Hakim mediator yg handal2, gagal mediasi di pengadilan ? Ga mslh, ajak mereka masuk pada pokok perkara. Ada 1001 cara. Inti nya hutang memang hrs dibyr walaupun tdk skrg dan tdk segitu. Hanya saja kita tdk bole diperlakukan seperti hewan yg dibentak2, diteror, dipermalukan di dpn umum, dilecehkan harkat dan martabat kita.

        Semoga Pak Arif diberi kelancaran dan rejeki utk bisa melunasi hutang nya.

        16
      • 28 Juni 2023 - (09:14 WIB)
        Permalink

        Maaf Pak @johannes klo kita ga dtg ke bank mega cm telp ke Cs apa bisa ya minta keringanan dg cara dicicil??

  • 20 Maret 2023 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Sudah pernah diberikan restrukturisasi tapi anda hanya memenuhi komitmen selama 2 bulan, berarti anda tidak dapat dipercaya untuk program restrukturisasi lagi.
    Solusinya : Jual Aset untuk melunasi seluruh tagihan.

    6
    16
  • 21 Maret 2023 - (09:06 WIB)
    Permalink

    1. Jangan panik dulu
    2. Para penagih sudah berbuat kesalahan dengan menagih kekantor. Tidak ada alasan pembenar utk hal itu. Itu melanggar aturan, kalo anda berani bawa ke jalur hukum mereka bakalan ciut. Apalagi anda berniat membayar sampai 60% dari hutang.
    3. Tetap sabar, sebaiknya perbanyak percakapan dgn pihak bank dan DC melalui WA, atau rekam setiap pembicaraan anda, bahkan supaya itu menjadi bukti kuat, tekankan dari awal bahwa anda merekam pembicaraan ini sebagai bukti.
    4. Tunjukkan niat baik dan bukti niat baik anda kepada pihak2 lain, seperti kantor bahwa anda sungguh berniat menyelesaikan urusan ini secepatnya dengan baik.
    5. Tegaskan kepada bank dan DC terutama pihak bank, apabila mereka terus mengganggu kantor anda & istri, anda akan menghentikan negoisasi & akan mengambil langkah hukum.
    6. Tetap sabar, anda memang berutang dan sdh salah tdk komitmen bahkan ketika sdh direstrukturisasi… Tapi ketahuilah bank itu juga butuh penyelesaian masalah ini juga. Jadi anda dan bank sama2 butuh.
    7. Saran saya lebih baik pilih penyelesaian langsung 1x bayar tapi minta diskon yg besar ketika anda sdh berniat menyelesaikan.
    Sekedar info, rata2 diskon cash 1x bayar itu diatas 50%, kisaran 60-80% tinggal pintar dan kuat2an negoisasi saja.

    Jangan lupa minta surat lunas resmi nanti pak.

    3
    2
  • 21 Maret 2023 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Membaca pengalaman bapak yg sudah gagal restrukturisasi, biasanya pihak bank tdk akan mau lagi memberikan keringanan pelunasan dalam bentuk cicilan
    Jalan satu2nya hanya pembayaran 1 kali payment. Sebaiknya bapak kembali negosiasi pelunasan dalam bentuk hutang pokok saja. Tanyakan nominalnya yg pasti..
    Solusinya bapak menjual aset kalo bapak cari pinjaman sana sini sama saja, keluar dari mulut buaya masuk ke mulut singa. Siklus hutang yg tak akan pernah selesai

  • 21 Maret 2023 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Halo min…kalo boleh saya kasi masukan..bagusnya kumpulkan dl Dana yang ada habis itu baru nego kan ke bank yg bersangkutan,pengalaman kemarin saya bisa di diskon Dari bank bisa sampai 70% tgal nego aja…kalau memang g bsa ya sudah…mereka pasti akan usahan bisa min,niat baik untuk membayar mereka tidak mungkin akan persulit. Terima kasih min

    • 21 Maret 2023 - (19:36 WIB)
      Permalink

      Benar banget ini. Bgs sekalian nego sekali byr daripada di cicil putus tengah jalan jd sia2, yg sudah pernah di byr dianggap hangus

      Hei Tim DC, kalian kasi kesempatan buat debitur kumpulin duit, jgn kalian teror terus, kalian permalukan mereka ditempat kerja sampe mereka di pecat. Kalau uda dipecat, kpn uang nya terkumpul. Tugas kalian tiap malam berdoa supaya debitur yg kalian pegang segera dpt rejeki yg byk spy bisa byr hutang, baru bonus kalian bisa cair . Mikirrrrr

  • 21 Maret 2023 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Selagi anda belum lunas, anda akan terus direcoki dan dipermalukan sama dc. Tenangkan pikiran terima resiko itu dulu , pikirkan untuk menormalkan ekonomi anda dulu baru jika sudah siap anda bisa bayar , jangan mengambil keputusan gali lobang tutup lobang atau jual aset tanpa melihat kedepannya. Dalam kridit macet nasabah mempu yai hak untuk negosiasi. Jangan nuruti kemauan satu pihak

  • 21 Maret 2023 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Program restrukturisasi sudah tidak ada seiring berakhirnya pandemi. Saran saya datangi kantor cabang terdekat. Sampaikan maksud dan tujuan anda ke bagian analis kredit. Ajukan permohonan agar semua utang pokok dan denda/bunga dijadikan cicilan panjang entah itu tenor 24 atau 36 bulan atau sesuai maksimum tenor yang dapat diberikan. Atau jika memungkinkan anda bisa memohon untuk penghapusan bunga dan denda. Siapa tahu bank memberikan keringanan asalkan anda ada niat untuk membayar serta lampirkan alasan jelas atas ketidaksanggupan anda dalam membayar penuh sehingga mengajukan cicilan.

  • 21 Maret 2023 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Tidak ada yg namanya win solusi buat bank yg satu ini. Bank sadis kudu di lawan Dengan cara yg sama pula. Persiapkan alat bukti yg dapat memenangkan nanti di pengadilan mas. Jgn takut. Di YouTube ada canel nya Ridwan Bali banyak membahas hal kayak gini

    • 28 Juni 2023 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Gmna mau ada solusi, sdh di kasih keringan yg pertama tp mogok di jalan. Baca isi keluhan ga anda?

      • 28 Juni 2023 - (10:21 WIB)
        Permalink

        Haha kau ini ga bisa ngasi solusi ya diem atau bantu dinas kebersihan nyapu di jalan. Jangan ngemeng aja. Ngemeng kalo punya solusi lu mamat

        • 28 Juni 2023 - (10:47 WIB)
          Permalink

          Berarti emg anda bo**h.
          Pihak bank jg ga mau kasih kesempatan kedua kalau yg pertama aj gagal.

  • 21 Maret 2023 - (23:57 WIB)
    Permalink

    Saran saya si jual aset, atau gadai aset. kecuali anda memang punya penghasilan. Mungkin anda bisa bargaining, tapi kalau tidak ada, sulit rasanya. Anyway semoga lekas selesai hutangnya ya

  • 23 Maret 2023 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Setelah lunas langsung tutup aja pak, asli dah jgn pake cc bukan riba ribaan cuman emang menjebak jadi keenakan tinggal gesek

    • 2 April 2023 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Mohon bantuannya pak arif, saya terjebak juga dengan charge late dan overlimit cc bank mega. Permohonan restruck tidak pernah ditanggapi, tagihan dr 5.4 dengan limit 6 jt sampai saat ini sampai 11jt. Bayar overlimit sendiri 350rb bgmn cicilan mau lunas. Ini knp bank mega memberatkan harisnya langsung diblock kalau sdh over, ini menjebak namanya. Mohon bantuannya pak, saya sdh tidak sanggup.

      • 21 Mei 2023 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Sekedar share mas.. Karena pernah diposisi yang sama,
        Saya mantan pengguna mega, alhamd baru 2 minggu kemarin di tutup
        Selama kurang lebih 2 tahun pandemi, cuma bisa bayar minimum payment, itu rasanya g enak banget,
        Soal over limit fee, bayar minimum payment dlu sampai angkanya dibawah limit kk kita, tagihan bulan berikutnya biaya over limit nya harusnya sudah hilang, setelah itu perbulannya bayar minimum payment sesuai tagihan, lama kelamaan hutang berkurang, itu secara teknis mengurangi hutang pokok, dan bunga keterlambatan sedikit demi sedikit, begitu ada rejeki, lunasin, dan tutup,
        Saya 2 tahun bayar minimum payment dari tagihan 8 jutaan, bayar minimum payment 200rb – 300rb an perbulan l, selama 2 tahun itu pasti ada biaya iuran tahunan juga, jadi harap maklum, tahun kedua masih sisa 4 jutaan, alhamd ada rejeki langsung saya lunasin, dan saya tutup 2 minggu kemarin,
        Pelajaran yang saya ambil lebih baik tidak punya kk, nanti kita keenakan,
        Alhamd setelah tutup cc mega ini merasa lebih tenang, tidak perlu cek email tagihan, tidak perlu hitung berapa tagihan bulan depan, dll
        Semoga sarannya membantu, dan cepat dapat solusi,

          • 30 Juni 2023 - (20:16 WIB)
            Permalink

            Alhamd belum pernah sampai terlambat, kalo minimum payment sering, over limit juga sudah pernah

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Permohonan Keringanan Pelunasan/Restrukturisasi Pembayaran CC Bank Meg…

oleh Arif dibaca dalam: 1 menit
30