Kecewa dengan Pengajuan KUR Mandiri, Proses Hampir 2 Bulan Hanya Janji-janji Saja

Saya mencoba menghubungi marketing Bank Mandiri cabang KCM Pasar Cengkareng, yang mengurus KUR Kredit UMKM. Saya mencoba chat tanggal 20 Februari 2023. Sebelumnya saya direkomendasikan oleh saudara saya, yang telah mengajukan terlebih dahulu dan telah disetujui KUR-nya, keluar karena memiliki 30 cabang UMKM dengan jaminan sertifikat rumah.

saya lampirkan chat di bawah ini per kapan di mulai saya minta bantuan marketing KCM Pasar Cengkareng.

Saya dijanjikan terus menerus, akan disurvey dan lain-lain. Saya tunggu hampir 2 bulan untuk pengecekan data sana sini. Bahkan saya disuruh buat rekening online agar dapat lebih cepat pengecekan data di Bank Indonesia. Namun sudah berjalan waktu 3 minggu setelah daftar online, tetap saja gak ada tindak lanjutnya.

Saya sampaikan kepada marketing, kalau memang tidak bisa, jangan dijanjikan. Saya batalkan saja untuk pengajuan KUR-nya. Namun marketing menjawab akan dilanjutkan saja yah. Komunikasi chat ini Selasa 4 April 2023, tetapi tidak ada tindakan lagi. Sampai saya mencoba chat lagi 10 April 2023, setelah 1 minggu saya tunggu-tunggu.

Untuk BUMN sekelas Bank Mandiri, janji pengurusan KUR hanya 7 – 14 hari kerja dan bisa lebih cepat 5 hari kerja, tapi hanya omongan saja. Sementara praktik di lapangan tidak ada seperti itu, bahkan sudah mau 2 bulan untuk survey dll pun tidak ada.

Saya mengajukan KUR Rp 100.000.000 dengan cabang 10 tempat makan yang berbeda tempat, dan ingin mengembangkan ke luar kota dengan 5 cabang lagi. Semuanya jadi pupus karena terlalu lambatnya proses KUR di Mandiri terlebih cabang KCM Jakarta Pasar Cengkareng..

Mohon manajemen Bank Mandiri memperbaiki sistem dan SOP kerja terima kasih.

Jonathan Simanungkalit
Jakarta Utara


Catatan redaksi (diperbarui 13/4/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Kecewa dengan Pengajuan KUR Mandiri, Proses Hampir 2 Bulan Hanya Janji-janji Saja

    • 13 April 2023 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Pengajuan pinjaman saya juga tidak ada tanggapan dari pihak bank mandiri cabang mandiangin sarolangun jambi, pengajuan dari bulan Januari dan sampai sekarang tidak ada kabar dari petugas,setiap saya tanya ke petugasnya melalui WA jangankan untuk dibalas, dibaca saja tidak, saya sangat kecewa terhadap pelayanan yang sangat acuh terhadap nasabah.

  • 12 April 2023 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Coba langsung ke Bank BRI saja bawa syarat² dan dokumen lengkap…pasti langsung dilayani

    • 13 April 2023 - (09:40 WIB)
      Permalink

      Pernah bawa ke bank BRI tapi yang pusat om.. karena status rumah saya hak pakai disuruh ke unit dan syaratnya gak akan susah sertifikat hak pakai pun dapat di proses… tapi sudah isi data2 di bank bri unit tidak ada yang menghubungi saya setelah saya kecewa dengan mandiri..

  • 12 April 2023 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Setau saya kl kur itu bri atau bni yg prosesnya cepat. Soalnya itu dua bank referensi kementrian koperasi dan umkm

    • 13 April 2023 - (07:07 WIB)
      Permalink

      Bapak yang nasabah BRI pernah mengajukan KUR di BRI KC Jalan Kopi limit Rp 250 juta tapi ditolak kan? Dengan alasan dokumen agunan berupa Sertifikat Hak Pakai atas nama orang tua yang sudah meninggal. Pernah nulis keluhan di MK tgl 28 Oktober 2022.
      Kemungkinan pengajuan KUR di Mandiri juga terkendala hal yang sama.

      • 13 April 2023 - (11:47 WIB)
        Permalink

        Iya Bu bener tapi saya disuruh ke unit lebih kecil BRI Unit.. jadi itu bpkb pun bisa jadi jaminan asal mempunyai usaha jadi gak seribet di KC BRI nya.. saya sudah dapat 150 juta,, tinggal sisanya maknya saya coba2 mana tau bisa di bank mandiri..

  • 13 April 2023 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Ini mantrinya. Gmn mau surve2 kl g bs bawa kendaraan sendiri. Bri apa bni sj. Kl mandiri memang bs lebih besar. Tp jaminan jg besar?

    • 13 April 2023 - (03:42 WIB)
      Permalink

      Jaminanya sudah shm atau hgb belum pak, nanti masih hak pakai, seperti surat pembaca yg kemarin itu.

      • 13 April 2023 - (11:49 WIB)
        Permalink

        masih hak pakai pak tapi ini saya coba di Mandiri unit atau BRI Unit yang jaminannya ga sesulit KC Bri.. bahkan surat BPKB pun diterima asal sesuai domisili.. tapi ini saya gak di tanggapin saya hanya tinggal butuh 100 juta.. untuk sisa modal…

  • 15 April 2023 - (13:32 WIB)
    Permalink

    kalo tidak berhasil dapat kredit bank itu jangan ngeluh harus nya bersyukur, sebab nanti kalau tidak kebayarnya pasti kamu bakal ngedumel, kalau gak di kasih kebijaksanaan bank minta di ringankan Bunganya, minta dihapuskan dendanya alangkah baiknya hindari berutang ke bank atau pinjaman lainya yg berbunga insya allah hidupmu akan Berkshire.

 Apa Komentar Anda mengenai KUR Bank Mandiri?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pengajuan KUR Mandiri, Proses Hampir 2 Bulan Hanya Janji…

oleh Jonathan Simanungkalit dibaca dalam: 1 menit
14