Promosi SPBU BP-AKR, Serius Mau Kasih Hadiah?

Saat ini sedang gencar-gencarnya promosi BP-AKR berhadiah, setiap kelipatan pembelian BBM 5x akan mendapat gift sesuai ketentuan. Kebetulan saya pemakai BBM produk BP-AKR tersebut. Pada tanggal 31 Maret 2023, saya mengisi (untuk yang ke-5 kalinya di SPBU Ciangsana). Namun ternyata hadiahnya tidak tersedia!

Petugas menyarankan agar saya berkeliling ke SPBU BP-AKR yang lain (yang memiliki persediaan) untuk menukarkan hadiahnya. Apakah sampai segitunya saya harus berkeliling? Padahal SPBU Ciangsana tersebut baru saja diresmikan loh, yang berarti segalanya seharusnya masih komplit tersedia.

Petugas juga menginfokan bahwa masa expired penukaran adalah 3 hari sejak mengisi BBM! Waaw sesuatu banget! Konsumen (yang diharapkan loyal membeli ) “ditekan” dengan deadline yang pendek. Sedangkan kita semua tahu bahwa di Jakarta berlaku sistem ganjil-genap (yang berarti mobil tidak bisa setiap hari dipakai) ditambah kondisi full tank bensin membutuhkan 2-3 hari pemakaian agar “muat” diisi lagi sebanyak 25 liter (jumlah sesuai ketentuan promo).

Di tengah kebingungan saya, petugas memberi “solusi cerdas”. Dia berkata “Pak daripada 3 hari lagi voucher hadiah ini expired, di-redeem saja di sini, nanti saya kasih setruknya dan bapak kapan mengisi di SPBU BP mana saja, tinggal tukar saja hadiahnya”. Wah solusi yang baik ini, kata saya dalam hati (kebetulan saya baca ketentuannya juga demikian/hadiah bisa ditukar di mana saja),

Tanggal 04 April 2023, sepulang dari Tangerang saya mampir di SPBU BP di Karang Tengah. Maksudnya ingin mengisi BBM sekaligus menukarkan hadiah di atas. Ternyata saya ditolak! Manajer yang berwenang di sana (melalui operatornya), menyatakan bahwa saya tidak bisa mengambil hadiah seperti yang dipromosikan tersebut dan meminta saya memintanya di SPBU Ciangsana (tempat saya jatuh tempo mengisi 5 kali ).

Terbayang kan? Kapan lagi saya bisa ke sana jika tidak ada urusan? terus kenapa prosedur yang seharusnya mudah (sebelumnya si operator senyum-senyum waktu saya datang dan saya menanyakan hadiah untuk pengisian 5x dia bilang tersedia), ternyata tak semudah yang konsumen kira!

Dari sini bisa ditarik kesimpulan, konsumen dibiarkan sendiri dalam kebingungan dan berharap hadiah promo tersebut dengan probabilitas yang “kecil” serta bersifat untung-untungan. Karena jika bertemu dengan SPBU yang seperti di atas, sudah konsumen tidak bakal mendapat promosi sesuai gembar-gembornya. Terima kasih BP, saya jadi tahu integritasmu, jangan harap mendapat konsumen loyal jika begini.

Ir. Bowie Prasetyo
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Promosi SPBU BP-AKR, Serius Mau Kasih Hadiah?

  • 8 April 2023 - (10:59 WIB)
    Permalink

    bayangkan keuntungan dr menarik konsumen dg janji TC* ? = jmlh SPBU x 25 liter x 5 kali pengisian x jmlh konsumen yg “terzolimi” hahahaha

  • 11 April 2023 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Pada hari ini tgl 11 April 2023 jam 10.00 pagi keluhan saya telah difollow up dan diselesaikan dengan baik oleh manajemen BP-AKR sta.Ciangsana. Saya memberi apresiasi sebesar-besarnya atas respon yang cepat tanggap dan tuntas atas keluhan konsumen. Semoga BP-AKR semakin baik dalam melayani konsumen dan memberikan produk yang berkualitas. Dengan demikian kasus ini saya tutup.

  • 11 April 2023 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Halo, terima kasih atas kunjungan Anda ke SPBU bp dan mohon maaf atas kendala yang Anda alami. Kami sudah menyampaikan kendala yang terjadi ke pihak SPBU bp Gunung Putri dan per tanggal 11 April 2023 merchandise sudah diterima oleh Bapak Bowie Prasetyo. Masukan Anda sangat berarti sebagai bentuk pengembangan layanan kami. Kami tunggu kehadiran Anda kembali ke SPBU kami dengan pengalaman yang lebih baik.

 Apa Komentar Anda mengenai Promo BP AKR?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Promosi SPBU BP-AKR, Serius Mau Kasih Hadiah?

oleh Bowie dibaca dalam: 1 menit
6