Kuitansi untuk Klaim Asuransi Hilang di Astra Life

Saya adalah salah satu nasabah kumpulan Astra Life dari perusahaan tempat saya bekerja. Saya mengajukan klaim kacamata melalui e-claim di astralife.co.id pada 19 Maret 2023 dan menerima konfirmasi e-mail pada 21 Maret 2023 dari Astra Life, yang menyatakan Astra Life sudah menerima dokumen klaim saya.

Dokumen yang saya sampaikan melalui e-claim saat itu adalah resep kacamata, invoice kacamata dari Optik Melawai, dan kuitansi asli dari Optik Melawai. Semuanya dalam bentuk digital. Saya menerima resep kacamata dan invoice kacamata melalui e-mail pribadi saya.

Saya kembali menerima e-mail dari Astra Life pada 24 Maret 2023, yang mengatakan terdapat kekurangan dokumen, yaitu berupa dokumen asli yang saya kirimkan melalui e-claim. Saya telepon ke contact center Astra Life untuk menanyakan alasan permintaan dokumen asli. Petugas di contact center Astra Life mengatakan permintaan tersebut karena nilai klaim saya di atas Rp2 juta.

Saya sampaikan bahwa saya mengajukan klaim sesuai nilai invoice, walaupun saya tahu penggantiannya akan sesuai limit saya yang di bawah Rp2 juta. Saya bertanya, jika memang berdasarkan nilai klaim, bagaimana jika saya membatalkan pengajuan klaim ini dan mengajukan klaim baru sesuai limit saya. Petugas contact center mengatakan saya tetap harus mengirimkan dokumen aslinya karena invoice-nya bernilai di atas Rp2 juta.

Saya mempertanyakan inkonsistensi petugas contact center Astra Life saat itu. Yang awalnya berkata persyaratan dokumen asli mengacu ke nilai klaim yang di atas Rp2 juta, kemudian mengatakan persyaratan dokumen asli mengacu ke nilai invoice yang di atas Rp2 juta.

Selain itu, saya juga sampaikan bahwa saya menerima resep dari rumah sakit dan invoice dari Optik Melawai dalam bentuk digital, tapi saya bisa kirim kuitansinya. Jawaban petugas contact center yaitu, saya bisa mencetak e-mail saya dan mengirimkannya ke Astra Life. Lalu apa bedanya saya print e-mail saya dengan Astra Life print e-mail saya?

Pada tanggal 27 Maret 2023, saya mengirimkan seluruh dokumen hard copy saya, yaitu hasil cetak e-mail invoice dari Optik Melawai, hasil cetak resep kacamata dari rumah sakit, dan kuitansi asli dan satu-satunya dari Optik Melawai.

Menurut laporan Paxel, kurir yang mengirimkan dokumen saya, paket saya tiba 28 Maret 2023 di Astra Life. Astra Life mengirimkan e-mail pada 30 Maret 2023, mengatakan bahwa mereka telah menerima dokumen saya pada 29 Maret 2023.

Namun pada 1 April 2023, Astra Life mengatakan dalam e-mail yang saya terima bahwa saya masih belum mengirimkan kuitansi asli Optik Melawai. Saya dan Astra Life saling bertukar e-mail sampai 4 April 2023 untuk saya menekankan bahwa saya sudah mengirimkan kuitansi saya satu-satunya dan Optik Melawai tidak dapat memproduksi kuitansi lagi, sementara Astra Life tetap meminta saya untuk mengirimkan kuitansi asli.

Entah apa yang terjadi saat dokumen saya tiba di Astra Life pada 28 Maret 2023. Semua dokumen hard copy saya ada, tapi kuitansi saya hilang di Astra Life, dan Astra Life tetap meminta saya untuk mengirimkan kuitansi fisik.

Saat perusahaan asuransi lain sudah menerima dokumen digital, Astra Life masih mengandalkan kertas. Saat saya sudah dibuat kesal karena dokumen saya hilang di Astra Life, Astra Life tetap meminta saya mengirimkan dokumen yang saya tidak bisa peroleh lagi.

Selain lewat e-mail, saya juga sudah menyampaikan komplain saya melalui telepon (nomor komplain: 230403102922613) pada 3 April 2023. Jika bukan karena saya nasabah asuransi kumpulan Astra Life dari perusahaan tempat saya bekerja, saya pasti akan menjauhi perusahaan asuransi satu ini.

Terima kasih.

Mustaqim Adamrah
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Astra Life atas Keluhan Nasabah Bapak Mustaqim Adamrah

Jakarta, 12 April 2023 Perihal: Tanggapan Keluhan Nasabah di Mediakonsumen.com Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan hormat, Sebelumnya, kami ucapkan terima...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Kuitansi untuk Klaim Asuransi Hilang di Astra Life

  • 9 April 2023 - (04:20 WIB)
    Permalink

    biasanya klo asuransi kumpulan reimburse lewat kantor… g pernah berhubungan langsung sama orang asuransinya..klo kwitansi fisik dan invoice melawai bisa kok ngeluarin klo kita minta pas pembelian.. bilang aja untuk reimburse ke kantor..

  • 9 April 2023 - (09:15 WIB)
    Permalink

    sedih bacanya klu asuransi kyk gini. 2jutaaan dipersulit klaimnya, gimana klaim ratusan juta. biasanya pihak perusahaan tempat bekerja ad yg menangani klaim karyawan. yg sabar aja semua ad hikmahnya.

    • 9 April 2023 - (17:25 WIB)
      Permalink

      Waktu itu sebelum di packing, ada di recorded videoin dokumen dokumen termasuk Kwitansi Asli masuk ke dalam amplop besar ? Apakah semua dokumen itu di hekter stapler sebelum masuk ke dalam amplop besar ? Kirim paket dokumennya ke Astra Life cabang group atau ke Astra Life pusat ? Jika di videoin, kirim video yang perlihatkan kwitansi asli masuk ke amplop kepada CS atau orang yang buka paket itu via email.

      Sebaiknya semua dokumen di hekter stapler, di gabung jadikan satu, terus di masukin ke dalam plastik dan di segel solasi. Trus di masukin ke dalam amplop biasa, baru di masukin lagi ke amplop yang ada bubble wrap dalamnya.

      Coba lihat alamat email yang nyatakan CS sudah terima paket, cek nama CSnya , lu hubungi dan berbicara dengan CS yang terima paket itu. Bilang ke CS itu, siapa yang buka paket, mungkin Kwitansi Asli itu jatuh ke bawah, bersembunyi di bawah meja atau ada di tumpukan mejanya. Atau ke selip oleh dokumen orang lain. Karena tidak di hekter stapler.
      Minta bantuan Agen Astra Life dari perusahaan tempat lu bekerja ke Optik Melawainya untuk minta bantuan di bukakan kwitansi lagi, kalau perlu bikin surat laporan kehilangan Kwitansi Asli ke Polsek/Polres setempat. Supaya pihak Optik Melawainya bukain Kwitansi Asli lagi. Kasih saja surat bukti asli laporan ke polisi untuk pihak Optik Melawainya. Mereka juga butuh itu untuk laporan ke bosnya. Jangan lupa di fotocopy atau di scan atau di fotoin dulu surat kehilangan kwitansi asli tsb. Tapi pastikan dulu ke Astra Lifenya kalau Kwitansi Asli itu tidak terselip ke dokumen orang lain atau jatuh di bawah kolong meja kerjanya atau di rumah lu juga di periksa bawah mejanya siapa tahu Kwitansi Aslinya terbang ke bawah meja.

      • 9 April 2023 - (18:33 WIB)
        Permalink

        Ribet bgt asumsi anda, yang jelas paket nya di terima atau tidak, selebihnya tanggung jawab masing-masing pihak, dimana yang bermain drama dia akan dapat karma, itu rules nya, sesimpel itu

  • 10 April 2023 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

 Apa Komentar Anda mengenai Astra Life?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Kuitansi untuk Klaim Asuransi Hilang di Astra Life

oleh Mustaqim dibaca dalam: 2 menit
13